Perbandingan Vitamin Blackmores dan Nutrimax untuk Ibu Hamil

Apakah perjalanan mencari vitamin untuk kehamilan sudah Anda mulai sejak program hamil Sahabat Hemat? Mereka yang mempersiapkan kehamilan dengan intens biasanya melakukan program hamil (promil) yang salah satunya memperhatikan asupan nutrisi yang masuk seperti vitamin. Apalagi jika Anda sudah dinyatakan hamil, yang artinya tubuh Anda harus menyediakan nutrisi untuk dua orang sekaligus.

Baca juga : Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Apa vitamin yang bagus untuk ibu hamil?

Dahulu sekali, saat belum masuk masa industrialisasi, manusia belum mengenal asupan vitamin untuk kehamilan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bervariasi sesungguhnya tubuh Ibu akan mampu menyediakan nutrisi yang cukup untuknya dan juga janinnya. Jadi pilihan mengkonsumsi vitamin setiap hari bukanlah hal wajib. Hanya saja beberapa kondisi membuat Ibu hamil membutuhkan tambahan nutrisi dari vitamin karena sulit memenuhi kebutuhan makanan sehat atau kondisi mual, muntah dan nafsu makan yang berkurang drastis saat hamil. Jadi jika bumil berada dalam kondisi prima, memiliki pola hidup dan pola makan yang sehat, mengkonsumsi vitamin harian Ibu hamil bukanlah hal wajib.

Asam folat

Salah satu suplemen yang sering disarankan untuk program hamil ataupun saat kehamilan adalah asam folat (folic acid). Dilansir dari National Institutes of Health, asam folat adalah salah satu vitamin B komples yang larut dalam air yang disebut juga vitamin B9. Fungsi asam folat ini adalah membentuk sel darah merah, mendukung sistem imun dan membantu pembentukan janin. Hasil penelitian dari Archives of Gynecology and Obstetrics menunjukkan suplementasi asam folat selama kehamilan dapat secara signifikan mengurangi risiko preeklampsia. Selain itu, asam folat yang cukup akan mencegah penyakit cacat bawaan lahir pada saraf dan otak.

Sumber : verywell health

Namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi multivitamin dengan asam folat lebih baik dibandingkan hanya mengkonsumsi asam folatnya saja. Dari kelas holistik yang saya ikuti, asam folat tidak sama dengan folat. Asam folat adalah bentuk sintesis dari folat. Tubuh harus merubah asam folat menjadi folat sebelum digunakan untuk segala proses di dalam tubuh. Proses mengubah asam folat menjadi folat ini membutuhkan makronutrisi dan mikronutrisi lainnya. Maka akan lebih efektif jika mengkonsumi multivitamin yang mengandung asam folat atau suplemen berbentuk methyl folate lalu dilengkapi dengan asupan makanan dengan gizi seimbang.

Baca juga : Awas! Makanan Ini Perlu Dihindari Saat Hamil

a. Ciri ibu hamil kekurangan asam folat

Dari fungsinya ini, kita bisa memahami ciri-ciri kekurangan asam folat berkaitan erat dengan masalah kurang darah atau anemia. Berikut adalah ciri Ibu hamil yang kekurangan asam folat:

  1. Kelelahan. Kondisi ini terjadi karena produksi sel darah merah terhambat.
  2. Anemia megaloblastik. Anemia ini ditandai dengan sel darah merah yang lebih besar dari seharusnya tapi jumlahnya sedikit, berbentuk oval dan memiliki masa hidup yang pendek.
  3. Masalah sistem pencernaan. Beberapa tandanya adalah diare dan masalah lambung seperti maag.
  4. Telinga berdenging atau tinnitus. Kondisi ini terjadi karena anemia yang menyebabkan jantung memompa darah ke otak lebih keras dan prosesnya melewati telinga sehingga menghasilkan suara berdenging.
  5. Palpitasi. Kondisi detak jantung yang tidak teratur akibat harus bekerja lebih keras memompa darah agar oksigen tubuh tercukupi. Biasanya diikuti dengan perasaan sesak karena oksigen dalam darah kurang.
  6. Kulit pucat. Kondisi anemia ditandai dengan kulit yang pucat dan mati rasa di tangan dan kaki.

