Mudik Anti Panik Bersama Balita

Sebelum berkeluarga dan memiliki anak, tidak banyak orang yang mempermasalahkan mudik. Namun segalanya berubah menjadi sedikit ribet ketika Anda harus mudik dengan balita, terlebih untuk perjalanan yang jauh. Jalanan yang macet, anak yang lelah, dan cuaca panas menjadi salah satu tantangan saat mudik bersama balita.

Meskipun mudik dengan balita penuh dengan tantangan, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati momen mudik lho. Anda hanya perlu melakukan beberapa persiapan berikut ini agar mudik menjadi perjalanan yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

1. Packing jauh-jauh hari

Dengan kegiatan sehari-hari yang penuh kesibukan, banyak orang akhirnya packing saat sudah mendekati waktu mudik. Padahal packing secara mendadak akan membuat Anda lebih panik hingga dapat melupakan beberapa barang bawaan penting. Sebisa mungkin, packing jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Anda juga bisa membuat daftar barang bawaan agar tidak melupakan barang bawaan penting.

inhonorofdesign

Packing Mudik Aman dan Nyaman, Ini Tipsnya

2. Bawa stroller

Meskipun perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi, namun Anda tetap akan membutuhkan stroller. Stroller akan sangat memudahkan Anda saat hendak berjalan-jalan di rest area ataupun saat di kampung halaman. Sehingga Anda tidak perlu menggendong si kecil kecuali dalam keadaan yang mendesak. Pilihlah stroller yang nyaman untuk anak agar mereka tidak rewel saat di jalan.

3. Pilih hari mudik

Semakin mendekati lebaran, biasanya jalanan dan kendaraan umum juga semakin ramai. Apapun moda transportasi yang digunakan untuk mudik, pastikan untuk mudik jauh hari sebelum lebaran tiba. Pastikan bila Anda masih mempunyai beberapa hari untuk beristirahat sebelum melakukan kunjungan ke kerabat. Mengatur hari mudik membantu anak untuk beristirahat sejenak dan menghindari stress pada pasangan.

4. Atur jadwal

Selama perjalanan, semua anggota keluarga akan merasa lelah begitu sampai di kampung halaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur jadwal kunjungan agar rasa lelah tidak semakin menumpuk. Bagi jadwal kunjungan menjadi beberapa hari dan berikan waktu santai di sela-sela kunjungan tersebut.

5. Persiapkan anak sebelum berangkat

Sebelum berangkat mudik, ada baiknya bila Anda mempersiapkan segala keperluan anak. Anda bisa membantu anak untuk pipis dan BAB sebelum berangkat sehingga nanti di perjalanan mereka tidak rewel. Selain itu, membantu anak BAB sebelum melakukan perjalanan juga sangat penting untuk menurunkan resiko mabuk perjalanan. Bila diperlukan, Anda juga bisa memberikan anak obat anti mabuk.

TIMES Indonesia

6. Jangan lupa camilan dan mainan

Camilan dan mainan adalah dua hal mudah untuk menenangkan anak. Anda bisa membawa camilan kesukaan anak dengan beberapa variasi sehingga bisa membuat mereka kenyang selama di perjalanan. Meskipun camilan bermanfaat, namun jangan membuat anak terlalu kenyang karena dikhawatirkan akan membuat mereka malah mabuk perjalanan.

Selain camilan, mainan adalah item penting yang harus dipersiapkan. Entah itu boneka kesayangan atau sahabat robot, pastikan untuk membawa mainan dalam perjalanan mudik. Mainan favorit membantu mengalihkan fokus anak saat mereka mulai bosan dengan perjalanan panjang.

Camilan Sehat yang Bisa Dibawa Saat Mudik

7. Nikmati momen mudik

Meskipun mudik menjadi momen mendebarkan untuk orangtua, namun usahakan untuk menikmati momen yang hanya ada setahun sekali ini. Jangan terlalu kaku dengan segala hal dan biarkan si kecil menikmati perjalanan panjang pertamanya.

Dengan mempersiapkan perlengkapan mudik dan mengatur jadwal dengan sebaik-baiknya, momen mudik ini akan menjadi perjalanan yang menyenangkan bagi orangtua dan anak. Anda juga perlu bersiap bila selama perjalanan, anak akan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal baru yang ditemui saat mudik.