Pilihan AC Dengan Filter Anti Bakteri & Virus

Umumnya kita lebih mengenal AC sebagai alat yang dapat memberikan kesejukan pada suatu ruang, tapi sebenarnya manfaat AC tidak hanya itu. Filter udara yang terdapat pada AC dapat membantu dalam menghambat virus yang ada di udara, terutama jika dilengkapi dengan filter MERV-13 atau lebih tinggi. MERV (Minimum Efficiency Reporting Value) merupakan filter udara yang dinilai memiliki daya tahan terhadap partikel kecil. Untuk yang lebih tinggi, ada filter udara lainnya yang bernama HEPA (High Efficiency Particulate Air. HEPA sudah terdapat di ruang steril operasi yang berguna untuk menghambat penularan penyakit di rumah sakit.

Filter udara HEPA diklaim mampu menghilangkan 99,97 persen debu, jamur, bakteri, serbuk sari dan partikel udara lainnya hingga sekecil 0,3 mikro. Sedangkan partikel virus corona diyakini diperkirakan memiliki ukuran antara 0,06 hingga 1,4 mikro sehingga filter udara seperti ini diyakini mampu menghambat hampir semua jenis partikel di udara, menurut peneliti kesehatan lingkungan Harvard dan Direktur program Healthy Buildings di Harvard T.H. Cahn School Of Public Health, Jodeph Gardner Allen¹

Tapi filter udara HEPA tidak bisa diterapkan di semua rumah pribadi, perkantoran, maupun pertokoan karena dinilai tidak selalu layak dan praktis, Allen lebih menyarankan untuk menggunakan filter udara MERV 13. Apalagi karena sekarang kegiatan kita sangat terbatas dan kebanyakan aktivitas kita berada di rumah saja, maka membuat rumah sebagai tempat yang aman dan nyaman rasanya tidaklah berlebihan.

Menurut EPA United States Unvironmental Protection Agency filter penyaring udara dengan efisiensi tinggi belum cukup untuk melindungi dari penularan COVID-19, akan jauh lebih baik jika dibarengi dengan menjalankan rekomendasi-rekomendasi dari CDC, SATGAS COVID, dan lembaga kesehatan masyarakat lainnya, salah satu rekomendasi pentingnya adalah menjaga jarak sosial dan pemakaian dua masker. Dengan melakukan ini penyaringan dapat mengurangi potensi penularan COVID-19 di dalam ruangan yang menggunakan AC .

Berikut beberapa rekomendasi AC yang tidak hanya dapat mendinginkan tapi juga dilengkapi dengan filter anti bakteri atau anti virus:

Sumber : Courts.co.id

 

  • PANASONIC AC STANDART 2 PK CS/CU-PN18WKJ

Dilengkapi dengan teknologi nanoe G dan nanoe™ X yang revolusioner berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap, menghambat virus dan bakteri, serbuk sari, jamur, dan partikel penyebab alergi lainnya hingga 99%. Dapat menghilangkan debu di udara hingga sekecil PM2,5 sehingga ruangan menjadi segar dan bersih, bahkan dengan teknologi NanoeTM ini dapat melembapkan kulit wajah dan rambut Anda.

AC PANASONIC CS/CU-PN18WKJ SI-BIRU yang memberikan pendinginan lebih cepat 18% tapi tetap hemat listrik karena pemurnian udara ini bisa ON selama 24 jam hanya 25 watt/jam walaupun AC dalam kondisi OFF. AC ini juga memeliki fitur yang tahan dari korosi udara, yaitu blue fin evaporator karena sifatnya yang hydriphilic. Bagian u-bend dari evaporator juga dilengkapi daya tahan terhadap risiko kebocoran, yaitu blue coating.

Konsumsi listrik sebesar 1.660 Watt, dimensi unit indoor (High x Wide x Depth) : 30 x 110 x 22 mm, dan kapasitas pendinginan 18.000 BTU/hari diperkiraan AC ini cocok diletakkan di ruangan dengan ukuran luas sampai dengan 36m².

