Manfaat Mengejutkan Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Secara umum puasa adalah kegiatan yang dilakukan dengan sukarela dilakukan dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, kegiatan intim suami istri dan perbuatan buruk serta dari segala hal yang membatalkan puasa pada satu waktu.

Puasa dalam islam dilakukan dalam rangka menunaikan kewajiban yang harus dilakukan di bulan Ramadhan. Inti dari maksud dan tujuan puasa itu adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan. Oleh karenanya, puasa dapat didefinisikan sebagai usaha pengekangan diri dari sebuah keinginan yang dilarang untuk mencapai sebuah tujuan.

Dalam islam makna puasa dalam bahasa Arab adalah “shaum” dan “Siyam”. Kata “shaum” berarti untuk menjauhkan diri dari sesuatu, menahan diri, untuk mencegah diri dalam bahasa Arab .

Dalam istilah fikih, itu berarti untuk menjauhkan diri dari makan, minum, dan hubungan suami-istri (jima) antara suami dan istri dari fajar sampai matahari terbenam (maghrib) dengan sadar dan dengan mencari tujuan.

Keutaman berpuasa di Bulan Ramadhan bisa di lihat dari Abi Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدَرَ إِيْمَاناً وَاحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ، ومَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barang siapa shalat di malam Lailatul Qadar karena keimanan dan mengharapkan pahala, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa berpuasa bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhori, No. 1901, Muslim, No. 760).

Dan ternyata puasa yang memang menjadi kewajiban umat muslim, selain memberikan banyak pahala dan amalan-amalan kebaikan yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan dikembalikan untuk manusia dengan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan hingga lebih dari itu, juga mempunyai banyak manfaatnya jika dilakukan dengan benar dan sudah sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Berikut manfaat berpuasa untuk kesehatan :

1. Mengistirahatkan Pencernaan

Manfaat Puasa Untuk Tubuh
Suber : Google Image

Saat kita tidak sedang dalam keadaan berpuasa pencernaan kita akan terus bekerja selama kurang lebih 18 jam, tapi dengan berpuasa makan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon dapat beristirahat selama 14 jam.

Pakar gizi dari Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) Fiastuti Witjaksono mengatakan, menjalani puasa Ramadhan sangat bermanfaat bagi saluran pencernaan.

Saat sistem pencernaan beristirahat itulah, ujar Fiastuti, energi tubuh menjadi lebih terarah untuk proses perbaikan sel-sel dan sistem tubuh yang rusak.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Manfaat Puasa Untuk Tubuh
Sumber : Google Image

10% dari jumlah darah yang masuk ke jantung lalu ke sistem pencernaan untuk menyelesaikan proses pencernaan selama puasa, persentase tersebut turun secara dramatis, yang berarti lebih sedikit kerja untuk jantung.

3. Mengendalikan kadar gula

Manfaat Puasa Untuk Tubuh

Dengan melaksanakan puasa yang tepat dan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, puasa juga dapat mengendalikan gula darah. Selain mengendalikan gula darah dengan berpuasa dapat juga menurunkan gula darah, dengan berpuasa kita dapat menurunkan kolesterol dan juga mengendalikan tekanan darah.

Tapi puasa tidak diperbolehkan dilakukan oleh mereka yang menderita penyakit diabetes melitus, jantung koroner dan juga batu ginjal. Saat melakukan puasa pola makan akan mensuplai aman lemak dan juga asam amino penting atau secara sederhana dapat dikatakan terbentuk tunas protein, lemak, fosfat, kolesterol dan zat lainnya yang akan digunakan untuk membangun sel baru dan membersihkan lemak yang terkumpul di hati.

Dengan tetap berolahraga teratur saat berpuasa juga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel anda lebih mampu menggunakan gula yang tersedia di aliran darah Anda. Tapi ketahui olahraga seperti apa dan waktu yang tepat untuk berolahraga disaat anda sedang melaksanakan puasa.

4. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat Puasa Untuk Tubuh

Puasa dapat membantu menangkal kemungkinan penyakit neurodegenerative. Dan meski mungkin anda tidak terlalu tertarik untuk menurunkan berat badan, manfaat positif dari puasa untuk otak anda pantaslah dipertimbangkan. Sebenarnya, puasa memberi tekanan ringan pada sel otak, mirip dengan olahraga pada otot. Otak anda akan tumbuh lebih kuat dan lebih tahan terhadap penyakit neurodegenerative melalui puasa. Puasa bekerja untuk memperbaiki sirkuit saraf Anda, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan fokus.

Selama berpuasa, sistem metabolisme tubuh akan menurunkan kadar hormon leptin sehingga otak menerima sinyal agar neuron menghasilkan energi lebih banyak.

5. Mengendalikan berat badanManfaat Puasa Untuk Tubuh

Untuk yang ini pastilah sudah banyak sekali yang mengetahui, tapi sayangnya kebanyakan dari kita tidak melaksanakannya dengan aturan yang benar. Sebenarnya dengan berpuasa, anda secara otomatis mengkonsumsi lebih sedikit kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Dan puasa juga dapat menurunkan keinginan anda untuk mengkonsumsi akan gula, karena pankreas anda memproduksi dan mengeluarkan insulin, yang diperlukan untuk mengatur kadar gula darah anda. Dengan mengistirahatkan pankreas anda dan menurunkan produksi insulin, keinginan anda akan gula seperti coklat, biskuit dan soda akan berkurang. Dan gula halus yang kaya akan kalori juga bisa memberi kontribusi pada penurunan berat badan.

Hal-hal yang harus diperhatikan agar penurunan berat badan saat puasa anda berhasil adalah :

  • Kualitas makanan. Makanlah yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah
  • Kalori. Pembagian porsi kalori makanan yang disarankan yaitu 10-15% saat berbuka, 30-35% saat makan malam, 10-15% setelah selesai sholat tarawih, dan 30-35% saat sahur.
  • Konsisten, sama seperti program penurunan berat badan lainnya, anda harus melakukan secara rutin apa saja yang perlu di lakukan agar penurunan berat badan anda dapat berhasil.
  • Sabar. Tubuh anda akan memerlukan waktu untuk beradaptasi, cobalah untuk konsisten dengan apa saja yang harus dimakan dan olahraga apa yang boleh dilakukan saat berpuasa.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat Puasa Untuk Tubuh

Gorengan adalah makanan yang sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat, selain karena memang sudah seperti tradisi di setiap menu makanan pada kenyataannya memang menyantap gorengan saat makan memanglah membuat makan jadi lebih nikmat, tapi pada saat berpuasa cobalah mengurangi makanan yang berminyak, bersantan dan berlemak.

Beralih lah ke makanan yang proses pemasakannya dengan direbus, dikukus atau di panggang. Serta daging tanpa lemak dan daging ayam tanpa kulit.

Berpuasa juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik/high-density lipoprotein cholesterol (HDL) serta meningkatkan respons human growth hormone (HGH). “HGH ini berfungsi melindungi otot dan keseimbangan metabolis,” .

7. Menyehatkan ginjal

Manfaat Puasa Untuk Tubuh

Konsumsilah makanan sehat dan tingkatkan asupan cairan sudah cukup pada sahur dan berbuka hal ini berguna untuk membersihkan ginjal. Banyak penderita penyakit ginjal diminta membatasi asupan makanan yang tinggi protein, kolesterol dan sodium, karena ginjal bertanggung jawab untuk memproses zat-zat ini, dan perubahan diet ini memungkinkan ginjal beristirahat sebelum, selama atau setelah berpuasa.

8. Mempercepat metabolisme tubuh

Manfaat Puasa Untuk Tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan puasa dapat meningkatkan metabolisme anda, dan tidak memperlambatnya. Hal ini diperkirakan disebabkan oleh kenaikan hormon norepinephrine, yang meningkatkan pembakaran lemak.

Waktu makan sahur sebagai pengganti sarapan, ampuh mempercepat metabolisme tubuh di pagi hari serta melepaskan anda dari laju puasa metabolisme akibat istirahat di malam hari yang panjang tanpa adanya konsumsi makanan.

