Tanaman Hias, Si Pencuri Hati di Masa Pandemi

Jika saat ini PSBB transisi sudah mulai diberlakukan, rasanya pandemi Covid-19 masih tetap terasa meresahkan. Aktivitas #dirumahaja masih menjadi pilihan untuk sedikit mengurangi intensitas beraktivitas di luar rumah. Nah, menghabiskan waktu dengan menanam tanaman dirasa mampu menjadi obat stress. Baik itu tanaman hias maupun tanaman penghasil bahan makanan organik seperti sayur-sayuran dan buah. Hal ini berdampak pada tingginya permintaan terhadap beberapa jenis tanaman hias seperti aglonema, kaktus, monstera, bibit sayuran, bibit buah dan lainnya.

Bahkan tanaman yang selama ini sempat terabaikan kini perlahan merangkak naik mencapai pasar dengan harga yang cukup menggiurkan. Seperti tanaman kalatea atau miana (yang sering dikenal sebagai bayam-bayaman). Dua jenis tanaman ini ternyata terdiri atas berbagai warna, motif bahkan bentuk daunnya dimana selama ini dibiarkan tumbuh begitu saja di halaman atau dijadikan pagar hidup yang mengelilingi rumah.

Perlu Anda ketahui bahwa jenis bunga itu banyak sekali dan Anda benar-benar tidak harus memiliki semuanya kecuali memang ingin menjadi pengusaha tanaman. Sebelum memulai lebih jauh pastikan tanaman hias Anda memiliki kriteria seperti berikut ini.

Mudah Dirawat

Jangan sampai hobi menanam yang baru Anda mulai malah membuat Anda mengabaikan pekerjaan lainnya. Menanam tanaman hias adalah hobi, hobi cenderung dilakukan saat Anda memiliki waktu luang. Kedisiplinan dalam melakukan aktivitas di rumah tetap harus dijaga. Pastikan tidak terlewatkan untuk memberi atau menambah pupuk, menyiram air sesuai dengan kebutuhan masing-masing tanaman. Buka di sini, dapatkan info harga terhemat untuk perlengkapan taman di hemat.id .

Baca Juga : Manfaat Mengajak Anak Berkebun Sejak Dini

Murah Harganya

Antusiasme masyarakat terhadap tanaman hias membuat permintaan pasar meningkat mengakibatkan harganya melambung tinggi. Cukup bijak untuk tidak mengorbankan sejumlah uang untuk membeli berbagai jenis tanaman yang harganya tidak murah, apalagi jika Anda masih pemula dalam dunia tanam menanam.

Sumber : Pexels

Para pecinta tanaman jelas memiliki perbedaan dengan para pengembangbiak terutama secara kemampuan. Anda yang mencintai tanaman apalagi itu tanaman hias, perlu belajar bagaimana merawat bahkan mengembangbiakkannya.

Jika kebetulan Anda melihat satu pot aglonema yang tumbuh subur dan berdaun banyak di rumah kerabat Anda, ketahuilah bahwa ia sudah merawatnya selama bertahun-tahun. Jika Anda ingin memiliki tanaman yang sama, Anda tentu harus menukar waktu yang cukup lama itu dengan sejumlah uang yang nilainya tidak sedikit. 

Belilah tanaman hias yang harganya murah terlebih dulu. Rawatlah sebaik mungkin hingga tanaman tersebut berkembangbiak dengan baik. Selanjutnya naikkan level kemampuan menanam Anda dengan membagi tanaman tersebut menjadi beberapa pot atau membibitkannya. Jika Anda berhasil, tidak ada salahnya mencoba keberuntungan dengan membeli jenis tanaman hias yang harganya sedikit lebih tinggi, lalu mulai mengembangbiakkannya dengan baik. Siapa tahu tanaman Anda akan membawa rezeki tambahan. Nikmatilah proses pengembangbiakan tanaman Anda yang sama artinya dengan memperindah tempat tinggal Anda secara perlahan tapi pasti.

Bersifat Portable

Selain pepohonan yang menghasilkan buah, tanamlah tanaman hias Anda dalam pot yang bisa dipindahkan dengan mudah tanpa merusak akarnya. Tujuannya adalah agar mudah melakukan dekorasi ulang pada taman Anda kelak jika memiliki cukup waktu dan materi.

Berbagai jenis bentuk dekorasi rak bunga dengan mudah Anda dapatkan secara online. Kelak jika Anda tertarik untuk satu model rak tertentu, dengan mudah Anda bisa melakukan perubahan tanpa merusak bunga. Karena beberapa bunga cukup sensitif jika akarnya terguncang akibat pemindahan pot ataupun media tanamnya.

Baca Di Sini : Tanaman Herbal Ini Mudah Ditanam, Banyak Manfaatnya

Minimalis

Jika halaman rumah Anda tidak terlalu luas apalagi jika berada di kota besar, sekalipun Anda menyukai tanaman berdaun besar seperti monstera, lebih baik pertimbangkan ulang untuk menanamnya.

Sumber : Pexels

Sebab tanaman seperti monstera memerlukan tempat menjalar yang cukup luas. Namun hal ini tidak menjadi masalah berarti jika Anda memiliki cukup waktu untuk memangkas daun dan tunasnya secara berkala. Sehingga daunnya hanya akan melebar tanpa membutuhkan ruang yang lebih luas untuk menjalar. Anda bisa memilih jenis kaktus, sukulen dan Sansevieria alias lidah mertua yang mudah perawatannya, tidak membutuhkan banyak tempat. 

Demikianlah tadi kriteria tanaman yang wajib Anda miliki sebagai pemula. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan untuk menjadi penanam professional atau hanya penikmat keindahan tanaman. Namun apapun jenis tanamannya, yang terpenting adalah Anda harus merawatnya dengan sepenuh hati. Karena tanaman adalah makhluk hidup yang diciptakan Tuhan hidup berdampingan dengan manusia yang memiliki akal budi untuk merawatnya.

Sudahkah Anda berkomitmen untuk mencintai tanaman atau hanya menjadi penikmatnya saja? Bagikan cerita Anda di kolom komentar.

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!