Mengisi Liburan Sekolah Ke KidZania Jakarta

Kali ini kami sekeluarga berkunjung ke KidZania untuk mengisi liburan sekolah kakak dan adik. Setelah riset ke website resmi KidZania, instagram KidZania Jakarta dan membaca beberapa artikel dan review, saya mendapatkan informasi mengenai promo tiket yang cukup murah. Saya mengambil promo yang menawarkan diskon sebesar 35% dengan menggunakan aplikasi Sakuku BCA, dengan pembelian maksimal 4 tiket.

Dari harga normal Rp. 1.000.000, saya hanya membayar Rp. 650.000 untuk 2 orang dewasa dan 2 anak-anak. Selain datang secara individual, KidZania juga sering mengadakan promo rombongan, dengan mekanisme nya kuota terbatas, jumlah minimal 15 anak berusia 4-16 tahun, booking minimal H-5, melakukan DP minimal 30-50%. Dengan harga tiket :

Harga tiket sudah termasuk : semua aktivitas yang ada di KidZania, gelang keamanan, tiket masuk, dan cek senilai 50 KidZos (Khusus untuk tiket anak-anak) yang bisa di tukar di bank.

Waktu kunjung di KidZania dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pagi mulai dari jam 09.00 WIB sampai 14.00 WIB dan sesi siang yang dimulai dari jam 15.00 WIB hingga 20.00 WIB. Akhirnya keluarga kami memilih sesi siang agar bisa bermain-main lebih santai.

Sumber : Pribadi & KidZania Jakarta

KidZania berlokasi di Pacific Place L6 – 601 Sudirman Central Business, Jalan Jendral Sudirman No.52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190 . Lokasinya tidak sulit ditemukan dan lahan parkirnya pun cukup luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan tempat parkir.

Sumber : Pribadi & KidZania Jakarta

Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan sebelum Anda memasuki area dalam KidZania, seperti dilarang membawa makanan dan minuman kemasan dari luar. Di dalam area KidZania ada banyak sekali standstand makanan mulai dari makanan berat, minuman dan ice cream. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda atau anak-anak merasa lapar karena harga makanannya standar di kantong dan rasanya cukup enak.

Usahakan untuk tidak datang terlalu mepet, karena antriannya akan membludak dan waktu bermain akan berkurang. Jika rumah Anda jauh, sebaiknya Anda dan keluarga sudah ada di lokasi 1-2 jam sebelum sesinya di mulai. Sehingga Anda bisa pergunakan waktu untuk makan di luar area KidZania. Selain datang lebih awal, saya juga mendownload peta KidZania dan juga dari Google permainan apa saja yang bisa dimainkan oleh si kakak dan adik yang berumur mulai dari 5 tahun dengan tinggi badan mulai dari 114 cm.

Dengan membaca petanya kita akan mengetahui lokasi tepat dari setiap stand bermain peran yang jumlahnya lebih dari 100. Saya akan bertanya ke anak-anak, mereka ingin bermain peran apa, kemudian saya tandai lokasinya. Jadi pada saat di KidZania kami akan langsung menuju stand yang akan dimainkan. Setiap permainan anak-anak akan mendapat gaji mulai dari 5 – 10 KidZo yang bisa digunakan untuk membeli merchandise KidZania atau untuk membayar beberapa stand yang perlu dibayar sebelum bisa dimainkan seperti Beauty Salon, National College dan masih banyak lagi. Setiap stand memiliki kapasitas anak yang berbeda-berbeda saat bermain dalam 1 sesi, misal di stand bermain peran sebagai Dance Studio, maksimal 5 – 10 anak dengan durasi 15 – 30 menit.

Anak-anak pun bisa menjadi warga KidZania dengan membuat passport seharga Rp. 120.000 dari harga normal Rp. 135.000 selama promosi masih berlangsung. Salah satu keuntungannya adalah anak-anak bisa mendapatkan gaji lebih banyak lho!!

Permainan yang dimainkan oleh anak saya, si kakak dan adek, saat di KidZania adalah bekerja di hotel, dance studio, beauty salon (bayar), menjadi perawat, membuat nugget, menjadi mahasiswa (berbayar), bekerja di RTV Studio, pemadam kebakaran dan polisi. Walau masih banyak permainan yang ingin mereka mainkan tapi karena keterbatasan waktu dan juga karena mereka kelelahan, akhirnya papa mengajak anak-anak untuk pulang.

Pengalaman bermain di KidZania sangat berkesan baik untuk kami sekeluarga. Saya dan anak-anak juga merasa sangat puas dengan semua permainan yang dimainkan. Kakak-kakak guide disana juga sangat ramah dan mau membantu, ditambah tempat permainan yang selalu bersih dan juga nyaman.

Tips bagi Anda yang mau mengunjungi area permainan KidZania :

1. Beri anak pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat serta alas kaki yang nyaman. Karena tempatnya yang luas membuat anak-anak ingin selalu berlarian kesana-kemari, meski area KidZania juga cukup dingin sehingga udara didalamnya tidak akan membuat anak kepanasan.

2. Jika anak Anda cukup besar, Anda boleh saja melepas mereka dengan tetap disarankan untuk memfasilitasi anak dengan handphone atau memakaikan smartwatch agar orangtua bisa selalu berkomunikasi dengan anak. Namun akan lebih baik jika Anda selalu mendampingi anak-anak anda.

4. Jangan khawatir untuk mommy-mommy yang membawa balita, karena di KidZania ada juga stand yang bisa dimainkan oleh balita, seperti Vita’s Kitchen dan Story Telling.

5. Jangan lupa ke Photo Service yang berada di lantai bawah, karena setiap anak pasti ada momen saat bermain. Anda bisa tebus fotonya dengan harga sekitar Rp. 35.000/foto.

6. Cairkan cek yang didapat saat membeli tiket masuk di bank KidZania, kemudian anak-anak dapat membuat kartu ATM dengan biaya gratis. Jika mau, Anda bisa menyetor semua uang KidZo ke bank agar lebih aman. Lalu Anda bisa menarik uangnya di mesin ATM yang khusus berisi uang Kidzo. Anak-anak suka sekali memakai mesin ATM ini karena dapat membuat mereka merasa benar-benar seperti orang dewasa.

7. Cek juga toko-toko merchandise yang memiliki logo KidZania dan dapatkan diskon dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain aktivitas-aktivitas di atas, Anda pun bisa merayakan ulang tahun si kecil yang harganya mulai dari Rp. 2.850.000 dan mengikuti parent experience. Paret experience ini merupakan kesempatan bagi orang tua untuk bisa terlibat dalam bermain peran bersama anak. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa membuka website resmi atau menghubungi langsung KidZania.

Itulah keseruan yang saya bisa bagikan saat saya dan keluarga mengisi liburan ke KidZania, apakah Anda berencana mengisi liburan bersama anak dengan pergi ke KidZania? Bagikan pengalaman dan kesan Anda saat berada disana, tuliskan di kolom komentar di bawah.

Sumber :

//jakarta.kidzania.com/in-id/