Setiap kali mengonsumsi makanan, pastikan Anda menghindari makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, lemak tersaturasi dan pemanis buatan. Jenis-jenis makanan ini memperlambat pencernaan begitu pula metabolisme tubuh. Perbanyak konsumsi serat dan air, yang membantu menstimulasi pencernaan serta meningkatkan kadar kalori yang dibakar.

9. Puasa membatu mencerahkan kulit dan mencegah jerawat Manfaat Puasa Untuk Tubuh

Mungkin anda merasa bahwa saat anda puasa kulit anda akan terasa kusam dan kering namun anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. hal ini dikarenakan saat  puasa tubuh mengganti sel-sel tubuh lebih cepat dari biasanya sehingga sel kulit pun akan ter ganti lebih cepat dari biasanya. Bukan hanya sel kulit saja yang diperbaharui namun juga sel tubuh lainnya. jangan lupa untuk makan sahur dan buka dengan makanan yang bergizi tinggi supaya proses regenerasi sel kulit ini menjadi lebih cepat dan sehat.

Selain mencerahkan kulit dengan berpuasa juga bisa membantu mengatasi jerawat? Ya faktanya jerawat memang bisa diredakan dengan puasa. Bagaimana cara kerjanya? Hal ini tentu saja tidak terlepas dari proses detoksifikasi tubuh saat puasa. Jerawat merupakan hasil dari bakteri dan racun yang ada di dalam tubuh sehingga dengan melakukan puasa, jerawat dapat mudah hilang lebih cepat.

10. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia Manfaat Puasa Untuk Tubuh

Sel dalam tubuh kita berjumlah milyaran, oleh sebab itu diperlukan penggantian suku cadang. Namun sayangnya penggantian ini selalu mendapatkan hambatan, tapi dengan menjalankannya puasa hambatan yang terjadi bisa dicegah.

Seperti diberitakan Genius Beauty, para ilmuwan dari University of Southern California menyatakan, sistem kekebalan tubuh manusia sesungguhnya dapat diregenerasi dan benar-benar diremajakan setelah tiga hari puasa. Mereka juga telah menemukan bahwa pembatasan asupan makanan menyebabkan tubuh mulai memproduksi sel-sel darah putih baru.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Southern California menunjukkan bahwa pembatasan asupan makanan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh mulai memproduksi sel darah putih yang baru, yang mampu mengusir serangan infeksi. Temuan ini mungkin sangat berguna bagi orang yang menderita masalah kekebalan tubuh, misalnya, pada pasien kanker setelah kemoterapi.

Mengatur pola makan selama berpuasa juga harus dilakukan sehingga setelah anda berpuasa anda tidak makan-makanan yang tidak sehat, pola hidup dengan sering makan-makanan yang tidak sehat menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit.

Untuk mendapatkan daging, ayam, buah kurma, sirup, dan bahan masakan yang biasa disajikan di bulan Ramadhan dengan harga hemat jangan lupa untuk cek di hemat.id. Anda bisa mendapatkan harga promo terhemat di semua Supermarket dan Minimarket langganan anda, jadi anda tidak usah repot keluar masuk Supermarket untuk membandingkan harga termurah. Cukup buka saja hemat.id maka anda akan bisa mendapatkan harga terbaik untuk melengkapi ibadah puasa anda di bulan Ramadhan.

Mari kita berpuasa dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi agar kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan mendapatkan manfaat untuk kesehatan kita. Semoga kita semua dalam keadaan sehat agar dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, aamiin…

Manfaat Puasa Untuk Tubuh
Sumber : Google Image

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1438 H

Sumber :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Puasa
  2. http://www.hakikatislam.com/pertanyaan-jawaban/bermacam-macam/apa-arti-puasa—shaum
  3. https://sunniy.wordpress.com/2014/06/21/keutamaan-puasa-ramadhan-dan-hikmah-pensyariatan-puasa-ramadhan/
  4. https://muslim.or.id/17313-kajian-ramadhan-4-pahala-puasa-untuk-allah.html
  5. http://www.dummies.com/health/nutrition/weight-loss/improve-brain-function-and-productivity-with-fasting/