Kulkas Samsung vs Sharp, Mana yang Lebih Hemat Listrik dan Tahan Lama?

Kulkas mempermudah kita dalam menyimpan makanan dalam jangka waktu lama. Meskipun demikian, bila terjadi kesalahan dalam pemakaian kulkas akan membuat biaya listrik kita membengkak. Pada artikel ini saya mengajak Anda mengetahui perbandingan dua produk kulkas yaitu Sharp dan Samsung dari segi pemakaian listrik dan berbagai pertimbangan lainnya.

Kulkas pilihan konsumen

Berdasarkan survei dari Top Brand Index sejak tahun 2019 – 2023, kulkas Sharp menjadi urutan nomer satu yang paling banyak diminati. Kemudian disusul kulkas LG, lalu Polytron, baru Samsung.

Source: topbrand-award.com

Kira-kira mengapa ya selama 5 tahun berturut turut kulkas sharp selalu banyak peminat? Jawabannya terletak pada kelemahan dan kelebihan masing-masing produk. Apakah Sharp banyak kelebihannya? Simak tabel dibawah ini.

SHARP SAMSUNG
Kelebihan
  • Memiliki banyak varian kapasitas
  • Memiliki varian kulkas dengan daya watt rendah seperti 90 watt
  • Terdapat beberapa varian kulkas dengan harga terjangkau mulai dari 2 jutaan
  • Beberapa kulkas memiliki bobot dibawah 30 kg
  • Dilengkapi dengan teknologi pendingin yang canggih
  • Kompresor tahan lama dengan teknologi samsung digital inverter
  • Desain elegan dan stylish
Kekurangan
  • Beberapa varian kulkas satu pintu memiliki desain menarik namun terkesan feminim
  • Pilihan warna sedikit
  • Beberapa kulkas memiliki harga cukup mahal
  • Daya watt kulkas terkecil hanya 100 watt
  • Bobot kulkas tergolong berat yaitu mulai dari 33 kg

Cek promo kulkas Sharp terbaik

Pertimbangan saat membeli kulkas

Sumber gambar: Freepik

Sebelum mulai ke pembahasan pemakaian listrik, mungkin sebagian dari Anda mampir ke artikel ini karena hendak membeli kulkas bukan? Nah, saya ada ide hal-hal apa saja yang perlu Anda pikirkan. Selain harga, ada poin penting lain yang bisa Anda pertimbangkan saat membeli kulkas, yang sudah saya rangkum pada beberapa topik di bawah ini.

Dimensi atau ukuran kulkas

Sebelum membeli kulkas perhatikan ruangan tempat kulkas akan diletakkan. Ruangan yang bisa Anda perhatikan adalah ruang dapur. Bagaimana Anda bisa leluasa bergerak dengan mudah membuka dan menutup kulkas. Berdasarkan pertimbangan itu, Anda bisa memperkirakan ukuran kulkas yang seperti apa yang bisa Anda beli.

SHARP KULKAS 2 PINTU 205L SJ-237MG-DB

Misalnya, Anda bisa membeli kulkas Sharp ukuran 570 x 1.378 x 562 mm dengan tipe SJ-237MG-DB/DP dua pintu karena cocok untuk yang tinggal di apartemen atau Anda yang memiliki rumah dengan tipe 32 dan 36. Pada merk Samsung dimensi yang serupa ada pada tipe RR18 satu pintu dengan dimensi 519 x 1.244 x 520 mm.

Bagi Anda pemilik rumah luas misal tipe 45 dan 70 Anda bisa menggunakan kulkas Samsung tipe RS300BM side by side dengan dimensi 910 x 1.789 x 648 mm, tetapi bila Anda beminat merk Sharp cobalah tipe SJ-IS60M-SL dengan dimensi 900 x 1.770 x 660 mm.