b. Dosis asam folat untuk ibu hamil

Sama seperti berbagai vitamin lainnya, hal terbaik yang bisa Anda lakukan sebelum mengkonsumsi vitamin adalah melakukan cek laboratorium untuk melihat apakah Anda membutuhkan suplementasi tambahan dan berapa banyak jumlah yang dibutuhkan. Cara kedua adalah dengan menanyakan kepada dokter Anda. Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) tahun 2019, rekomendasi asupan asam folat harian untuk ibu hamil adalah 600 mikrogram/hari hingga usia kehamilan 12 minggu atau sesuai saran dokter. Namun berusaha memenuhi asupan vitamin B9 (asam folat) secara alami adalah jalan paling aman dan minim resiko. Sumber asam folat alami bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan seperti bayam, edamame, hati ayam, hati sapi, selada romaine dan lain-lain pada gambar di bawah ini:

Sumber : healthnutcorner

Dilansir dari alodokter.com, suplementasi asam folat direkomendasikan sejak wanita memasuki masa subur sebanyak 100 mcg per hari atau meningkatkan konsumsi makanan alami tinggi asam folat. Untuk program hamil, Anda disarankan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari dimulai sejak tiga bulan sebelum promil. Dosis maksimum suplemen asam folat harian adalah 1000 mcg (1 mg).

Baca juga : 6 Buah Terbaik yang Perlu Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Vitamin Blackmores untuk ibu hamil

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum membongkar isi di balik suplemen yang hits di kalangan para ibu ini, kenalan dulu yuk dengan brand Blackmores. Blackmores Ltd Australia adalah perusahaan kesehatan asal Australia yang didirikan oleh Maurice Blackmores pada tahun 1932. Blackmores Ltd Australia datang ke Indonesia dan bekerjasama dengan PT. Kalbe Farma Tbk membentuk Kalbe Blackmores Nutrition (KBN). Terdapat 26 produk Blackmores resmi yang bisa Anda dapatkan dari Kalbe Blackmores Nutrition, salah satunya Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.

a. Komposisi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Sumber : blackmores.co.id

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini ditujukan untuk Anda yang sedang melakukan program hamil, sedang menjalani masa kehamilan maupun dalam masa menyusui. Suplemen ini berbentuk kapsul lunak dengan 17 nutrisi esensial dan DHA yang tinggi untuk mendukung perkembangan bayi pada 1.000 hari pertama di dalam rahim. Beberapa komposisi andalan produk ini adalah fish oil, EPA, DHA dan asam folat. Vitamin ini juga dirancang untuk membantu mengatasi anemia atau kurang darah. Berikut daftar komposisi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold :

  • Fish Oil 250 mg – mengandung Omega-3 marine trigliserida 150 mg
  • Eicosapentaenoic acid (EPA) 25 mg
  • Docosahexaenoic acid (DHA) 125 mg
  • Betacarotene (Vitamin A) 2.88 mg
  • Thiamine nitrate (Vitamin B1) 700 µg
  • Riboflavin (Vitamin B2) 700 µg
  • Niasin/nicotinamide 9 mg
  • Pyridoxine HCl (Vitamin B6 950 µg)  1,155 mg
  • Asam folat/folic acid 200 µg
  • Cyanocobalamin (Vitamin B12) 1.5 µg
  • Ascorbic Acid (Vitamin C) 30 mg
  • Colecalciferol (Vitamin D3 200 IU) 5 µg
  • d-alpha-tocopherol (natural Vitamin E) 3.5 mg
  • Calcium Citrate (Calcium 42.5 mg) 201.6 mg
  • Calcium Hydrogen Phosphate (Calcium 77.5 mg) 263.1 mg
  • (Total Calcium 120 mg)
  • Phosphorus (as Calcium Hydrogen Phosphate 263.1 mg) 60 mg
  • Fe (II) fumarate/ferrous fumarate (Iron) 15.7 mg
  • Zinc oxide (zinc 6 mg) 7.44 mg
  • Magnesium oxide heavy (magnesium 52.5 mg) 87.15 mg
  • Potassium Iodide (Iodine 75 mcg) 98.3 mcg

