Kamu Suka Ngemil? Coba Alternatif Cemilan Sehat, Yuk!

“Ngemil” mungkin merupakan kegiatan favorit banyak orang. Berbeda dengan makan besar tiga kali sehari, ngemil bisa kita lakukan dengan lebih santai. Bahkan, kita bisa ngemil sambil melakukan hal-hal lain, misalnya sambil kerja, sambil nonton, atau sambil mengobrol. Itulah mengapa makanan yang biasanya kita konsumsi untuk ngemil disebut dengan nama makanan ringan. Sifatnya memang ringan dan berfungsi sebagai asupan nutrisi untuk tubuh kita di sela-sela makan besar yang kita lakukan tiga kali sehari.

Sayangnya, segala sesuatu yang berlebihan dapat menghasilkan sesuatu yang buruk. Ngemil di luar kendali bisa memberikan dampak buruk kepada tubuh. Belum lagi jika kamu mengabaikan cemilan apa dan berapa banyak yang kamu konsumsi. Berat badan bisa mengalami kenaikan drastis karena kamu mengonsumsi makanan ringan terlalu banyak. Meski mengasyikkan, sebaiknya kamu tetap mengontrol kadar ngemil kamu, ya.

Selain mengendalikan jumlah makanan ringan yang kamu konsumsi, kamu juga bisa mengatur jenis makanan ringan yang kamu konsumsi. Sekarang sudah ada banyak alternatif cemilan yang lebih sehat dan rasanya pun beragam, mulai dari manis sampai gurih. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan selera atau mood kamu, untuk menghindari rasa bosan.

Yuk, simak beberapa ide cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari. 

Almond

Sumber: Pinterest

Kacang almond merupakan cemilan yang kurang populer di masyarakat Indonesia. Padahal, kacang almond ini mengandung segudang manfaat untuk tubuh. Di luar negeri sendiri mengonsumsi kacang almond sebagai kudapan sore adalah hal yang sangat lumrah. Kacang almond bisa ditemukan dengan mudah di supermarket atau online shop.

Cara memakannya bisa dengan memanggangnya terlebih dahulu atau membeli yang sudah siap santap. Untuk membuat kacang almond panggang sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan loyang yang sudah dilapisi dengan minyak, lalu sebar kacang almond di atas loyang. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 149 derajat Celcius dan tunggu sekitar 15 menit. Untuk memperkaya cita rasa, kamu bisa menambahkan sedikit garam. Kacang almond panggang pun siap dinikmati menjadi kudapan sore yang sehat dan mengenyangkan.

Kandungan nutrisi di dalam kacang almond cukup banyak, seperti vitamin E, serat, protein, dan lemak sehat. Sejumlah manfaat yang diberikan antara lain membantu mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan. Untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi cemilan sehat yang satu ini. Kacang almond juga merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung kombinasi protein dan lemak baik, sehingga cepat memberikan rasa kenyang. Hanya dengan segenggam kacang almond panggang (sekitar 28 gram), biasanya kamu sudah merasa cukup kenyang.

Kurma

Kurma merupakan kudapan paling populer selama bulan Ramadhan. Padahal, kurma merupakan salah satu jenis cemilan sehat yang baik untuk kamu konsumsi sehari-hari, di luar bulan Ramadhan sekalipun. Salah satu keistimewaan kurma adalah kurma dapat mengembalikan energi di dalam tubuh dengan cepat. Hanya dengan memakan 3 butir kurma, energi di dalam tubuh kamu telah kembali terisi. 

Mengapa kurma bisa memiliki keistimewaan tersebut? Sebab, di dalam satu bijinya terkandung vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, polifenol, dan karbohidrat. Ia juga mengandung serat dan protein yang sehat. Dengan kandungan berbagai nutrisi itulah kurma baik untuk mencegah risiko kanker usus, mengatasi wasir, menambah energi, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Rasanya yang cenderung manis membuat buah yang satu ini sudah lezat untuk dikonsumsi tanpa diolah sekalipun. Tapi jika kamu ingin menghadirkan cita rasa baru dari buah yang satu ini, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan lain. Kamu bisa menambahkan selai kacang dan sedikit garam laut untuk memberikan cita rasa yang lebih gurih. Selain itu, kamu juga bisa menyulap kurma menjadi smoothie dengan campuran beberapa bahan lain, seperti yoghurt plain atau susu rendah lemak. Dapatkan buah kurma di situs belanja online ataupun di supermarket.

Cek promo buah kurma dengan klik di sini.

Pisang

Masih dari keluarga buah-buahan, salah satu jenis cemilan sehat yang paling mudah ditemukan, murah, dan punya rasa lezat yang alami. Kali ini ada pisang yang sudah terkenal akan berbagai nutrisi yang dikandungnya. Selain cocok untuk cemilan, pisang juga seringkali dijadikan menu sarapan karena sudah mengandung karbohidrat. Cocok untuk dimakan di pagi hari sebagai salah satu sumber energi.

Cek promonya pisang di supermarket kesayangan kamu di sini. 

