Yuk, Menyusun Menu Makan Keluarga Untuk Sebulan

Menyiapkan menu sebulan untuk keluarga adalah masalah yang gampang-gampang susah. sebelum saya membuat draft menu sebulan setiap malam saya akan menghabiskan waktu untuk memikirkan apa yang akan disiapkan esok hari, dari sarapan sampai makan malam. bertanya ke suami sama saja seperti tidak bertanya karena jawabannya pasti “apa aja..” itulah jawaban suami saya jika di tanya besok mau makan apa. akhirnya saya mencoba membuat draft menu makan keluarga untuk sebulan.  ini contoh menu dari saya :

Contoh menu makanan selama seminggu pertama
Klik pada gambar untuk memperbesar
Contoh menu makanan selama seminggu kedua
Klik pada gambar untuk memperbesar
Contoh menu makanan selama seminggu ketiga
Klik pada gambar untuk memperbesar
Contoh menu makanan selama seminggu keempat
Klik pada gambar untuk memperbesar

Ini adalah contoh menu masakan yang serba simple dan mudah dibuat, karena pada dasarnya suami juga kurang suka dengan masakan  experiment. Karena kebanyakan tidak sesuai dengan seleranya. Hari minggu tidak ada menu karena itu hari bebas masak, jadi paling kita membeli makanan diluar atau cook by request. Anda juga bisa menuliskan rencana menu masakan selama seminggu di template weekly meal plan dibawah ini. Silakan di download dan isi dengan kreasi masakan Bunda 🙂

template untuk menyusun menu makanan selama seminggu
Klik pada gambar untuk memperbesar

Dirumah yang makan malam hanya anak-anak, karena saya dan suami lagi program pengurangan makan nasi, jadi kita hanya nyemil di sore hari atau kalau suami pulang malam saya akan sediakan camilan untuk suami makan di malam hari, pokoknya tanpa nasi.

Buat list belanja Anda dengan aplikasi kliptalog sembari mencari promo bahan makanan yang Anda butuhkan di Hemat.id. Anda bisa mencari promo ayam, minyak goreng, dan bahan masakan lainnya.

Belanja mingguan hemat dan mudah lewat aplikasi Kliptalog

Berikut tips lain seputar mengatur menu ini :

Tips menyusun menu makanan keluarga untuk sebulan
Klik pada gambar untuk memperbesar
  1. Buat juga daftar makanan lain yang mungkin ingin anda coba agar masakan anda bervariasi, dari masakah tumisan maupun yang berkuah.
  2. Belanja seminggu sekali atau 3-4 hari sekali akan menghemat tenaga dan bensin tentunya. Karena sudah ada daftar menu akan memudahkan anda untuk mengetahui apa saja yang perlu dibeli.
  3. Saya suka menyajikan selang seling jenis masakan saya, jika hari ini tumisan atau yang kering-kering. besok saya akan membuat sayuran atau masakan yang berkuah.
  4. Untuk sarapan seringnya saya membuat masakah yang berkuah, dan biasanya bening.
  5. Untuk lauk saya biasanya membeli 1 – 2 macam lauk untuk satu minggu, misal minggu ini ayam dan ikan lele jadi minggu depan cumi dan ikan patin. Untuk Anda yang punya anak kecil, saran saya sediakan menu ikan setiap minggunya ya.
  6. Tunjukkan hasil susunan menu anda ke suami dan keluarga, untuk meminta masukan dari mereka juga.
  7. Untuk menu camilan, kebanyakan saya beli jadi karena jika dibuatkan banyak entah kenapa mereka kehilangan selera jika memakan camilan yang sama untuk keesokkan harinya.
  8. Dalam mengatur menu makanan sehari ada baiknya, hanya sajikan 2-3 makanan dalam satu kali sajian. Karena sayang jika kita sajikan terlalu banyak variasi makanan akan membuat keluarga bingung dan sangat mungkin jadi mubazir.
  9. Letakkan daftar menu anda di tempat yang lumayan strategis, misal di pintu kulkas. Jadi anggota keluarga bisa melihat menu apa yang akan disajikan pada hari itu.
  10. Jangan sungkan untuk merubah atau mengganti menu jika bahannya susah dicari atau sedang mahal, saya sengaja tidak membuat makanan dalam bentuk balado jika harga cabe yang sedang naik daun, kecuali sambal tentunya. Karena makan tanpa sambal itu makan rasanya kurang nikmat.
  11. Maaf jika tidak banyak menu yang berbahan dasar daging, karena harganya yang lumayan mahal saya juga kurang pandai dalam mengolah daging.
  12. Hal yang paling penting adalah sesuaikan menu anda dengan budget belanja anda ya.

Enam macam sayuran untuk menghemat uang belanja

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan komen di kolom komentar.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!