Ibu Hamil Mohon Makan Lebih Banyak Ikan! Ini Alasannya

Selamat atas kehamilannya untuk Bunda yang sedang hamil saat ini, semoga kehamilannya lancar dan semoga ibu dan calon bayi sehat. Aamiin…

Untuk ibu-ibu yang menjalankan kehamilan yang kedua pasti sudah memiliki banyak informasi mengenai manfaat ikan untuk kesehatan janin dan ibunya. Nah, untuk ibu baru yang baru saja menjalani kehamilan pertama kali, informasi mengenai hal ini mungkin belum banyak padahal saat hamil makanan bernutrisi sangatlah dibutuhkan, baik untuk janin yang sedang dikandung dan juga untuk ibu hamil itu sendiri. Dan ikan adalah salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan ini adalah alasannya :

Untuk bayi :

1. Ikan mengandung banyak sekali protein dan gizi yang sangat baik untuk janin.

2. Bermanfaat untuk kesehatan mata dan meningkatkan aktivitas otak bayi, hal ini dikarenakan ikan merupakan sumber terbaik dari DHA, asam omega 3.

3. Asam amino pada ikan bermanfaat membantu pertumbuhan sel-sel rambut, tulang, kulit dan otot pada bayi.

Untuk ibu :

1. Asupan DHA dan asalm lemak omega 3 tidak hanya baik untuk bayi tapi juga bermanfaat untuk ibu hami saat dikonsumsi pasca kehamilan yang bermanfaat untuk mengatasi perubahan mood dan serangan depresi pada ibu hamil.

2. Mengkonsumsi ikan dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang terkena hipertensi, selain menurunkan tekanan darah tinggi mengkonsumsi ikan bisa mengurangi pembekuan darah dan kadar lemak darah, yang dapat menurunkan resiko jantung pada ibu hamil.

3. Mengkonsumsi ikan bisa menurunkan resiko keguguran, karena mengandung DHA yang dapat mencegah terjadinya konstraksi dini pada rahim.

4. Resiko kelahiran prematur bisa turun dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau berupa suplemen yang mengandung omega-3

Menurut Food And Drug Administration (FDA) dan U.S. Environmental Protection Agency (EPA) Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi ikan sekitar 226 sampai 340 gram per minggu, atau sekitar 2-3 kali makan ikan perminggu. Sebelum mengonsumsi ikan pastikan untuk memilih ikan yang memiliki kadar merkuri rendah seperti ikan salmon, tilapia, udang, tuna, cod dan lele.

Ikan dengan kadar merkuri yang tinggi yang terdapat pada ikan hiu, ikan tenggiri, ikan kerapu dan ikan marlin, ikan-ikan jenis ini sangat berbahaya untuk janin. Dan perhatikan juga cara penyajiannya, mengonsumsi ikan yang masih mentah seperti sushi tidak disarankan untuk ibu hamil karena takutnya dalam ikan mentah yang disajikan masih mengandung parasit yang bisa membahayakan janin.

Tidak semua orang suka makan ikan, ada yang tidak suka karena amisnya atau memang jarang makan ikan saat kecil sehingga saat sudah dewasa kurang suka mengonsumsi ikan. Anda bisa googling bagaimana cara memasak ikan agar tidak amis dan Anda pun bisa mengolah ikan menjadi masakan yang tetap bisa dimakan walaupun si ibu hamil tidak terlalu suka ikan. Misalnya diolah menjadi pempek, siomay, atau makanan yang berbahan dasar ikan.

Lihat promo ikan-ikan segar di website hemat.id, di semua supermarket dan hypermarket di kota Anda, dapatkan berbagai macam ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, dan juga macam-macam seafood lainnya.

Apakah Anda setuju bahwa ikan adalah salah satu sumber makanan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan janin dan juga ibunya, ikan-ikan apa saja yang baik untuk kesehatan ibu dan janin dan masakan apa yang biasanya Anda buat dengan bahan dasar ikan? Bagikan pada kolom komentar di bawah ini.