Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Mudik adalah salah satu tradisi yang hanya akan Anda dengar saat menjelang Lebaran. Semua orang yang masih memiliki orang tua di kampung halaman pasti ingin bersilahturahmi melepas rindu serta sambil memperlihatkan kepada anak-anak ini loh tempat ayah atau bunda kecil, sekolah disini, tempat bermain yang suka dikunjungi dan dan aktivitas menyenangkan lainnya ada disini.

Tapi semua hal-hal menyenangkan ini bisa berubah menjadi kecemasan yang berlebihan saat memikirkan keamanan rumah yang ditinggal saat mudik, apalagi jika Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Berikut tips yang bisa menjadi inspirasi agar pikiran Anda terbebas dari kecemasan :

1. Tetangga

Sumber : Vebma.com

“Keluarga terdekat Anda adalah tetangga Anda”. Jadi buatlah hubungan baik dengan tetangga Anda karena merekalah orang yang pertama kali yang akan membantu Anda dan keluarga dalam kesusahan.

Dengan “menitipkan” rumah kepada tetangga terdekat tentu kecemasan Anda bisa berkurang, karena Anda bisa menelpon untuk mengecek kondisi dan keadaan rumah atau bahkan Anda juga bisa menitipkan tanaman dan hewan peliharaan yang Anda tinggal. Asal jangan lupa oleh-oleh sebagai ucapan terima kasih ya…

2. Tidak posting ke sosial media

Sumber : dnaindia.com

Jaman sosial media seperti sekarang ini sangat memberi ruang bagi setiap orang yang suka berbagi cerita mengenai kegiatan setiap harinya. Jika Anda adalah salah satunya, ada baiknya Anda menahan diri untuk memberitahu dunia bahwa Anda akan pergi mudik apalagi memberitahu tujuan dan berapa lama Anda akan meninggalkan rumah tanpa dihuni.

Dan tahan diri Anda untuk tidak mengirim foto ke sosial media, kirimlah foto-foto saat berlibur hanya kepada keluarga atau sahabat Anda. Solusi lainnya adalah Anda bisa posting foto-foto liburan saat Anda sudah berada dirumah. Atau jika pada Facebook, Anda bisa merubah pengaturan untuk membagikan foto atau status Anda menjadi pribadi atau tag orang-orang tertentu saja.

Anda tetap dapat berbagi artikel-artikel hemat.id sehingga kerabat juga dapat mempersiapkan dengan baik untuk mudik !

3. Tirai dibiarkan terbuka atau tertutup

Sumber : pt.aliexpress.com

Salah satu kegunaan tirai adalah agar orang tidak bisa mengintip langsung ke dalam rumah dan membuat orang bisa mengetahui ada apa saja di dalam rumah atau saat Anda tidak sedang ingin diganggu tirai yang tertutup adalah sahabat Anda. Tapi saat Anda sedang berpergian jauh dan lama tirai yang selalu tertutup pasti nya akan memancing orang untuk berpikir bahwa Anda sedang tidak berada dirumah. Kecuali menutup tirai adalah kebiasaan yang memang sering Anda lakukan.

Jadi apa solusinya, biarkan posisi tirai Anda seperti yang biasa Anda lakukan. Jika biasanya Anda hanya membuka setengah bagian tirai, maka biarkan tirai setengah terbuka. Atau jika biasanya Anda membuka semuanya, maka bukalah semuanya. Selain tidak memberikan petunjuk bagi orang asing, tirai yang terbuka juga berguna untuk tetangga atau polisi untuk melihat keadaan rumah jika ada kecurigaan atau ada masalah.

Lalu singkirkan barang-barang berharga yang bisa terlihat dari jendela yang terbuka tersebut untuk tidak memancing orang jahat.

4. Lampu yang terus menyala

Sumber : advancedenergy.org

Dari pada membiarkan lampu teras Anda terus menyala sepanjang hari, yang mana tidak hanya tagihan listrik yang jadi membengkak orang yang berniat jahat pun bisa membaca bahwa tidak ada orang dirumah, apalagi jika mereka melihat lampu terus menyala di siang hari.

Lebih baik Anda membeli timer untuk lampu. Fungsinya sama seperti saklar lampu, yaitu memutuskan aliran listrik. Tapi dengan perangkat ini menyala dan matikan aliran listrik diatur menggunakan fitur pengatur waktu dalam sehari (24 jam). Produk seperti ini ada 2 macam, yaitu analog dan digital jadi Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Lihat selengkapnya promo lampu di berbagai supermarket.

5. Cabut semua alat elektronik

Jika Anda akan berpergian lama, sangat disarankan untuk mencabut semua alat elektronik di rumah Anda karena dapat menghindari arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran dan menolong tagihan listrik di akhir bulan.

6. Stop pengiriman kerumah

Jika Anda memiliki kiriman ke rumah saat Anda sudah mudik, lebih baik mintalah tetangga Anda untuk menyimpannya terlebih dahulu. Lalu jangan lupa untuk bekukan koran maupun majalah langganan yang rutin datang kerumah. Paket-paket dan koran yang menumpuk di depan rumah bisa memberi sinyal “keras” bahwa Anda sedang tidak berada dirumah.

7. Warning stiker

Sumber : Amazon UK

Anda bisa memasang stiker yang bertulisan “Peringatan, CCTV mengawasi 24 jam” atau “Anjing galak” dan sebagai nya walaupun mungkin sebenarnya Anda belum memiliki CCTV atau belum memiliki anjing yang galak, setidaknya orang yang memiliki niat jahat ini akan merasa was-was saat membaca stiker peringatan-peringatan ini.

Tempelkan di tempat-tempat yang mencolok agar langsung terlihat.

Itulah beberapa tips aman saat meninggalkan rumah saat mudik yang bisa saya berikan semoga dapat mengurangi kecemasan Anda saat akan meninggalkan rumah untuk mudik atau berpegian dalam waktu yang lama. Anda pun bisa membagikan bagaimana Anda mempersiapkan rumah yang akan ditinggal mudik tahun ini. Jika ada hal yang menarik dan unik, Anda bisa tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Selamat merayakan Lebaran di kampung halaman dan selamat memulai mudik Anda semoga selamat sampai tujuan.

Lihat selengkapnya cemilan apa saja yang dapat Anda bawa untuk mudik !

Sumber :

https://finance.detik.com/energi/d-2895636/percaya-atau-tidak-hal-sepele-ini-bisa-bikin-tagihan-listrik-anda-berkurang