Yuk, Menyusun Menu Makan Keluarga Untuk Sebulan

Menyiapkan menu sebulan untuk keluarga adalah masalah yang gampang-gampang susah. Sering sekali sebagai ibu rumah tangga, menghabiskan waktu malam untuk memikirkan makanan apa yang perlu disiapkan esok hari dari sarapan hingga makan malam. Bertanya ke suami sama saja seperti tidak bertanya, karena jawabannya pasti “apa aja..” jika ditanya besok mau makan apa.

Baca juga : Yuk, Menyusun Menu Sahur Keluarga untuk Sebulan

Akhirnya saya mencoba membuat draft menu makan keluarga untuk sebulan, dan ternyata memudahkan saya dalam berbelanja dan menyiapkannya. Berikut menu dari hari Senin – Sabtu selama sebulan yang simple dan mudah dibuat, namun untuk hari Minggu tidak ada menu. Bagi keluarga saya, hari Minggu adalah hari bebas masak, sehingga kami akan membeli makanan diluar atau cook by request. Dan ada hal yang selalu saya sediakan di menu yaitu kerupuk atau sambal sebagai pelengkap dan penambah selera makan.

Menu minggu pertama

Contoh menu makanan selama seminggu pertama
Klik pada gambar untuk memperbesar

Lauk utama yang akan saya sediakan di kulkas untuk menu minggu pertama adalah telur, ayam, tempe dan tahu. Sedangkan untuk sayuran, saya akan stok bahan sayur untuk capcay, tumis tauge, sayur lodeh,  sayur sop, tumis kacang panjang, sayur bayam, sayur sawi putih dan tumis putren. Untuk menu anak-anak, kadang saya buatkan sarapan sereal ataupun roti dan susu.

Saya juga membeli buah pepaya dan buah melon sebagai tambahan nutrisi sekaligus camilan pagi. Sebagai tambahan, saya juga sediakan telur puyuh untuk dicampur dengan tumis kacang panjang di hari Kamis dan terong untuk dimasak menjadi terong balado di hari Sabtu. Untuk camilan sore, bisa beli dari luar seperti siomay, bubur kacang, martabak, tape goreng. Untuk menu selengkapnya setiap hari, sudah tertera pada gambar di atas ya.

Baca juga Yuk, Menyusun Menu Makan Keluarga Untuk Sebulan

Menu minggu kedua

Contoh menu makanan selama seminggu kedua
Klik pada gambar untuk memperbesar

Di minggu kedua, saya lebih fokus ke ikan sebagai lauk, seperti ikan lele dan ikan kembung. Lauk lainnya adalah telur, tempe dan tahu. Untuk sayuran lebih sedikit karena saya ingin mengolah lauk menjadi tumisan/variasi lauk seperti orek tempe, telur masak kuning, martabak telur dan ikan bumbu kuning. Sehingga saya stok bahan sayuran hanya untuk lalapan, cah kangkung, tumis caisim, bakwan sayur dan sop.

Untuk buah, saya sediakan buah Apel dan buah Mangga sebagai camilan di pagi hari setelah sarapan. Camilan sore bisa beli dari luar seperti pempek, martabak, bubur kacang, brownies, siomay dan cakwe. Untuk menu selengkapnya, sudah tertera pada gambar di atas gambar Minggu Kedua ya.

Menu minggu ketiga

Contoh menu makanan selama seminggu ketiga
Klik pada gambar untuk memperbesar

Setelah minggu kedua memakan lauk ikan, di minggu ketiga kita kembali ke ayam sebagai lauk, ditambah udang. Lauk lainnya yang saya sediakan adalah telur, tahu, tempe, kentang untuk membuat perkedel, dan telur puyuh. Supaya lauk tidak hanya digoreng, saya variasikan menjadi ayam bumbu kuning, semur tahu, udang asam jawa, orek tempe dan martabak telur. Untuk sayuran yang perlu tersedia di kulkas adalah sayur untuk dicampur menjadi telur dadar sayur, sop, sayur bening, kacang panjang, capcay dan tumisan tauge.

Untuk buah, saya sediakan buah Mangga, buah Pear, buah Pisang untuk dijadikan pisang goreng. Untuk camilan sore adalah bubur kacang hijau, seblak, cakwe, kolak dan kue ape. Untuk menu selengkapnya Minggu Ketiga, bisa dilihat pada gambar di atas ya.

Menu minggu keempat

Contoh menu makanan selama seminggu keempat
Klik pada gambar untuk memperbesar

Lauk di minggu keempat lebih bervariasi yaitu cumi, ikan pindang, ikan goreng, ikan asin, teri, jamur, ayam, bakso dan ati ampela. Lauk sisanya seperti telur, tahu dan tempe. Menu lauk yang akan dimasak di minggu keempat ini sangat bervariasi supaya membuat sekeluarga lebih bersemangat di akhir bulan. Saya akan membuat cumi tepung, tumisan putren wortel dengan bakso, pindang ikan, ikan goreng, tempe kriuk, ikan asin, teri kacang, tumis jamur, bakwan sayur, sambel goreng ati, martabak dan ayam bakar.

