Era New Normal, 7 Barang Ini Wajib Ada di Tas Kamu

Memang cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran pandemik Covid-19 adalah dengan stay at home dan meminimalisir kontak dengan banyak orang. Namun, seiring berjalannya waktu, kita pun tidak bisa terus-terusan stay at home. Ada kondisi yang memaksa kita untuk beraktivitas di luar rumah dan berkunjung ke tempat umum, apalagi jika kaitannya dengan pekerjaan atau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Inilah mengapa muncul sebuah istilah new normal demi menjaga diri kita sendiri dari penularan Covid-19.

Sebenarnya apa sih era new normal itu?

Menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita, new normal adalah era di mana adanya perubahan perilaku masyarakat untuk menjalani aktivitas sehari-hari karena adanya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Contoh paling sederhana adalah suhu tubuh kita yang selalu diperiksa sebelum memasuki ruang-ruang publik. Tidak hanya perusahaan atau instansi besar, tapi kita sendiri juga perlu menerapkan protokol kesehatan pribadi.

Oleh karena itu, ada beberapa barang yang wajib kamu bawa karena kaitannya dengan new normal. Mungkin sebagian dari kita sudah rajin membawa ini sebelum masa pandemik, namun pasti banyak juga yang tidak terbiasa dengan hal-hal ini. Untuk membantu kamu beradaptasi, berikut kami rangkum barang-barang yang wajib kamu bawa di era new normal. 

  • Hand Sanitizer

Hand sanitizer
Sumber: Unsplash

Siapapun yang beraktivitas di luar ruangan wajib membawa hand sanitizer dan menggunakannya secara berkala. Hand sanitizer dapat membunuh mikroba dan virus penyebab penyakit yang menempel di tangan kita. Sebaiknya, gunakanlah hand sanitizer setelah menyentuh area yang kotor, sebelum makan dan sebelum menyentuh area wajah. Untuk kamu yang memiliki anak kecil, awasi terus penggunaan hand sanitizer pada anak. Jangan sampai hand sanitizer ini tertelan ataupun terkena mata.

Hand sanitizer bukanlah item yang langka lagi sekarang ini. Banyak brand yang mengeluarkan produk hand sanitizer. Sehingga, produk ini sangat mudah ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan. Bahkan banyak juga yang memberikan diskon sehingga harganya jadi jauh lebih terjangkau. Cek berbagai promo hand sanitizer di website hemat.id atau klik di sini.

  • Sabun Cuci Tangan

Hand wash
Sumber: Freepik

Manfaat cuci tangan menggunakan sabun begitu besar, terutama bagi kesehatan kita. Bahkan penggunaan hand sanitizer pun dinilai belum bisa menggantikan manfaat cuci tangan dengan sabun. Maka, tak heran jika banyak pakar kesehatan yang sangat merekomendasikan kita untuk rajin mencuci tangan baik itu sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan sebelum masuk rumah setelah seharian beraktivitas di luar. Karena manfaatnya yang begitu besar, kita harus berusaha mengikuti peraturan ini. Salah satunya adalah dengan berupaya membawa sabun cuci tangan sendiri.

Untuk jenis sabunnya sendiri, kamu bisa menggunakan sabun antiseptik, sabun khusus cuci tangan, atapun sabun mandi biasa. Supaya lebih praktis, belilah sabun cair dalam kemasan refill (cek sabun yang sedang promo di hemat.id), lalu tuangkan ke dalam botol kecil ukuran 50 ml ataupun 100 ml. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi membawa sabun dalam botol besar dan memakan banyak ruang di dalam tas.

  • Hand Cream

Tahukah kamu bahwa terlalu sering menggunakan hand sanitizer dan sabun dapat membuat kulit kita kering? Inilah sebabnya kita memerlukan hand cream untuk menjaga kelembaban kulit bagian tangan kita. Selain menghidrasi, hand cream juga dapat mencegah lecet dan luka pada telapak tangan akibat terlalu kering. Untuk alasan praktis, sebaiknya belilah hand cream dalam kemasan mini yang ringan dimasukkan ke dalam tas. Cek jenis hand cream dan beragam promonya di sini.

