Cara Membersihkan Kulkas dari Bunga Es dan Bau Tak Sedap Secara Menyeluruh

Saat ini, mulai banyak kulkas yang dilengkapi dengan fitur auto-defrost, sehingga pengguna tidak perlu membersihkan bunga es secara manual. Walaupun begitu, masih ada kulkas yang tidak dilengkapi dengan teknologi tersebut yang masih dijual di pasaran dan masih banyak dari kita yang menggunakannya.

Tumpukan bunga es yang menggangu space untuk menyimpan bahan makanan, perlu kita bersihkan secara manual dan rutin untuk Anda yang masih menggunakan kulkas tanpa teknologi auto-defrost. Hal ini karena kehadiran bunga es tidak hanya berdampak mengurangi kapasitas penyimpanan. Bunga es yang dibiarkan menumpuk juga dapat berdampak negatif pada kualitas kulkas, lho.

Apakah bunga es berbahaya?

Bunga es yang dibiarkan berkembang di dalam freezer akan menghabiskan ruangan, yang akhirnya dapat menyebabkan pintu freezer tidak dapat tertutup dengan sempurna. Pintu freezer yang tidak tertutup dengan sempurna dapat membuat kualitas makanan menjadi rusak, dan berpotensi menyebabkan kulkas berbau tidak sedap akibat makanan yang tidak didinginkan dengan baik. Bahkan pada kasus yang lebih parah, penumpukan bunga es dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pipa. Sehingga, bunga es dapat berpotensi merusak kualitas makanan hingga membuat kulkas tidak dingin dan lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, jangan menunggu sampai bunga es sudah menumpuk, baru membersihkan kulkas. Lakukanlah perawatan rutin setiap dua sampai tiga bulan sekali untuk menjaga agar kulkas dapat berumur panjang.

Apa penyebab freezer kulkas banyak bunga es?

Tanpa kita sadari, ada kebiasaan yang kita lakukan secara terus-menerus yang dapat memicu munculnya bunga es. Berikut penyebab freezer kulkas banyak bunga es:

Memasukkan makanan yang masih panas

Uap dari air atau makanan yang masih panas dapat menyebabkan kulkas mendinginkan suhu secara berlebihan dan membentuk bunga es. Langkah yang benar adalah dengan mendinginkan dahulu makanan sampai uap panas hilang, baru kemudian masukkan ke dalam freezer dengan wadah tertutup atau plastik zip.

Isi kulkas terlalu penuh

Terlalu banyak makanan dalam freezer dapat membatasi aliran udara dalam kulkas menjadi terganggu, apalagi jika meletakkan makanan hingga menutupi mekanisme pendinginan. Kerap kali kita lupa dengan makanan apa saja yang pernah kita simpan dalam kulkas. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan rutin, apakah ada makanan sisa atau apakah ada makanan yang sudah kadaluwarsa atau apakah ada makanan yang perlu segera diolah. Sehingga kita bisa mengurangi makanan yang tersimpan dalam kulkas.

Pengaturan temperatur yang salah

Tambahkan dan kurangi pengaturan temperatur pada kulkas Anda sesuai dengan isi kulkas. Jika kulkas sudah terisi penuh, maka atur ke temperatur yang lebih dingin. Jika isi kulkas tinggal sedikit, atur ke temperatur sebaliknya. Jika Anda membiarkan dengan pengaturan yang sama baik saat isi kulkas penuh atau pun sedikit, dapat membuat kulkas bekerja secara berlebihan. Suhu yang terlalu dingin pada kulkas yang kosong akan lebih cepat menciptakan bunga es. Suhu di dalam lemari es sebaiknya diatur pada 40 °F atau di bawah 40 °F (40 °F = 4.4 °C) , sedangkan suhu freezer sebaiknya pada 0 °F (-17.78 °C) atau di bawahnya.

Membuka pintu kulkas terlalu lama

Lakukan dengan cepat saat mengambil bahan masakan beku atau memilih es krim yang diinginkan. Interaksi antara udara hangat dari luar yang masuk ke dalam freezer dapat menyebabkan bunga es berkembang.

Cara membersihkan bunga es dan bau tak sedap pada kulkas

Setelah mengetahui penyebab bunga es dan menumpuknya bunga es juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada kulkas, berikut cara untuk membersihkan bunga es dan bau tak sedap secara menyeluruh:

1. Matikan kulkas

Cabut kabel listrik. Hal ini dilakukan untuk menjaga diri dari korsleting karena kita akan membersihkan bunga es yang nantinya akan berhubungan dengan air.

2. Keluarkan isi kulkas

Penting untuk menjaga makanan tetap dingin saat pencairan dimulai. Siapkan box pendingin untuk menampung makanan beku, agar tetap terjaga kualitasnya.

