Variasi Hidangan Natal dan Tahun Baru Lebih Spesial

Tidak terasa tahun 2019 akan berakhir dalam hitungan beberapa hari lagi. Desember, bulan yang diisi dengan berbagai ornamen bernuansa Natal merupakan bulan terakhir yang akan mengantar kita menuju tahun baru yaitu 2020. Selain perayaan Natal yang dilangsungkan di rumah ibadah, Natal biasanya dirayakan dengan kumpul keluarga. Perantau akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Natal dan tahun baru bersama keluarga. Beberapa saudara mungkin akan berkunjung ke rumah untuk sekadar bersilaturahmi dalam kehangatan bersama keluarga.

Selain ngobrol, biasanya diikuti dengan aktivitas minum teh dan menikmati kue Natal yang disajikan. Kegiatan alternatif seperti memasak bersama, bisa dilakukan dalam menghangatkan suasana menyambut Natal dan Tahun Baru. Tentunya Anda tidak perlu menjadi koki ternama untuk sekadar menghidangkan atau membuat makanan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Selain itu, memesan makanan dari luar atau makan di restoran tentu akan menguras isi kantong Anda. Ternyata ada cara untuk tetap menghemat pengeluaran untuk sajian spesial Natal dan Tahun Baru lho, namun dijamin tetap enak bahkan unik. Simak tips berikut ini:

Christmas Carrot Cupcake – Cara Membuat & Tips Agar Mengembang

Barbeque Party

Makanan yang dipanggang jelas membutuhkan waktu untuk proses memasaknya. Mulai dari memilih daging yang segar, menyiapkan bumbu, memanggang sampai menghidangkannya. Proses yang cukup panjang ini bisa dilakukan bersama keluarga diselingi dengan obrolan ringan agar memasak barbeque tetap seru dan tidak menjenuhkan.

Image result for slice beef
Sumber : Shutterstock

Belilah daging yang segar di pagi hari. Nantinya, daging bisa diiris tipis-tipis dan memanjang ala restoran untuk dipanggang. Proses ini bertujuan untuk mendapatkan jumlah yang lebih banyak dan mudah dikonsumsi daripada jika Anda memotongnya dengan ukuran steak. Sebelum melakukan pemanggangan, berikan rasa bumbu yang kuat didalamnya. Seperti menaburkan ketumbar, merica bubuk, garam, kecap (jika Anda memang menyukai rasa lebih manis), sedikit gula ataupun bumbu lain diatasnya untuk memberi rasa. Simpan di kulkas sekitar 30 menit agar bumbunya meresap. Lalu, oleskan mentega dan perasan air lemon ke atas irisan daging sebelum dilakukan pemanggangan.

Untuk penyajiannya, Anda bisa memilih piring kaca yang lebar, membentuk nasi dengan cetakan di atasnya, lalu meletakkan beberapa irisan daging yang sudah dipanggang di atasnya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kreatifitas dengan menggulung nasi dengan irisan daging seperti bentuk sushi. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa potong paprika berbeda warna saat memanggang, agar menambah nilai estetika saat penyajian. Anda bisa mengganti nasi dengan kentang goreng.

Selain barbeque, alternatif olahan daging yang bisa dicoba adalah Shashilk. Jenis daging yang bisa Anda gunakan diantaranya tenderloin, sirloin hingga rib eye. Proses pemanggangannya relatif cepat yang dimasak dengan suhu tinggi. Apabila Anda menginginkan tekstur dagingnya yang empuk, maka tips berikut ini juga tidak boleh terlewat. Gunakan parutan nanas muda segar yang dicampurkan pada potongan daging. Diamkan daging selama kurang lebih 20 menit saja, karena jika terlalu lama dapat membuat rasa asam nanas menyerap terlalu banyak pada daging. 

Waktunya Mie Beraksi

Sumber : pexels.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa mie instan menjadi makanan yang disukai banyak orang. Selain karena mudah membuatnya, mie instan juga memiliki banyak rasa. Kesempatan inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menghadirkan variasi makanan baru di meja makan saat menjamu tamu. Tapi pada kesempatan kali ini, Anda tidak disarankan untuk memasak mie instan, sebaiknya gantilah dengan jenis mie lain yang belum dilengkapi bumbu.

