Ayam Saus Pedas Ala Korea

Para pencinta masakan ayam harus kumpul nih, karena kali ini saya akan memberikan resep ayam yang enak dan halal untuk saya yang seorang muslim. Perpaduan ayam dan pencinta drama Korea pasti tidak asing dengan ayam goreng dengan saus gochujang. Menurut Wikipedia gochujang adalah pasta cabai yang umum digunakan untuk masakan Korea, gochujang terbuat dari campuran bubuk cabai, bubuk beras ketan, dan juga paste kedelai yang difermentasi di bawah sinar matahari.

Tapi kali ini saya tidak menggunakan gochujang karena pada umumnya gochujang yang berasal dari pabrik yang memproduksi gochujang menambahkan alkohol agar proses fermentasi bisa lebih cepat, jumlah alkohol yang ditambahkan adalah sebesar 0,5 persen. Yang mana merupakan batas maksimal untuk makanan menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Ayam saus ala korea ini juga enak dimakan langsung tanpa nasi karena selain mengenyangkan teksture nya yang crispy dan pas sekali jika dicocol dengan saos sambal, dan lengkapi makan Anda dengan menyediakan acar timun atau lobak untuk memberikan sensasi bersih pada mulut anda. Berikut resep lengkapnya :

ayam saus pedas korea
Sumber : dokumentasi pribadi

Cek promo ayam segar disini

Bahan :

1 pc sayap ayam, dada ayam fillet, atau ayam utuh yang sudah di potong-potong sesuai selera

1 buah jeruk nipis

Tepung bumbu ayam krispy instan

3 sendok makan tepung ketan

3 siung bawang putih, haluskan

2 sendok makan saus tomat

3 sendok makan bubuk cabai

1 ½ sendok teh madu

1 sendok teh gula pasir

1 batang daun bawang, potong serong

Cara buat :

  1. Potong dadu atau potong ayam sesuai selera, kalau saya ukuran dadu untuk dada ayam fillet dan potongan sedang untuk ayam utuh. Lalu kucuri atau lumuri daging ayam dengan perasan jeruk nipis sampai merata, sambil diusap-usap sampai ayam terasa kesat dan diamkan untuk beberapa saat.
  2. Buat adonan dari tepung bumbu ayam krispy instan sesuai dengan petunjuk yang biasanya ada dibagian belakang kemasan. Lalu goreng semua ayam dengan minyak goreng yang banyak dan sampai berubah warna kuning keemasan, tiriskan.
  3. Siapkan mangkok, masukkan tepung ketan lalu siram dengan air hangat aduk sampai rata, tambahkan bawang putih halus, saus tomat, gula, madu, dan bubuk cabai. Aduk sampai rata.
  4. Siapkan wajan anti lengket, tidak perlu menambahkan minyak goreng. Gunakan api kecil, lalu masukkan saus dan aduk-aduk terus sampai mendidih.
  5. Setelah saus mendidih masukkan ayam, aduk sampai semua permukaan ayam terbaluri rata dengan saus. Sambil diaduk masukkan daun bawang.
  6. Jangan lupa untuk menaburkan biji wijen atau remahan rumput laut sebagai pelengkap, Ayam saus ala Korea siap untuk di hidangkan.

Jika Anda masih memiliki anak kecil, Anda bisa membuat dua varian rasa ayam yang satunya diberi saus dan satunya dibiarkan orisinal agar anak-anak tetap bisa menikmati ayam krispy. Masakan ini cocok sekali dimakan dengan sayur tumisan, seperti olahan lezat dari leunca  dan sambal dabu-dabu.

Anda pun bisa mendapatkan ayam segar dan bahan lainnya dengan harga promo di hemat.id dan aplikasi kliptalog untuk membuat daftar belanjaan Anda untuk membuat resep masakan ayam ala Korea ini, untuk di supermarket, hypermarket dan minimarket yang ada di daerah Anda.

Jangan lupa untuk membagikan hasil re-cook Anda di kolom komentar di bawah ini, saya tidak sabar melihat hasil re-cook dan bagaimana tanggapan keluarga Anda dengan menu masakan ayam ala Korea ini.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Gocujang

http://www.halalmui.org/