Manfaat Madu yang Tak Terduga untuk Kesehatan

Madu adalah cairan yang memiliki konsistensi menyerupai sirup, madu, teksturnya kental dan rasanya manis. Madu murni didapatkan dari sarang lebah yang dikumpulkan oleh lebah dari nektar bunga. Setelah penuh, sel-sel yang berada di sarang akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Tapi tahukah Anda, selain rasa madu yang enak dan manis, ternyata ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh saat mengonsumsi madu. Apa saja manfaatnya? Ini dia:

1. Sebagai antiseptik

Sumberber : Constant Contact

Pada saat madu digunakan (seperti dioleskan pada luka tergores maupun luka bakar), hidrogen peroksida akan dihasilkan saat madu mencair dan terkena cairan tubuh. Sehingga menghasilkan hidrogen peroksida yang dilepaskan perlahan lahan dan menjadi antiseptik.

2. Baik untuk penderita diabetes

Sumber : Youtube

Karena manisnya dari madu berupa fruktosa dan apabila masuk kedalam tubuh akan langsung diubah menjadi energi tanpa perlu hormon insulin untuk mengubahnya. Sehingga sangat baik digunakan sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes.

3. Meredakan sakit tenggorokan dan batuk

Sumber : Livestrong.com

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan madu sebagai obat batuk alami.

Dan dengan mengonsumsi madu dapat mengurangi batuk di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur pada anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan ke tingkat yang lebih tinggi dari obat batuk dextromethorphan.

Campurkan madu, jahe dan jeruk lemon untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan. Selain alami, bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan di rumah.

4. Baik untuk usus besar

Sumber : Titiknol

Antioksidan dalam madu mampu mengurangi kerusakan yang terjadi di usus besar. Campurkan 2 sendok makan madu murni dengan 2 sendok makan jus jeruk lemon, sedikit saja merica bubuk (seujung sendok teh) lalu tambahkan air setengah gelas.

Minum sebanyak lima sampai delapan kali per hari dan minum secara rutin selama 10 hari, agar usus besar Anda menjadi sehat.

5. Meredakan diare

Sumber : Google Image

Mengonsumsi madu dapat meredakan diare dan dapat mengurangi frekuensi diare. Mengkonsumsi madu bisa meningkatkan asupan kalium dan air yang sangat dibutuhkan saat sedang mengalami diare.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Lagos, Nigeria, madu juga bisa menghentikan diare.

6. Alternatif untuk diet

Diet.jpg

Menambahkan madu tidak akan memberikan dampak kesehatan negatif pada Anda yang sedang dalam program diet. Tapi tetap perhatikan berapa banyak sebaiknya Anda menambahkan madu dalam makanan atau minuman karena madu yang sifatnya pemanis.

7. Mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif

Sumber : chianesedental.com

Madu memiliki berbagai antibakteri yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri di mulut Anda. Selain itu, ia memiliki hidrogen peroksida yang bertindak sebagai antiseptik untuk rasa sakit yang disebabkan oleh gigi sensitif.

Penelitian yang di lakukan di University of Waikato, Selandia Baru, madu tidak hanya menghentikan pertumbuhan bakteri plak gigi, tetapi juga mengurangi jumlah asam yang dihasilkan, yang menghentikan bakteri menghasilkan dextran yang merupakan komponen plak gigi.

Fun Fact Madu

1. Madu tidak akan pernah basi.

2. Madu sudah digunakan dalam dunia pengobatan selama lebih dari 5.000 tahun.

3. Walau madu sangat sehat untuk tubuh, tapi madu tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak dengan usia di bawah 12 bulan.

Lihat harga terhemat madu dari berbagai supermarket!

Dapatkan promo-promo madu menarik di semua supermarket, hypermarket dan minimarket di daerah Anda dengan kunjungi hemat.id. Temukan berbagai macam produk madu murni untuk menjaga kesehatan keluarga Anda.

Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini, apa menurut Anda manfaat madu untuk kesehatan?