Perbedaan Clover Honey dengan Madu Lainnya

Mungkin ada beberapa pertanyaan ya tentang madu yang sedang hits ini. Apa sih clover honey ini? Apa sih kehebatannya? Apa sih perbedaanya dengan madu lain? Saya pun memiliki pertanyaan seperti itu. Terlebih di masa pandemi seperti ini, jika ada produk yang mengklaim bisa memperkuat sistem imun dan bersumber dari bahan alami, saya pasti langsung tertarik untuk mencobanya. Iya apa iya?

Saya pertama kali mendengar clover honey karena viral di Instagram salah satu artis papan atas Indonesia. Tapi sebelum memutuskan untuk membelinya, yuk kenalan dulu dengan si clover honey ini. Seperti apa spesifikasinya, apakah kita memang butuh dan berapa sih range harganya.

Sesuai namanya, clover honey, madu ini berasal dari jenis lebah yang mengambil nektar dari clover atau bunga semanggi. Bunga Semanggi mudah ditemukan di daerah pematang sawah atau tepi saluran irigasi di Indonesia. Bunga yang sering menjadi makanan kesukaan lebah ini memiliki nama latin Trifolium pratense L yang memiliki lebih dari 300 spesies. Karena mudah tumbuh dimana saja dan sepanjang tahun, maka produksi madu clover honey akan berlimpah karena tidak tergantung musim, apalagi di Indonesia. 

Sumber : pexels.com

Ciri utama clover honey adalah warnanya yang terang dan lebih bening dibanding madu lainnya serta memiliki teksture lembut dan rasa yang ringan khas floral. Untuk orang – orang yang sulit mengkonsumsi madu karena rasanya yang berat dan lengket bisa mencoba mengkonsumsi madu ini atau bisa dicampurkan ke makanan atau minuman tanpa mengubah rasa makanan. Madu ini cepat meleleh dimulut sehingga tidak terasa kental dan lengket saat ditelan. Satu sendok makan clover honey mengandung 17 gram karbohidrat, 60 kalori, 0 gram protein dan 0 gram lemak.

Clover honey mengkristal lebih cepat dibandung madu lainnya karena kandungan glukosanya lebih tinggi dibanding fruktosa. Tipe madu lain memiliki kandungan fruktosa lebih tinggi dibanding glukosa sehingga tidak mengalami proses kristalisasi. Tapi Anda bisa mengatur proses penyimpanan clover honey dengan cara menghindari suhu rendah, cukup simpan di suhu ruang atau lokasi yang agak hangat. Dan pilih kemasan kaca karena kelembaban mempengaruhi proses kristalisasi dan kemasan kaca bisa mencegahnya. 

Yang perlu dicatat adalah bahwa semua madu tidak memiliki masa kadaluarsa ya Sahabat Hemat. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang tinggi sudah cukup menjadi pengawet untuk madu dan lebah juga terkenal sangat higienis dalam proses menghasilkan madu di sarangnya. Madu sendiri terdiri dari 70% gula dan 20% air.

Baca juga manfaat ajaib madu untuk kesehatan

Kelebihan dan Kekuranga Raw Honey dan Madu Pasteurisasi

Clover honey bisa dijual dalam bentuk raw honey dan madu pasteurisasi. Saya pribadi lebih memilih raw honey daripada madu pasteurisasi karena pada proses pasteurisasi tersebut madu pasti mengalami penurunan nutrisi. Saya percaya sistem sterilisasi yang dibuat oleh lebah sudah lebih dari cukup untuk menjaga bakteri tidak tumbuh dan juga madu memang memiliki sifat antibakteri. Tapi memang disarankan untuk anak dibawah satu tahun untuk tidak mengkonsumsi madu karena dikhawatirkan ada spora bakteri Clostridium botulinum yang ikut di dalam produk madu dan berkembang pada sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Spora adalah cangkang bakteri (bukan bakteri) yang bisa menyebabkan masalah pencernaan pada bayi. Spora ini baru bisa hilang saat dipanaskan diatas suhu 120OC selama 15 menit.

Madu komersial di toko biasanya sudah mengalami pasteurisasi. Seperti susu, madu pun dikemas dengan melewati proses pasteurisasi terlebih dahulu agar mudah dikemas, terlihat lebih bersih, memperlambat proses kristalisasi, menonaktifkan enzim dan menurunkan kadar air. Proses pasteurisasi ini bisa menghancurkan vitamin, antioksidan, mineral dan antibiotik dari madu mentah (raw honey) sehingga kandungan nutrisinya tidak utuh lagi. Madu pasteurisasi biasanya mengandung air dibawah 20% untuk menonaktifkan enzim didalam madu. Karena pada raw honey (madu mentah) biasanya enzim yang aktif akan menimbulkan buih yang bisa membuat madu menghasilkan gas dan beresiko kemasan madu meledak.

Disamping segala kelebihan clover honey diatas, madu dengan tampilan warna lebih gelap dan rasa yang lebih kaya biasanya memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak sehingga lebih potensial digunakan untuk pengobatan. Seperti buckwheat honey dan manuka honey yang dikenal memiliki efek medis yang lebih baik dibandingkan clover honey.  Jadi jika Sahabat Hemat mengonsumsi madu dengan tujuan pengobatan, pilihlah raw honey dari jenis madu dengan warna lebih gelap dan rasa yang lebih pekat. Saat membeli madu, hal pertama yang menjadi patokan saya adalah kondisi madunya, bukan jenis madunya. Saya akan memilih raw honey, karena apapun jenis madunya, jika masih dalam kondisi mentah (raw honey), saya akan mendapatkan nutrisi yang optimal.

Perbedaan Clover dan Manuka Honey

Berikut saya sajikan perbandingan clover honey dengan madu lain. Saya memilih Manuka honey sebagai perbandingannya. Harga akan berbeda – beda tergantung brand ya Sahabat Hemat.

Dari segi harga tidak jauh berbeda ya Sahabat Hemat. Sebenarnya madu apapun baik untuk imun booster, karena sejatinya madu memiliki banyak sekali nutrisi dan merupakan makanan yang disunahkan Rasul. Sahabat hemat bisa sesuaikan kebutuhan madu dengan budget yang ada dengan cara mengobservasi harga madu di supermarket kesayangan Anda melalui hemat.id ataupun aplikasi kliptalog. Semangat sehat yuk.

  1. idnmedis.com
  2. steemit.com
  3. healthline.com
  4. eprints.undip.ac.id

Dapatkan Panduan Belanja Hemat dalam Newsletter Hemat.id!