Anda bisa memasak sejumlah mie dengan cara digoreng atau direbus. Untuk lebih memaksimalkan penyajian, Anda bisa melengkapinya dengan topping. Topping yang beragam tersebut tentu akan memberi kesan yang berbeda pada tamu Anda. Hias mie goreng buatan Anda dengan potongan sosis yang sudah dipanggang, telur mata sapi yang bisa dibuat dengan cetakan khusus berbentuk hati, kerupuk udang atau kerupuk ikan. Bahkan dengan sedikit kreativitas dan semangat yang lebih, Anda bisa membuat kreasi mie takoyaki kemudian menghidangkannya dengan cara ditusuk seperti sate.

Seafood? Why Not?

Sumber : pexels.com

Makanan laut atau lebih dikenal seafood tetap dapat menjadi pilihan makanan Natal meskipun beberapa tamu Anda mungkin menghindarinya untuk alasan kesehatan. Mengkreasikan makanan dengan olahan seafood akan menjadi warna baru dalam sajian makanan di meja Anda. Kita patut bersyukur karena tinggal di Indonesia yang kaya akan bumbu dari rempah-rempahnya.

Selain itu, Indonesia juga kaya dengan hasil lautnya baik berupa ikan, udang, cumi-cumi, dan banyak lagi jenis lainnya. Dengan kandungan gizi yang tinggi dari hasil laut berupa ikan, untuk alasan ini, Anda tidak perlu berpikir dua kali menyajikan hasil laut di meja makan. Hanya saja, Anda harus mengeluarkan ide untuk menyajikannya, karena jika tidak cermat, bisa saja akan menimbulkan bau amis pada masakan. Tipsnya adalah dengan mencuci bahan masakan hasil laut yang Anda pilih dengan menggunakan perasan lemon atau jeruk nipis kemudian mendiamkannya sebentar untuk menghilangkan bau amisnya.

Anda bisa menyajikan cumi-cumi, sotong, atau udang dalam bentuk ditusuk seperti sate kemudian membakar atau memanggangnya. Anda juga dapat memilih ikan untuk dipanggang dalam oven dan menyajikannya dengan potongan kentang atau salad sayur. Anda bisa memilih satu dari berbagai jenis ikan hasil laut Indonesia. Kerang rebus dengan bumbu yang kaya akan rempah juga bisa Anda masukkan dalam pilihan seafood.

Jika Anda termasuk seseorang yang suka berkreatifitas dalam hal memasak, dimsum udang bisa menjadi salah satu pilihan. Jangan lupa memberitahu tamu Anda bahwa dimsum tersebut terbuat dari udang, menghindari alergi yang mungkin dialami oleh tamu Anda.

Resep Classic Christmas Pudding dengan Saus Butterscotch

Daging Ayam

Banyaknya variasi pengolahan daging ayam membuat menu yang satu ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Digoreng dengan tepung, dijadikan ayam geprek, ayam bakar dengan bumbu khas daerah membuat daging ayam tidak pernah sepi peminat. Menggunakan dada ayam tanpa tulang yang sudah diolah sendiri menjadi bentuk katsu (makanan khas Jepang) mungkin terdengar biasa. Tapi Anda dapat mengkreasikannya dengan menyajikan berbagai jenis sambal seperti sambal matah, sambal kecombrang, sambal cabai merah, dan berbagai jenis sambal lainnya. Pengolahan sambal yang lezat bisa Anda dapatkan dengan mudah informasi dan cara pembuatannya dari internet.

Sumber : pexels.com

Tipsnya adalah memilih daging ayam yang masih segar dan pada saat proses memasak, tusuk-tusuk daging ayam dengan garpu atau tusuk gigi agar bumbu yang Anda baluri ke daging ayam bisa meresap dengan baik. Selain itu, jangan buang tulang ayamnya. Buatlah sup ayam dengan bahan tersebut, untuk menambah variasi makanan sehat. Anda disarankan menambahkan jamur, wortel, brokoli, kacang arcis atau jenis sayuran lainnya. Bahkan Anda bisa memperbanyak potongan kentang dalam rebusan kaldu atau sup ayam tersebut, sebagai pengganti asupan karbohidrat.

Jenis makanan mana yang sudah terbayang akan Anda hidangkan di meja makan sebagai jamuan saat Natal nanti? Jika Anda memiliki resep khusus, bagikan di kolom komentar agar menginspirasi para pembaca lainnya ya.

Sumber:

  1. //travel.kompas.com/read/2017/08/23/080500227/mengapa-rempah-rempah-begitu-diburu-pada-zaman-dahulu
  2. //hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/berbagai-manfaat-makan-ikan/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!