Ketahui Manfaat Anak Mengikuti Lomba 17 Agustus

Saya sangat bersemangat sekali jika setiap tahun di Hari Kemerdekaan diadakan perlombaan. Anak-anak bisa mengikuti perlombaan balap karung, lomba kelereng, lomba memasukkan bendera dalam botol, dan yang paling seru adalah lomba makan kerupuk.

Tidak hanya menyenangkan dengan mengikuti perlombaan, anak juga bisa mendapatkan banyak sekali manfaat positif lho. Yuk simak penjelasannya berikut ini :

1. Mengajarkan anak mengenai sportifitas

Sumber : pexels.com

Dulu saat anak saya pertama kali mengikuti perlombaan, pasti saya sudah mempersiapkan hadiah jika ternyata ia kalah dalam lomba. Apakah ada bunda-bunda lain yang melakukan hal yang sama? Ternyata pemikiran saya dan juga mungkin bunda-bunda lainnya ini sangatlah salah. Anak-anak seharusnya diajarkan untuk menerima kekalahan, apabila menang ia tidak boleh merasa sombong, mengejek apalagi sampai menyakiti temannya yang kalah.

Membiarkan anak untuk mengikuti perlombaan memberikan pelajaran bahwa tidak mungkin semua yang mereka inginkan bisa didapatkan. Hal ini juga mendorong anak belajar untuk mengendalikan emosi mereka.

2. Belajar mengikuti instruksi dan aturan

Sumber : quickanddirtytips.com

Mengikuti instruksi dalam perlombaan akan mengajarkan anak untuk bertindak saat diberi perintah oleh orang lain. Anak akan belajar untuk mendengarkan, memproses dan menjalankan aturan atau instruksi yang diberikan sehingga dapat melatih fokus anak.

Mengajarkan Anak Arti Hari Kemerdekaan

3. Melatih kepercayaan diri anak

Sumber : peaceinyourhome.com

Ada anak yang pemalu tapi ada anak yang berani tampil. Jangan bandingkan anak Anda dengan anak orang lain yang mungkin lebih berani karena hal ini akan melukai hati anak. Untuk melatih kepercayaan diri anak, Anda bisa mendaftarkan anak di perlombaan yang tingkat persaingannya rendah seperti lomba mewarnai. Anda juga dapat mengikutsertakan anak dalam perlombaan yang banyak diikuti oleh teman-temannya sehingga ia akan merasa bersemangat.

Namun, jangan sampai Anda memaksa anak untuk mengikuti suatu perlombaan yang tidak disukai anak. Memaksa anak hingga ia tiba-tiba tidak mau melanjutkan perlombaan bisa menyebabkan trauma yang serius.

4. Agar anak bersosialisasi

Sumber : www.pexels.com

Tidak dipungkiri bahwa pengaruh gadget sangat kuat pada anak-anak zaman sekarang, apalagi jika dari sebelum berumur 5 tahun anak sudah dikenalkan atau tidak sengaja sudah mengenal gadget. Nah, manfaatkan momen ini dengan mendaftarkan anak ke perlombaan-perlombaan yang diadakan saat Hari Kemerdekaan Indonesia, baik yang diadakan di lingkungan sekitar rumah, sekolah, maupun di luar sekolah. Perlombaan akan membuat anak bisa berinteraksi dengan teman-teman sebayanya dan bahkan bisa menambah teman baru.

Menurut dokter anak spesialis neuropsikologis Timothy Gunn, Psy.D yang memiliki klinik di South California, Amerika Serikat, kompetisi yang sehat bisa merangsang kemampuan sosial anak yang berguna untuk kehidupan mereka kelak.

5. Melatih keterampilan anak

Sumber : https://rockinjump.com

Sering mengikuti perlombaan bisa mengetahui bakat dan minat anak, bahkan mungkin kelemahan dan kekuatan anak. Anda bisa mengasah lagi keterampilan anak dengan mengikuti perlombaan yang sesuai dengan bakatnya.

Artikel Spesial HUT RI : Tips Menghias Sepeda Anak Untuk Pawai 17 Agustusan

6. Menumbuhkan rasa Nasionalisme pada anak

Sumber : https://storage.nu.or.id

Sebelum perlombaan di mulai, biasanya panitia akan mengajak peserta untuk menyanyikan lagu kebangsaan seperti “Indonesia Raya”. Hal ini juga termasuk cara untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap lagu nasional. Lomba seperti membacakan Pancasila, lomba drama tentang pahlawan, menari daerah merupakan jenis lomba yang dapat memupuk rasa nasionalisme pada anak agar lebih mencintai negaranya.

Itulah manfaat anak mengikuti perlombaan 17 Agustusan. Ceritakan kegiatan yang Anda dan keluarga lakukan dalam memaknai Hari Kemerdekaan selain dengan mengikuti perlombaan yang diadakan di lingkungan rumah Anda. Jangan lupa untuk membuka Hemat.id agar tidak ketinggalan promo Hari Kemerdekaan di semua Supermarket atau minimarket di daerah sekitar Anda. 

Sumber :

  1. //childdevelopment.com.au/areas-of-concern/understanding-language/following-instructions/
  2. //peaceinyourhome.com/the-competition-paradox-is-competition-good-for-kids/