Ketahui Ciri-ciri dan Cara Menghindari Buah Suntikan

Buah adalah makanan wajib yang kita harus konsumsi secara rutin karena buah adalah sumber vitamin, sumber gizi, sumber antioksidan, pencegah penyakit, dan bisa juga digunakan sebagai perawatan wajah. Dapatkan buah dengan harga murah, Anda bisa cek di hemat.id untuk mendapatkan harga promo termurah di semua swalayan.

Dengan memakan buah secara rutin kita dapat mencegah penyakit jantung, kerusakan hati, stroke, mengendalikan kolesterol, tekanan darah tinggi bahkan penyakit kanker. Buah juga dapat digunakan sebagai makanan diet, bisa dibuat menjadi jus atau dalam bentuk potongan. Buah juga mengandung serat yang akan membantu melancarkan pencernaan kita.

Dibalik banyaknya manfaat mengkonsumsi buah, ternyata ada beberapa kerugian yang didapatkan apabila mengkonsumsi buah yang tidak bagus akibat ulah beberapa oknum yang menjadikan buah tidak sehat untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah buah suntikan, alih-alih mendapatkan tubuh yang sehat, mengkonsumsi buah suntikan justru dapat mendatangkan beberapa masalah pada kesehatan. Lewat artikel ini, penulis akan bagikan informasi menarik mengenai ciri-ciri buah yang bagus dan tips menghindari buah suntikan, yuk disimak!

Hindari bahaya buah suntikan dengan mengetahui ciri-cirinya

sumber gambar : freepik

Ada beberapa kasus yang saya lihat di beberapa acara TV tentang oknum nakal yang membuat buah suntikan supaya cepat matang, rasanya lebih manis, dan warnanya lebih menarik. Ada dua pewarna yang lebih banyak digunakan yaitu pewarna merah yang mengandung rhodamin B dan pewarna kuning yang mengandung methanil yellow.

Efek samping mengkonsumsi buah suntikan

Efek samping dari mengkonsumsi buah yang mengandung methanil yellow seperti mual, muntah, diare, dan panas. Jika dikonsumsi secara terus menerus bisa mengakibatkan kanker kandung kemih. Rhodamin B juga berbahaya karena bersifat karsinogenetik dan bisa menyebabkan gangguan dari fungsi hati.

Ketidaktahuan masyarakat yang karena efek yang ditimbulkan bukanlah efek tunggal dan langsung terjadi, melainkan setelah 10 – 20 tahun kemudian. Sedangkan efek mual, muntah, diare, dan panas terkadang masih dianggap bukan karena efek dari bahan tersebut. Buah yang disuntikkan zat pewarna sintetis tersebut adalah buah yang mengandung banyak air, karena penyebaran warna yang disuntikkan akan lebih mudah dan merata. Sedangkan buah yang padat dan tidak mengandung air akan sulit penyebaran warnanya.

Ciri-ciri buah suntikan

Setelah mengetahui bahaya mengkonsumsi buah suntikan, tentunya kita harus lebih berhati-hati dalam memilih buah untuk dikonsumsi. Beberapa ciri-ciri buah suntikan yaitu :

  1. Terlihat bekas suntikan, yang seringnya terlihat pada buah jeruk.
  2. Terlihat warna buah tidak rata yang biasanya terjadi pada buah semangka.
  3. Buah yang menggunakan pemanis buatan biasanya rasa manisnya tidak rata.
  4. Untuk buah yang banyak mengandung air, jika disuntik pewarna atau pemanis buatan maka akan lebih mudah rusak dan berkerut atau layu setelah dibelah atau dipotong.
  5. Buah yang menggunakan pewarna alami, jika terkena tangan akan mudah dibersihkan. Sedangkan pewarna buatan akan sulit dibersihkan karena mengandung lemak. Biasanya  bisa dibersihkan dengan alkohol, aseton atau pembersih pewarna yang larut lemak lainnya.

Tips aman memilih buah

Sumber : aspenspecialtyfoods

Walaupun tidak semua oknum penjual buah melakukan tindakan curang seperti itu. Namun tidak ada salahnya berhati-hati mengingat bahaya yang mengancam. Selain buah suntikan ada juga buah yang diberikan bahan lilin agar terlihat mengkilap dan bahkan ada yang diberikan formalin agar buah tetap awet lebih lama. Makanan yang seharusnya membuat badan sehat jangan malah membuat badan kita sakit.