Pisang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, serotonin, kalium, magnesium, dan berbagai vitamin serta kandungan mineral lainnya. Mengonsumsi dua buah pisang di pagi hari atau di antara makan siang dan makan malam dapat membantu kita menjaga tekanan darah, menurunkan berat badan, dan mencegah anemia. Itu mengapa pisang seringkali dijadikan bahan utama untuk olahan cemilan sore hari, misalnya keripik pisang ataupun kue pisang. Pisang juga bisa diolah menjadi salah satu jajanan tradisional yang sangat lezat yaitu nagasari. Berbagai olahan ini tentunya lebih menyehatkan daripada sekedar menggoreng pisang.

Yoghurt

Yoghurt adalah cemilan sehat penunda lapar yang sudah mengandung banyak vitamin untuk tubuh. Kandungan probiotik di dalamnya dapat membantumu membersihkan bakteri jahat pada usus. Hasilnya adalah BAB kamu menjadi lebih lancar dan teratur. Untuk kamu yang punya masalah dengan BAB, cobalah untuk rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari demi melancarkan sistem pencernaanmu.

Coba lihat promo yoghurt di supermarket dengan klik di sini yuk

Ketika membeli yoghurt, perhatikanlah kadar gula yang terkandung di dalamnya. Sebab, kadar gula yang berlebihan bisa mengurangi manfaat dari yoghurt itu sendiri. Pilihlah yoghurt dengan kadar gula rendah atau bahkan yang tanpa gula. Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa tawar dari yoghurt rendah gula, kamu bisa menambahkan buah-buahan sebagai topping ketika mengonsumsi yoghurt tersebut. Rasa manis dari buah-buahan bisa menambah cita rasa yoghurt menjadi lebih lezat, misalnya anggur, kurma, kismis, ataupun pisang. Selain itu, menggabungkan yoghurt dengan buah-buahan membuat kandungan vitamin di dalamnya semakin lengkap.

Granola

Apa itu granola? Granola sendiri merupakan menu cemilan sehat yang biasanya terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang sudah dikeringkan sebelumnya. Granola bisa menjadi salah satu cemilan sehat karena mengandung serat dan kalori yang tinggi. 

Ada dua jenis granola yang paling banyak ditemui, yakni granola dalam bentuk sereal dan granola dalam bentuk bar. Untuk granola dalam bentuk sereal bisa kamu konsumsi dengan susu rendah lemak, seperti mengonsumsi sereal pada umumnya. Sedangkan untuk granola dalam bentuk bar, bisa kamu konsumsi langsung sebagai cemilan.

Di supermarket sendiri ada banyak sekali jenis granola, dari berbagai ukuran hingga berbagai merk. Namun, beberapa jenis granola mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Untuk itu, penting untuk memerhatikan kadar gula yang ada pada kemasan granola. Pilih granola yang bebas gula atau rendah kandungan gulanya. 

Dark Chocolate

Sumber: Pinterest

Siapa yang bisa menolak kelezatan dari sebatang coklat? Tentu saja, sebagian besar orang sangat menyukai jenis makanan yang satu ini karena rasanya yang sangat lezat dan manis. Namun sayangnya, coklat yang biasa beredar di pasaran itu biasanya mengandung susu dan pemanis buatan yang cukup banyak. Bukannya menyehatkan, ia justru bisa meningkatkan kadar gula di dalam tubuh kita. 

Tapi tenang, kamu tetap bisa mengonsumsi coklat dengan segudang manfaat yang menyehatkan tubuh. Alih-alih memilih coklat biasa yang beredar di pasaran, kamu bisa memilih jenis dark chocolate yang punya rasa cenderung pahit. Meski pahit, dark chocolate ini justru mengandung lebih banyak bubuk kokoa dibandingkan coklat yang ada di pasaran. Dengan kata lain, rasa pahit dari dark chocolate ini disebabkan oleh bubuk kakaonya yang lebih banyak daripada kandungan gulanya. Bahkan, ada produk dark chocolate yang bebas gula alias full kakao!

Pada coklat sendiri, bubuk kakao inilah yang punya banyak manfaat dan keistimewaan. Bubuk kakao dapat meminimalisir berbagai penyakit berbahaya. Pernah dengar ungkapan bahwa coklat adalah pereda stress alami? Bubuk kakao memiliki fungsi tersebut! Selain itu, dark chocolate juga mengandung theobromine yang dapat mengembalikan energi di dalam tubuh kita. Sangat cocok untuk kamu yang sangat sibuk dan butuh asupan cemilan untuk mengembalikan energi yang terkuras seharian.

Memerhatikan kadar nutrisi yang masuk ke tubuh kita adalah hal yang sangat penting. Selain menerapkan gaya hidup sehat, hal ini juga termasuk ke dalam salah satu bentuk self-care. Self-care sendiri adalah tahap awal dari self-love atau mencintai diri sendiri. Dengan memberikannya nutrisi terbaik, tubuhmu bisa bekerja dengan lebih baik. Dari raga yang sehat dan optimal inilah akan muncul ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi keseharianmu.  Kamu juga akan punya cukup energi untuk menjadi pribadi yang lebih produktif. Semua ini bisa diawali dari hal-hal kecil, seperti mulai memerhatikan asupan nutrisi yang kamu konsumsi sehari-hari.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!