Naik Pesawat Pertama Kalinya? Siap-Siap Dengan Hal Ini

Salah seorang kerabat saya sedang merasa galau dikarenakan kedua orangtuanya akan pergi ke Mekkah dalam rangka perjalanan ibadah umrah. Selain perjalanannya yang cukup jauh, ia merasa cukup was-was karena kedua orangtuanya akan naik pesawat untuk pertama kali. Hal ini juga saya rasakan sekitar beberapa tahun yang lalu, dimana kali pertama saya menggunakan pesawat terbang dalam rangka perjalanan kerja. Karena saya memang belum pernah naik pesawat sebelumnya, tentu ada rasa minder, takut dan deg-degan. Sehingga menjadi hal yang lumrah apabila naik pesawat untuk pertama kalinya akan membuat sebagian orang merasa bingung dan tidak terbiasa.

Bagi Anda yang akan menaiki pesawat terbang for the first time baik untuk travelling, bekerja atau untuk kebutuhan lainnya, tidak perlu bingung lagi ya. Ada 5 tips mendasar yang perlu dipersiapkan sebelum memulai perjalanan menggunakan pesawat terbang, yuk simak dibawah ini.

1. Packing barang yang dibutuhkan

Siapkan barang-barang yang akan dibawa sejak jauh-jauh hari, perhitungkan berapa lama Anda pergi sampai seberapa banyak pakaian yang dibawa. Terlalu banyak bawaan akan membuat Anda kebingungan sendiri saat di perjalanan nanti. Sehingga pastikan bahwa barang yang di packing adalah yang penting untuk dibawa. Cari tahu juga tarif bagasi yang akan dikenakan bila berat bawaan Anda melebihi batas yang ditentukan.

Sumber : Unsplash.com

2. Booking tiket

Ada beberapa alternatif pilihan untuk memesan tiket pesawat terbang yaitu melalui aplikasi online, situs resmi maskapai atau melalui agen perjalanan. Aplikasi booking tiket online menjadi rekomendasi dari Hemat.ID bagi Anda yang ingin memesan tiket penerbangan. Mengapa? Karena, selain proses yang cepat dan mudah, Anda juga dapat sekaligus mencari dan membandingkan harga tiket perjalanan paling murah dari maskapai-maskapai yang tersedia. Beberapa apps yang bisa Anda gunakan diantaranya Traveloka, Tiket.com hingga PegiPegi. Setiap aplikasi layanan booking online, masing-masing memberikan fitur dan layanan yang mumpuni. Mulai dari kebutuhan informasi perjalanan hingga booking penginapan juga tersedia lho. Kalau Anda pilih aplikasi yang mana?

Baca Juga : Tips Liburan Naik Pesawat Terbang Dengan Balita

3. Ketahui dan teliti informasi penerbangan

Setelah Anda mendapatkan tiket booking, maka Anda akan mendapatkan boarding pass yang berisi informasi kode booking, kode pesawat, jam check-in, jam boarding, gate keberangkatan, hingga kode tempat duduk. Informasi yang ada pada tiket perlu Anda ketahui dan sebisa mungkin dihapalkan, sehingga apabila ada pengumuman penting yang diberikan Anda akan tetap terupdate.

Sumber : Pixabay.com

4. Persiapkan diri lebih awal sebelum berangkat

Penting untuk diingat bagi calon penumpang untuk mempersiapkan diri dan menjaga barang bawaan sebelum keberangkatan. Siapkan di genggaman Anda e-ticket dan kartu identitas untuk check in, sehingga Anda tidak perlu mencari-cari lagi ketika petugas sudah memintanya. Beberapa bandara di Indonesia, salah satunya Bandara Soekarno-Hatta, memiliki terminal keberangkatan yang berbeda-beda, jadi cari tahu dulu ya di terminal mana Anda harus menunggu. Antisipasi juga hal yang tidak diinginkan dengan lebih baik menunggu di bandara 1-2 jam sebelum keberangkatan.