Satu lagi pertimbangan yang masih berkaitan dengan ukuran kulkas yaitu apakah kulkas bisa masuk lewat pintu dan jalan masuk ke rumah? Seberapa banyak ruang yang diperlukan supaya kulkas bisa sampai ke tempatnya dipasang. Pastikan Anda mengukur jarak dan lebar jalan yang dilalui ya sebelum membeli kulkas.

Jenis kulkas

Jenis kulkas yang tersebar di pasaran Indonesia sejatinya ada beberapa jenis, namun saya akan bahas jenis kulkas yang paling banyak digunakan yaitu kulkas satu pintu, kulkas dua pintu, dan kulkas empat pintu atau multi doors.

Kulkas satu pintu

SHARP KULKAS 1 PINTU SJ-X185MG-GB

Kapasitas kulkas satu pintu biasanya diatas 100 liter. Misalnya, kapasitas kulkas satu pintu dari Sharp berkisar 128 hingga 184 liter. Salah satunya adalah tipe Sharp SJ-NI62D-VB/VRSJ-X185MG-GB dengan kapasitas 143/138 liter.

Samsung tipe RR18

Pada merk Samsung jenis kulkas satu pintu kapasitas 185 liter dengan tipe RR18, adapula kapasitas 300 liter dengan tipe BESPOKE 1  door. Bila dibandingkan maka Samsung tidak memiliki tipe dengan ukuran dibawah 150 liter sedangkan Sharp ada. Artinya, Sharp memiliki variasi lebih banyak pada kulkas satu pintu.

Kulkas dua pintu

Nah, kalau kulkas dua pintu ini banyak sekali peminatnya. Kulkas jenis ini ideal untuk keluarga kecil dan keluarga yang tinggal di apartemen karena memiliki ruangan terbatas.

SAMSUNG KULKAS 2 PINTU 351 L RT29K503JB1/SE

Contoh kulkas dua pintu adalah Samsung tipe RT29K503JB1/SE dengan kapasitas 300 liter dengan harga berkisar Rp7 jutaan. Dibandingkan dengan kulkas empat pintu kapasitas kulkas ini hampir separuhnya, namun harga jualnya tidak begitu mahal hingga Rp10 jutaan. Masih banyak tipe lain dari kulkas dua pintu, saya sajikan pada tabel dibawah ini sebagai bahan informasi.

Sharp Samsung
Harga Tipe Harga Tipe
Rp2,7-3,7 jutaan SJ-24XG-MR/MS (205/ 187 liter) Rp3,5 jutaan RT19M300BGS/SE (203 liter)
Rp3 jutaan SJ-195MD-SG (171/ 152 liter) Rp4,3 jutaan RT20FARWDSA (203 liter)
Rp3,2 jutaan SJ-246GC (205/ 187 liter) Rp4,9 jutaan RT25M4133S8 (255 liter)
Rp3,3 jutaan SJ-316MG-GB/GR (237/ 256 liter) Rp5,1 jutaan RT22 (234 liter)
Rp7,5 jutaan SJ-IG470M-DS (397/ 428 liter) Rp7,2 jutaan RT29K503JB1/SE (300 liter)
Rp10 jutaan SJ-IG962PM-SL (656/ 600 liter) Rp9,1 jutaan Bespoke 2 Pintu RT47 (393 liter)

Kulkas empat pintu/multi doors

Kulkas empat pintu/multi doors merupakan kulkas yang memiliki kapasitas besar dan sangat sempurna di rumah yang besar. Idealnya kulkas ini digunakan untuk keluarga besar, dapur besar dan tempat jamuan makan.

SHARP SJ-IF85PB-SL Inverter Series Kulkas [640 L/ Side by Side]

Salah satu contoh kulkas empat pintu adalah keluaran Sharp dengan tipe SJ-IF85PB-SL yang memiliki kapasitas 640 liter. Harga kulkas tipe ini tergolong mahal yaitu sekitar 19 jutaan.

sumber gambar : samsung.com

Sedangkan untuk kulkas Samsung bisa disebut dengan  tipe BESPOKE. Kulkas multi door dengan pilihan warna cukup menarik yaitu sky blue kombinasi clay beige dan clay beige kombinasi gray. Kapasitas yang dimiliki adalah 644 liter dengan harga jual mulai 26 jutaan.

