Tips Mengurangi Rasa Mual Saat Awal Kehamilan

Masa awal kehamilan adalah masa yang penuh perjuangan dari sebagian ibu. Walaupun tidak semua ibu hamil mengalami morning sick (bless them), namun salah satu kenikmatan dan cerita di masa awal kehamilan adalah morning sick.

Cerita awal kehamilan saya adalah bed rest selama hampir 4 bulan masa kehamilan, dan saat kehamilan kedua pun saya harus mengulang proses yang sama yaitu 4 bulan bed rest. Belum lagi muntah-muntah hampir setiap pagi dan menjelang malam, tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa mual saat awal-awal kehamilan. Berikut tips nya :

1. Makan cemilan

Pada sebagian ibu hamil dengan makan cemilan bisa mengurangi rasa mual, baik dengan cemilan keripik sayur atau buah, buah segar atau cemilan apapun dalam porsi kecil yang sedang ingin Moms konsumsi. Hindari makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam, pilih makanan yang tidak memiliki bau terlalu tajam agar tidak semakin memicu rasa mual.

2. Minum-minuman hangat

Minuman hangat adalah minuman yang bisa mengurangi rasa mual, baik dengan teh manis atau minuman kesehatan yang dianjurkan untuk ibu hamil lainnya.

Dengan minum 8 gelas sehari bisa menghindari ibu hamil dari dehidrasi apalagi jika masih mengalami mual yang hebat di awal kehamilan, karena ibu hamil yang dehidrasi akan semakin membuat si ibu menjadi mual.

3. Bau-bauan segar

Saat Moms sedang hamil, Moms akan jadi sangat sensitif dengan bau-bauan. Bau yang pada saat tidak hamil Anda sukai, namun pada saat hamil Anda jadi mual saat menciumya. Di saat saya hamil, saya yang tadinya tidak ada masalah dengan bau nasi yang baru masak, pada saat hamil bau nasi yang baru sekali masak bisa membuat saya merasa mual, sedangkan pada saat anak kedua saya akan merasa mual saat mencium bau mie goreng instan.

Cobalah untuk mencium wewangian dengan bau segar, seperti wangi buah atau bunga yang tidak membuat Anda semakin mual atau minyak aromatherapi, selalu bawa kemana pun Anda pergi dan hirup udaranya untuk mengurangi rasa mual.

4. Pemicu

Saat Anda sudah mengetahui apa yang memicu rasa mual maka Anda bisa menghindarinya, jika Anda mual saat mencium baru nasi yang baru masak maka makanlah nasi setelah nasi dingin, atau menghindar atau menjauh dari nasi yang baru saja dimasak.

5. Beritahu pasangan dan keluarga

Beritahu pasangan atau keluarga terdekat agar mereka mengetahui apa yang sedang kita hadapi, jadi mereka tahu harus bagaimana dan apa yang harus dilakukan saat Anda mual.

Jika Anda mendapatkan dukungan dari pasangan dan keluarga, maka Anda dapat menjalankan kehamilan dengan perasaan yang lebih baik.

6. Waktu tidur

Ibu yang sedang hamil wajib mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan tidur siang yang cukup, tapi tidak disarankan untuk tidur setelah baru saja makan karena bisa meningkatkan rasa mual.

Jangan lupa untuk membuka website Hemat.id untuk mendapatkan promo cemilan-cemilan sehat dan juga beberapa pewangi ruangan dan aromatheraphy untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil, dapatkan promo di semua supermarket, hypermart dan minimarket di daerah sekitar Anda.

Bagikan cerita morning sick Anda saat sedang hamil atau kerabat Anda yang sedang mengandung saat ini, adakah pengalaman unik atau ngidam yang tidak biasa yang Anda alami? Tuliskan pengalaman pribadi Anda atau cerita keluarga Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Sumber:
parents[dot]com/pregnancy/my-body/morning-sickness/morning-sickness/
babycentre[dot]co[dot]uk/l25005543/12-ways-to-ease-morning-sickness-photos
americanpregnancy[dot]org/pregnancy-health/morning-sickness-relief/