Belanja Hemat Saat Idul Fitri, Gimana Caranya?

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, maka, perayaan Idul Fitri di Indonesia adalah perayaan hari besar agama yang paling ramai. Banyak sekali cara untuk menyambut Idul Fitri. Bukan cuma anak-anak, orang dewasa pun ikut ramai menyiapkan pernak-pernik lebaran. Ada yang belanja pakaian dan peralatan solat. Ada juga yang belanja sampai ke camilan-camilannya.

Menyambut hari raya ditambah dengan adanya THR, orang-orang pun semakin terdorong untuk berbelanja. Momen ini pun dilihat oleh semua pusat perbelanjaan sebagai peluang. Bagai gayung bersambut, pusat perbelanjaan juga memberikan diskon gila-gilaan agar barangnya semakin laku terjual. Tak hanya diskon, promo lain pun ikut digencarkan demi meraup untung menjelang lebaran.

Berbelanja menjelang Idul Fitri memang tidak ada salahnya, tapi, jangan berlebihan ya! Hidup kamu tidak berhenti sampai di hari lebaran saja. Setelah lebaran, masih banyak kebutuhan yang harus kamu pikirkan. Jadi, sebisa mungkin tetap berhemat ketika berbelanja dalam rangka menyambut Idul Fitri. Gimana caranya supaya tetap hemat dalam berbelanja? Ini dia:

1. Buat daftar kebutuhan

    Sumber: google

Hampir sama dengan belanja bulanan, mingguan, atau belanja kebutuhan sehari-hari, sebaiknya sebelum belanja, buatlah dulu daftar belanjaan yang kamu butuhkan. Pertama-tama, masukkan dulu barang-barang terpenting yang harus dibeli, misalnya camilan, bahan-bahan untuk membuat kue, dan barang apapun yang menurutmu sangat penting dan mendesak harus dibeli. Barulah setelah itu, masukkan hal-hal yang sifatnya tidak harus dibeli  seperti pakaian, alat solat, dan pernak-pernik lainnya. Setelah daftar belanja tersebut selesai, kamu bisa evaluasi lagi daftar tersebut. Pilah dan pilih lagi barang-barang belanjaan sampai kamu yakin dengan daftar barang belanja kamu. Dengan begini, kamu bisa terus merefleksikan dan mengontrol nafsu untuk berbelanja.

2. Perhitungkan budget kamu

Hal kedua terpenting setelah membuat daftar kebutuhan adalah memperhitungkan budget atau estimasi pengeluaran. Fungsinya adalah untuk menjaga pengeluaran kamu, sekaligus untuk menghindari keadaan dimana uang mu lebih dulu habis daripada seharusnya. Menghitung estimasi pengeluaran dengan membuat daftar belanjaan bisa dilakukan bersamaan. Sehingga, kamu lebih bisa monitor, kira-kira, berapa banyak uang yang akan keluar dan untuk apa saja. Kamu pun akan lebih mudah menahan diri untuk tidak membeli barang dengan harga yang terlalu mahal atau tidak sesuai dengan kondisi budget kamu. Sayangnya, masih banyak orang yang belum sadar tentang pentingnya kegiatan menyusun estimasi pengeluaran berikut.

3. Sesuaikan dengan budget

Sumber: google

Membuat daftar kebutuhan, sudah. Membuat estimasi pengeluaran atau budget untuk belanja, sudah. Sekarang saatnya untuk berkomitmen dengan daftar dan estimasi yang sudah kamu buat sendiri! Usahakan harga barang-barang yang kamu inginkan sesuai dengan budget yang kamu tentukan, atau kalau bisa, malah lebih murah. Pertama, kamu tidak perlu melulu beli barang dengan brand tertentu, apalagi yang kelasnya premium. Sebab, dalam banyak kesempatan, fungsi suatu barang adalah yang utama harus diperhatikan!

Kedua, kamu tidak perlu belanja di mall. Memang, banyak orang lebih senang belanja di mall ketika sedang menjalankan ibadah puasa, tidak lain dan tidak bukan, adalah karena dingin, bersih, praktis, dan harganya sudah pasti jadi tidak perlu ribut menawar. Wajar kalau orang-orang ini malas sekali jika harus berdesak-desakan di pasar tradisional atau toko-toko berskala kecil. Padahal sebenarnya, tentu saja, harga barang di mall lebih mahal daripada di toko-toko biasa. Tak sedikit harga barang yang terpaut sangat jauh, lho!

Selain mall, kamu juga bisa tengok harga di online shop. Karena sifatnya yang fleksibel, belanja di toko online bisa membantu kamu untuk tidak perlu berdesakan, mengantre, berkeliling mencari barang yang sesuai, sehingga lebih banyak waktu yang tersimpan. Apalagi jika ada promo-promo seperti gratis ongkir. Manfaatkanlah!

Sekian tips tentang cara hemat belanja lebaran. Pada intinya adalah jangan belanja melebihi estimasi budget yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Dan, yang tak kalah penting, kemampuan kamu untuk menahan diri selama berbelanja.