Belanja Makin Hemat! Ini Waktu Terbaik untuk Membeli 4 Barang Ini

Mendapatkan penawaran harga yang terbaik adalah hak semua orang. Tapi jika ingin membeli sesuatu dengan harga terbaik, maka membeli di waktu yang tepat adalah jawabannya. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga di sepanjang tahun. Dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berbelanja sesuatu, maka dapat menghemat pengeluaran Anda dibanding Anda membeli di waktu yang bukan waktu yang tepat. Berikut beberapa tips kapan waktu yang tepat untuk Anda berburu barang yang Anda cari :

1. Furnitur

Belanja Makin Hemat! Ini Waktu Terbaik untuk Membeli 4 Barang Ini
Sumber : Mocka

Pada awal tahun di bulan Januari dan Februari, serta pada akhir tahun di bulan Agustus dan September, toko-toko furnitur biasanya akan mengadakan diskon besar-besaran karena mereka ingin menghabiskan stok yang lama dan menggantinya dengan stok yang baru di awal tahun.

Hal ini juga berlaku untuk mobil. Jadi, persiapkan keuangan Anda untuk membeli mobil idaman dengan harga yang lebih hemat. Selain membeli mobil pada akhir tahun, Anda pun bisa membeli mobil setelah lebaran.

Hal ini dikarenakan harga mobil, yang dalam hal ini mobil bekas, harganya akan menurun karena menurunnya minat orang-orang untuk membeli mobil. Biasanya keuangan sudah tidak memadai untuk berpikir membeli mobil. Kecuali Anda memang berniat membeli mobil bekas serta sudah mengumpulkan uang dengan berhemat selama lebaran.

2. Pakaian

Belanja Makin Hemat! Ini Waktu Terbaik untuk Membeli 4 Barang Ini
Sumber : Chi Chi London

Jika membicarakan pakaian maka yang harus diperhatikan adalah tren. Biasanya jika ada tren gaya busana, warna atau corak yang baru, maka pakaian dengan model lama akan mulai didiskon. Pakaian dengan tag new arrival yang artinya pakaian dengan model terbaru ini akan mulai menurun harganya sekitar 10-15% setelah 6 bulan, karena pada masa itu toko pakaian biasanya akan kedatangan new arrival yang baru.

Dan pilihlah hari Kamis sebagai hari Anda berbelanja pakaian, karena biasanya toko pakaian akan mengadakan restocking untuk mengantisipasi mem-bludak-nya konsumen yang akan berbelanja di waktu weekend. Selain itu, dengan berbelanja pada hari Kamis, biasanya pengunjung tidak terlalu banyak jadi Anda bisa berbelanja dengan lebih santai dan lebih hati-hati dalam memilih pakaian yang benar-benar sesuai dengan Anda.

3. Elektronik

Belanja Makin Hemat! Ini Waktu Terbaik untuk Membeli 4 Barang Ini
Sumber : Cahaya Abadi Express

Barang elektronik cenderung mengalami perubahan hampir setiap hari atau bahkan bisa setiap jamnya. Hal ini dipengaruhi oleh permintaan dan persediaan. Misal Anda membeli AC pada saat kemarau, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan harga AC yang lebih tinggi dan stok nya pun terbatas. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan untuk membeli AC karena cuaca yang panas. Solusi jika Anda ingin mendapatkan harga yang terbaik adalah membelinya di saat musim hujan atau cuaca yang dingin. Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah karena permintaan AC menurun dikarenakan cuaca yang dingin.

Hari-hari menjelang perayaan besar seperti hari raya Idul Fitri, perayaan Natal dan Imlek juga identik dengan diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh hampir semua toko, dan di hari-hari besar seperti ini Anda bisa memanfaatkannya dengan berbelanja elektronik.

Lalu Anda juga bisa mencari elektronik di bulan Januari karena perusahaan elektronik biasanya menurunkan harga untuk barang seri sebelumnya karena seri terbaru akan datang ke toko.

Lihat promo elektronik di berbagai supermarket di kota Anda

4. Perlengkapan Sekolah

Belanja Makin Hemat! Ini Waktu Terbaik untuk Membeli 4 Barang Ini
Sumber : Peralatan Kantor dan Alat Perlengkapan Anak SD SMP SMA Komplit

Belanjalah di bulan Agustus, karena menjelang tahun ajaran baru. Hampir semua perlengkapan sekolah dari tas, sepatu, buku tulis dan perlengkapan menulis pasti akan di diskon besar-besaran

Selain memperhatikan waktu yang tepat untuk berbelanja agar hemat, perhatikan juga budget yang sudah Anda tentukan untuk berbelanja, jika sudah tidak memungkinkan Anda tidak seharusnya memaksakan.

Secara pribadi, kiat yang sering saya pakai adalah dengan berbelanja minimal 1 minggu setelah gajian, paling tidak uang gaji sudah digunakan untuk menabung dan membayar hal-hal rutin wajib saya seperti bayar arisan, bayar kartu kredit, dan lain-lain. Dalam jangka waktu tersebut, saya berusaha tidak membuka online shop atau keluar ke mall agar kebutuhan wajib sudah terpenuhi, baru sisanya untuk barang-barang keinginan kita.

Dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli suatu barang, Anda akan menghemat banyak. Salah satu cara untuk mendapatkan harga barang yang sedang promo adalah dengan membuka hemat.id.

Hemat.id adalah website yang tepat untuk membantu Anda dalam mendapatkan harga promo dari semua supermarket, hypermarket dan minimarket di daerah Anda.

Apakah Anda punya strategi yang biasa Anda terapkan sebelum Anda berbelanja agar mendapatkan penawaran yang terbaik? Bagikan ceritanya pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca! Mari ber-hemat.id mulai hari ini!