Untuk sayurannya cukup sederhana yaitu sediakan bahan sayur untuk tumis putren, wroter, lalapan, sayur asem, bakwan sayur, sayur nangka, capcay dan tumis pepaya. Buah yang akan saya stok adalah buah Semangka dan buah Pisang. Untuk camilan sore juga cukup sederhana yaitu seblak, pempek, siomay, donat, pisang geprek dan tahu isi. Untuk menu selengkapnya di Minggu Keempat, silakan lihat gambar di atas ya.

Nah itulah susunan menu sebulan setiap minggunya ala keluarga saya. Saya ingin yang serba simple dan mudah dibuat, karena kurang suka dengan masakan experiment, khawatir rasanya tidak sesuai selera. Dan untuk makan malam, menunya cukup sedikit karena biasanya yang makan hanya anak-anak, sedangkan saya dan suami hanya makan camilan karena sedang mengikuti program pengurangan makan nasi.

Template Weekly Meal Plan

Klik pada gambar untuk memperbesar

Anda juga bisa menuliskan rencana menu masakan selama seminggu di template weekly meal plan di atas ini. Silakan di download dan isi dengan kreasi masakan Bunda 🙂

Buat list belanja Anda dengan aplikasi kliptalog sembari mencari promo bahan makanan yang Anda butuhkan di Hemat.id. Anda bisa mencari promo ayam, minyak goreng, dan bahan masakan lainnya.

Promo Bahan Masakan hari ini 23 Apr 2024

Kewpie Mayonnaise Original 150 gr

Rp13.267 / 100 gr

Kewpie Mayonnaise Original 150 gr

Rp19.900 Rp36.500 45%

Hemat ★★★

Sampai 30 Apr 2024

Indomaret
Kewpie Saus Siram Wijen Sangrai 50 ml

Rp88 / ml

Kewpie Saus Siram Wijen Sangrai 50 ml

Rp8.790 Rp17.580 50%

Beli 1 Gratis 1

Hemat ★★★

Sampai 24 Apr 2024

Superindo
Filma Minyak Goreng  2000 ml

Rp1.595 / 100 ml

Filma Minyak Goreng 2000 ml

Rp31.900 Rp39.100 18%

Tanpa OVO Rp. 33.900 Maks...

Hemat ★★★

Sampai 25 Apr 2024

Hypermart
365 Minyak Goreng  1000 ml

Rp1.590 / 100 ml

365 Minyak Goreng 1000 ml

Rp15.900 Rp17.900 11%

Maks 4 pch

Hemat ★★★

Sampai 25 Apr 2024

Superindo
Inaco Nata De Coco  1000 gr

Hemat ★★★

Sampai 25 Apr 2024

Hypermart
Tropical 2L

Rp1.685 / 100 ml

Tropical 2L

Rp33.700 Rp34.900 3%

Kartu Debit BRI Rp29.700

Hemat ★★

Sampai 23 Apr 2024

Indomaret
Bango Kecap Manis  735 ml

Rp3.660 / 100 ml

Bango Kecap Manis 735 ml

Rp26.900 Rp33.990 20%

Maks 4 pch

Hemat ★★

Sampai 25 Apr 2024

Superindo
Dua Belibis Saus Cabe  340 ml

Rp4.676 / 100 ml

Dua Belibis Saus Cabe 340 ml

Rp15.900 Rp23.990 33%

Hemat ★★

Sampai 24 Apr 2024

Superindo
Sunco Minyak Goreng  2000 ml

Rp1.700 / 100 ml

Sunco Minyak Goreng 2000 ml

Rp34.000 Rp50.900 33%

Hemat ★★

Sampai 28 Apr 2024

Alfamidi
Sunco Minyak Goreng  2000 ml

Rp1.695 / 100 ml

Sunco Minyak Goreng 2000 ml

Rp33.900 Rp39.900 15%

Maks 4 pch

Hemat ★★

Sampai 25 Apr 2024

Superindo

Belanja mingguan hemat dan mudah lewat aplikasi Kliptalog

Cara supaya makanan tidak cepat basi

Sisa makanan sebaiknya disimpan dan diolah dengan baik agar tidak cepat basi. Makanan bisa menjadi basi karena adanya bakteri yang berkembang lebih banyak. Bakteri tersebut bisa berasal dari udara, ataupun dari masakan itu sendiri. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencegah bakteri tersebut merusak makanan kita, berikut ini tipsnya  :

Simpan makanan dalam wadah tertutup

Hal ini untuk mencegah makanan supaya tidak terkontaminasi udara dan bakteri di sekitarnya. Sebaiknya menutup wadah makanan saat suhu makanan tersebut tidak terlalu panas sehingga tidak menimbulkan embun pada wadah yang juga bisa membuat makanan cepat basi.