  1. Perhatikan permukaan buah apakah terdapat bekas suntikan atau tidak.
  2. Waspadai buah yang memiliki warna dan rasa yang tidak merata.
  3. Jika dihadapkan dengan buah yang berwarna lebih baik memilih buah yang berwarna putih dan coklat karena relatif lebih aman dibandingkan dengan yang lain.
  4. Jangan memilih atau harus waspada pada buah dengan warna yang mencolok.
  5. Menghindari memilih buah impor dengan penampakan kulit terlalu mengkilat (kemungkinan mengandung parafin/lilin).
  6. Disarankan membeli buah berdasarkan musimnya, karena kualitas nya biasanya baik dan harga lebih murah.

Promo Buah hari ini 25 Apr 2024

Salak Pondoh  100x

Rp10 / pcs

Salak Pondoh 100x

Rp980 Rp1.690 42%

Hemat ★★★

Sampai 21 Jan 2210

Superindo
Sunpride Nanas Honi Golden 100x

Rp245 / pcs

Sunpride Nanas Honi Golden 100x

Rp24.500 Rp32.900 25%

Hemat ★★

Sampai 25 Apr 2024

Hypermart
Sunpride Jambu Crystal  100x

Rp19 / pcs

Sunpride Jambu Crystal 100x

Rp1.940 Rp3.290 41%

Hemat ★★

Sampai 25 Apr 2024

Superindo
Sunpride Pisang Cavendish  1000x

Rp19 / pcs

Sunpride Pisang Cavendish 1000x

Rp18.900 Rp27.900 32%

Promo reguler Rp 20.900. ...

Hemat ★

Sampai 28 Apr 2024

LotteMart
Pepaya California  100x

Rp9 / pcs

Pepaya California 100x

Rp880 Rp1.395 36%

Extra Sticker

Hemat ★

Sampai 28 Apr 2024

Superindo
Hijra Kurma  500 gr

Rp14.400 / 100 gr

Hijra Kurma 500 gr

Rp72.000

Sampai 02 May 2024

Hypermart
Hijra Kurma  500 gr

Rp9.180 / 100 gr

Hijra Kurma 500 gr

Rp45.900

Sampai 02 May 2024

Indomaret
First Dates Kurma  225 gr

Rp4.400 / 100 gr

First Dates Kurma 225 gr

Rp9.900

Sampai 02 May 2024

Alfamart
Hijra Kurma  500 gr

Rp15.020 / 100 gr

Hijra Kurma 500 gr

Rp75.100

Sampai 02 May 2024

Tokopedia
Palm Fruit Kurma  500 gr

Rp10.980 / 100 gr

Palm Fruit Kurma 500 gr

Rp54.900

Sampai 02 May 2024

Tokopedia

Cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk

Nah setelah mengetahui ciri-ciri buah suntikan dan cara memilih buah yang baik, tentunya akan menjadi lebih lengkap kalau kita tahu cara menyimpan buah yang benar. Karena buah adalah makanan yang matang dengan proses alami, sehingga apabila penyimpanan tidak sesuai maka akan mempercepat proses pematangan dan pembusukan. Berikut ini cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk :

Cuci bersih buah sebelum di simpan

Buah harus dicuci sebelum disimpan karena biasanya masih ada sisa pestisida yang menempel di kulitnya. Bisa dilapisi dengan kertas lalu masukkan ke dalam wadah tertutup sehingga tidak terkontaminasi dengan bahan makanan lain. Hindari menyimpan buah dalam plastik karena bisa mempercepat pembusukan.

Simpan di dalam kulkas dengan suhu yang tepat

Buah-buahan memang dianjurkan disimpan dalam suhu ruang yang sejuk agar tetap awet. Dianjurkan untuk menyimpan dalam suhu 10-15Celcius, suhu di atas titik beku atau pada suhu kulkas.

Salah satu kulkas yang cocok untuk menyimpan buah-buahan adalah Sharp SJ-X185MG-GR yang memiliki fitur Direct Cooling System yaitu proses pendinginan yang lebih merata dan efisien sehingga tetap menjaga kesegaran buah-buahan. Kapasitasnya juga cukup besar untuk menyimpan sayur dan buah. Harga kulkas satu pintu ini cukup hemat yaitu sekitar Rp2,1 jutaan.