Ada banyak varian hand cream, mulai dari segi aroma hingga tingkat melembabkannya. Pilihlah produk yang sesuai selera maupun kebutuhanmu. Jika kulitmu mudah kering, maka kamu perlu hand cream dengan tingkat melembabkan yang tinggi. Jika kamu tidak suka hand cream dengan aroma yang terlalu menyengat, maka pilihlah hand cream dengan aroma yang menyegarkan dan menenangkan, seperti aroma buah-buahan.

  • Masker cadangan

Masker kain
Sumber: Unsplash

Masker adalah benda yang sangat krusial di era new normal. Kita sangat dianjurkan untuk mengenakan masker kapanpun dan dimanapun kita berada, apalagi di ruang publik. Untuk aktivitas sehari-hari, kita cukup menggunakan masker kain, minimal 3 lapis. Sehingga dapat dicuci dan digunakan berulang kali. Pastikan masker yang kamu pakai menutup area hidung, mulut, dan dagu kita dengan sempurna untuk meningkatkan keefektifannya.

Kenapa sih kita perlu membawa masker cadangan di dalam tas kita? Kita perlu segera mengganti masker ketika mulai terasa lembab, atau setelah 3-4 jam pemakaian. Jadi, untuk kamu yang akan beraktivitas di luar ruangan selama lebih dari 4 jam, sebaiknya bawalah masker cadangan. Begitu masker kita terasa lembab, kita sudah siap dengan masker bersih lainnya. Simpan masker yang sudah kotor ke dalam kantong plastik ataupun kantong kertas tertutup sebelum dimasukkan ke dalam tas agar tidak mengontaminasi barang-barang lain di dalam tas kamu.

  • Tisu

Tisu punya banyak kegunaan yang sangat bermanfaat bagi kita saat ada di luar rumah. Selain untuk lap dan mengeringkan tangan, tisu juga bisa kita gunakan untuk keperluan higienis lainnya. Misalnya menyentuh barang-barang kotor yang ingin kita buang. Tisu juga bisa kamu pakai setelah kamu dari toilet. Memakai tisu sendiri tentu saja lebih higienis daripada menggunakan tisu umum yang digunakan bersamaan dengan orang lain.

  • Alat makan dan tempat minum pribadi

Sumber: Pinterest

Sebenarnya tidak ada anjuran khusus yang menyebutkan bahwa kita harus membawa alat makan dan tempat minum pribadi. Namun, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan membawa peralatan makan dan tempat minum pribadi. Lagipula, sekarang sudah banyak yang menjual satu set alat makan ini dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp 50.000-an, kamu sudah bisa mendapat 1 set alat makan lengkap dengan sendok, garpu, supit, dan kotak penyimpanannya. Selain lebih higienis, membawa tempat minum sendiri juga bisa mengurangi penggunaan plastik. Setibanya di rumah, langsung cuci alat makan dan tempat minum yang kamu pakai untuk mencegah perkembangbiakan mikroba.

  • Alat ibadah

Terutama bagi yang muslim, upayakan untuk selalu membawa alat ibadah sendiri meliputi sajadah, mukena, ataupun sarung. Dengan begitu kita dapat memastikan bahwa tempat sujud kita benar-benar bersih dan higienis. Memang penggunaan alat ibadah secara bergantian adalah hal yang wajar sebelum adanya pandemik Covid-19. Tapi sebenarnya, hal ini sangat meningkatkan risiko penularan segala penyakit. Kita tidak tahu virus apa yang menempel di badan orang lain ataupun benda-benda di sekitar tempat ibadah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk segera mencuci alat ibadah yang baru saja kamu pakai di tempat umum.

Beberapa hal di era new normal memang memaksa kita beradaptasi. Yang tadinya kita terbiasa santai membawa sedikit barang setiap keluar rumah, kini tidak bisa sesantai itu lagi karena ada tambahan barang esensial yang perlu kita bawa demi menjaga kebersihan diri dan orang-orang di sekitar kita. Lagipula hal tadi adalah kebiasaan yang baik untuk kesehatan kita. Jika kita menerapkannya sejak awal, lama-lama kita akan terbiasa dengan kebiasaan baru yang lebih baik ini.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!