Perbandingan Susu Ibu Menyusui Dan Kelas Harganya

Ada pro dan kontra mengenai perlukah ibu yang sedang menyusui menambahkan asupan rutinnya dengan minum susu menyusui? Kebanyakan ibu yang tidak memiliki masalah dengan produksi ASI-nya cenderung lebih memilih mencukupi asupan nutrisinya dari sayuran, buah-buahan dan makanan penunjang lainnya. Tapi, apakah ibu yang sedang menyusui mengetahui persis berapa banyak nutrisi yang sudah terpenuhi dalam sehari? Ini salah satu alasan ibu menyusui perlu memasukkan susu menyusui dalam daftar menu rutinnya.

Berikut ini kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi ibu menyusui yang terkandung di dalam susu ibu menyusui :

Protein

Protein merupakan zat gizi yang bermanfaat untuk membantu pemulihan pasca kehamilan dan persalinan, serta diperlukan untuk meningkatkan produksi ASI.

Kalsium

Penurunan massa tulang bisa terjadi selama ibu menyusui, jadi ibu harus mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang lebih tinggi selama menyusui.

Lemak

Lemak yang baik untuk di konsumsi adalah lemak dalam bentuk lemak tidak jenuh tunggal atau tidak jenuh ganda seperti Omega-3 dan Omega-6. Lemak merupakan sumber tenaga dan juga berperan dalam produksi ASI serta pembawa vitamin larut lemak dalam ASI.

Yodium Dan Seng
ASI memerlukan zat yodium untuk membentuk protein yang bermanfaat untuk membantu perkembangan fisik dan otak bayi. Sedangkan seng (zinc) berguna untuk mencegah Anak dari ADHD.

Zat Besi

Ibu yang sedang menyusui sangat membutuhkan zat besi karena zat besi berguna untuk mencegah anemia pasca melahirkan.

Vitamin

Vitamin C, E, K, D dan B memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Vitamin C memiliki peran penting dalam pertumbuhan gigi, tulang dan juga kolagen. Vitamin E selain untuk mencegah anemia, juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk kesehatan otot, sistem kardiovaskular dan juga sistem saraf. Vitamin K dapat membantu proses pembentukan tulang dan juga menjaga kepadatannya. Vitamin D sendiri bermanfaat untuk perkembangan tulang bayi, menjaga sistem imun agar tidak bayi tidak mudah sakit. Vitamin B1 atau tiamin berguna meningkatkan kemampuan otak dan fungsi kognitif pada si kecil yang disalurkan ibu melalui ASI. Di samping itu ada vitamin B12 yang berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak pada tubuh bayi. Vitamin B2 yang bekerja sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel pada tubuh bayi dan Vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf.

Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi yang hampir mirip dengan zat besi, hal ini dikarenakan memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pembentuk sel darah merah.

Perlukah ibu menyusui minum susu?

Menurut Konselor Laktasi dr. Yolanda Safitri, MPH (M) dari Bunda Internasional Clinic dan Co-Founder Circle of Moms Ilma Rineta di acara talkshow ‘Cerita Bunda bersama Prenagen Lactamom’, saat tidak hamil kebutuhannya nutrisi wanita dewasa adalah sebesar 800 mg. Saat kehamilan dibutuhkan tambahan nutrisi sebesar 900-1000 mg per hari. Selain itu kebutuhan zat besi juga bertambah sebesar 6 mg jadi ada sekitar 32 mg per hari.

Walau menambah produksi ASI tidak hanya berasal dari susu, ada kekhawatiran dari beberapa ibu yang merasa nutrisi dan vitamin tidak cukup terpenuhi hanya dengan menu sehari-hari seperti dari sayur-sayuran. Salah satu solusi yang menyenangkan dan mudah adalah dengan minum susu. Apalagi susu menyusui sekarang memiliki lebih banyak varian rasa, harga dan ukuran yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk membantu ibu dalam mencari susu menyusui yang sesuai dengan kebutuhan, berikut daftar brand susu terbaik untuk ibu menyusui yang bisa dibeli dipasaran. Perbandingan dibawah ini sudah di bagi dalam 3 kelas utama yaitu Kelas Premium sebagai kelas dengan harga tertinggi dan banyak mendapatkan review terbaik, Kelas Menengah dengan harga yang lebih terjangkau dari Kelas Premium dan dari Kelas Ekonomi yang merupakan susu dengan harga terendah.