Beli Promo PANASONIC CS/CU-PN18WKJ di Courts BTM

Beli Promo PANASONIC CS/CU-PN18WKJ di Courts Bintaro

Beli Promo PANASONIC CS/CU-PN18WKJ di Courts Ciledug

Beli Promo PANASONIC CS/CU-PN18WKJ di Courts Megastore KHI

Beli Promo PANASONIC CS/CU-PN18WKJ di Courts MBH

 

Sumber : www.samsung.com
  • Samsung AR05 TGHQASINSE

AC Samsung AR05TGHASINSE dapat mendinginkan seluruh ruangan dengan cepat, model pendinginan yang cepat dioperasikan dengan kecepatan kipas yang lebih cepat. Hal ini membuat kita memperoleh suhu ruangan yang di set dengan segera. Dilengkapi dengan HD Filter yang dapat menangkap partikel seperti debu, sebuk sari, spora jamur, bahkan bulu hewan peliharaan. Jadi udara yang dihasilkan benar-benar sehat dan bebas bakteri dan virus.

HD Filter-nya pun sangat mudah untuk dibersihkan, Anda tinggal mencucinya di bawah air mengalir sampai semua kotoran bersih kemudian memasangnya kembali. Dilengkapi juga dengan mode tidur nyaman yang dapat diatur secara otomatis dan dapat menyesuaikan suhu untuk dapat menciptakan suasana tidur yang lebih nyaman dengan suhu yang ideal untuk setiap tahap sirkulasi tidur Anda.

Terdapat ayunan otomatis yang dapat mengontrol arah aliran udara ke 2 arah, sehingga udara sejuk cepat dan merata ke seluruh ruangan. AC ini juga dibuat dengan bahan yang tahan korosi untuk mencegah karat pada kondensor, fitur ini disebut dengan DuraFin+. Fitur ini juga dapat mengoptimalkan kinerja heat exhanger. Memiliki dimensi (W x H x D) : 681 x 285 x 434 mm dan konsumsi daya 350 watt.

Beli Promo Samsung AR05 TGHQASINSE di Courts BTM

Beli Promo Samsung AR05 TGHQASINSE di Courts Bintaro

Beli Promo Samsung AR05 TGHQASINSE di Courts Ciledug

Beli Promo Samsung AR05 TGHQASINSE di Courts Megastore KHI

Beli Promo Samsung AR05 TGHQASINSE di Courts MBH

Sumber : www.Daiki.com
  • DAIKIN STC15NV

Dilengkapi dengan saringan pemurni udara yang berfungsi untuk menghilangkan bau fotokatalitik yang dapat menghambat partikel mikroskopis serta menghilangkan bakteri dan virus. Desainnya yang kecil dan lebih simpel sangat cocok dipasang di rumah yang memiliki desain minimalis sehingga tampilan ruang akan menyatu.

Walau desainnya kecil hembusan udara sejuk yang dihasilkan AC Daikin STC15NV ini cukup bertenaga sehingga dapat menjangkau lebih luas dan cepat mendinginkan ruangan. Disertai penyebaran udara ke atas dan ke bawah secara otomatis melalui fitur Vertical Auto Swing membuat ruangan lebih sejuk. Konsumsi daya listrik sebesar 340 watt, dimensi (L x W x H) : 30 x 80 x 20 cm dan berat 15 kg.

AC ini menggunaan freon R32, yang memiliki kualitas ramah lingkungan. Freon jenis ini mempunyai angka indeks dingin yang jauh lebih tinggi sehingga memberikan kesejukan yang maksimal di saat cuaca di luar sedang panas.

Beli Promo DAIKIN STC15NV di Courts BTM

Beli Promo DAIKIN STC15NV di Courts Bintaro

Beli Promo DAIKIN STC15NV di Courts Ciledug

Beli Promo DAIKIN STC15NV di Courts Megastore KHI

Beli Promo DAIKIN STC15NV di Courts MBH

Sumber : www.Courts.co.id
  • BEKO BSVOA 090/BSVOA 091

AC BEKO BSVOA 090/BSVOA 091 dilengkapi dengan HD Filter penyaring partikel debu yang berukuran sangat kecil dan silver ion filter + active, sehingga hembusan udara yang dihasilkan bersih dan segar. Fitur carbon filter dapat menghambat pertumbuhan kuman seperti virus, bakteri, jamur serta partikel penyebab alergi lainnya dan menghilangkan bau tak sedap.