3. Persiapkan alat yang diperlukan

Sambil menunggu bunga es mencair, persiapkan alat-alat berikut untuk menunjang pembersihkan bunga es. Seperti baskom yang sudah diisi dengan air hangat, lap, dan alat untuk mencungkil bunga es (pastikan tidak tajam). Jangan gunakan alat pemanas listrik jenis apapun, pemecah es, pisau, ataupun benda tajam lainnya, karena dapat merusak lapisan dalam kulkas.

4. Pencairan bunga es

Untuk membantu bunga es agar lebih cepat cair, gunakan lap yang sudah dicelup ke air hangat dan peras, lalu letakkan di atas es sampai es dapat di angkat. Jika lap sudah terasa dingin, celupkan lagi ke air hangat, lalu letakkan kembali ke bunga es, lakukan sampai bunga es mencair seluruhnya.

5. Lap hingga kering

Lap freezer sampai benar-benar kering, supaya tidak terbentuk bunga es baru.

Sebelum makanan dimasukan kembali, disarankan untuk mengecek kondisi setiap makanan. Makanan yang sudah membusuk adalah penyebab utama kulkas menjadi bau dan dapat mempengaruhi makanan lainnya. Jika ada makanan sisa yang kualitasnya masih baik, pastikan telah dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup dan diberi label tanggal saat Anda memasaknya. Dan pastikan untuk memberikan jarak antara tiap makanan dan nyalakan kulkas kembali.

Tata Isi kulkas Dengan 7 Cara Ini, Dijamin Lebih Awet & Rapi

6. Letakkan penghilang bau kulkas

Untuk menyerap bau tak sedap yang susah untuk hilang, Anda bisa menaburkan bubuk kopi atau soda kue di area freezer. Kemudian tunggu seharian, atau hingga bau tidak sedap hilang. Atau Anda bisa meletakan kapas yang telah dibasahi dengan vanila ke dalam lemari es.

Promo Harga Kopi Terbaru Minggu Ini

Rekomendasi kulkas tanpa bunga es

Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk melakukan perawatan kulkas dari bunga es secara rutin, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli kulkas baru.

Seperti yang telah kita ketahui, kulkas-kulkas masa kini sudah dilengkapi dengan fitur auto-defrost, yang mana fitur ini akan memberikan kemudahan untuk Anda dalam mencairkan bunga es secara otomatis. Anda hanya tinggal menekan satu tombol dan bunga es akan mencair secara perlahan. Namun, yang saya tahu, bahwa dengan fitur ini akan ada air hasil dari pencairan bunga es yang perlu dibuang secara manual, sehingga Anda tetap harus memantau jangan sampai air yang ditampung meluber ke lantai.

Daftar rekomendasi kulkas tanpa bunga es
Merek Kapasitas Daya
Samsung RT29K503JB1/SE 300 liter 100 Watt
Aqua AQR-D275 220 liter 50 Watt
Panasonic NR-BB331Q-PK 324 liter 150 Watt
Sharp SJ-426 GI-MK 338 liter 100 Watt
Beko RDNT 200I50 S 200 liter 160 Watt

1. Samsung RT29K503JB1/SE

 

Kapasitasnya 300 liter dengan dimensi 60 x 163,5 x 67,2 cm. Terdapat tujuh tempered rack yang terdiri dari tiga rak untuk di tengah dan empat rak di pintu. Dengan teknologi The Big Guard Anda dapat menyimpan wadah besar dan tinggi susu, jus dan minuman kesukaan keluarga di bagian pintunya.

Dengan teknologi Twin Cooling Plus kulkas Samsung RT29K503JB1/SE mampu menghasilkan kadar kelembaban hingga 70%, sehingga kualitas makanan tetap terjaga kesegarannya lebih lama. Posisi ice maker dapat dipindah-pindahkan, dan dilengkapi dengan pencahayaan LED dengan efisiensi tinggi, lebih ramping, dengan warna cahaya yang dingin tapi tetap lebih hemat daya dari pada pencahayaan konvensional.

2. Aqua AQR-D275

 

Dimensi: 60,5 x 153,5 x 54 cm, dengan kapasitas isi Aqua AQR-D275 sebesar 220 liter. Tersedia warna Black Tempered sehingga body-nya anti gores, kuat, mudah dibersihkan. Dengan teknologi inverter kulkas ini, Anda tidak akan khawatir dengan tagihan listrik yang tinggi karena produk ini hanya membutuhkan sedikit daya untuk mengatur kalau terjadi perubahan temperatur dalam kulkas, dan daya listriknya hanya 50 watt.

