Makanan Terbaik yang Dapat Menunjang Anak Cepat Tinggi

Tinggi seseorang dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu faktor keturunan, makanan dan gaya hidup. Tinggi maksimum anak sebagian besar ditentukan oleh genetik. Pada umumnya, anak akan memiliki besar tinggi badan yang berada diantara tinggi badan yang dimiliki oleh kedua orang tuanya.

Jadi jika pertumbuhan Anda baru terlihat di masa remaja, maka kemungkinan anak Anda akan memiliki pola pertumbuhan tinggi badan di masa yang sama. Jika dilihat dari faktor keturunan, maka tidak ada yang bisa kita lakukan, tapi kita bisa memaksimalkannya dari faktor makanan dan gaya hidup si anak.

Berikut makanan-makanan yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh anak agar cepat tinggi :

1. SusuMakanan Penunjang Anak Cepat Tinggi

Susu sangat kaya akan kalsium. Selain baik untuk membantu pertumbuhan tulang, susu juga berguna untuk memberikan kekuatan pada anak. Sediakan susu setiap hari baik yang diminum secara langsung seperti susu cair atau yang perlu diseduh seperti susu bubuk. Anda juga bisa membuat olahan makanan maupun cemilan yang diolah dari susu. Misalnya Baked Macaroni.

Lihat juga berbagai harga terhemat susu dari supermarket-supermarket di Indonesia!

2. Sereal

Makanan Penunjang Anak Cepat Tinggi

Sereal yang berasal dari gandum utuh mengandung vitamin, kalsium dan serat yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak. Apalagi jika ditambah dengan susu rasa plain yang sangat kaya dengan kalsium.

Sekarang sudah banyak sekali bermacam-macam sereal yang dijual di pasaran. Jadi Anda bisa mengganti sereal sesuai dengan keinginan anak pada saat itu, tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan labelnya agar terhindar dari jenis produk sereal yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi.

Lihat promo-promo sereal terhemat di berbagai supermarket!

3. Bayam

Makanan Penunjang Anak Cepat Tinggi

Bayam adalah sayuran yang tidak hanya memberikan kekuatan, tapi juga mengandung zat besi dan kalsium yang merupakan zat penting yang dapat membantu anak menjadi cepat tinggi.

4. WortelMakanan Penunjang Anak Cepat Tinggi

Wortel adalah sayur yang wajib ada di setiap makanan anak saya. Karena selain sangat baik untuk mata, wortel juga mengandung vitamin A, kalsium, phosporous dan magnesium yang bisa membantu pertumbuhan tulang menjadi lebih kuat dan juga dibutuhkan untuk otot.

Ubah bentuk wortel ke dalam bentuk-bentuk yang menarik, misalnya bentuk bunga atau bentuk hati untuk menarik minat anak agar suka makan wortel.

5. AyamMakanan Penunjang Anak Cepat Tinggi

Menyajikan ayam adalah pilihan sehat dan pilihan termudah untuk Bunda sajikan ke anak. Bahkan daging ayam mempunyai kandungan protein yang paling tinggi di antara daging hewani lainnya. Dianjurkan untuk menyajikan dada ayam karena bagian dari ayam ini memiliki banyak daging dan sedikit sekali lemak.

Anda bisa mengolah dada ayam dengan direbus, dipanggang, diolah menjadi tumisan atau dimasak bersama sayur sop.

Lihat promo harga ayam terhemat di supermarket di kota Anda!

6. TelurMakanan Penunjang Anak Cepat Tinggi

Telur memiliki kandungan yang tinggi protein, kalsium, B12 dan juga riboflavin, dan pada putih telur mengandung 100% protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan protein pada anak.
Telur sangat mudah disajikan, didadar, direbus, digoreng mata sapi dan banyak lagi cara untuk menyajikan telur pada anak.

Jangan berlebihan dalam memberikan kalsium atau protein ke pada anak, karena akan memberikan dampak buruk pada anak. Seimbang adalah kuncinya, tiap tahapan umur si anak mempunyai kebutuhan kalsium atau protein yang berbeda.

Misal Menurut The National Institutes Of Health, untuk memaksimalkan pertumbuhannya anak, anak harus memenuhi kebutuhan kalsiumnya setiap hari. Anak pada umur 1 -3 tahun membutuhkan 700 mg, umur 4 – 8 tahun membutuhkan 1.000 mg dan umur 9 – 18 tahun membutuhkan 1.300 mg.

Selain berasal dari makanan, Anda bisa mengajak anak untuk berolah raga. Ada beberapa olahraga yang bisa dipilih untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan anak, seperti bermain bola basket atau berenang. Gunakan kegiatan ini sebagai salah satu momen Anda dan anak agar manfaatnya terasa tidak hanya pada anak tapi pada Anda juga.

Bagikan cerita Anda mengenai makanan apa saja yang Anda berikan ke anak untuk menunjang pertumbuhan tubuhnya untuk menjadi cepat tinggi, dan perubahan apa yang Anda lakukan untuk memaksimalkannya. Jangan lupa untuk membuka hemat.id untuk mengetahui promo susu, sereal, sayuran segar dan ayam di supermarket, hypermarket dan minimarket di daerah Anda.