Investasi Kasur untuk Tidur yang Sehat, Hemat atau Boros ?

Tidur merupakan hal yang penting dalam keseharian kita, walau banyak orang tidak menyadari apa saja manfaat yang didapatkan saat tidur. Pastinya kita semua tahu jika kurang tidur dalam waktu yang cukup lama dan terakumulasi, akan membuat kita merasa buruk, lelah, pusing dan badmood. Tidur yang cukup dan berkualitas di saat malam hari, akan memberikan perasaan segar dan sehat yang membuat kita siap menghadapi hari yang baru. Sadarkah Sahabat Hemat, bahwa sepertiga waktu dari hidup kita dihabiskan untuk tidur ? 

Jika kita hidup selama 90 tahun, dapat digambarkan sekitar 30 tahun akumulasi waktu yang dipakai untuk tidur. Tidur merupakan kebutuhan pokok yang penting bagi makhluk hidup, sama pentingnya dengan kebutuhan akan asupan gizi. Jumlah waktu tidur yang cukup per hari berbeda-beda pada tiap jenjang usia. Anak-anak membutuhkan durasi tidur 9-11 jam per hari, sedangkan orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam per hari. Walaupun sebagian orang merasa sayang akan jumlah waktu yang banyak tersebut dipakai hanya untuk tidur, namun sebenarnya tubuh kita sibuk melakukan perbaikan sel-sel agar ketika bangun kita siap untuk beraktivitas kembali.

Ada sebagian orang yang merasa setelah bangun tidur justru merasa pusing dan masih lemas, walaupun jumlah waktu tidurnya sudah cukup. Hal ini bisa disebabkan oleh tidur yang tidak berkualitas. Tubuh kita melakukan regenerasi sel-sel, termasuk perbaikan sel-sel otak yang meningkatkan kecerdasan, penyembuhan penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan optimal saat tidur mencapai tahap tidur pulas. Terdapat lima tahapan tidur yang berotasi antara non-rapid eye movement (NREM) dan rapid eye movement (REM) meliputi kantuk, tidur ringan, tidur sedang hingga lelap, tidur lelap, dan mimpi. Setidaknya seorang dewasa yang sehat membutuhkan 20% tidur lelap /  nyenyak dari total durasi tidur per hari. 

Banyak manfaat penting yang diperoleh jika Sahabat Hemat dapat mencapai tahapan tidur lelap. Di antaranya recharge energy, regenerasi sel termasuk sel otak dan perbaikan sel-sel yang rusak, sehingga tidur dapat meningkatkan kecerdasan, meningkatkan kemampuan bekerja, menyehatkan tubuh, mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan mood, hingga yang terpenting adalah menaikan kekebalan tubuh. Terlebih di masa pandemik covid-19 ini, kekebalan tubuh menjadi sangat penting dan tidur lelap menjadi salah satu syarat mutlak untuk peningkatan imunitas.

tempat tidur
Sumber : Hemat.id

Bagaimana agar Sahabat Hemat dapat mencapai tahapan tidur lelap ? Ada banyak tips dari segi medis untuk seseorang dapat tidur nyenyak, diantaranya hindari minum minuman yang tinggi kafein, batasi makan berat 3-4 jam sebelum jam tidur malam. Lepaskan stress dari pikiran saat sebelum tidur, membuat jadwal tidur yang teratur dan tetap. Terakhir yang tak kalah penting adalah kondisi tempat tidur dan suasana tidur yang kondusif dan sehat.

Baca juga Tips Penataan Kamar Tidur Agar Nyaman

Begitu banyak manfaat penting yang kita dapatkan dari tidur lelap, tentunya akan menjadi hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan jika Sahabat Hemat ingin berinvestasi membeli kasur yang menunjang untuk dapat tidur lelap dan menjadi sehat. Kasur yang baik untuk kesehatan juga mendukung postur tubuh Anda, menjaga struktur tulang belakang tetap normal dan menghindari nyeri tulang punggung serta otot kaku. Seringkali masalah tulang belakang disebabkan oleh tempat tidur yang salah, kasur yang tidak menopang dengan baik dapat mengakibatkan postur tubuh yang buruk saat tidur. Tentunya kebiasaan postur tubuh Sahabat Hemat saat duduk, berdiri dan berjalan juga turut andil dalam menjaga kesehatan tulang Anda.

Jika Anda memiliki masalah nyeri punggung, leher dan tulang belakang, dapat mencoba kasur yang memang dikhususkan bagi kesehatan tulang. Harganya memang cukup tinggi, namun Sahabat Hemat dapat membelinya saat sedang promo. Pantau harga kasur dan perlengkapan kamar tidur terbaik di hemat.id. Khusus bulan September ini, sedang ada promo kasur kesehatan tulang, keluaran Amerika, Therapedic, brand yang sudah dikenal sejak tahun 1957 dalam merancang kasur untuk kesehatan tulang punggung. Dapatkan info promo lengkapnya di sini.

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

Postur tubuh yang buruk akan menghambat tulang belakang untuk melakukan rehidrasi. Di antara ruas tulang belakang kita, terdapat bantalan sendi yang berisi kandungan sejenis gel dengan kadar air yang cukup tinggi. Bantalan ini gunanya mencegah benturan atau gesekan antar tulang serta meredam guncangan yang dapat membahayakan tulang belakang. Bantalan ini akan menipis jika kekurangan kandungan air. Bila postur tubuh terlalu sering salah dan terakumulasi dalam waktu yang lama, akan menghambat bantalan tulang untuk melakukan rehidrasi. 

