Jenis Rimpang Yang Populer Di Indonesia Dan Manfaatnya

Di saat pandemi melanda rimpang atau yang biasa disebut juga dengan empon-empon sangat dicari oleh banyak orang. Hal ini karena diyakini memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai penangkal virus Covid-19. Saya bersyukur karena sebelum pandemi melanda pun saya dan suami rutin mengonsumsi rimpang setiap harinya. Minuman kesehatan yang sering kami minum adalah campuran teh, jahe, sereh, gula batu, dan jeruk nipis. Selain rasanya yang segar, minuman ini bisa menghangatkan tubuh dan membuat badan jadi lebih rileks setelah bekerja larut malam atau sepulang dari perjalanan jauh.

Dalam ilmu botani, rimpang adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya. Rimpang dapat digunakan sebagai bahan masakan dan juga sebagai tanaman obat karena memang rimpang ini dapat menghasilkan rasa yang kuat jika dimasukkan ke masakan dan memberikan efek langsung ke tubuh jika dijadikan obat.

Sumber : Pixabay.com

Jenis rimpang dan manfaatnya

Ada banyak sekali jenis rimpang, tapi ada beberapa jenis rimpang yang sangat populer di Indonesia yang manfaatnya tidak hanya dapat menambah cita rasa masakan tapi juga memberi khasiat untuk kesehatan tubuh, seperti :

  1. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan sudah tidak usah diragukan lagi, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, anti penuaan dan kanker, menurunkan glukosa darah sampai kolesterol, meredakan nyeri haid, meredakan sakit otot, dan masih banyak lagi.

Jahe memiliki rasa pedas dan aroma yang kuat jika digunakan untuk masakan dan untuk menghilangkan bau amis pada olahan ayam, ikan maupun daging.

Lihat promo Jahe di supermarket

  1. Lengkuas

Rimpang jenis ini lebih dikenal sebagai bumbu dapur untuk tumisan atau masakan berkuah, rasanya sebenarnya agak pedas tapi tidak sepedas jahe dan memiliki aroma yang khas. Sedangkan untuk kesehatan, lengkuas atau laos memiliki manfaat dapat meningkatkan kesuburan pria, meredakan nyeri sendi, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, mengatasi gangguan pernapasan, dan masih banyak lagi.

  1. Kunyit

Si bumbu dapur berwarna kuning ini adalah salah satu jenis rimpang yang rutin saya minum setiap harinya dan dijadikan masker, karena memberikan manfaat yang baik sekali untuk kecantikan seperti dapat menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan wajah, melembapkan kulit dan masih banyak lagi.

Dan tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, memberikan rasa yang lebih nikmat pada makanan sekaligus memberikan warna kuning alami pada masakan. Seperti pada soto, kuah lontong, ataupun opor ayam.

  1. Kencur

Memiliki aroma segar yang khas dan memiliki daging berwarna putih ini dapat membuat makanan jauh lebih nikmat jika ditambahkan dengan takaran yang tepat, biasanya saya menambahkan kencur pada saat saya membuat ketoprak atau gado-gado, seblak, urap dan aneka peyek.

Dan untuk kesehatan tubuh kencur bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menangkal radikal bebas, membasmi bakteri penyebab bakteri, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

Disarankan untuk mengonsumsi rimpang sesuai takaran dan jangan sampai berlebihan, karena ada beberapa jenis rimpang yang memiliki efek samping yang merugikan kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya jahe dan kunyit jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengurangi pembekuan darah dan mengganggu proses pengenceran darah.

Dan pastikan untuk selalu melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui apakah jenis rimpang yang akan dikonsumsi tidak akan memberi pengaruh buruk ke tubuh Anda, tuliskan pengalaman Anda dalam mengonsumsi rimpang untuk menjaga daya tahan tubuh selama masa pandemi ini.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Rimpang

https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger

https://www.healthline.com/nutrition/galangal-root

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319638#_noHeaderPrefixedContent