Cek promo katalog kulkas Samsung

Perbandingan kapasitas kulkas

Secara umum kulkas satu pintu memiliki kapasitas 100 – 185 liter, kulkas dua pintu berkisar 185 – 600 liter, dan kulkas multi doors diatas 600 liter. Perbandingan kapasitas kulkas Sharp dengan Samsung yaitu Sharp memiliki varian kulkas dengan kapasitas 133 -185 liter untuk satu pintu sedangkan Samsung hanya memiliki varian 185 liter untuk kulkas satu pintu dengan seri RR18.

Kulkas dua pintu maupun multi doors dari Sharp dan Samsung sama sama memiliki varian kapasitas yang banyak yaitu berkisar 185 – 700 liter. Jadi, jika Anda mengincar kulkas dengan kapasitas kecil satu pintu, Sharp bisa menjadi alternatif pilihan kulkas Anda. Begitu pula bila Anda menyukai kulkas dengan kapasitas besar Sharp maupun Samsung bisa menjadi alternatif bagus.

Pilihan ukuran kulkas Sharp dan Samsung yang ideal

Berbicara mengenai pilihan kulkas yang ideal Anda perlu menggarisbawahi pembahasan pertama di artikel ini yaitu mempertimbangkan ukuran kulkas yang hendak dibeli. Sebaiknya sisakan beberapa cm pada bagian atas kulkas supaya tidak menyentuh plafon atau perabot lemari dapur. Selain itu, pastikan Anda juga menyisakan beberapa cm di bagian belakang kulkas supaya tidak langsung menempel dinding. Tujuannya sebagai ventilasi kulkas.

Kulkas Sharp satu pintu ideal untuk Anda yang memiliki ruangan terbatas di rumah. Dimensi rata-rata kulkas tersebut adalah 550x535x1.205 mm yaitu setara dengan satu setengah ubin ukuran 60×60 cm. Anda yang memiliki ruangan cukup luas tidak perlu khawatir memikirkan ukuran kulkas karena kulkas jenis apapun dari Sharp maupun Samsung selalu ideal.

Sesuaikan harga dengan kebutuhan Anda

Masalah harga adalah poin penting dalam pembelian barang elektronik yang akan dipakai dalam jangka waktu lama. Terlanjur berangan-angan ingin memiliki kulkas spesifikasi tinggi namun ternyata harganya tidak sesuai budget. Nah, untuk mencocokan budget Anda dengan kulkas impian, saya bantu Anda meringkas kulkas mana saja yang paling murah dan mahal dari merk Sharp dan Samsung.

Tipe kulkas paling murah dari Sharp dan Samsung

Sumber gambar : samsung.com

Kulkas paling murah memiliki harga mulai dari Rp1,5 jutaan. Samsung hanya memiliki dua tipe kulkas dengan harga sekitar Rp1,5 – 2,7 juta yaitu tipe BESPOKE one door dan RR18. Kulkas Samsung tipe RR18 memiliki spesifikasi sebagai berikut :

  • Jenis kulkas 2 pintu
  • Kapasitas besar 185 liter
  • Low & high voltage stabilizer
  • Warna metal grahite/ abu-abu tua
  • Berat 33 kg
  • Cooling type direct cooling
Sumber gambar : id.sharp

Pada Sharp kulkas dengan harga mulai Rp1,5 jutaan terdapat 5 varian salah satunya seri SJ-X165M-SR/SG. Sedangkan untuk kisaran harga Rp2 jutaan ada sekitar 8 varian, rata-rata mulai dari Rp2,5 juta. Misalnya, Kulkas Sharp seri  SJ-24XG-MR/MS dengan harga mulai dari Rp2,7 juta yang memiliki spesifikasi:

  • Kulkas 2 pintu
  • Pilihan kapasitas 187 dan 205 liter
  • Fan cooling system
  • Tersedia dua warna yaitu matrix red dan matrix silver
  • Ukuran 560x562x1.367 mm
  • Berat kulkas 37 kg

Kulkas harga 5 jutaan Sharp dan Samsung

Pilihan kulkas Sharp dengan harga 5 jutaan cukup banyak, salah satunya adalah seri SJ-426GI-MK memiliki fitur unggulan teknologi J-Tech Interver dengan proses pendinginan yang cepat namun mampu meredam suara bising dan mengurangi konsumsi energi listrik. Selain itu, kulkas ini juga dilengkapi dengan extra big freezer yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan penyimpanan Anda.

Samsung juga tidak kalah dari Sharp, kulkas Samsung 5 jutaan tersedia di banyak varian meskipun tidak sebanyak Sharp. Salah satu kulkas 5 jutaan dari Samsung adalah tipe kulkas 2 pintu seri RT 22 ukuran 236 liter. Kulkas tersebut memiliki keunggulan pada teknologi digital inverter compressor yang membuat mesin kulkas bekerja mulus tanpa bising, awet dan tahan lama.

Kulkas canggih termahal dari Sharp dan Samsung

Kulkas Sharp tercanggih dan mahal ada pada tipe SJ-IF85PB-SL Inverter Series kapasitas 640 liter. Kulkas ini memiliki laci tempat penyimpanan makanan sesuai ukuran dan jenisnya sehingga bisa menyimpan beragam makanan. Selain itu, seri kulkas ini  memiliki kontrol panel yang ada di handle depan kulkas, harga jualnya mulai dari 19 juta per unit.

Tahukah Anda bahwa Samsung memiliki seri kulkas spesial yaitu FamilyHub dan BESPOKE?. BESPOKE dari Samsung rilis tahun 2021 dengan desain kulkas yang stylish. Teknologi menarik yang ditawarkan adalah pintu reversible. Anda dapat membuka pintu kulkas dari arah kiri maupun kanan sehingga bisa fleksibel diletakkan dimana saja.

Source: samsung.com

Seri kedua adalah FamilyHub yang merupakan kulkas pintar dengan layar LCD di bagian pintu. Menariknya layar LCD tersebut dapat terhubung ke smartphone untuk menonton acara TV, mendengarkan musik hingga menampilkan pesan. Adapula kamera di dalam kulkas yang bisa Anda pantau dari luar kulkas tanpa harus membukanya. Perihal harga kulkas Samsung FamilyHub dijual dengan harga 30 jutaan, sedangkan seri BESPOKE yang termahal seharga 26 juta.

Desain kulkas

Source: samsung.com

Mempertimbangkan desain kulkas tentu disesuaikan dengan selera masing-masing. Apakah Anda ingin kulkas dengan warna natural seperti putih, abu-abu dan hitam? Atau warna yang sifatnya kontras dengan perabot di dapur? Atau mungkin ingin disesuaikan dengan warna tembok di ruangan.

Kulkas Sharp dan Samsung tergolong produk yang pandai bermain desain dan warna. Samsung terkenal dengan tone warna abu-abu dan pastel, sedangkan Sharp terkenal dengan tone warna netral seperti abu-abu, hitam dan krem, serta warna gelap kombinasi cerah seperti merah, ungu, biru muda, biru, dan pink.

Masa garansi dan service kulkas

Pastikan produk kulkas yang Anda incar memiliki garansi, untuk Sharp sendiri biasanya bergaransi 5 tahun pada kompresor. Sedangkan pada Samsung masa garansi suku cadang dan jasa hanya 1 tahun serta ada beberapa produk yang memiliki garansi 10 tahun. Selain masa garansi, pastikan di lokasi Anda ada layanan konsumen berupa jasa teknisi bila terjadi kerusakan pada kulkas.

