Aman Bertransaksi Di ATM

Pasti kita hampir setiap hari bertransaksi menggunakan mesin ATM, baik untuk tarik tunai, transfer ke online shop maupun untuk membayar kredit sampai membeli pulsa. ATM memang sangat mempermudah kita untuk melakukan banyak hal hanya di satu tempat, oleh karena itu orang-orang dengan niat jahat cenderung memanfaatkan ketergantungan kita pada ATM ini.

Baik melalui telepon maupun dengan melakukan kejahatan langsung di pusat ATM itu sendiri atau bahkan di tempat yang ramai sekalipun, sehingga salah satu kerabat terdekat saya menjadi korban kejahatan yang terjadi di ATM.

Uang dalam ATM terkuras habis dalam kejadian yang berlangsung sangat cepat, walaupun sempat menghubungi call center yang berada tidak jauh dari tempatnya berada.

Setelah kejadian tersebut, saya semakin lebih berhati-hati dalam menarik uang tunai atau bertransaksi apapun melalui ATM. Ada beberapa hal yang saya pelajari dari beberapa orang yang mengalami kejadian tidak mengenakan tersebut serta saya juga memperoleh tips-tips dari pihak kepolisian.

Berikut tips aman bertransaksi di ATM :

1. ATM yang di jaga

sumber gambar: indiamart

Sebelum menuju ATM perhatikan apakah di sekitar ATM ada satpam yang berjaga-jaga atau tidak. Jika tidak ada dan bahkan terlihat sepi, lebih baik Anda mencari mesin ATM lain yang dijaga oleh satpam.

Selain agar kita merasa aman bertansaksi di ATM, adanya satpam di sekitar ATM dapat mempersempit kemungkinan bagi orang yang berniat jahat untuk merusak atau mengganti stiker dengan nomor palsu pada mesin ATM.

2. ATM box

sumber gambar: pinterest

Dari pada mengambil di pusat ATM di mana tidak ada yang menjaga, saya lebih memilih bertransaksi dengan mesin ATM yang berada dalam box. Karena antrian berada di luar box, bukan di belakang kita, maka dapat membuat kita lebih nyaman dan aman dalam menggunakan ATM.

Namun, jika Anda akan bertransaksi pada malam hari dan sendirian, ATM dalam box mungkin kurang aman jika tidak terdapat satpam yang menjaga.

3. Tidak menerima bantuan dari siapapun

sumber gambar: ubank

Di setiap mesin ATM pun sekarang sudah diingatkan untuk tidak menerima bantuan dari siapapun, tapi jika dalam keadaan panik otomatis kita akan menerima bantuan dari siapapun.

Jika tiba-tiba ATM tidak keluar atau menyangkut di mesin ATM, langsung menghubungi call center untuk memblokir adalah langkah yang tepat. Dan jangan dulu menyingkir dari mesin ATM, jangan biarkan siapa pun mendekati mesin ATM

4. Tidak panik

sumber gambar : redsearch

Nah, salah satu kelemahan sebagian wanita adalah cepat sekali panik. Jika kartu ATM tidak keluar, kita cenderung langsung panik dan menerima bantuan dari siapa saja. Nah salah satu yang dapat membantu seseorang untuk tidak terlalu panik adalah sering-sering membaca informasi mengenai cara menghindari dari kejahatan di ATM, sehingga saat terjadi pada kita setidaknya kita tahu apa yang harus kita lakukan.

Yang membuat seseorang panik itu adalah mereka tidak tahu harus bagaimana, dan biasanya dalam keadaan seperti itu pikiran kita kosong.

5. Selalu mengajak teman

sumber gambar: facebook

Selalu mengajak teman atau keluarga saat akan bertransaksi di ATM adalah salah satu cara terbaik agar kita terhindar dari kejahatan di ATM, karena biasanya mereka mengincar orang-orang yang sendirian. Setidaknya orang yang menemani kita bisa menghubungi call center untuk memblokir kartu ATM kita saat terjadi kejadian yang mencurigakan.

Atau Anda bisa mengajak hewan peliharaan anda seperti anjing saat Anda harus mengambil uang sendirian di ATM, Ini akan menjadi alternatif aman yang bisa Anda lakukan.

6. Fokus

sumber gambar: pinterest

Tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, kejahatan di ATM pun bisa dilakukan oleh anak-anak. Saya pernah memperoleh video melalui WhatsApp yang berisi modus anak-anak yang sedang pura-pura mengamen dan berusaha sebisa mungkin mengalihkan perhatian si pengguna ATM.

Jadi saat di ATM pastikan untuk fokus dengan apa yang kita lakukan, selalu sadar dengan sekitar jika ada yang terlalu dekat dengan mesin ATM saat kita sedang bertransaksi jangan ragu untuk menegur.

Jika Anda akan mentrasfer maka persiapkan nomor rekening orang yang akan ditransfer dari rumah dan letakkan di kantong atau bagian tas yang mudah diraih, sehingga kita tidak perlu mencari-cari yang dapat membuat konsentrasi kita buyar.

7. Berdoa

sumber gambar: gettyimages

Selain mempersiapkan diri dengan informasi untuk membantu kita terhindar dari niat jahat orang, selalu berdoa agar kita selalu dalam perlindungan yang maha kuasa.

Membuka blokir ATM sekarang sudah sangat mudah, hanya diperlukan tidak sampai 1 hari. Apalagi ada beberapa bank swasta yang membuka bank saat weekend yaitu Sabtu dan Minggu. Jadi, jika kita memblokir kartu saat weekend, kita dapat langsung datang ke bank yang bersangkutan.

Apakah Anda pernah mengalami keadaan yang tidak menyenangkan saat sedang bertransaksi di ATM? Tuliskan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini. Berikan juga tips dan trik yang menurut Anda terbaik agar terhindar dari kejahatan di ATM.