Menata Bunga Hias Gantung Agar Semakin Estetik

Kalau membicarakan tanaman hias sepertinya tidak ada habisnya ya. Teman-teman saya sesama potekers (julukan kami pada orang-orang yang datang berkunjung dan pulang pasti meminta tanaman) masih sibuk mencari tanaman hias apa yang “happening” dan tanaman hias yang terlihat cantik pastinya.

Tapi sekarang masalah baru yang muncul dirumah kami masing-masing adalah lama kelamaan lahan di depan rumah makin sempit. Bahkan sekarang sudah mulai merembet ke teras rumah, kalau punya teras rumah luas mungkin tidak jadi masalah tapi bagaimana dengan orang-orang dengan teras rumah yang sempit. Yang ada mau keluar masuk rumah serasa ada di hutan, apalagi jika tanaman hias tidak ditata dengan rapi. Wah bukannya membuat senang malah bisa membuat yang punya rumah jadi stres ya.

tips menata bunga hias gantung di halaman minimalis
Klik pada gambar untuk memperbesar

Salah satu cara jitu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggantungkannya, untuk lebih lengkapnya simak beberapa tips menata bunga hias gantung agar rumah menjadi rapi, asri, dan juga estetik berikut ini :

Sumber : Pexels.com

1. Pot

Ada banyak sekali bentuk pot gantung yang tersedia di pasaran, ada yang berbentuk bulat atau bentuk lainnya baik dari bahan plastik, keramik atau bahan lainnya. Tapi anda pun bisa menggantung pot biasa dengan menggunakan tali yang diikat dengan bentuk ikatan yang cantik, contohnya seperti gambar diatas.

Cek promo pot bunga hias disini

Selain menentukan bentuk potnya anda pun bisa bereksplorasi dengan warna, jika ingin penampilan yang lebih elegan anda bisa menggunakan warna putih, hitam atau warna natural lainnya. Tapi untuk tampilan yang lebih ceria anda bisa mengambil satu warna yang senada dengan warna rumah atau mengambil urutan warna pelangi agar ada temanya.

Sumbe : Pexels

2. Jenis tanaman

Pilihlah jenis tanaman yang cocok untuk diletakkan di pot yang digantung, seperti beberapa jenis tanaman dibawah ini.

a.     Mint

Selain mudah untuk ditanam, daun mint cantik sekali jika diletakkan di pot yang digantung. Daun mint akan tumbuh menjuntai ke bawah sehingga terlihat cantik. Perawatannya pun mudah sekali cukup di siram 1-2 hari sekali dan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung, dan tanaman ini tidak memerlukan tambahan vitamin karena mereka tetap akan tumbuh lebat walau hanya disiram. Selain itu daun mint sangat enak menjadi campuran dengan buah apapun, menjadi bahan infuse water atau pun teh hangat.

Anda bisa membeli daun mint di supermarket lalu menumbuhkan sebagian di air hingga tumbuh akarnya. Lalu ditanam di media tanam tanah. Jika berhasil, cara ini sungguh membuat hati bahagia dibanding membeli langsung di pedagang tanaman hias.

b.    Bunga anggrek

Tanaman ini selain cantik dan estetik juga cukup mudah untuk dirawat, cukup ditanam di area yang memiliki temperatur yang normal dan siram secara rutin maka per 6 minggu sekali bunga anggrek akan tumbuh dengan baik. Kecantikan tanaman ini tidak diragukan lagi ya, bibitnya juga mudah didapatkan di toko – toko yang menjual tanaman hias ataupun perlengkapan berkebun.

c.    Geranium

Tanaman hias lain yang cocok sekali digantung adalah bunga geranium atau Crane’s Bill. Tanaman ini akan tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia, dan seperti tanaman mint, geranium akan menjuntai ke bawah dengan bunga cantik yang berwarna-warni.  Ditambah lagi tanaman hias ini dikenal sebagai salah satu tanaman anti nyamuk Aedes aegypti, karena mengandum zat geraniol dan sitroneol yang mudah dibawa angin masuk kedalam rumah.

d.    Sirih Marble

Sirih marble termasuk dalam kategori sirih gading, sirih gading marble queen nama lengkapnya. Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh. Walau tanaman ini tidak menjuntai kebawah, tapi tanaman hias ini juga cantik karena corak daun nya yang menyerupakan marble atau marmer.

e.    Lantana

Kali ini saya merekomendasikan tanaman yang tidak menjalar ke bawah tapi ke samping dan keatas tapi tetap terlihat cantik untuk di jadikan tanaman gantung, tumbuhan ini adalah tanaman yang tumbuh liar di habitat aslinya. Yang membuat tanaman ini bisa digantung adalah karena warna bunganya yang cerah, sari warna kuning merah jambu dan juga orange.

Seperti tanaman hias gantung lainnya lantana juga cukup mudah untuk dirawat, anda hanya perlu menggunting beberapa ranting yang menjalar tidak beraturan sehingga menjadi terlihat rapi terawat. Kemudian siramlah dengan air yang cukup setiap harinya.

Sumber : Pexels

3. Tata Letak

Saya pribadi lebih suka meletakkan tanaman hias gantung hanya di satu area dan hanya di satu sisi saja, karena jika terlalu banyak dan digantung tidak beratur yang ada malah akan membuat tampilan rumah jadi berantakan dan tidak estetik. Anda juga bisa membeli rak khusus untuk meletakkan bunga hias gantung anda agar terlihat lebih rapi.

Sumber : Google Image

4. Aman

Untuk tanaman hias yang sedang booming harga tanaman hias otomatis menjadi naik dan mahal, bahkan saya pernah melihat diberita ada orang yang rela menukar mobil atau rumahnya untuk sebuah tanaman. Wah luar biasa sekali ya.

Bahkan saya pun sudah pernah mengalami sendiri kehilangan beberapa tanaman hias di teras rumah, yang membuat saya kesal bukan harga beli dari tanaman tersebut, tapi bagaimana usaha saya dan suami yang merawatnya dari tanaman itu masih berukuran kecil hingga tumbuh menjadi tanaman hias yang cantik. Waktu dan usaha itulah yang membuat para pencinta tanaman seperti saya kesal dengan  orang – orang yang mencuri tanaman orang lain hanya karena mengejar materi. Jadi tempatkanlah tanaman hias kesayangan Anda di lokasi yang aman. 

Tanaman hias terutama di masa pandemi ini memang racun sekali, tidak hanya ibu – ibu tapi anak muda milenial pun mulai mencoba peruntungan dibidang ini. Baik sebagai hobi baru atau sebagai ladang usaha baru, karena usaha musiman ini cukup menghasilkan.

Baca juga tanaman hias si pencuri hari dimasa pandemi

Dan untuk para pemula seperti saya, Anda bisa membaca artikel tanaman dimasa pandemi diatas untuk mengetahui lebih banyak mengenai tanaman apa saja yang direkomendasikan untuk dikoleksi dan perlengkapan apa saja yang anda butuhkan untuk merawat tanaman Anda. Perlengkapan tersebut bisa Anda dapatkan dengan membuka hemat.id untuk mendapatkan harga promo menarik dan aplikasi kliptalog untuk memilih dan menyusun daftar belanjanya.

Apakah Anda sama seperti saya yang keracunan untuk mengkoleksi tanaman hias dirumah? Tanaman apa yang sudah Anda miliki? Bagikan pengalaman Anda dalam menatanya agar terlihat estetik dan rapi dikolom komentar di bawah ini ya.

Sumber :

//media.neliti.com/