Makanan akan selalu terjaga kesegarannya secara optimal karena dilengkapi dengan Nano Ferrite Double Filter System dan Deodorizer, yang juga dapat mencegah bakteri dan bau. Dan pada laci bagian bawah, terdapat Vitamin Filter, yang berfungsi agar kandungan nutrisi pada sayur dan buah tetap terjaga. Keunggulan dari kulkas ini adalah tersedianya tempat penyimpanan untuk menyimpan produk perawatan wajah dan obat-obatan sisa. dan garansi kompresor maksimal selama 12 tahun.

3. Panasonic NR-BB331Q-PK

 

Hal yang paling menonjol dari kulkas ini adalah tingginya yang cukup signifikan, dengan dimensi (W x H x D) : 59.5 x 173.8 x 61.8 cm dan berat 49 kg. Kapasitasnya 324 liter dan dilengkapi dengan teknologi Prime Fresh, sebagai tempat untuk mencairkan daging secara lembut pada suhu +\- -3 derajat Celsius. Tapi akan tetap segar selama sekitar tujuh hari, karena terdapat teknologi Ag Clean Filter yang dapat mencegah bau tak sedap dan menghilangkan jamur serta bakteri.

Terdapat teknologi Econavi inverter, di mana teknologi ini dapat membuat Anda menghemat listrik sampai dengan 10% dan tegangan listriknya 220V. Anda juga dapat menikmati fasilitas masa garansi kompresor sampai dengan 12 tahun, sehingga jika terjadi kerusakan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku maka Anda bisa membawa kulkas Anda untuk diperbaiki atau bahkan di ganti spare part-nya.

4. Sharp SJ-426 GI-MK

 

Kulkas ini di lengkapi dengan J-Tech Inverter yang dapat mengatur suhu dengan tepat, yang mana teknologi ini memiliki tiga puluh enam tahap pendinginan. Konsumsi dayanya 100 watt dan mampu meredam suara bising. Kapasitas 338 liter dengan dimensi (W x H x D) : 59 x 165 x 65.6 cm serta memiliki tipe bodi Temperglass berwarna hitam. Terdapat label MUI yang mana masih jarang di miliki merek kulkas lainnya, dilengkapi juga dengan Ion Plasmacluster yang berfungsi untuk menonaktifkan atau mematikan virus, bakteri dan jamur sehingga kualitas makanan terjaga lebih lama dan kulkas harum sepanjang hari.

Ice maker dapat dipindah, terdapat laci yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk meletakkan es krim atau makanan beku dan di bagian luar dapat menyimpan daging agar bau dari daging atau makanan laut yang sedang di simpan di freezer tidak mengontaminasi makanan lain. Terdapat tiga Rack Tempered Glass, dengan corak yang lebih menarik.

5. Beko RDNT 200I50 S

 

Dibandingkan dengan tipe lainnya, kulkas ini bisa di bilang memiliki kapasitas yang cukup kecil yaitu hanya sebesar 200 liter. Dimensi (W x H x D) : 54 x 135 x 55 cm, Ice Maker dapat dipindah dan dilengkapi dengan teknologi NeoFrost Dual Cooling yang merupakan dua sistem pendinginan terpisah sehingga aroma yang berasal dari freezer tidak sampai mengontaminasi aroma kue yang ada di area pendingin.

Tiga rak yang tersedia di dalam pendingin dapat mengatasi beban hingga 25 kg dan terbuat dari kaca, dilengkapi juga dengan Active Odour Filter yang dapat mengurangi bau tak sedap dan menghilangkan bakteri dari sirkulasi udara dingin di dalam kulkas, agar makanan tetap terjaga kualitasnya dan segar. Penerangannya menggunakan LED Illumination.

Jadi, kulkas mana yang lebih unggul diantara 5 daftar di atas? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika daya listrik di rumah Anda kecil atau anggota keluarga Anda masih sedikit, maka Aqua adalah pilihan yang tepat. Karena kulkas ini hanya mengonsumsi 50 watt daya listrik dan kapasitas 220 liter, serta ukurannya juga kecil.

Tapi jika Anda memiliki anggota yang cukup besar, maka Sharp dan Panasonic adalah pilihan yang tepat karena memiliki kapasitas sebesar 338 liter dan 324 liter dengan daya listrik Sharp yang juga masih tergolong hemat, hanya 100 watt. Walaupun daya listrik Panasonic lebih tinggi, yaitu sebesar 150 watt, kulkas ini memiliki tinggi 173,8, lebar 59.5 dan kedalaman 61.8, jadi bisa dibilang wajar jika Panasonic mengonsumsi daya yang cukup besar karena sesuai dengan kapasitas dan dimensinya.

Temukan promo-promo kulkas terbaru dan terhemat di Promo Harga Lemari Es Kulkas Terbaru Minggu Ini | Hemat.id.