b. Dosis dan harga Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Dosis konsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold adalah 2 kapsul per hari. Suplemen ini tersedia dalam kemasan 60 kapsul yang dibandrol dengan harga Rp 277.500 dan kemasan 120 kapsul yang dibandrol dengan harga Rp 503.500. Pastikan Anda membeli suplemen Blackmores yang asli dari Kalbe untuk menghindari produk yang palsu.

Sumber : kalcare.com

Produk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang dibuat di Indonesia diformulasikan khusus untuk kebutuhan wanita hamil di Indonesia dengan jumlah kalsium dan beta carotene lebih tinggi dibandingkan produk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dari Australia. Selain itu kondisi produk pasti lebih stabil karena proses distribusi yang lebih dekat dan memiliki sertifikasi halal dari MUI.

c. Kelebihan dan kekurangan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Saya pernah mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold selama masa kehamilan dan menyusui untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saya. Menurut saya, kekurangan produk ini ada dua yaitu ukuran kapsul yang lumayan besar dan harga yang lumayan mahal dibanding suplemen kehamilan lainnya.

Sedangkan kelebihannya adalah suplemen ini berbentuk oil yang dikemas dalam softgel kapsul. Suplemen yang mengandung vitamin D yang dikemas berbasis minyak adalah salah satu bentuk terbaik dalam menyajikannya agar mudah masuk ke pembuluh darah. Tidak seperti obat, suplemen biasanya tidak memberi efek samping berbahaya bagi tubuh. Untuk bumil yang super sensitif indra penciumannya, biasanya ada efek samping berupa mual muntah karena bau suplemen. Kabar baiknya Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dibuat dengan fish oil odourless. 

Promo Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold hari ini 23 Apr 2024

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold  60 pcs

Sampai 30 Apr 2024

Alfamart
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold  120 pcs

Sampai 30 Apr 2024

Tip Top
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold  60 pcs

Sampai 30 Apr 2024

Tip Top
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold  60 pcs

Sampai 30 Apr 2024

Lottemart
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold  120 pcs

Sampai 29 Apr 2024

Shopee

Vitamin Nutrimax untuk ibu hamil

Nutrimax diproduksi oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang health food dan skincare yaitu PT Suryaprana Nutrisindo. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1999. Perusahaan ini mendapatkan sertifikat Industri Obat Tradisional (IOT) di tahun 2013 dan sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) pada tahun 2015. Nutrimax sendiri sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2001 dan seluruh produk Nutrimax sudah memiliki sertifikasi halal MUI dan nomor BPOM.

a. Komposisi Nutrimax Mother

Sumber : nutrimax.co.id

Nutrimax Mother dibuat dengan komposisi vitamin & mineral yang diseimbangkan untuk mencukupi kebutuhan gizi semasa promil, masa kehamilan dan menyusui sehingga dapat mengoptimalkan kesehatan ibu dan bayi yang dilahirkan. Seperti suplemen ibu hamil lainnya, Nutrimax Mother tidak hanya ditujukan untuk menutrisi ibu tapi juga bayi. Beberapa komposisi andalan produk ini adalah kandungan vitamin A yang tinggi dan asam folat. Berikut daftar komposisi Nutrimax Mother :