Kelas Premium

1. Frisomum Gold Dualcare+

Sumber : Friso

Produk Friso Indonesia ini memiliki kandungan prebiotik yang berfungsi untuk kesehatan pencernaan si ibu menyusui. Susu ini diperkaya juga dengan ALA, LA, Nukleotida, asam folat, kalsium, zat besi dan nutrisi-nutrisi penting lainnya. Susu Frisomum Gold Dualcare+ ini memiliki tiga varian rasa, yaitu plain, coklat, dan vanila, dan memiliki dua varian ukuran yaitu 400 gr dan 600 gr. Setelah kemasan dibuka, disarankan produk digunakan dalam waktu 2 minggu.

Kelebihan :

  • Tersedia di berbagai Minimarket, Supermarket, Hypermarket, Apotek dan Toko Susu.
  • Lebih higienis karena memiliki fitur segel kaleng yang rapat, mempunyai sendok khusus dan ada takaran yang bisa mengukur dengan akurat.
  • Frisomum Gold Dualcare+ tidak hanya diperuntukkan bagi ibu hamil tapi juga bagi ibu menyusui.

Kekurangan :

  • Hanya menyediakan produk dalam bentuk kaleng.
  • Susu ini merupakan susu menyusui termahal dikelasnya.

Frisomum Gold adalah susu menyusui yang sudah banyak dikenal, baik dari iklan-iklannya dan juga dari produk susu lainnya. Harga susu ini berkisar dari Rp 91.000 dan dapat Anda temukan di hemat.id dengan kemasan 400 gr. Harga susu ini lebih mahal di banding susu kelas premium lainnya seperti Anmum Lacta yang juga merupakan susu menyusui berkualitas. Susu menyusui ini memiliki ukuran kemasan yang sama dengan harga berkisar antara Rp 73.300 hingga Rp 81.500.

2. Anmum Lacta

Sumber : Anmum

Dalam satu gelas Anmum Lacta ada beberapa nutrisi penting seperti nuelipid yang berguna untuk meningkatkan gangliosida GA, GA & DHA yang bermanfaat untuk otak, vitamin B kompleks yang berguna untuk mendukung pembentukan energi yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Serat pangan didalamnya juga berguna untuk membantu memelihara fungsi saluran pencernaan dan juga kalsium serta zat besi yang merupakan mineral penting untuk menunjang masa menyusui. Anmum Lacta memiliki 3 varian rasa, yaitu cokelat, strawberry dan plain dan menyediakan dua pilihan ukuran 200 gr dan 400 gr.

Kelebihan :

  • Mempunyai kandungan lemak yang rendah.
  • Rasa cokelat diklaim enak oleh beberapa ibu menyusui yang sudah pernah mencoba.
  • Bisa diminum dalam keadaan dingin maupun panas.

Sebagai susu menyusui kelas premium kedua, tentunya susu Anmum Lacta tidak bisa dipandang sebelah mata. Dengan harga berkisar antara Rp 73.300 hingga Rp 81.500 dengan ukuran kemasan 400 gr, harga susu ini lebih murah dari Frisomum Gold namun menawarkan rasa coklat yang enak berdasarkan klaim dari beberapa review ibu menyusui yang pernah mencoba. Anmum Lacta memiliki harga yang lebih mahal, apabila dibandingkan dengan Lactamil Lactasis yang berkisar harga Rp 57.000 dengan kemasan 200 gr.

3. Lactamil Lactasis

Sumber : Sarihusada

Susu menyusui keluaran Sari Husada ini memiliki formula lengkap, yang terdiri dari asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium yang di singkat dengan formula ADIK+ serta mengandung sari daun katuk. Lactamil Lactasis memiliki dua varian rasa yaitu cokelat dan vanila, serta tiga varian ukuran, yaitu 200 gr, 360 gr dan 400 gr.

Petunjuk Penyimpanan

  • Setelah digunakan, simpan dalam keadaan tertutup di tempat sejuk dan kering dan gunakan isinya dalam waktu tidak lebih dari 1 bulan.
  • Jangan gunakan produk apabila telah menggumpal atau berubah aroma, rasa dan warna.

Kelebihan :

  • Tersedia di berbagai Toko Susu, Apotek, Minimarket hingga Supermarket sekitar Anda.
  • Susu kelas premium dengan harga termurah dikelasnya.

Kekurangan :

  • Review negatif dari beberapa teman-saya yang sudah pernah mengonsumsi susu ini ada yang tidak cocok.
  • Review dari teman-teman saya masih tidak banyaknya informasi mengenai merk susu ini menyebabkan mereka jadi ragu untuk membelinya.

