Kurma Sebagai Makanan Pembuka Sebelum Berbuka Puasa

Bagi umat Islam, pastilah tidak asing akan anjuran mengkonsumsi buah kurma pada saat berbuka puasa selain air. Warna buah yang sebagian besar coklat tua akan mengundang semua orang ingin mencicipi buah ini. Selain rasanya yang nikmat dan manis, buah kurma juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh seseorang.

Sejak ditemukan ribuan tahun yang lalu, buah kurma diketahui memiliki kekuatan penyembuhan. Dimana sudah terbukti kebenarannya bahwa buah kurma memiliki khasiat untuk menyembuhkan jika kita rutin mengkonsumsinya, disamping karena memang rasanya yang manis dan legit.

Salah satu jenis buah kurma yang paling di cari ditemukan di jalur Gaza, karena buah kurma yang berasal dari sana diketahui sangat merah dan manis. Jenis buah kurma yang populer lainnya adalah Zaghloul, yang hanya bisa ditemukan di Mesir. Kulitnya berwarna merah tua, lonjong, dan teksturnya renyah. Buah jenis ini juga terkenal manis.

Sukkary dari Arab Saudi adalah salah satu jenis kurma yang paling mahal, buah kurma jenis Ini memiliki kulit coklat gelap, dagingnya lembut, dan memiliki rasa manis yang unik. Dan kemudian ada Khadrawy, buah kurma yang memiliki daging yang lembut dan berwarna gelap yang juga cukup populer di kalangan orang Arab. Dan ini baru permulaan, Dikatakan bahwa Irak memiliki lebih dari 100 jenis buah kurma yang tersedia!

Buah kurma mengandung sumber berbagai vitamin dan mineral, energi, gula, dan serat. Buah kurma juga juga mengandung kalsium, besi, fosfor, potasium, magnesium dan seng.Selain karena memakan kurma adalah salah satu sunnah nabi Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air”

Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda sering dianjurkan memakan kurma saat berbuka puasa :

1. Tulang

Kurma Sebagai Makanan Pembuka Sebelum Berbuka Puasa

Sejumlah besar mineral yang ditemukan pada kurma menjadikannya kurma makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit yang menyakitkan dan melemahkan seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan dan kekuatan tulang yang sehat, terutama saat orang mulai menua dan tulang mereka perlahan melemah.

2. Penambah Energi

Kurma Sebagai Makanan Pembuka Sebelum Berbuka Puasa

Alasannya kenapa mengkonsumsi buah kurma dapat menambah energi adalah, karena buah kurma memiliki karbohidrat kompleks yang baik untuk sumber energi. Buah kurma mengandung dua buah monosakarida, yaitu glukosa dan fruktosa. Kedua buah monosakarida inilah yang menjadikan manfaat buah kurma sebagai penambah energi bagi tubuh.

Disebutkan dalam sebuah penelitian yang termuat dalan Nutrition Journal bahwa, dalam salah satu varietas buah kurma terdapat 314 energi. Jumlah ini lebih tinggi 10-15 persen dari total energi yang dibutuhkan orang dewasa.

3. Pencegah Anemia

Kurma Sebagai Makanan Pembuka Sebelum Berbuka Puasa

Buah kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan juga dapat mencegah anemia. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk tubuh kita, dimana zat besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.

4. Menyehatkan Pencernaan

Kurma Sebagai Makanan Pembuka Sebelum Berbuka Puasa

Buah kurma sangat cepat larut, dimana makanan yang mudah di cerna diperlukan untuk meningkatkan pergerakan usus sehat, dan membantu mengurangi sembelit dan diare. Dengan merendam buah kurma dalam air semalaman akan bisa digunakan sebagai obat pencahar.

Buah mungil ini juga merangsang pertumbuhan bakteri ramah di usus, dan dapat memperbaiki pencernaan makanan berkat asam amino, enzim, dan serat larut dan larut yang menguntungkan.

5. Mengoptimalkan Kerja Otak

Kurma Sebagai Makanan Pembuka Sebelum Berbuka Puasa

Penelitian yang ditemukan di JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa mengkonsumsi kurma bisa mengoptimalkan kesehatan otak, karena buah kurma mengandung kadar vitamin B6 yang cukup, yang berguna untuk peningkatan kinerja otak agar berfungsi dan lebih optimal.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma Sebagai Makanan Pembuka Sebelum Berbuka Puasa

Kandungan kalium yang ada dalam buah kurma juga membantu jantung bekerja lebih baik dan mengurangi tekanan darah juga. Selain itu,  sebenarnya sudah ada penelitian untuk menentukan apakah dengan mengkonsumsi kurma memiliki dampak pada risiko stroke? dan ternyata sudah ada tidak kurang dari tujuh penelitian yang membuktikan bahwa magnesium yang terkandung dalama kurma mampu menurunkan risiko stroke sekitar 10% untuk setiap seratus miligram magnesium yang anda konsumsi setiap hari.

Mengkonsumsi buah kurma sangat banyak manfaatnya untuk tubuh kita, jadi jangan ragu lagi untuk stok buah kurma untuk di konsumsi saat berbuka puasa agar kesehatan selama menjalankan ibadah puasa  selalu terjaga dan anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan lancar.

Dan menjelang puasa yang akan jatuh pada tanggal 20-an hampir semua supermaket dan minimarket sedang berlomba-lomba menawarkan promo buah kurma dengan harga yang sangat murah, jadi jangan lupa untuk mengeceknya  di hemat.id untuk mendapatkan harga promo buah kurma yang termurah.

Selamat menunaikan ibadah puasa untuk yang menjalankan, dan jika ada komentar, saran atau anda juga boleh membagikan pengalamannya anda setelah rutin mengkonsumsi kurma baik di saat bulan Ramadhan atau bukan di bulan Ramadhan, silakan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :

  1. http://www.vegetafruit.com/2014/10/7-hidden-benefits-date-palm-phoenix.html
  2. http://food.ndtv.com/food-drinks/10-dates-benefits-from-improving-bone-health-to-promoting-beautiful-skin-1258714
  3. https://almanhaj.or.id/2227-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-sallam-menganjurkan-berbuka-puasa-dengan-kurma.html
  4. http://www.manjur.net/25/06/2013/manfaat-buah-kurma-sebagai-makanan-saat-berpuasa