Pengalaman Berwisata Saat Pandemi di Scientia Square Park Tangerang

Selama pandemik, kita terbatas untuk bepergian kemanapun. Sudah hampir 7 bulan ini keluarga kami tidak bisa berlibur kemana-mana. Anak-anak belajar daring di rumah, suami bekerja di rumah, begitupun saya yang semakin sering berada di rumah. Kejenuhan akibat terlalu lama berada di rumah dapat menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh.

Padahal, imunitas sangat penting untuk menjaga diri dari serangan virus corona ini. Salah satu cara agar terhindar dari stress adalah membuat diri Anda rileks. Ada banyak cara untuk membuat diri Anda rileks, misalnya melakukan kegiatan yang disukai, menjalankan hobi hingga berlibur.

Nah, agar terhindar dari stress, kami sekeluarga pergi berlibur ke suatu taman yang dekat dengan rumah saya, tentu setelah ada himbauan adanya PSBB transisi. Lokasi taman tersebut tepatnya di Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Tangerang, Banten bernama Scientie Square Park. Taman ini berkonsep ruang terbuka hijau dengan fasilitas yang cukup lengkap. Sebelum pergi untuk refreshing pastikan untuk tetap bersiap dengan protokol kesehatan ya. Siap sedia masker/face shield, hand sanitizer, tisu antiseptik hingga camilan. Beli segala perlengkapannya di supermarket favorit Anda dan cek harga terbaiknya di hemat.id ya.

Aktivitas yang paling diminati di tempat ini adalah piknik, berinteraksi dengan kelinci hingga berfoto dengan alpaca. Jangan khawatir ada masih banyak lagi aktivitas-aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di sana.

Jadwal buka :

Minggu

06.00 – 20.00

Senin

08.00 – 20.00

Selasa

08.00 – 20.00

Rabu

08.00 – 20.00

Kamis

08.00 – 20.00

Jum’at

08.00 – 20.00

Sabtu

06.00 – 20.00

Harga Tiket

Daily Pass

Monthly Pass

Annual Pass

Rp. 35.0000 / pax

Hari kerja

Rp. 70.000 / pax

Hari Libur

Rp. 125.000 / pax

Hari kerja

Rp. 250.000 / pax

Hari Libur

Rp. 700.000 / pax

Setiap hari 

Berlaku 1 Tahun

Dari hari Senin-Minggu

Anda pun bisa mengambil paket rombongan baik dengan keluarga besar maupun dengan teman-teman. Ada banyak paket yang ditawarkan, untuk info lebih lanjut Anda bisa membuka websitenya di Scientiasquarepark.com.

Ada beberapa aktivitas yang bisa diikuti oleh siapa saja dan dari umur berapa saja pada kawasan wisata ini. Mulai dari aktifitas safari, petualangan, sampai pertanian dan aktivitas pelengkap lainnya. 

kolam ikan
Sumber : Dokumentasi Pribadi

1. Rabbit Farm

Peternakan kelinci buka dari pukul 08.00 – 11.00 dan 16.00 – 19.00, ini adalah spot favorit anak saya. Di sini Anda dan si kecil bisa bebas berinteraksi dan bermain dengan kelinci-kelinci yang menggemaskan. Jangan sampai melukai dengan sengaja kelinci-kelinci di sini dan tidak membawa kelinci keluar dari area peternakan kelinci. Si kecil pun bisa memberi makan kelinci dengan membeli pakan kelinci di area pintu masuk dengan harga Rp. 10.000 dan kelinci-kelincinya pun bersih dan terlihat terawat. Meski tidak dengan kandangnya yang sudah terlihat rusak dan kotor. 

2. Koi Feeding

Berjalan sedikit ke area kanan dari rabbit farm, ada saung-saung yang dilengkapi dengan beberapa kursi dan meja untuk pengunjung beristirahat dan juga makan. Tepat di sebelah saung ini ada kolam ikan yang berisi ikan koi yang berukuran besar-besar dan berwarna cantik. Disini Anda pun bisa memberi makan ikan-ikan koi dengan pakan ikan yang dijual di taman ini seharga Rp. 10.000.

Ingatkan anak-anak agar tidak melempar sampah atau benda apapun ke dalam kolam. Jangan memberi ikan selain makanan yang sudah disediakan oleh Scientia Square Park dan jangan mengeluarkan ikan dari air.

Taman
Sumber : Dokumentasi Pribadi

3. Petopia

Jika ada penyuka anjing, disini juga tersedia taman khusus untuk anjing beraksi melewati rintangan. Area ini buka dari jam 08.00 – 10.00 dan 16.00 – 19.00 dengan kondisi yang bersih dan berdekatan dengan toilet umum yang juga cukup bersih dan terawat. Jaga selalu kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jika Anda membawa anjing peliharaan sendiri, selalu gunakan tali pengekang dan jangan meninggalkan hewan peliharaan di area Petopia. Selalu damping saat si kecil sedang berinteraksi dengan anjing-anjing disana.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

4. Butterfly Farm

Berada berseberangan dengan peternakan kelinci, peternakan kupu-kupu ini beroperasi di hari Senin – Jum’at pada pukul 08.00 – 20.00 dan pada Sabtu – Minggu pada pukul 06.00 – 20.00. Sebelum menemui kupu-kupu, sepanjang perjalanan Anda akan disambut dengan bunyi-bunyi dari love birds. Kemudian setelah melalui pintu dengan rantai-rantai sebagai pemisah, kita bisa melihat metamorfosis kupu-kupu dari kepompong lalu berubah menjadi kupu-kupu. Area ini ditumbuhi dengan berbagai macam bunga dan kupu-kupu cantik yang berkeliaran bebas. Jaga keindahan kawasan ini dengan tidak memetik atau merusak bunga, hingga mengganggu kupu-kupu atau hewan lainnya yang ada.