Masuk dalam daftar terakhir dari susu menyusui kelas premium ini adalah Prenagen Lactasis memiliki harga berkisar Rp 64.800 dipasaran dengan kemasan 400 gr. Dibandingkan susu kelas premium lainnya, susu ini memiliki harga yang paling murah tapi paling mudah didapatkan dengan tetap memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga : Rekomendasi Susu Formula Kelas Premium untuk Anak Usia 1-3 tahun

Kelas Menengah

4. Prenagen Lactamom

Sumber : KALBE Store

Dibandingkan produk lain, Prenagen Lactamom dapat dikatakan memiliki nutrisi yang dapat melengkapi gizi selama 1000 HPK (hari pertama kehidupan). Prenagen Lactamom mengandung Formula PRENApro yang dapat meningkatkan stamina ibu dan kualitas ASI selama menyusui. Hal ini dapat membantu agar berat badan bayi bertambah sesuai standar (3bln pertama 0,8-1kg/bln) serta bayi lebih cerdas dalam tumbuh kembangnya.

Kandungan dalam Prenagen Lactamom baik untuk ibu yang sedang menyusui karena mengandung vitamin B2 dan B12 yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu juga mengandung Omega-3 dan Omega-6 serta DHA untuk perkembangan otak si kecil, sehingga kuantitas dan kualitas ASI tetap terjaga. Prenagen Lactamom juga mengandung zat besi dan asam folat, di mana zat besinya sudah di-mikroenkapsulasi (diperkecil dan dilapisi) sehingga lebih mudah diserap tubuh. Prenagen Lactamom memiliki empat varian rasa, yaitu french vanila, mocca, cokelat, dan velvety cokelat serta memiliki dua varian ukuran sebesar 200 gr dan 400 gr.

Kelebihan :

  • Diklaim terbukti dapat memperlancar ASI oleh beberapa ibu menyusui yang rutin mengonsumsi.
  • Susu ini mempunyai kandungan lemak yang rendah.
  • Menyediakan varian rasa yang lebih banyak.

Kekurangan :

  • Review dari beberapa ibu menyusui yang sudah mengonsumsi susu ini mengklaim bahwa susu ini menimbulkan gejala seperti alergi pada bayi.

Merupakan susu kelas menengah yang pertama, Prenagen Lactomom banyak disukai oleh beberapa ibu-ibu yang sedang menyusui karena diklaim dapat meningkatkan produksi ASI dengan harga berkisar Rp 57.000 dan isi kemasan sebanyak 400 gr. Susu ini merupakan susu yang memiliki harga tertinggi dibandingkan susu menyusui di kelas menengah lainnya, seperti susu Lovamil yang harganya hanya berkisar Rp 22.500 dengan kemasan yang lebih kecil yaitu sebesar 175 gr.

4. Lovamil

Sumber : KALBE Store

Susu ibu menyusui keluaran Kalbe Farma ini mengandung serat pangan (inulin), asam folat, Omega-3, Omega-6, zat besi, sari daun katuk, protein, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12. Lovamil memiliki dua varian rasa, yaitu vanila dan cokelat dan dua varian ukuran sebesar 175 gr dan 200 gr.

Kelebihan :

  • Menyediakan ukuran kecil.
  • Mengandung daun katuk.

Kekurangan :

  • Tidak semua supermarket menjual Lovamil.

Keunggulan Lovamil salah satunya adalah di dalam susunya mengandung daun katuk. Kemasan yang kecil sebesar 175 gr dengan harga berkisar Rp 22.500, susu menyusui berkualitas lain yang harganya lebih murah yaitu SGM Bunda Presinutri dengan kemasan yang lebih besar yaitu sebesar 300 gr harganya berkisar Rp 35.150.

Pentingnya Mempelajari Hal Ini Sebelum Memberikan MPASI pada Anak

Kelas Ekonomis

5. SGM Bunda Presinutri

Sumber : GoApotik.com

SGM Bunda mengandung complinutri+ yang mampu menyumbang tinggi nutrisi dan memperbanyak kuantitas ASI, asam folat, DHA, protein zat besi, dan vitamin D3. Vitamin D3 berfungsi untuk mencegah cedera otak pada bayi, selain itu susu SGM Bunda mempunyai kandungan lemak yang rendah sehingga cocok untuk ibu menyusui yang ingin memberikan ASI untuk bayi namun tetap menjaga berat badan ideal. Susu SGM Bunda memiliki tiga varian rasa, yaitu coklat, mangga dan strawberry dan memiliki dua varian ukuran yaitu 150 gr dan 300 gr.

