Tips Penataan Kamar Tidur Agar Nyaman #DiRumahAja

Kamar tidur merupakan ruangan privasi bagi pemilik rumah. Kenyamanan adalah prioritas utama bagi pemilik kamar dalam menata dan memilih furnitur untuk kamarnya. Setiap orang memiliki visi yang berbeda dalam menata kamar tidur, membutuhkan inspirasi atau mencontoh desain suatu kamar yang penataannya sesuai dengan selera dan kebutuhan si pemilik kamar.

Anda bisa mendapatkan banyak sekali inspirasi penataan kamar dengan membrowsing internet hingga membaca majalah home & living. Anda juga bisa meniru penataan kamar yang Anda suka dengan mengisi furnitur sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Atur furnitur di dalam kamar Anda agar ruang dan fungsinya bisa maksimal tanpa mengorbankan gaya dan desain yang Anda inginkan. Ketahui juga ukuran kamar dan layout-nya sebagai referensi saat Anda akan memilih furnitur untuk kamar.

Sumber : Unsplash

Sebelum menata dan memilih furnitur suatu kamar kebiasaan pemilik kamar akan menjadi perhatian utama. Jika Anda suka menonton TV dari tempat tidur, Anda bisa menambahkan meja atau lemari TV yang berseberangan dari tempat tidur. Jika Anda suka bekerja di kamar, berarti Anda butuh meja kerja, kursi dan juga lemari kerja.

Berikut beberapa inspirasi desain kamar tidur yang bisa menjadi referensi untuk kamar tidur Anda :

1. Pemilihan tempat tidur

Tempat tidur adalah furnitur terbesar untuk diletakkan di kamar tidur. Jadi tempat tidur adalah furnitur utama yang harus dipertimbangkan peletakannya sebelum furnitur yang lain. Berikut beberapa ukuran standar yang biasanya diletakkan di kamar tidur :

a. Single Size Bed

Tipe kasur single bed dengan ukuran 200 x 90 cm biasanya dipilih untuk mengisi kamar anak-anak. Kasur single bed juga menjadi pilihan yang paling direkomendasi untuk anak-anak kost yang memiliki ukuran kamar yang kecil. Seperti namanya, kasur ini disarankan untuk dipakai tidur oleh satu orang saja.

a. Double Size Bed

Double bed atau dikenal juga dengan kasur nomor 3 memiliki ukuran 200 x 120 cm, dimana kasur ini masih nyaman digunakan oleh dua orang, kasur tipe ini sering sekali kita lihat di kamar hotel dengan tipe kamar yang sama dengan nama kasurnya, yaitu kamar twin bed.

c. Queen Size Bed

Sering disebut juga dengan kasur ukuran nomor 2. Kasur ini memiliki perbedaan ukuran yang tidak terlalu jauh dari king size bed, hanya 20 cm saja. Kasur ini juga nyaman digunakan oleh dua orang, tapi agak lebih sempit dibandingkan kasur dengan ukuran king size. Tipe kasur ini cocok juga untuk diletakkan di kamar tamu.

d. King Size Bed

Dengan ukuran 180 cm x 200 cm, tentunya kasur king size atau yang biasa disebut kasur nomor 1 akan terasa lebih luas dibandingkan kasur tipe queen size. Dengan kasur jenis ini, dua orang dewasa dan satu anak kecil masih bisa tidur dengan nyaman.

e. Super King Size

Jika Anda memiliki ukuran kamar yang cukup luas, maka tidak ada salahnya Anda menggunakan kasur tipe super king size ini. Dengan ukuran 200 cm x 200 cm, dijamin, tidur akan semakin nyenyak dan nyaman.

Sumber : Unsplash & Courts

Desain kamar tidur yang simpel ini sangat cocok untuk pasangan yang tidak suka dengan desain kamar yang terlalu rumit dan terlalu banyak perabotan.