Simpan di dalam kulkas

Suhu yang rendah di dalam kulkas dan freezer bisa memperlambat proses berkembangnya bakteri pada makanan. Sehingga makanan jadi lebih awet. Pastikan masakan yang matang disimpan dengan baik, pisahkan dari bahan makanan mentah seperti daging ataupun seafood.

Panaskan makanan

Memanaskan makanan bisa membunuh bakteri, sehingga bisa mencegah makanan cepat basi. Supaya lebih hemat penggunaan gas saat memanaskan makanan Anda bisa coba memanaskannya menggunakan rice cooker maupun air fryer.

Biasanya saya suka menghangatkan masakan dengan rice cooker karena metode pemanasannya yang lambat dengan suhu yang stabil sehingga tidak merusak nutrisi makanan. Selain memanaskan makanan secara langsung, rice cooker juga bisa memanaskan makanan dengan cara dikukus.

Sharp Rice Cooker 1,8L KS-R18MS dengan harga Rp399 ribuan, Anda bisa dapatkan 3 fitur sekaligus yaitu memasak, memanaskan, dan mengukus. Dilengkapi dengan lapisan anti lengket serta hemat listrik, mampu menghangatkan nasi hingga 72 jam.

Nah bagi Anda yang suka memanaskan makanan dengan cara menggorengnya kembali, kini bisa lebih praktis dan hemat minyak dan gas dengan menggunakan air fryer. Air fryer bisa menghangatkan makanan sehingga menjadikannya kembali renyah tanpa menggunakan minyak. Tentunya jadi lebih sehat bukan?

XIAOMI MI SMART AIR FRYER BHR4849EU dengan harga Rp1,2 jutaan Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Dapat membuat makanan kembali renyah dan krispi serta matang secara merata. Bahkan minyak dari sisa makanan juga bisa berkurang. Kapasitas besar yaitu 3.5 L dengan metode pemasan 360 derajat alias dari segala sisi.

Berikut tips lain seputar mengatur menu ini

Klik pada gambar untuk memperbesar
  1. Buat daftar makanan yang bervariasi, dari masakan tumisan maupun yang berkuah.
  2. Belanja seminggu sekali atau 3-4 hari sekali akan menghemat tenaga dan bensin tentunya. Karena sudah ada daftar menu akan memudahkan Anda untuk mengetahui apa saja yang perlu dibeli.
  3. Saya suka menyajikan jenis masakan dengan selang-seling. Jika hari ini tumisan atau yang kering-kering, besok saya akan membuat sayuran atau masakan yang berkuah.
  4. Tunjukkan hasil susunan menu Anda ke suami dan keluarga, untuk meminta saran atau masukan dari mereka juga.
  5. Dalam mengatur menu makanan sehari, ada baiknya hanya sajikan 2-3 makanan dalam satu kali sajian. Karena sayang jika kita sajikan terlalu banyak variasi makanan akan membuat keluarga bingung dan sangat mungkin jadi mubazir.
  6. Untuk lauk, saya biasanya membeli 1 – 2 macam lauk untuk satu minggu. Misalnya, minggu ini ayam dan ikan lele, maka minggu depan cumi dan ikan patin. Untuk Anda yang punya anak kecil, saran saya sediakan menu ikan setiap minggunya ya.
  7. Untuk menu camilan, kebanyakan saya beli jadi. Jika saya buat sendiri camilan dalam jumlah banyak, entah kenapa mereka kehilangan selera jika memakan camilan yang sama untuk keesokkan harinya.
  8. Letakkan daftar menu Anda di tempat yang strategis, misal di pintu kulkas. Jadi anggota keluarga bisa melihat menu apa yang akan disajikan pada hari itu.
  9. Jangan sungkan untuk merubah atau mengganti menu jika bahannya susah dicari atau sedang mahal. Saya sengaja tidak membuat makanan dalam bentuk balado jika harga cabe yang sedang naik daun, kecuali untuk sambal. Makan tanpa sambal membuat rasa makanan kurang nikmat.
  10. Hal yang paling penting adalah sesuaikan menu Anda dengan budget belanja Anda ya. Contohnya seperti di dalam menu masakan di atas, saya jarang mencantumkan menu berbahan dasar daging karena harganya lumayan mahal dan kurang pandai dalam mengolah daging.

Enam macam sayuran untuk menghemat uang belanja

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan komen di kolom komentar.