Kelebihan :

  • Satu produk memiliki dua manfaat, yaitu untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Susu ini mempunyai kandungan lemak yang rendah.
  • Dapat dibeli di berbagai Toko Susu, Minimarket hingga Supermarket.

Kekurangan :

  • Setelah kemasan di buka harus habis dalam 5 hari.
  • Review negatif dari beberapa ibu yang sudah pernah mengonsumsi susu ini, antara lain adalah membuat perut menjadi mulas.

Susu menyusui kelas ekonomi di urutan pertama adalah SGM Bunda Presinutri yang memiliki ukuran kemasan sebesar 300 gr. Susu menyusui ini adalah susu yang akan mempermudah ibu tanpa harus mencari-cari susu lanjutan setelah melahirkan, karena susu ini bisa diminum untuk ibu yang sedang hamil dan juga menyusui. Keuntungan lainnya adalah harganya yang cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp 35.150. Apabila SGM Bunda Presinutri dibandingkan dengan SUN IBU, SUN IBU ada dikisaran harga Rp 15.800. SUN IBU sendiri memiliki kualitas dan juga menawarkan rasa yang lebih bervariasi dan unik dibanding SGM Bunda Presinutri.

6. SUN IBU

Sumber : JD.id

SUN yang lebih dikenal dengan produk makanan bayi yang bermutu, sekarang hadir dengan memperkenalkan SUN IBU yang dikhususkan untuk ibu menyusui. Susu SUN IBU mengandung nutrisi penting antara lain DHA dan Choline (Kolin), asam folat (folid acid), Kalsium, prebio FOS, dan daun katuk. DHA, Kolin, dan asam folat merupakan zat gizi yang dapat memaksimalkan pertumbuhan syaraf otak pada bayi, sementara daun katuk memiliki manfaat untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI Ibu. Susu SUN IBU memiliki tiga varian rasa yaitu vanila, cokelat dan cokelat alpukat serta hanya memiliki satu ukuran yaitu 150 gr.

Kelebihan :

  • Dapat dibeli di Minimarket, Supermarket, Toko Susu dan Apotek.
  • Mengandung daun katuk.

Kekurangan :

  • Hanya memiliki satu ukuran.

SUN IBU yang merupakan susu kelas ekonomi yang harganya paling murah yaitu berkisar Rp 15.800 dipasaran. Walaupun harganya yang rendah, kandungan nutrisi didalamnya terbilang lengkap dengan ukuran kemasan yang minimalis. Susu ini tidak kalah dibanding dengan susu kelas ekonomi yang memiliki harga lebih tinggi seperti SGM Bunda Presinutri yang memiliki ukuran kemasan 300 gr dengan kisaran harga Rp 35.150 hingga Rp 38.000.

Menyusui adalah masa terpenting untuk bayi dan juga bonding antara bayi dan ibu. Ada ibu yang memproduksi ASI-nya lancar tanpa hambatan tapi ada juga ibu-ibu (termasuk saya) yang mengalami produksi ASI tidak lancar. Susu menyusui adalah salah satu booster yang sangat membantu untuk ibu-ibu seperti saya yang tidak bisa mengira apakah nutrisi yang saya konsumsi sudah terpenuhi atau belum.

Saya tidak lama mengonsumsi susu menyusui, mungkin hanya 1-2 bulan saja karena ASI saya selalu tidak keluar di awal persalinan. Lalu setelah berapa lama, tanpa minum susu pun produksi ASI saya akan banyak. Saya pribadi lebih memilih susu menyusui yang memiliki rasa unik, kurang menyukai rasa plain dan susu rasa coklat bagi saya terlalu manis. Apalagi dengan susu menyusui dengan rasa buah, saya sangat tidak suka karena membuat eneg. Sayangnya saya sudah lupa dengan merk susu apa yang saya dulu minum selain karena hanya minum sebentar dan terakhir saya minum susu menyusui sekitar 5 tahun yang lalu.

Anda bisa mengecek di website hemat.id untuk produk-produk susu menyusui yang menjadi susu terfavorit dan cari semua promo menariknya di semua Supermarket, Hypermarket, dan Minimarket di daerah Anda. Tuliskan review Anda di kolom komentar di bawah susu menyusui merk apa saja yang pernah Anda coba, dan merk susu menyusui apa yang ingin Anda coba?

Sumber :

1. //alodokter.com/makanan-ibu-menyusui-yang-direkomendasikan

2. //myvmc.com/pregnancy/nutrition-during-breastfeeding/

3. //doktersehat.com/manfaat-vitamin-b-kompleks/