Jika Anda memiliki layout kamar yang tidak terlalu luas dengan bentuk segi empat maka Anda bisa meletakkan alternatif spring bed Comforta Mattress Queen di bagian tengah ruangan dengan diapit meja samping di kedua sisi. Atau seperti di gambar, Anda bisa menambahkan lemari yang bisa di custom made dan mengaplikasikan ambalan yang bisa berfungsi sebagai head bed nya.

Sumber : Unsplash

Lihat juga: Mengenal Custom Made Furniture

Tempat tidur dengan head bed motif yang minimalis, spring bed ini sesuai untuk diaplikasikan di kamar yang akan mengusung konsep minimalis.

Sumber : Pinterest & Courts

Meletakkan tempat tidur di dinding yang sama dengan pintu adalah salah satu cara agar kamar tidur Anda lebih luas di sisi yang lain. Hal ini bisa dilakukan jika Anda ingin menambahkan meja kerja, ruang duduk dengan mini library atau lemari pakaian di sisi lain dari kamar tidur Anda.

Masih dengan tema warna monochrome produk dari Elite Appropriate Bed Set dengan ukuran 160 x 200 cm, memberikan kesan minimalis yang kental pada kamar tidur Anda. Serta tambahan kaki-kaki pada spring bed membuat kegiatan tidur Anda terasa lebih nyaman dan tempat tidur akan lebih terasa kokoh.

2. Menambahkan meja samping

Sumber : Unsplash & Courts

Apakah Anda suka membaca buku sebelum tidur dan memerlukan lampu tidur untuk menerangi mereka membaca tanpa harus mengganggu pasangan Anda? Atau ingin cepat menjangkau air jika merasa kehausan? Maka Anda membutuhkan meja samping di tempat tidur Anda.

Pastikan saat membeli meja sampingĀ  tinggi dari meja samping setidaknya sejajar dengan tempat tidur Anda. Ada banyak gaya yang berbeda untuk mencocokan tempat tidur Anda dan furnitur yang ada di kamar tidur. Ada yang memiliki memiliki gaya lemari kecil dengan konsep open shelf, meja kecil model kabinet, meja kecil dengan pintu dan laci, meja kecil dengan laci-laci hingga meja kecil dengan bentuk unik lainnya.

3. Lemari Pakaian

Lemari pakaian adalah furnitur terbesar kedua setelah tempat tidur, untuk menyeimbangkan sebuah kamar, Anda harus meletakkan tempat tidur berseberangan dengan lemari pakaian. Jika menonton TV adalah kesukaan Anda, maka Anda bisa mencari lemari pakaian yang memiliki fungsi ganda sebagai meja TV juga.

Jika Anda memiliki layout kamar yang kecil, maka pilihlah lemari yang tinggi dibandingkan lemari yang melebar. Contohnya kedua lemari pakaian di atas dan contoh gawangan baju di bawah ini :

Sumber : Homedee & Courts

A. Lemari dua pintu atau Graver Agusto Wardrobe 3 Doors, lemari dengan 3 pintu ini cocok sekali untuk Anda yang berbagi lemari dengan suami. Karena ukurannya yang besar pastinya tempat penyimpanannya jadi lebih banyak.

Sumber : Unsplash & Courts

B. Gantungan baju atau stand hanger seperti ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang lebih suka menggantung pakaian. Hometrend Garment Rack Single ukurannya ramping jadi Anda bisa menempatkan gawangan baju ini hampir dimana saja.

Gantungan baju ini dapat menahan beban sampai dengan 25 kg dan ketinggiannya bisa diatur dari 100 – 160 cm agar sesuai dengan kebutuhan anda. Dilengkapi dengan roda di bagian bawah gantungan baju ini, sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan tanpa harus diangkat.

4. Karpet

Meskipun karpet bukan item furnitur, menambahkan karpet di kamar Anda dapat merubah tampilan kamar tidur Anda secara drastis. Jika tempat tidur Anda diletakkan di tengah ruangan, letakkan karpet dua pertiga di bagian bawah tempat tidur Anda.