5. David’s Family

Siapa sih David’s Family? Oh.. ternyata David’s Family adalah sekelompok kerbau yang bernama David, Victoria dan juga Brooklyn. Anda dan keluarga bisa mengelus, menunggangi dan melihat dari dekat seperti apa hewan kerbau itu. Selalu dampingi si kecil saat berinteraksi dengan kerbau, jangan memukul atau memberi makan yang bukan diperuntukkan untuk kerbau.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

6. Teepee Barn

Buka pada pukul 08.00 – 10.000 dan pukul 16.00 – 18.00, area ini berada di paling pojok taman. Di sini Anda bisa menemukan hewan-hewan yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya, seperti Alpaca, Mini Donkey, Mini Horse, Scottish Cow, Polish Chicken & Cochin Chicken.

Anda bebas berfoto dengan semua hewan ini, terlebih saat ini yang sedang diidolakan yaitu alpaca. Karena memang jarang sekali kita bisa melihat hewan ini. Kami menemukan ada dua alpaca dengan warna yang berbeda satu berwarna putih dan satunya berwarna hitam. Mereka sangat menggemaskan dan kedua hewan ini terlihat bersih serta terawat.

7. Horse Ridding

Dibuka setiap hari Senin – Jumat pada pukul 11.00 – 19.00 harga tiket Rp. 25.000 dan pada hari Sabtu – Minggu pada pukul 07.00 – 20.00 harga tiket Rp. 35.000. Si kecil bisa merasakan sensasi menaiki kuda sambil berkeliling taman, saat mengendarai kuda pelatih professional akan terus mendampingi agar Anda dan keluarga akan selalu aman.

8. In Line Skate

Jika si kecil suka bermain in line skate, area ini cocok sekali untuknya. Tapi jika tidak memiliki skate pun Anda bisa menyewa skate dengan harga Rp. 25.000, dibuka setiap Senin – Jumat pada pukul 08.00 – 20.000 dan Sabtu – Minggu pada pukul 06.00 – 20.00. Area khusus ini tidak hanya dapat digunakan untuk bermain sepatu roda saja tapi bisa juga digunakan untuk bermain skuter. 

9. Skate Park

Area ini tidak hanya dapat dipergunakan oleh rekan-rekan atlet dan komunitas skateboard tapi dapat dipergunakan oleh siapa saja. Apabila jika si kecil memiliki minat untuk bermain skateboard disana ada berbagai komunitas dan pelatih profesional yang siap untuk membantu si kecil untuk mempelajari dan berlatih teknik skateboard. 

Sumber : Dokumentasi Pribadi

10. Wall Climbing

Area memanjatnya cukup luas, si kecil pun bisa mencoba-coba memanjat disini. Di bagian bawahnya sudah terdapat matras tebal yang akan selalu siap untuk melindungi si kecil agar tidak cedera. Tapi sayangnya saat kami disana matras terlihat basah dan genangan air dibiarkan saja tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Selalu awasi dan dampingi si kecil saat mencoba aktivitas ini, karena area ini bersebelahan dengan area in line skate jadi ada banyak sekali orang yang bermain skate di area ini. Pastikan Anda menyiapkan hand sanitizer dan tisu antiseptik untuk membersihkan tangan si kecil, setelah mereka bermain dan bersentuhan dengan berbagai arena permainan. 

Sumber : Dokumentasi Pribadi

11. Street Workout

Kalau kata anak saya ini aktivitas ini mirip monkey bar yang ada di sekolahnya, tapi kalau disini namanya calisthenics / street workout atau alat bantuk yang digunakan untuk berolahraga . 

12. RC Track

Dibuka pada hari Senin-Jumat pukul 11.00 – 19.00 dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 20.00 dengan tiket masuk Rp. 100.000. Ini adalah area bermain mobil remote control, lajurnya cukup terlihat menantang dan sepertinya menyenangkan untuk dicoba.

Ketentuan :

– Kapasitas maksimum Driver`s Stand 4 orang

– Kapasitas maksimum Paddock 15 orang

– Hanya untuk bermain RC Engine 1:10 dan RC Electric 1:8 & 1:16

13. O’splash Water Playground

Arena ini gratis tiket masuk, walau tidak ada kolam renam tapi ada arena seluncuran dan pancaran air dari lantai. Sayangnya saat keluarga kami ke sana wahana ini tutup dan tidak terlihat ada aktivitas yang sedang berlangsung.

Sawah
Sumber : Dokumentasi Pribadi

14. Paddy Field

Pada area ini anak-anak bisa mempelajari bagaimana proses pertumbuhan padi, mencoba untuk menanam padi dan berjalan di tengah sawah. Disini juga tersedia kafe yang bernama kafe Arumdalu. Meski begitu, Anda tetap bisa membawa makanan dari luar, dikarenakan area taman ini yang cukup luas dan boot snack tidak tersebar rata. Asalkan tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan ya. Temukan promo hemat makanan ringan dan minuman yang bisa Anda siapkan untuk dibawa melalui hemat.id dan Aplikasi Kliptalog

Secara keseluruhan kami sangat menikmati pengalaman berlibur di taman ini. Konsep taman terbukanya benar-benar membantu menurunkan tingkat kejenuhan keluarga. Anak-anak juga bebas berlarian dan menikmati pemandangan dan udara yang segar, ditambah lagi penataan dan juga dekorasinya cantik. 

Sumber :
//scientiasquarepark.com/

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!