5. Ikuti semua peraturan di pesawat

Beberapa peraturan di pesawat wajib diikuti lho. Bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat harus mencari tahu lebih dulu mulai dari barang-barang yang tidak dibolehkan masuk ke pesawat hingga tata tertib selama perjalanan di pesawat. Barang-barang yang sangat dilarang untuk dibawa ke pesawat diantaranya benda tajam dan benda yang mudah terbakar. Sebelum pesawat berangkat dan selama perjalanan berlangsung, awak kabin akan memberikan informasi-informasi terkait peraturan selama berada di pesawat, maka ikutilah instruksi yang diberikan.

Nah, khusus untuk pembaca setia blog hemat.id, siap-siap juga ya, berikut ini kami akan membagikan promo-promo penerbangan spesial untuk Anda. Catat informasinya!

Mau Traveling? Ketahui Dahulu Tips Untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

1. Traveloka
  • Diskon hingga Rp500.000 berlaku setiap hari Sabtu untuk semua paket tiket pesawat dan hotel pembayaran dengan Permata Kartu Kredit dan Permata Debit Plus. Promo hanya sampai 28 September 2019. Temukan kupon diskonnya di sini ya.
  • Kupon diskon Rp125.000 tiket pesawat untuk destinasi domestik dan diskon Rp 400.000 untuk destinasi internasional khusus pembayaran dengan kartu kredit Citi VISA. Periode booking setiap hari Senin-Rabu dan promo berlaku hingga 30 September 2019. Info selengkapnya klik di sini .
  • BRI Weekly Deals diskon Rp100.000 untuk tiket pesawat dan berlaku untuk seluruh penerbangan dengan semua maskapai. Promo ini bisa Anda dapatkan hingga 31 Desember 2019 dengan periode booking setiap hari Rabu dan Kamis. Dapatkan kode kupon dan persyaratannya di sini .
2. Pegipegi
  • Dapatkan diskon tiket pesawat dan kereta api mulai hingga Rp 200.000 untuk travelling keliling Indonesia, bagi pengguna Kartu Kredit Bank Mega. Promo ini hanya berlaku via aplikasi Pegipegi, yuk lihat syarat dan ketentuannya di sini.
  • Khusus Anda pengguna Kartu Kredit dan Debit BNI ada diskon spesial untuk tiket pesawat dan hotel total hingga Rp 850.000. Promo hanya untuk pemesanan via aplikasi Pegipegi, berlaku hingga 25 Desember 2019 dengan periode booking setiap hari Rabu. Syarat dan ketentuan bisa Anda baca di sini .

Nah, ada kabar gembira lainnya bagi Anda yang akan menggunakan moda transportasi pesawat terbang untuk jalan-jalan, business trip atau memanfaatkan waktu cuti untuk berlibur sejenak. Dilansir dari detik.id, pemerintah telah mengatur jadwal penerbangan pesawat berharga murah atau LCC (low cost carrier). Dalam konferensi pers yang disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, diskon tiket pesawat murah ini akan mulai berlaku sejak tanggal 11 Juli 2019. Bekerjasama dengan setiap maskapai penerbangan, pemerintah membagi jadwal tiket murah setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 10.00 hingga 14.00 waktu lokal masing-masing bandara. Setiap penumpang berkesempatan mendapatkan diskon tiket pesawat hingga 50% dari tarif batas atas. Pemerintah akan terus melakukan penyesuaian dan monitoring sistem terkait kebijakan ini. Wah, bepergian jadi makin hemat, bukan?

Demikian tips yang dapat kami berikan untuk Anda beserta info dan rekomendasi promo-promo terbaik untuk tiket pesawat. Semoga dapat bermanfaat serta mampu meredam rasa bingung Anda saat bepergian pertama kalinya dengan pesawat, ya. Jangan lupa untuk berdoa sebelum berangkat serta saat sampai tujuan. Akhir kata, selamat menikmati perjalanan Anda!

 

Referensi :

  1. //finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4607445/mau-dapat-tiket-penerbangan-murah-ini-jadwalnya
  2. //bit.ly/2JrR58J
  3. //pegipegi.com
  4. //traveloka.com