Resep Sup Lobak Ayam Hangat Dan Menyehatkan

Saya mulai penasaran dengan sayuran lobak putih semenjak saya yang melihat sajian lobak pada acara reality show dan juga drama korea. Mereka sering sekali menggunakan lobak dalam setiap hidangan berupa sup pedas maupun beningnya. Di Indonesia sepertinya masih jarang ditemukan makanan menggunakan lobak. Salah satu masakan olahan dengan lobak yaitu soto bandung. Lobak putih kurang digemari mungkin karena aromanya yang langu dan menyengat serta ada juga yang memiliki rasa pahit.

Cara memilih lobak

Rasa dari lobak dipengaruhi dari cara Anda memilihnya. Lobak putih yang masih muda memiliki rasa yang manis dan enak, namun lobak putih yang sudah tua rasanya akan semakin pahit. Pilihlah lobak putih yang daunnya tidak layu dan warna buahnya putih terang, mulus dan tidak benyek.

Buanglah bagian pangkal lobak untuk menghilangkan rasa pahit, lalu kupas kulitnya agar rasa pahitnya tidak tertinggal. Walaupun Anda sudah memilih lobak putih yang muda, terkadang masih ada rasa pahitnya. Untuk mengurangi rasa pahitnya itu Anda bisa merendam lobak putih yang sudah diiris tipis dengan garam sambil diremas-remas dan didiamkan selama kurang lebih tiga jam sebelum diolah menjadi masakan.

Lobak putih cocok diolah menjadi tumisan, sup, soto, dan acar seperti kimchi ala Korea dengan menggunakan bumbu yang kuat dan juga pekat.

Sumber : lybrate.com

Manfaat lobak

Manfaat dari mengonsumsi lobak putih :

1. Lobak dapat mengontrol kerusakan pada sel darah merah dan dalam prosesnya juga meningkatkan suplai oksigen ke darah.

2. Mengonsumsi lobak dapat memenuhi kebutuhan akan serat, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

3. Kandungan kalium pada lobak dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga aliran darah agar tetap terkendali.

4. Lobak adalah sumber antosianin yang dapat menjaga jantung kita berfungsi dengan baik, mengurangi risiko kardiovaskular, ditambah lagi lobak kaya akan vitamin c, asam folat dan flavonoid.

5. Jus lobak yang dikonsumsi setiap hari dapat menjaga kulit Anda dari kekeringan, jerawat dan juga ruam. Jika anda aplikasikan pasta lobak pada rambut dapat membantu menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok dan memperkuat akar rambut.

Efek samping

Di samping manfaatnya yang banyak, mengonsumsi lobak secara berlebihan dan tidak tepat dapat menimbulkan efek samping negatif, sebagai berikut :
a. Dermatitis : Peradangan kulit dengan gejala kulit kemerahan dan gatal.
b. Iritasi pencernaan : Rasa pedas pada lobak yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan pencernaan.
c. Wanita hamil dan menyusui, orang yang menggunakan vasodilator, orang yang mengkonsumsi obat anti-migrain dan tekanan darah tidak disarankan untuk mengonsumsi lobak putih.

lobak
Sumber : everydaydishes.com

Resep Sup Lobak Ayam

Bahan-bahan :

100 gram daging ayam atau bisa diganti dengan ikan fillet
1 buah lobak muda ukuran sedang, potong-potong dadu lalu rendam sampai dengan 1 jam dengan 1/2 sendok teh garam, kemudian ditiriskan
1 buah wortel
1 buah tomat
1 batang daun bawang
2 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 buah cabe rawit
500 ml air
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap asin
1 sendok makan kecap ikan
1/2 sendok makan cuka putih
secukupnya garam
gula secukupnya

Cara buat :
1. Tumis bawang putih, jahe, dan cabe rawit sampai harum. Tambahkan air dan masukkan lobak, tutup wajan dan masak sampai mendidih selama 10 menit atau sampai mendidih.
2. Masukkan daging ayam dan wortel, didihkan kembali sampai wortel lunak dan daging ikan matang.
3. Tambahkan tomat dan bumbu-bumbu seperti saus tiram, kecap asin, kecap ikan, cuka putih, gula dan garam secukupnya.
4. Koreksi rasa, kemudian masak kembali sekitar 2 menit. Lalu tambahkan daun bawang dan sup ayam siap untuk disajikan.

Cara mudah untuk mendapatkan lobak putih dan juga bahan-bahan lainnya di hemat.id dan Aplikasi Kliptalog.  Anda pun bisa membandingkan harga dan juga mendapatkan informasi harga promo terhemat di supermarket kesayangan Anda dan keluarga.

Apakah anda memiliki tips dan trik lainnya dalam mengolah lobak putih? Sudahkah Anda mengonsumsi lobak dan merasakan khasiatnya ? Bagikan cerita dan pengalaman Anda mengenai sayuran bermanfaat ini di kolom komentar. 

Sumber :

  1. Collins, Theophilos; Goodwin, Katie (1997). “Radish” (PDF). Hamilton College: Food For Thought: 1
  2. //idnmedis.com/lobak
  3. //food.ndtv.com/
  4. //www.lybrate.com/
  5. Lukz Kitchen Cookpad

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!