Tips Merawat Setrika Agar Tahan Lama

Setrika adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang wajib ada di rumah, setrika berfungsi untuk membuat pakaian yang kusut menjadi lebih rapi dan Anda pun menjadi terlihat lebih rapi. Setrika Kering atau dry iron adalah jenis setrika yang umumnya dipakai

Karena setrika rutin dipakai dalam jangka waktu yang lumayan lama membuat setrika sering sekali mengalami kerusakan yang sama, yaitu kerusakan pada bagian kabel dan bagian pengaturan temperatur yang mati.

Anda tidak mau kan sering-sering mengganti setrika Anda, berikut beberapa tips agar setrika lebih tahan lama :

1. Memilih setrika yang tepat

Sumber : Google Image

Sebelum membeli setrika, pastikan dulu setrika seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan di dalam rumah tangga anda. Apakah jenis setrika yang ujungnya lancip, ramping dan enteng atau yang lebih besar dan berat.

2. Manfaatkan pengaturan temperatur

Sumber : Oxone Murah

Pastikan Anda mengatur temperatur setrikaan Anda sesuai dengan bahan yang akan disetrika, agar setrika bekerja dengan maksimal dan pakaian Anda tidak rusak.

Akan lebih baik Anda memisahkan terlebih dahulu jenis pakaian. Dimulai dari pakaian yang akan disetrika dengan menggunakan suhu terendah, sedang lalu terpanas. Jadi Anda tidak menaik turunkan temperatur pada setrika, anda tidak perlu menunggu dulu setiap Anda mendapatkan baju dengan bahan tertentu dan Anda bisa menghindari pakaian menjadi mengkilat karena pemakaian suhu pada bahan pakaian yang salah.

3. Kabel setrika

Sumber : Elevenia

Setelah selesai menggunakan setrika, buatlah kabel setrikaan dalam kondisi lurus selama kurang lebih 10-15 menit untuk mengurangi kerusakan seperti mengelupas. Lalu gulunglah kabel secara melingkar, bukan menggulung kabel setrika dibadan setrika.

4. Telapak setrika

Sumber : Glodok Elektronik

Jangan menyetrika bagian keras dari baju misalnya resleting atau pun kancing, jika dilakukan terus-menerus bisa membuat plate setrika tergores dan membuat plate setrika menjadi kasar dan hasil setrikaan menjadi tidak memuaskan.

Lalu jangan mensetrika bagian sablon atau manik-manik secara langsung, sebaiknya Anda mensetrika pada bagian dalamnya agar sablonan pada baju tidak memudar dan lengket lalu jika mensetrika manik-manik bisa menggores telapak setrika.

5. Penyimpanan

Simpan Setrika.jpg
Photo Source: freepik.com

Setelah dipakai sebaiknya setrikaan diberdirikan dengan bagian lancip menghadap ke atas. Hal ini dilakukan untuk menurunkan daya panas pada setrika. Kemudian, simpan di tempat yang kering dan tidak ditumpuk.

6. Membersihkan setrika

Membersihkan Setrika.jpg
Photo Source: wikihow.com

Lakukan pembersihan rutin setiap bagian-bagian dari setrika, seperti :

1. Telapak setrika, gunakan kain lembab jika ada kotoran atau noda pada telapak setrika. Sebisa mungkin tidak menggunakan alat pembersih yang kasar yang bisa membuat telapak setrika menjadi rusak atau Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan telapak setrika.

2. Badan setrika, Anda bisa menggunakan kain lembab untuk membersihkan badan setrika. Kotoran yang sering melekat pada badan setrika adalah debu-debu yang mana lebih mudah dihilangkan hanya dengan menggunakan kain jenis apa saja.

Jika Anda belum memiliki setrika atau mau mengganti setrika, Anda bisa membuka wesite hemat.id untuk mendapatkan info promo menarik dari berbagai supermarket, hypermarket dan minimarket di daerah Anda.

Tulis pendapat atau masukan pada kolom di bawah ini, atau Anda bisa membagikan tips yang Anda lakukan untuk menjaga setrika tahan lama dan tetap berfungsi dengan baik.

Sumber :
1. quora.com/What-is-the-basic-difference-between-a-dry-iron-and-a-steam-iron-Which-one-should-I-buy
2. kompas.com/read/2017/04/10/181746128/ingin.menyetrika.mudah.dan.nyaman.simak.tiga.tips.berikut