Jika Anda meletakkan tempat tidur di sudut ruangan, maka letakkan karpet di samping tempat tidur. Selain indah untuk dipandang, pemasangan karpet melindungi kaki kita dari dinginnya lantai di pagi hari.

Sumber : Pexels

Jika kamar Anda sudah memiliki banyak kombinasi warna ditambah dengan pajangan yang cukup banyak, disarankan Anda memilih karpet yang tidak terlalu banyak warna dan motif yang terlalu mencolok. Hal ini dilakukan agar kamar tidak menjadi tambah ramai dan terkesan penuh.

Selain memperhatikan warna dan corak dari karpet ketahui bahan dan juga ketebalan karpet ya. Ketahui apakah salah satu dari Anda memiliki alergi atau tidak pada suatu bahan karpet. Jangan lupa untuk perhatikan kebersihan karpet, lakukan penyedotan debu setiap hari dan lakukan pencucian secara profesional setidaknya sebulan sekali.

Tips Meletakkan Karpet Rumah yang Tepat

5. Meja kerja

Seorang freelancer yang bekerja di rumah pasti membutuhkan tempat untuk mereka bekerja dengan nyaman. Atau Anda suka membawa pulang pekerjaan kantor Anda kerumah? Apakah salah satu dari Anda sama dengan saya yang terkadang harus bekerja sampai larut malam dan lebih memilih bekerja di dalam kamar?

Sumber : Unsplash

Meja kerja portable seperti Meja Laptop Domo LDC-6239 sangat efisien untuk digunakan dan mudah dipindah-pindahkan. Sebagai seorang istri terkadang meninggalkan suami tidur sendirian di malam hari dan bekerja di ruangan lain terasa tidak nyaman.

Sumber : Courts

Apalagi jika si kecil sedang sakit dan membutuhkan perhatian lebih, namun tanggung jawab terhadap pekerjaan juga tidak bisa dikesampingkan, maka meja laptop lipat sangat dibutuhkan. Meja ini beratnya hanya sekitar 2,9 kg, memiliki ukuran : 64 cm x 35 cm x 8 cm sehingga mudah untuk digunakan dan disimpan.

Menata sebuah kamar adalah sebuah seni dari desain interior. Anda bisa sesuka hati menata kamar Anda sesuai dengan keinginan Anda. Tapi mengetahui dasar-dasar dalam menata kamar tidur juga sangat dibutuhkan agar Anda memiliki panduan yang benar dan hasilnya memuaskan.

Menambahkan beberapa detail kecil seperti kaca, hiasan dinding, atau karya seni juga butuh diperhatikan agar kamar terlihat lebih indah. Penataan kamar yang tidak tepat bisa membuat kamar Anda malah menjadi terlihat selalu berantakan walaupun sudah dibereskan.

Gunakan warna-warna cerah agar memberi kesan terang pada kamar Anda, seperti kuning, hijau, biru langit atau pink. Selain berguna untuk membuat kamar lebih terang, pemilihan warna yang tidak tepat juga bisa menyebabkan gangguan tidur pada Anda.

Selain memilih satu warna dominan, Anda pun bisa mengombinasikan dua-tiga warna agar kamar terlihat lebih cantik dan membuat Anda lebih merasa nyaman. Kombinasi warna yang bisa Anda coba adalah : hitam, putih, dan cokelat – biru dan emas – coklat dan hijau – pink, jingga dan putih – abu-abu dan pink – teal (biru dan hijau) dan putih, kuning dan putih, dan lain-lain.

Bagikan cerita Anda dalam menata kamar tidur utama. Apakah Anda memiliki tema khusus atau unik yang Anda terapkan dalam menata kamar tidur? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini ya.

Sumber :

  1. //www.thespruce.com/
  2. //www.courts.co.id