Perbandingan daya listrik kulkas Sharp vs Samsung

sumber gambar : freepik

Daya listrik pada kulkas umumnya sudah tercantum pada label kulkas, biasanya kulkas rumah tangga memiliki daya 60-250 watt. Sebagian besar pemakaian kulkas akan selalu menyala selama 24 jam, daya watt yang tertera pada label adalah konsumsi watt saat kulkas bekerja secara maksimal sehingga bukan angka watt yang mutlak. Berikut ini tabel perbandingan pemakaian daya listrik pada kulkas Samsung dan Sharp :

Jenis Kulkas Samsung Sharp
Daya listrik Seri Kulkas Daya listrik Seri Kulkas
Satu pintu 100 – 120 watt
  • RR18 (118 watt)
  • BESPOKE 1 door (120 watt)
60-90 watt
  • SJ-N192N-HS (60 watt)
  • SJ-X165M-SR/SG (84 watt)
  • SJ-N182D-VB/VR (90 watt)
Dua pintu 100 – 140 watt
  • RT20FARWDSA (100 watt)
  • RT-22 (100 watt)
  • RT38-K5030B1 (140 watt)
72 – 158 watt
  • SJ-326GC-SD/SR (72 watt)
  • SJ-246GC-SD (100 watt)
  • SJ-IG470M-DS (132-158 watt)
  • SJ-IG470M-DS (132-158 watt)

Pada tabel diatas dapat Anda bayangkan bahwa kulkas Samsung tidak mengeluarkan produk dengan daya listrik dibawah 100 watt sedangkan Sharp iya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Sharp memiliki varian daya listrik yang lebih banyak yang memungkinkan kita sebagai konsumen bisa memilih kulkas dengan daya yang rendah untuk menghemat listrik. Meskipun demikian kulkas Samsung telah tersertifikasi energy star yang merupakan produk hemat energi.

Cara menghitung biaya listrik kulkas per bulan

Nah, sebagai gambaran untuk menghitung biaya listrik kulkas yang digunakan selama satu bulan bisa menggunakan rumus di bawah ini :

  • Konsumsi listrik kulkas per hari = daya watt pada kulkas x 24 jam = …. kWh
  • Biaya listrik kulkas per hari = konsumsi listrik kulkas per hari x tarif listrik PLN
  • Biaya listrik kulkas per bulan = biaya listrik kulkas per hari x 30 hari

Contohnya, rumah Anda memiliki daya listrik 1.300 VA non subsidi dan menggunakan kulkas dengan daya listrik maksimal 90 watt, sehingga perkiraan biaya listrik per bulan adalah

  • Konsumsi listrik kulkas per hari = 90 watt x 24 jam = 2.160 wat.jam = 2,16 kWh
  • Biaya listrik kulkas per hari = 2,16 kWh x Rp 1.444,7 = Rp 3.120,5 lalu dibulatkan Rp 3.121
  • Biaya  listrik kulkas per bulan = Rp 3.121 x 30 hari = Rp 93.630

Kesimpulannya, biaya listrik kulkas per bulan Anda dengan daya listrik 90 watt adalah Rp 93.630. Perlu diingat bahwa biaya ini adalah ketika penggunaan kulkas dalam keadaan maksimal. Jadi, pilihlah kulkas yang daya listriknya rendah untuk menghemat listrik, tapi jangan khawatir ada beberapa tips untuk menghemat listrik pada kulkas jika ternyata kulkas impian Anda memiliki daya listrik yang cukup tinggi.

Baca juga Mengatasi Penyebab Token Listrik Boros Padahal Pemakaian Sedikit

Tips menghemat listrik pada kulkas

Source: kominfo.go.id

Anda sudah mencoba hitung biaya listrik per bulan pada kulkas Anda? Jika ya dan ternyata bagi Anda terlalu mahal sehingga ingin meminimalisir biaya, Anda bisa sekali melakukan tips dibawah ini supaya menghemat konsumsi listrik pada kulkas.