Sahabat Hemat pernah mendengar sakit pinggang yang disebabkan karena kurang minum? Hal itu juga disebabkan bantalan tulang mengalami dehidrasi. Artinya terjadi kurangnya cairan tubuh juga berpengaruh pada cadangan air untuk memulihkan kelenturan bantalan tulang. Bila bantalan tulang menipis, dapat berujung pada saraf yang terjepit oleh tulang, tekanan pada saraf ini mengakibatkan munculnya rasa sakit. Hal ini yang sering disebut sakit pinggang, nyeri punggung, jika dibiarkan hingga parah dapat terjadi pembengkakan dan nyeri hebat. Beberapa kerabat dari saya mengalami gangguan nyeri pinggang saat usia 20 dan terus berlanjut selama belasan tahun kemudian, dan menghabiskan biaya yang besar untuk terapi dan pengobatan. Kasur yang mengakibatkan posisi tubuh yang tak nyaman saat tidur juga dapat mengakibatkan otot tertarik secara konstan sehingga dapat mengakibatkan nyeri otot. Jika demikian buruknya akibat dari salah postur tubuh karena kasur yang tidak menyokong tubuh Anda dengan baik, sebaiknya Sahabat Hemat lebih cermat dalam memilih kasur yang digunakan. Salah satu brand lokal asal Indonesia yang sudah cukup dikenal, Central Spring Bed. Produk dari Central Spring Bed mempunyai matras yang baik dalam menopang tubuh dan harga yang semakin terjangkau dengan diskon hingga 68%, Victoria Garden Complete Bed Set, lengkap dengan headboard dan gratis bantal guling, dapat menjadi salah satu pilihan Sahabat Hemat.

Bagaimana Memilih Kasur yang Baik ?

Di samping kenyamanan, poin penting yang menjadi pertimbangan dalam memilih kasur adalah kemampuannya menopang tubuh dengan baik. Pada umumnya kasur yang terlalu empuk dan terlalu keras kurang bagus untuk tulang belakang. Jika Sahabat Hemat ragu-ragu dalam memilih tingkat keempukkan kasur, pilihlah yang medium firm. Sahabat Hemat juga perlu memperhitungkan perbandingan luas kamar dengan ukuran kasur dan ranjang yang digunakan, serta menghitung budget yang dapat disiapkan. Ada baiknya Sahabat Hemat mengalokasikan budget yang cukup tinggi sehingga dapat membeli kasur yang berkualitas, ingat, kesehatan tulang merupakan investasi terpenting bagi masa tua Sahabat Hemat. Kasur dengan kualitas yang baik, akan lebih awet bahannya serta lebih panjang masa pakainya.

Saat ini bahan yang dikenal terbaik untuk menyokong tubuh saat tidur ialah kasur dengan bahan dari latek. Walau harganya lebih mahal dibandingkan dengan bahan busa atau memory foam, banyak nilai tambah yang dimiliki bahan lateks, diantaranya lebih higienis karena bahannya yang berasal dari getah pohon karet sehingga tidak disukai oleh serangga dan mikroorganisme. Kasur berbahan lateks juga terasa lebih sejuk jika dibandingkan dengan bahan busa yang cenderung menyerap panas tubuh. Permukaan kontur yang baik dari kasur lateks juga kokoh menopang tulang belakang, bahu, pinggul, paha dan kaki Anda. Sahabat Hemat dapat memperoleh diskon hingga 70% dari salah satu produsen kasur berbahan lateks berkualitas asal Amerika, dapatkan info promonya di sini.

tempat tidur
Sumber : Hemat.id

Beli di Courts BTM

Beli di Courts Bintaro

Beli di Courts Ciledug

Beli di Courts Megastore KHI

Beli di Courts MBH

Kapan Harus Ganti Kasur?

Apakah kasur memiliki batasan masa pakai ? Ya, ada tanda-tandanya jika kasur Sahabat Hemat sudah saatnya diganti. Jika sudah merasa tidak nyaman saat tidur, merasa sakit badan setelah bangun tidur, coba perhatikan kasur Anda, mungkin sudah mencekung, atau berbunyi seperti berderit jika Sahabat Hemat berganti posisi tidur. Ada juga yang disebabkan kasur yang terlalu keras sehingga tidak dapat menyesuaikan dengan lekukan tubuh. Umumnya usia pemakaian kasur yang disarankan adalah 8 – 10 tahun. Sahabat Hemat juga dapat bertanya pada dealer kasur tempat Anda membeli. Beberapa dealer memiliki jasa perbaikan kasur dimana mereka dapat mengganti sebagian pegas yang sudah jelek dengan yang baru, sehingga kembali mampu menopang beban tubuh.

Semoga informasi yang penulis bagikan dapat bermanfaat bagi kesehatan Sahabat Hemat. Sebelum berbelanja, ingatlah untuk selalu #bandingkanhematnya di Kliptalog dan website kami di hemat.id. Anda pun dapat berbelanja keperluan tidur secara online pada salah satu partner kami, COURTS dengan salah satu layanan unggulannya Courts Home Delivery.

Sumber :

  1. //healthline.com
  2. //alodokter.com/cara-tidur-nyenyak-ternyata-tidak-sulit
  3. //klikdokter.com

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!