  • Vitamin A (Beta Carotene) 5000 IU
  • Vitamin C (Calcium Ascorbate) 75 mg
  • Vitamin D3 200 IU
  • Vitamin E (dl-alpha tocopherylacetate) 50 IU
  • Vitamin B1 (Thiamine) 7.5 mg – Niacin 20 mg
  • Vitamin B6 (Pyridoxine HCL) 25 mg
  • Folic Acid 400 mcg
  • Vitamin B12 (Cyanocobalamin) 10 mcg
  • Biotin 300 mcg
  • Vitamin B5 (Pantothenic Acid) 12.5 mg
  • Calcium 169 mg
  • Iron 18 mg
  • Phosporus 100 mg
  • Iodine 112.5 mcg
  • Magnesium 112.5 mcg
  • Zinc 7.5 mg
  • Manganese 3 mg
  • Potassium 3 mg
  • Choline 5 mg
  • Inositol 5 mg

b. Dosis dan harga Nutrimax Mother

Nutrimax Mother berbentuk tablet dengan anjuran konsumsi satu tablet per hari. Untuk Anda yang sedang melakukan program hamil, dianjurkan mengkonsumsi Nutrimax Mother sebelum memulai promil. Suplemen ini tersedia dalam kemasan 30 tablet yang dibandrol dengan harga Rp 187.500. Pastikan Anda membeli suplemen Nutrimax Mother yang asli langsung dari distributor resmi Asia Pacific Nutrimax Group untuk menghindari produk yang palsu. Nutrimax Mother adalah suplemen asli asal Indonesia sehingga formulasinya sudah pasti dibuat sesuai untuk para wanita di Indonesia. Selain itu suplemen ini dibuat dan didistribusikan di Indonesia sehingga produk stabil dalam perjalanan.

c. Kelebihan dan kekurangan Nutrimax Mother

Nutrimax Mother dibuat dalam bentuk tablet yang membuat tubuh akan lebih sulit mengakses vitamin D di dalamnya. Suplemen ini juga tidak mengandung fish oil, EPA dan DHA dalam komposisinya. Sedangkan kelebihan dari Nutrimax Mother adalah kadar asam folat yang dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Selain itu, Nutrimax Mother memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dalam komposisinya. Serta dijual dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.

Perbandingan harga Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dan Nutrimax Mother

Harga tentunya menjadi pertimbangan Bunda dalam memilih vitamin ibu hamil karena merupakan pengeluaran sekunder. Berikut saya sajikan tabel perbandingan harga Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dan Nutrimax Mother untuk memudahkan Anda memilihnya.

Perbandingan harga Blackmores Pregnancy vs Nutrimax Mother per pcs hari ini 23 Apr 2024
Produk Varian Harga terendah Rata-rata harga per pcs
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 120 pcs Rp442.200
Rp3.685 / pcs
Rp3.736
Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 60 pcs Rp230.500 Rp4.355

Dengan dosis konsumsi 2 kapsul per hari untuk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Sedangkan untuk Nutrimax Mother 1 tablet per hari.

Perbandingan komposisi utama Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dan Nutrimax Mother

Untuk melihat perbandingan nutrisi yang terkandung dalam kedua vitamin ibu hamil ini, berikut saya sajikan tabel perbandingan kandungan nutrisinya.

Komposisi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold Nutrimax Mother
Asam folat 200 mcg 400 mcg
Vitamin D3 200 IU 200 IU
Vitamin E 5.21 IU 50 IU
Vitamin C 30 mg 75 mg
Vitamin A 2.88 mg 5000 IU
EPA 25 mg
DHA 125 mg
Fish oil 250 mg
Kalsium 120 mg 169 mg
Iron 15.7 mcg 18 mg
Zinc 7.44 mg 7.5 mg

Kesimpulan

Semoga artikel ini bisa membantu para Bunda memilih suplemen yang tepat ya. Saya pribadi lebih memilih Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold tapi yang diproduksi di dalam negeri karena kandungannya lebih lengkap dan berbentuk oil dalam kapsul sehingga lebih mudah dicerna tubuh. Tapi semua kembali kepada kebutuhan masing-masing orang dan jangan lupa meminta saran dokter Anda untuk hasil yang tepat guna. Jangan lupa temukan promo menarik di hemat.id dan aplikasi kliptalog ya sahabat hemat. Salam sehat 🙂

Sumber :

  1. cdc.gov
  2. ncbi.nlm.nih.gov
  3. blackmores.co.id
  4. nutrimax.co.id