Tidak semua buah-buahan bisa disimpan di dalam kulkas

Buah mangga, pir, tomat, plum, kiwi, apricot, melon, semangka, alpukat, pisang, buah persik sebenarnya boleh disimpan di dalam kulkas namun pastikan buah tersebut sudah matang. Hindari menyimpan buah yang belum matang di dalam kulkas karena bisa memperlambat proses pematangannya.

Beberapa jenis buah lebih bagus disimpan dalam freezer

Buah strawberry, anggur, dan ceri. Buah-buahan tersebut apabila disimpan dan dibekukan dalam freezer bisa tahan 4-6 bulan tanpa khawatir mengurangi nilai gizinya. Untuk volume dan ruang yang lebih besar ada bisa pilih kulkas dua pintu dari Panasonic Kulkas 2 Pintu 196L NR-BB200V-S dengan harga Rp4,5 jutaan, Anda bisa dapatkan berbagai manfaat dari fitur-fiturnya. Salah satunya adalah Ag Clean yaitu filter dengan properti anti bakterial yang membersihkan jamur dan bakteri, serta secara aktif mencegah bau tak sedap dalam lemari es. Tentunya bisa menjaga kesegaran buah-buahan yang disimpan di dalamnya ya sahabat Hemat.

Pisahkan buah dan sayur di dalam kulkas.

Buah dan sayuran memiliki kelembapan yang berbeda. Pada umumnya, buah akan mengeluarkan gas Ethylene  yaitu zat yang dapat menyebabkan sayuran yang ada di dekatnya lebih cepat matang. Buah-buahan dengan jenis berbeda juga sebaiknya disimpan di tempatnya masing-masing alias tidak dicampur dalam satu wadah. Buah seperti alpukat, pisang, melon, kiwi, mangga, nektarin, pir, plum, dan tomat di tempat yang berbeda dengan apel, brokoli, wortel, sayuran hijau, dan semangka.

Agar penyimpanan buah lebih optimal, dan Anda membutuhkan kulkas dengan kapasitas yang lebih besar, maka kulkas yang cocok adalah Kulkas Samsung Side by Side seri RS62R5041B4.  Kulkas dengan harga Rp14 jutaan ini memiliki kapasitas hingga 700 liter. Cocok untuk Anda yang tinggal bersama keluarga besar ataupun memiliki usaha yang membutuhkan lemari pendingin yang besar. Kulkas ini dilengkapi fitur All Around Cooling yang memastikan dingin lebih merata hingga ke setiap sudut kulkas. Ada fitur power cool yang bisa mempercepat proses pendinginan, filter anti bau yang menjaga makanan tetap segar, dan digital inverter yang bisa menghemay listrik hingga 50% dibandingkan dengan kulkas sejenisnya.

Infused Water

Sumber gambar: ukfashiondesign

Buah juga bisa kita jadikan infused water dimana Infused Water adalah air putih yang ke dalamnya ditambahkan rasa dan aroma buah-buahan segar dengan cara perendaman dan pendiaman secara bersama-sama dalam waktu tertentu. Proses perendaman dan pendiaman yang dilakukan pada suhu rendah menghasilkan Infused Water lebih segar dibandingkan air putih biasa.

Infused water bisa dibuat dari satu jenis atau beberapa jenis buah-buahan, namun disarankan jangan menggunakan buah-buahan yang mempunyai daging buah yang lunak dan mudah teroksidasi seperti buah apel. Kita bisa membuat infused water dengan kombinasi jeruk, anggur, timun. Manfaat infused water adalah sebagai detoks dan untuk memperlancar metabolisme tubuh, anti penuaan, dan membantu penurunan berat badan.
Tapi sayangnya minat buah dipasaran sekarang yang sedang meningkat dimanfaatkan sebagai peluang usaha nakal bagi beberapa oknum pedagang buah. Demi mendapatkan untung banyak pedagang menyuntikkan beberapa kandungan kimia ke dalam buah. Cara pertama adalah dengan menyuntikkan pemanis buatan ke dalam buah agar buah menjadi manis dan yang kedua adalah dengan menyuntikkan pewarna agar warnanya kian menarik.

Sumber :

  1. http://www.searo.who.int/entity/world_health_day/2015/whd-what-you-should-know/en/