Resep Es Cincau Gula Merah

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata “cincau hitam“? Cuaca panas, manis, segar, bulan Ramadhan…iya pasti beberapa kata itu akan terlintas di benak Anda saat mendengar kata cincau. Panganan berwarna hitam pekat ini berasal dari tanaman yang daunnya dapat diperas menjadi kental. Selain cincau berwarna hitam ada juga cincau yang memiliki warna lainnya, seperti warna hijau.

Tanaman cincau ini habitat aslinya berasal dari Asia Tenggara, yang merupakan tanaman rambat yang sering ditemukan tumbuh secara liar. Dialek Hokkian sienchau yang mengasalmulakan kata cincau. Dialek ini lazim disebutkan untuk kalangan Tionghoa Asia Tenggara.

Selain rasanya yang menyegarkan, berikut beberapa manfaat dari cincau hitam :

  1. Anti Kanker, mengandung antioksidan yang diketahui mampu menurunkan risiko tumor dan kanker.
  2. Membantu menurunkan berat badan, terdapat kandungan kalori dan gula yang rendah sehingga sangat baik untuk orang yang sedang dalam program diet.
  3. Darah tinggi, kandungan saponin, flavonoid, alkaloid dan polifenol yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Dapat meredakan sakit tenggorokan, karena cincau mengandung vitamin, kalsium dan fosfor yang dapat meringankan gejala sakit tenggorokan.

Setelah mengetahui beberapa manfaat mengonsumsi cincau, pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui resep es cincau gula merah. Berikut resep lengkapnya :

Sumber : Dok. Pribadi

Bahan :

  • 1 – 2 kotak cincau hitam
  • 200 gram Gula merah, serut atau potong-potong kecil
  • 1 lembar daun pandan
  • 350 ml air1000 ml Susu UHT
  • 2 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera)

Cara Buat :

  1. Siapkan panci kemudian masukkan gula merah, daun pandan, air dan gula merah.
  2. Nyalakan api kemudian masak sambil terus diaduk sampai mendidih dan gula larut.
  3. Dinginkan, kemudian saring untuk menghilangkan kotoran yang berasal dari gula merah.
  4. Siapkan gelas cantik, masukkan es batu, cincau, susu dan gula merah. Dan es cincau hitam gula merah siap untuk disajikan.

Anda bisa mengganti gula putih dengan Sweetener khusus orang yang menderita diabetes atau classic, atau Anda juga bisa memilih untuk tidak menambahkan gula putih karena pada dasarnya rasa manis sudah ada dari gula merah. Ada beberapa resep yang mengganti susu cair dengan santan untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih, tapi saya lebih suka menggunakan susu cair untuk mendapatkan rasa yang lebih ringan.

Mudah sekali cara membuatnya ya, bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat dan murah. Untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda bisa membelinya di supermarket, hypermarket dan minimarket favorit keluarga Anda. Tapi sebelum pergi berbelanja, ada baiknya Anda membuka www.hemat.id atau install aplikasi Kliptalog untuk mendapatkan informasi detail mengenai produk yang ingin Anda beli untuk mendapatkan harga dan promo menarik yang sedang ditawarkan.

Dan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan, Anda bisa membuka aplikasi Kliptalog untuk membuat daftar belanja agar tidak ada bahan-bahan masakan yang lupa untuk dibeli. Membuat sendiri tentu lebih nikmat dibandingkan membeli di luaran, selain Anda mengetahui bahan-bahan yang digunakan dan cara mengolah yang bersih.

Terutama di masa pandemi seperti sekarang, Anda harus benar-benar memperhatikan kualitas dari makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga tercinta di rumah. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar atau saran Anda di kolom komentar di bawah.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Cincau_(tumbuhan)#:~:text=Tanaman%20cincau%20berasal%20dari%20Asia,sering%20ditemukan%20tumbuh%20secara%20liar.