Perlengkapan Yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Persalinan

Saat umur kehamilan sudah memasuki trimester ke-3 selain mempersiapkan diri dengan melakukan olahraga yang berguna untuk memperlancar persalinan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan menjelang persalinan.

Pertama kali saya melahirkan anak pertama, saya merasa masih sangat kurang dalam persiapan. Barang-barang yang di bawa pada saat itu banyak yang tidak terpakai dan justru barang yang dibutuhkan tidak saya bawa serta. Jadi kali ini saya akan mencoba menyempurnakan persiapan yang perlu anda bawa bila menjelang persalinan :

Untuk Ibu :

1. Pakaian berkancing dan bra menyusui

Bra menyusui dan juga pakaian berkancing dapat mempermudah saat akan menyusui, persiapkan untuk menginap di rumah sakit atau di bidan maksimal 2-3 hari.

2. Pembalut nifas

Biasanya, baik anda melahirkan di rumah sakit maupun di bidan maka anda akan mendapatkan pembalut nifas, tapi ada baiknya untuk tetap mempersiapkan dan berjaga-jaga.

3. Minuman kesukaan

Saat melahirkan saya selalu siap Pocari Sweat atau pun jus, pokoknya siapkan minuman yang anda suka dan dapat membuat anda segar.

4. Musik favorit

Saat pembukaan sudah mendekati 8 atau 9 biasanya kontraksinya sudah mulai terasa lebih intens, dekat, dan lama. Saat seperti inilah biasanya saya mendengarkan lagu-lagu kesukaan atau lagu-lagu rohani.

5. Sarung

Memakai sarung saat melahirkan sangat fleksibel, karena akan sangat mempermudah anda dalam bergerak dan juga saat akan melahirkan.

6. Kamera/handphone

Untuk mengabadikan momen saat melahirkan dan setelahnya.

7. Perlengkapan mandi dan alat make up

Pada umumnya kita akan menginap minimal 1-2 hari, baik di rumah sakit maupun jika melahirkan di bidan. Jangan lupa tetap menghias wajah anda agar terlihat lebih segar dan selalu photo ready ?.

Promo Perawatan Kesehatan dan Kecantikan Selengkapnya Di Sini

8. Dokumen penting

Bawa KTP, buku pemeriksaan kehamilan dan dokumen kelengkapan lainnya untuk mempermudah pendaftaran dan juga urusan pembayaran nantinya.

9. Korset atau stagen

Berguna untuk membedong perut ibu setelah melahirkan.

Untuk Bayi :

1. Susu Newborn

Berdasarkan pengalaman pribadi, saat hamil mungkin saya kurang menstimulasi agar ASI langsung bisa keluar saat bayi saya sudah lahir. Jadi saat bayi sudah lahir dan ASI belum keluar, untuk mencegah agar bayi tidak dehidrasi susu newborn adalah solusinya. Suapi bayi dengan sendok lalu tetap susui bayi setelahnya untuk membantu ASI keluar.

2. Diaper Newborn

Siapkan 1 bungkus diaper newborn untuk bayi yang berisi 10-15 pc saja.

3. Pakaian Bayi

Bawa seperlunya, sekitar 2-4 pasang baju saja.

4. Bedong

Memakaikan bedong pada bayi pada dasarnya akan berguna untuk menghangatkan bayi. Ada yang tidak menyarankan untuk menggunakan selimut pada bayi karena takut saat bayi menggerakkan tangan, bayi tidak sengaja menutup hidung atau kepalanya.

5. Perlengkapan lainnya

Persiapkan sarung tangan dan sarung kaki bayi, topi, handuk, perlengkapan mandi (sampo dan sabun bayi) dan perlengkapan setelah mandi (minyak telon, bedak, dan hair lotion) hingga tisu basah.

Perlengkapan Bayi dengan Harga Terhemat

6. Gendongan

Berguna untuk menggendong bayi saat akan pulang kerumah.

7. Kendi

Kalau ini optional, jika anda melahirkan di rumah sakit biasanya ari-ari bayi akan di urus oleh rumah sakit tapi jika di bidan biasanya kita yang membawa pulang ari-ari dan di kubur di perkarangan rumah.

Anda tidak perlu bingung untuk melengkapi daftar barang-barang yang harus di bawa menjelang persalinan di atas. Cukup dengan membuka website hemat.id temukan susu newborn, perlengkapan bayi yang sedang ada promo hemat di semua supermarket, hypermarket dan minimarket di daerah anda.

Apakah anda mau menambahkan daftar di atas? Silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah barang apa lagi yang sebaiknya di bawa menjelang persalinan dan tuliskan alasannya.