1. Pastikan kulkas tidak terlalu penuh

Kulkas yang tidak terlalu penuh akan mengakibatkan sirkulasi udara menjadi lebih efisien dan menggunakan sedikit daya listrik.

2. Pastikan kulkas Anda telah tersertifikasi energy star

Pilih kulkas yang telah tersertifikasi energy star, kulkas dengan sertifikasi ini berarti sudah memiliki kinerja tinggi seperti kompresor efisiensi tinggi yang menghasilkan lebih sedikit panas dan menggunakan lebih sedikit energi. Peningkatan insulasi yang membantu makanan tetap dingin, dan mekanisme suhu serta pencairan yang membantu kulkas beroperasi lebih efisien.

Kulkas bersertifikasi energy star 20% lebih efisien daripada model yang memenuhi standar efisiensi energi minimum. Kulkas Samsung terbukti telah tersertifikasi energy star sedangkan Sharp belum saya temukan informasi yang serupa. Namun dalam website official telah mencantumkan label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

3. Pilih kulkas yang memiliki fitur digital inverter.

Pada beberapa kulkas Samsung sudah terdapat fitur digital inverter, sehingga Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengehemat konsumsi listrik secara otomatis. Pada kulkas Sharp juga memiliki fitur serupa yaitu J-tech inverter.

4. Rutin membersihkan kulkas

Usahakan Anda rutin membersihkan kulkas setiap enam bulan hingga satu tahun. Jika kulkas penuh kotoran seperti debu, sisa makanan hingga bulu hewan akan mengakibatkan meningkatnya biaya energi kulkas sebanyak 35% dan mempersingkat masa pakai kulkas. Artinya, kulkas Anda akan boros listrik dan tidak tahan lama.

5. Jauhkan kulkas dari panas langsung

Cara yang bisa Anda lakukan adalah menempatkan kulkas jauh dari sinar matahari dan sumber panas lainnya sepeti oven dan kompor. Panas akan menyebabkan kulkas menggunakan lebih banyak energi untuk tetap dingin.

6. Tidak membuka pintu kulkas terlalu lama

Penggunaan yang tepat dapat menghasilkan penghematan energi yang besar. Hal mudah yang bisa Anda lakukan adalah tidak membiarkan pintu kulkas terbuka dalam waktu lama saat mencari makanan. Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan menjaga kulkas dan freezer tetap bersih dan teratur.

Baca juga Cara Membersihkan Kulkas dari Bunga Es dan Bau Tak Sedap Secara Menyeluruh

Kesimpulan

Perbandingan dari segi harga menurut saya terlihat bahwa baik Sharp maupun Samsung sama-sama memiliki varian kulkas termurah mulai harga Rp1,5 jutaan sedangkan kulkas harga termahal dengan teknologi tercanggih jatuh pada Samsung dengan harga Rp30 jutaan. Dari segi listrik, bisa disimpulkan bahwa Sharp lebih hemat karena varian kulkas ini menyediakan daya watt yang rendah. Walaupun begitu kulkas Samsung telah mengantongi sertifikasi ENERGY STAR yang sudah dijamin 100% kehematan listriknya. Diantara keduanya baik kulkas Sharp maupun Samsung dari segi daya listrik menurut saya tidak jauh berbeda, lakukan saja tips menghemat kulkas untuk menghemat biaya listrik kulkas.

Jadi bagaimana Sahabat Hemat? Apakah Anda sudah menentukan kulkas mana yang akan menjadi idaman Anda atau apakah perbandingan kedua merk kulkas ini sudah cukup memuaskan Anda? Jangan lupa ikuti terus updatean terbaru artikel kulkas di hemat.id. Salam hangat!

Sumber

  1. https://www.energy.gov/energysaver/
  2. https://www.energystar.gov/
  3. https://www.kominfo.go.id/