Ketahui Ciri-ciri Dan Cara Menghindari Buah Suntikan

Buah adalah makanan wajib yang kita harus konsumsi secara rutin karena buah adalah sumber vitamin, sumber gizi, sumber antioksidan, pencegah penyakit, dan bisa juga digunakan sebagai perawatan wajah. Untuk mendapatkan buah dengan harga murah bunda bisa cek di hemat.id untuk mendapatkan harga promo termurah di semua swalayan.

Dengan memakan buah secara rutin kita dapat mencegah penyakit jantung, kerusakan hati, stroke, mengendalikan kolesterol, tekanan darah tinggi bahkan penyakit kanker. Buah juga dapat digunakan sebagai makanan diet, bisa dibuat menjadi jus atau dalam bentuk potongan. Buah juga mengandung serat yang akan membantu melancarkan pencernaan kita.

Infused Water

Sumber : //ukfashiondesign.com/detox-water-recipes-that-work/

Buah juga bisa kita jadikan infused water dimana Infused Water adalah air putih yang ke dalamnya ditambahkan rasa dan aroma buah-buahan segar dengan cara perendaman dan pendiaman secara bersama-sama dalam waktu tertentu. Proses perendaman dan pendiaman yang dilakukan pada suhu rendah menghasilkan Infused Water lebih segar dibandingkan air putih biasa.

Infused water bisa dibuat dari satu jenis atau beberapa jenis buah-buahan, namun disarankan jangan menggunakan buah-buahan yang mempunyai daging buah yang lunak dan mudah teroksidasi seperti buah apel. Kita bisa membuat infused water dengan kombinasi jeruk, anggur, timun. Manfaat infused water adalah sebagai detoks dan untuk memperlancar metabolisme tubuh, anti penuaan, dan membantu penurunan berat badan.
Tapi sayangnya minat buah dipasaran sekarang yang sedang meningkat dimanfaatkan sebagai peluang usaha nakal bagi beberapa oknum pedagang buah. Demi mendapatkan untung banyak pedagang menyuntikkan beberapa kandungan kimia ke dalam buah. Cara pertama adalah dengan menyuntikkan pemanis buatan ke dalam buah agar buah menjadi manis dan yang kedua adalah dengan menyuntikkan pewarna agar warnanya kian menarik.

Berikut ciri-ciri Buah Suntikan :

Sumber : //nurse-carewithlove.blogspot.co.id/2016/03/bahaya-buah-suntik.html
  1. Terlihat bekas suntikan, yang seringnya terlihat pada buah jeruk.
  2. Terlihat warna buah tidak rata yang biasanya terjadi pada buah semangka.
  3. Buah yang mneggunakan pemanis buatan biasanya rasa manisnya tidak rata.
  4. Untuk buah yang banyak mengandung air, jika disuntik pewarna atau pemanis buatan maka akan lebih mudah rusak dan berkerut atau layu setelah dibelah atau dipotong.
  5. Buah yang menggunakan pewarna alami, jika terkena tangan akan mudah dibersihkan. Sedangkan pewarna buatan akan sulit dibersihkan karena mengandung lemak. Biasanya  bisa dibersihkan dengan alkohol, aseton atau pembersih pewarna yang larut lemak lainnya.

Ada dua pewarna yang lebih banyak digunakan yaitu pewarna merah yang mengandung rhodamin B dan pewarna kuning yang mengandung methanil yellow. Efek samping dari mengkonsumsi buah yang mengandung methanil yellow seperti mual, muntah, diare, dan panas. Jika dikonsumsi secara terus menerus bisa mengakibatkan kanker kandung kemih. Rhodamin B juga berbahaya karena bersifat karsinogenetik dan bisa menyebabkan gangguan dari fungsi hati.

Ketidaktahuan masyarakat yang karena efek yang ditimbulkan bukanlah efek tunggal dan langsung terjadi, melainkan setelah 10 – 20 tahun kemudian. Sedangkan efek mual, muntah, diare, dan panas terkadang masih dianggap bukan karena efek dari bahan tersebut. Buah yang disuntikkan zat pewarna sintetis tersebut adalah buah yang mengandung banyak air, karena penyebaran warna yang disuntikkan akan lebih mudah dan merata. Sedangkan buah yang padat dan tidak mengandung air akan sulit penyebaran warnanya.

Tips aman memilih buah :

Sumber : //aspenspecialtyfoods.com/how-to-make-a-fruit-smoothie
  1. Perhatikan permukaan buah apakah terdapat bekas suntikan atau tidak.
  2. Waspadai buah yang memiliki warna dan rasa yang tidak merata.
  3. Jika dihadapkan dengan buah yang berwarna lebih baik memilih buah yang berwarna putih dan coklat karena relatif lebih aman dibandingkan dengan yang lain.
  4. Jangan memilih atau harus waspada pada buah dengan warna yang mencolok.
  5. Menghindari memilih buah impor dengan penampakan kulit terlalu mengkilat (kemungkinan mengandung parafin/lilin).
  6. Disarankan membeli buah berdasarkan musimnya, karena kualitas nya biasanya baik dan harga lebih murah.
Walaupun tidak semua oknum penjual buah melakukan tindakan curang seperti itu. Namun tidak ada salahnya berhati-hati mengingat bahaya yang mengancam.

Silahkan bagikan bagaimana cara anda agar terhindar dari buah yang berbahaya, karena selain buah suntikan ada juga buah yang diberikan bahan lilin agar terlihat mengkilap dan bahkan ada yang diberikan formalin agar buah tetap awet lebih lama. Makanan yang seharusnya membuat badan sehat jangan malah membuat badan kita sakit. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

  1. //www.kompasiana.com/wardhanahendra/infused-water-cara-segar-meminum-air-putih-dengan-buah-buahan_54f77a54a333115e6c8b4574
  2. //www.alodokter.com/fakta-tentang-manfaat-infused-water
  3. //nurse-carewithlove.blogspot.co.id/2016/03/bahaya-buah-suntik.html
  4. //www.searo.who.int/entity/world_health_day/2015/whd-what-you-should-know/en/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!