Makna Hari Ibu Bagi Seorang “Ibu”

Apa arti seorang ibu bagi seorang “ibu”? Kita yang dulunya dilahirkan dari seorang ibu, disusui, diasuh, diberi perhatian, diajarkan banyak hal hingga cara menjadi seorang wanita dari sosok ibu. Kira-kira apa yang dikatakan para Moms mengenai sosok Ibu yang dimiliki? Saya pun mengumpulkan pesan-pesan dari beberapa teman dekat saya, makna “ibu” bagi seorang anak perempuan yang kini juga sudah bertransformasi menjadi sosok ibu. Berikut tulisan hati mereka dan saya pribadi :

Sumber : Dokumentasi Penulis

Dari : Nyiayu Kartika Sari, penulis dan ibu rumah tangga.

Untuk : Mama Atika Nanan, Palembang.

Mama adalah sosok wanita paling mandiri yang pernah aku kenal. Sangat menyayangi cucu-cucunya, bahkan kepada anak menantunya tanpa pernah membedakan dan Mama anggap seperti anak sendiri.

Semoga Mama selalu sehat, panjang umur, dan selalu energik seperti biasanya.  Selamat Hari Ibu, Mama, terima kasih atas pengorbanan dan pembelajaran yang sudah Mama berikan kepadaku. Maaf aku belum bisa membahagiakan Mama sepenuhnya. Terima kasih atas limpahan kasih sayang yang sudah Mama berikan ke suamiku dan anak-anakku, I love You Mama??..

Sumber : Koleksi Pribadi Ibu Ainun

Dari : Ainun, karyawan swasta.

Untuk : Mama Ati Suharti, Tangerang.

Mamah wanita terhebat yang selalu menginspirasi setiap orang yang mengenalnya. Jago memasak, membuat kue, dan menjahit. Mama selalu memberi semangat untukku dalam menjalankan kehidupan ini. Sehat selalu ya Mah semoga Allah selalu memberi keberkahan di sisa usia Mamah. Selamat Hari Ibu, terima kasih atas kasih sayang yang Mama beri selama ini untuk kita semua, we love you Mah, teruntuk yang tersayang.

Sumber : Koleksi Pribadi Ibu Sita

Dari : Sita, ibu rumah tangga.

Untuk : Ibu Mudiyati, Yogyakarta.

Ibu adalah ilmu yang mengajarkanku arti kemurnian dari sebuah cinta kasih. Ibu adalah gambaran cinta yang tulus dan tak akan lekang oleh waktu. Ibu adalah simbol kekuatan, kegigihan dan keberanian yang tak mengenal kata mundur. Ibu adalah ketulusan tanpa kata lelah, perlindungan tanpa kata menyerah. Ibu adalah busur Allah SWT, yang dapat melukaimu maupun melindungimu dengan segala kekuatan do’anya.
Ibuku adalah Malaikatku di Dunia. 

Sumber : Koleksi Pribadi Ibu Bethari

Dari : Bethari, karyawan swasta.

Untuk : Ibu Sri Wahyuningsih, Tangerang.

Ibu adalah cinta pertamaku, dari rahimnya lah aku terlahir di dunia. Seseorang yang menyayangiku sepenuh jiwa, rela berkorban untuk kebahagiaan anak-anaknya. Ibu adalah guru pertamaku, yang mengajari tentang hidup dan kehidupan. Tentang hakikat kita hidup, beribadah kepada Allah yang ditekankan. Ibu adalah kunci pintu surgaku, bagaikan berada di telapak kakinya lah Jannah itu. Ridha Allah dan Ridha Ibu yang kucari sejak dulu.

Terima kasih atas semuanya Ibu, tiada sesuatu pun yang bisa menggantikan segala yang telah kau beri untukku saat ini ataupun nanti.

Selamat Hari Ibu wahai ibuku sayang, semoga Allah selalu menjagamu dan merahmatimu. Memberikan segala yang terbaik untukmu.
I love you ibu…..

Sumber : Koleksi Pribadi Dinna Ieke Nurbua

Dari : Dinna Ieke Nurbua, ibu rumah tangga.

Untuk : Ibu Yana Iriana, Tangerang

Ibu adalah salah satu kunci masuknya kita ke dalam surganya Allah, Ridha Allah adalah Ridha-nya orangtua..
Doa-doa yang selalu dipanjatkannya pasti akan selalu mengalir untuk anak-anaknya..
Ibu itu yang akan selalu mengajarkan mendoakan dan membimbing kami anak-anaknya..
Terimakasih Ibu atas ilmu yang kau ajarkan untuk kami sedari kami baru lahir hingga sekarang kami bisa melahirkan untuk meneruskan perjuanganmu mendidik anak-anak yang sholeh dan sholeha. Terima kasih ibu atas doa-doa yang selalu kau panjatkan untuk kami.. Semoga Allah senantiasa berikan Ibu keberkahan dalam usiamu dan selalu dalam lindungan Allah Aamiin..

Sumber : Koleksi Pribadi Haririyah

Dari : Haririyah, ibu rumah tangga.

Untuk : Ibu Mirsunah, Jakarta.

Makna hari ibu itu sebenarnya sangat luas… Bahkan mungkin tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Karena Ibu adalah malaikat bagi anak-anaknya, seorang Srikandi yang selalu berjuang bukan hanya untuk keluarganya tapi juga untuk negara dan bangsa ini.

Buat saya pribadi, Hari Ibu itu bukan hanya di tanggal 22 Desember melainkan setiap hari. Semua hal dilakukan Ibu dengan ikhlas tanpa meminta imbalan. Kita tidak akan bisa membayar apa yang telah diberikan oleh Ibu kita, mulai dari kasih sayang, pikiran, tenaga, semuanya diberikan dengan tulus untuk anak-anaknya.

Jadi marilah kita maknai hari Ibu itu dengan selalu menghargai perannya, meneruskan semua perjuangannya, memberikan apa yang telah diberikannya kepada kita selama ini.

Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa para Ibu di mana pun berada, memberikan kesehatan, kebahagiaan lahir dan bathin, Aamiin… Love U Moms

——

Makna seorang ibu untuk kita anak-anak perempuannya tidak sebanding dengan kata-kata. Namun, kekuatan kata-kata bisa membangkitkan kembali rasa sayang, hormat, dan bersyukur atas jasa dan pengorbanan sosok ibu untuk anak -anaknya.

Apalagi jika kita kini sudah menjadi seorang ibu juga, pikiran dan hati kita baru akan terbuka, bahwa begitu besarnya pengorbanan orang tua kita dalam membesarkan dan memberikan yang terbaik untuk kita.

Selamat Hari Ibu untuk para Ibu yang ada di seluruh dunia. Kira-kira apa yang ingin Anda sampaikan untuk Ibu dimanapun mereka berada? Bagikan pesan dan makna Hari Ibu versi Anda di kolom komentar di bawah ini. Semoga dapat menginspirasi pembaca lainnya.