Unit indoor sudah dilapisi dengan gold guard yang dapat menjaga evaporator dari karat dan penyebab kebocoran pada AC, terdapat auto clean dan jet cool yang dapat menaikkan suhu dengan lebih cepat. Konsumsi daya listrik hanya sebesar 284 – 707 watt, dengan dimensi unit indoor (P x L x T) : 83.5 x 19.8 x 29.7 cm dan berat 3 kg.

Beli Promo BEKO BSVOA 090/BSVOA 091 di Courts BTM

Beli Promo BEKO BSVOA 090/BSVOA 091 di Courts Bintaro

Beli Promo BEKO BSVOA 090/BSVOA 091 di Courts Ciledug

Beli Promo BEKO BSVOA 090/BSVOA 091 di Courts Megastore KHI

Beli Promo BEKO BSVOA 090/BSVOA 091 di Courts MBH

www.Courts.co.id
  • Toshiba AC Fixed Speed 1 PK RAS-09J2KG-IDE

AC Toshiba RAS-09J2KD-IDE menggunakan Gold Fin pada unit indoor dan outdoor-nya yang berfungsi untuk mencegah karat, korosi dan penumpukan debu atau kotoran. Dilengkapi juga dengan High Density Filter dan double filter yang sangat berguna untuk membersihkan udara dari debu, virus dan partikel kotoran lainnya.

Konsumsi daya listriknya sebesar 760 watt, memiliki dimensi (L x W x H) : 29 x 80 x 19 cm, berat 9 kg, dan kapasitas pendinginan sebesar 9.000 BTU/h yang diperkirakan AC ini dapat di gunakan di ruangan dengan ukuran 12 sampai dengan 16m2

Terdapat fitur follow me yang dapat mendeteksi suhu udara sehingga AC dapat menyesuaikan ke suhu yang diinginkan agar suhu ruangan lebih nyaman, serta tidak berisik karena terdapat silence function. AC ini di rancang untuk memberikan tidur yang berkualitas dimalam hari, dengan menurunkan suhu saat Anda merasa dingin dan menaikkan suhu saat Anda merasa kepanasan.

Beli Promo Toshiba RAS-09J2KD-IDE di Courts BTM

Beli Promo Toshiba RAS-09J2KD-IDE di Courts Bintaro

Beli Promo Toshiba RAS-09J2KD-IDE di Courts Ciledug

Beli Promo Toshiba RAS-09J2KD-IDE di Courts Megastore KHI

Beli Promo Toshiba RAS-09J2KD-IDE di Courts MBH

 

Menggunakan AC yang sudah dilengkapi dengan filter udara yang baik boleh saja digunakan untuk memberikan rasa tenang dan menurunkan risiko penularan virus COVID-19 di lingkungan keluarga, tapi mengutamakan protokol kesehatan dengan menggunakan double masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan mendesak adalah kewajiban kita untuk selalu di laksanakan agar pandemi ini segera berlalu dan kita bisa memulai kehidupan kita dengan kondisi yang baru.

Jika Anda sudah memiliki AC di rumah tapi belum di lengkapi dengan filter udara sekaliber MERV, HEPA, atau setaranya Anda bisa membeli filter udaranya saja yang bisa didapatkan di beberapa toko e-commerce favorit Anda, dan pastikan filter udara yang akan Anda beli kompertabel dengan AC yang ada di rumah. Selain itu rutin melakukan perawatan dan mencuci unit AC juga akan membuat kualitas udara yang di keluarga AC menjadi baik dan tentu saja bonusnya AC Anda berumur panjang. 

Bagikan cerita dan pengalaman Anda dalam melindungi lingkungan keluarga Anda dari virus corona? Tulis pada kolom komentar di bawah ini yaa.


Sumber :

  1. https://www.hsph.harvard.edu/news/features/coronavirus-covid-19-press-conference-with-joseph-allen-07-21-20/
  2. https://www.instagram.com/p/B-UieTUD42A/?utm_source=ig_embed&ig_rid=31a61aea-82cb-4b2e-846f-81727cea55e8
  3. https://cekfakta.tempo.co/fakta/752/fakta-atau-hoaks-benarkah-who-sebut-penularan-corona-tak-lagi-hanya-lewat-droplet-tapi-juga-udara