Tips Anti Gagal Mencoba Resep Baru

Sebenarnya memasak adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan memasak Anda bisa menyajikan suatu makanan yang kita benar-benar tahu apa saja yang terkandung di makanan tersebut.

Dan memasak adalah salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama-sama dengan seluruh keluarga atau dengan anak-anak, apalagi banyak sekali resep-resep menarik dan tentunya enak yang bisa Anda coba di hemat.id.

Anda bisa berkunjung di sana, klik artikel dan pilih kategori resep pada kotak yang berada di sebelah kanan.

Berikut tips agar sukses saat mencoba resep baru :

1. Bersihkan dapur Anda

Sumber : Rooang.com

Mungkin terkesan sepele, tapi membersihkan dapur sebelum Anda memulai mencoba resep baru bisa membebaskan Anda dari stres yang mungkin akan menghampiri Anda. Apalagi jika resep yang akan Anda coba termasuk resep yang sulit.

Semakin banyak ruang yang Anda ciptakan, dengan membersihkan dapur akan membuat Anda leluasa bergerak saat memproses masakan baru. Dapur yang bersih juga dapat meminimalisir Anda melakukan kesalahan, seperti Anda melewatkan satu bahan untuk dimasukkan ke dalam masakan karena meja dapur yang berantakan.

2. Membaca resep sampai habis

MembacaResep.jpg

Membaca resep sampai habis mutlak adanya. Tidak mau kan di tengah proses memasak, Anda harus berhenti sejenak hanya untuk membaca resepnya karena Anda belum selesai membaca resepnya.

Dan akibatnya masakan bisa overcook atau malah menjadi gosong.

Lihat juga berbagai resep masakan di blog.hemat.id!

3. Persiapan

SiapkanBahanMasakan.jpg

Persiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan di atas meja dapur Anda, sebelum Anda benar-benar memulai proses memasak. Jadi cuci, kupas, iris dan takar semua bahan terlebih dahulu.

Walaupun kita sudah terbiasa melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan, seperti memotong saat bahan yang lain sedang direbus atau digoreng, tapi saat kita sedang mencoba resep baru akan jauh lebih mudah jika kita tinggal mengambil bahan-bahan yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Setelah itu, dapat langsung dimasukkan dalam panci atau penggorengan.

Lihat juga aneka bumbu masakan dengan harga terhemat

4. Sesuai takaran

Sumber : Keluarga Kokoh

Koki yang sudah profesional pun tetap akan menggunakan takaran yang sesuai agar hasilnya akan sama dengan masakan yang pernah dibuat dan terhindar dari masakan yang keasinan atau bahkan kemanisan.

Jadi, mengukur bahan-bahan sesuai dengan resep adalah hal penting, agar hasilnya memuaskan.

Dan jangan mengurangi atau menambah takaran suatu bumbu tertentu hanya karena Anda menyukainya. Walaupun Anda suka makanan yang asin, cobalah dulu resep originalnya. Setelah recook yang kedua, Anda bisa menambahkan bumbu yang sesuai dengan selera Anda.

5. Baca juga tips dan triknya

Sumber : detikFood

Tips dan trik dari orang yang pernah mencoba masakan tersebut sangatlah penting untuk dibaca. Tujuannya adalah agar masakan yang kita masak akan lebih sempurna.

Dan kita tidak melakukan kesalahan yang mungkin dilakukan oleh si empunya resep.

6. Alat tempur yang sesuai

Sumber : Katalog Ibu

Tidak hanya membaca bahan-bahan dan takarannya saja, tapi baca juga peralatan apa yang diperlukan. Jangan sampai saat akan memasak, Anda baru sadar kalau peralatan masak yang dibutuhkan tidak Anda miliki.

Lihat harga terhemat peralatan masak dari berbagai supermarket!

7. Waktu

WaktuMemasak.jpg

Saat mencoba sesuatu yang baru, tentu kita akan membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Jadi, jangan mencoba resep di waktu hari kerja atau saat-saat yang menimbulkan rasa terburu-buru.

Saat weekend atau hari libur adalah waktu yang tepat untuk mecoba-coba resep baru. Apalagi resep kue atau cake karena bisa dijadikan camilan sore untuk keluarga.

Bagaimana tips agar sukses mencoba resep baru di atas, apakah sudah menginspirasi Anda untuk semakin bersemangat mencoba resep-resep baru? Jika iya, bagikan cerita Anda saat mencoba resep-resep baru pada kolom komentar di bawah ini.