Nutrisi Kehamilan Pada Trimester Ketiga

Saat sedang hamil, Moms selalu diberitahu untuk makan porsi untuk berdua. Padahal yang terpenting adalah kualitas dari makanan dan juga vitamin-vitamin pendukung lainnya. Jika sudah memasukin trimester ketiga, maka usia kehamilan sudah memasuki kehamilan 28 minggu, pada masa ini bayi sudah mulai memiliki bentuk. Organ-organ tubuh bayi sudah mulai berbentuk dan berfungsi.

Berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada kehamilan trimester ketiga :

1. Zat Besi

Kebutuhan Ibu Hamil - Zat Besi.jpg

Kekurangan zat besi pada bayi bisa menyebabkan meningkatnya resiko bayi lahir prematur. Kebutuhan zat besi pada trimester ketiga ini adalah sebesar 39 mg, zat besi dapat di peroleh dari sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan daun kale. Ada juga pada daging merah, kuning telur dan kacang-kacangan.
Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga, karena dengan mengombinasikan makanan yang mengandung zat besi dan makanan yang mengandung vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Selain itu, vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu dan bayi.

 

2. DHA

Kebutuhan Ibu Hamil - DHA.jpg

DHA sangat penting untuk perkembangan otak dan retina bayi. Kebutuhan DHA ibu hamil pada trimester ke tiga ini adalah sebesar 100 mg sampai dengan 200 mg per hari

DHA tidak hanya ditemukan pada ikan yang memiliki lemak, seperti ikan salmon, tuna dan sarden. DHA juga terdapat pada telur yang sangat kaya akan omega-3.

Lihat juga berbagai promosi ikan segar dari supermarket terdekat Anda

 

3. Asam Folat

Kebutuhan Ibu Hamil - Asam Folat.jpg

Asam folat berfungsi agar bayi tidak mengalami cacat lahir pada saraf otak. Kebutuhan Asam Folat dapat dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen.

 

4. Protein

Kebutuhan Ibu Hamil - Telur.jpg

Protein dibutuhkan untuk mempertahankan jaringan pada ibu dan pertumbuhan bayi. Konsumsi protein sebesar 26 gram per hari.

 

5. Kalsium

Kebutuhan Ibu Hamil - Kalsium.jpg

Kebutuhan kalsium pada trimester ke tiga ini adalah sebesar 1200 mg per hari. Bayi sudah memerlukan asupan kalsium untuk tubuhnya, sehingga ibu harus benar-benar mencukupi kebutuhan kalsium agar kebutuhan bayi akan kalsium bisa terpenuhi. Kalsium sangat dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, dan kalsium bisa diperoleh dari susu dan produk olahannya, seperti keju dan yogurt. Pilihlah susu yang memiliki kadar lemak rendah jika ibu ingin menjaga berat badannya.

Ibu hamil yang tidak tercukupi kebutuhan kalsiumnya, dapat membuat tubuh menarik kalsium dari dalam tulang untuk diberikan ke janin yang sedang tumbuh. Kondisi ini bisa meningkatkan resiko si ibu untuk terkena osteoporosis.

Simak artikel : Perbandingan 10 Merek Susu Ibu Hamil Terbaik & Kelas Harganya

Hati-hati dalam mengonsumsi makanan yang diikuti dengan mengonsumsi suplemen. Kelebihan nutrisi yang berasal dari makanan maupun obat bukan merupakan hal yang baik, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan dan juga menjadi pemborosan.

Perhatikan juga untuk mengonsumsi cairan yang cukup, karena air sangat penting untuk pertumbuhan sel-sel baru, berguna untuk mengatur suhu badan, melarutkan dan juga mengatur proses metabolisme zat-zat gizi, serta mempertahankan volume darah yang meningkat selama masa kehamilan. Selain itu, dengan mencukupi asupan air ibu hamil dapat terhindar dari sembelit dan risiko terkena infeksi saluran kemih.

Jangan lupa untuk membuka website hemat.id untuk mengetahui promo-promo makanan segar dan juga produk susu khusus ibu hamilnya di semua supermarket, minimarket dan hypermarket di daerah Anda.

Bagikan pengalaman bunda yang mungkin saat ini sedang hamil dan sudah memasukin trimester ketiga mengenai makanan dan produk vitamin apa saja yang biasanya dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi? Semoga kehamilannya berjalan lancar dan sehat sampai proses melahirkan nanti, Aamiin…