Rekomendasi Penyedot Debu dan Air Purifier Agar Bersih-Bersih Rumah Lebih Mudah

Menjelang perayaan Imlek 2023, bersih-bersih rumah menjadi salah satu kegiatan sebelum tahun baru cina tiba. Namun bagaimana jika Anda tidak punya banyak waktu untuk bersih-bersih, tapi ingin rumah lebih bersih dan sehat? Caranya mudah! Anda cukup menyiapkan alat elektronik canggih dan multifungsi yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan rumah lebih efektif dan efisien. Vacuum Cleaner dan Air Purifier adalah solusinya. Keduanya dapat saling berkontribusi untuk menciptakan rumah yang bersih dan sehat.

Tidak memerlukan biaya mahal untuk mendapatkan alat ini. Seiring berkembangnya teknologi, Vacuum Cleaner dan Air Purifier hadir dengan versi yang lebih canggih dan terjangkau masyarakat. Nah supaya tidak salah pilih, penulis akan mengulas berbagai macam merk Vacuum Cleaner dan Air Purifier terbaik untuk meringankan pekerjaan rumah Anda.

Penyedot debu atau penghisap debu biasa dikenal dengan nama Vacuum Cleaner. Pada awalnya, vacuum cleaner diartikan sebagai pembersih karpet atau Carpet Sweeper yang artinya penghisap debu. Mayoritas rumah yang memiliki karpet di Indonesia, biasanya memiliki vacuum cleaner.

ilustrasi pribadi

Apa saja fungsi penghisap debu?

Sesuai dengan namanya penghisap debu atau vacuum cleaner berfungsi untuk menyedot debu yang ada di ruangan. Selain itu, vacuum cleaner juga memiliki fungsi yang lebih spesifik seperti:

  • Mencegah debu dan kotoran berterbangan di udara.
    Membersihkan debu dan kotoran menggunakan sapu maupun kemoceng beresiko menerbangkan debu dan kotoran di udara. Jadi meskipun lantai terlihat bersih, justru udara menjadi tercemar dan ruangan Anda belum bersih optimal. Membersihkan debu dan kotoran yang sudah berterbangan tentunya lebih sulit ya. Nah untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran tersebut tanpa harus membuatnya bertebangan di udara.
  • Mudah menjangkau sudut ruangan.
    Bersih-bersih rumah tentunya tidak boleh meninggalkan sedikitpun ruang yang tersisa. Akan tetapi, ada beberapa area yang sulit dibersihkan seperti kolong kasur, kolong sofa, kolong meja, dan bagian bawah furniture lainnya. Jangan khawatir! Dengan vacuum cleaner Anda dapat menjangkau sudut ruangan yang sulit dijangkau. Mayoritas jenis alat ini memiliki pipa yang panjang dan fleksibel, dengan mudah Anda bisa membersihkan bagian tersulit di ruangan Anda dengan optimal.
  • Dapat membersihkan berbagai bahan.
    Awalnya dikenal sebagai alat pembersih karpet. Semakin dikembangkan dengan teknologi canggih, saat ini vacuum cleaner bisa membersihkan segala macam tempat dari debu dan kotoran yang menempel. Lantai, Sofa, Kasur, Gorden dan lain-lain bisa menjadi lebih bersih dengan bantuan vacuum cleaner. Betapa mudah dan multifungsi bukan?
  • Meminimalisir gangguan pernapasan dan alergi kulit.
    Dari mana asalnya gangguan pernapasan dan alergi kulit? Salah satu faktor penyebabnya adalah paparan debu yang berlebihan? Meskipun berukuran kecil, debu juga bisa berdampak pada kesehatan lho. Paparan debu yang masuk ke saluran pernapasan dalam jangka panjang, dapat menimbulkan gangguan pada sistem pernapasan. Semakin kecil ukuran partikel pada debu, maka akan semakin berdampak besar pada gangguan sistem pernapasan.

Paparan debu yang menumpuk juga bisa mengakibatkan timbulnya tungau penyebab alergi pada kulit. Sebelum debu di ruangan Anda mencemari udara dan sekitarnya, sebaiknya segera bersihkan secara efektif. Gunakan vacuum cleaner karena bisa membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di sekitar Anda.

Free photo closeup of a vacuum cleaner at a living room
sumber gambar : freepik.com

Vacuum cleaner bisa untuk membersihkan apa saja?

Vacuum cleaner memang dikenal sebagai alat pembersih lantai dan karpet. Selain itu, masih banyak media lainnya yang bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Apa saja contohnya? Mari kita bahas satu per satu pada ulasan di bawah ini:

  • Membersihkan lantai.
    Tentunya sudah biasa ya melihat vacuum cleaner untuk membersihkan lantai. Karena membersihkan lantai dengan peralatan konvensional seperti sapu terkadang tidak efektif, maka menggunakan vacuum cleaner adalah solusinya. Anda juga bisa menjangkau sudut lantai yang sulit digapai dengan vacuum cleaner karena bentuknya yang praktis dan fleksibel.
  • Membersihkan karpet.
    Jika Anda masih membersihkan karpet dengan mengepakkan sapu pada permukaannya, sebaik segera hentikan. Hal tersebut dapat memicu debu dan kotoran yang berterbangan di udara, sehingga berisiko masuk ke saluran pernapasan dan mengganggu kesehatan Anda. Selain itu, debu yang berterbangan juga berbahaya untuk kesehatan kulit dan mata karena dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya mulai gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet karena bisa membersihkan debu tanpa mencemari udara di rumah Anda.
  • Membersihkan bagian dalam mobil.
    Selain bisa digunakan di dalam rumah, vacuum cleaner juga dapat membantu membersihkan bagian dalam mobil Anda. Bukan hanya debu, kotoran sisa makanan dan remah-remah kecil juga bisa dibersihkan dengan alat ini. Mulai dari bagian kursi mobil, kolong kursi, dan sudut-sudut yang sulit dijangkau bisa diselesaikan dengan alat multifungsi ini.
  • Membersihkan tirai atau gorden.
    Jangan hanya fokus pada kotoran di lantai, kotoran yang menempel pada tirai atau gorden Anda juga perlu diperhatikan. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan tirai secara praktis tanpa harus melepasnya dari gantungan.
  • Membersihkan dinding.
    Bagian sudut dinding yang jarang dibersihkan pasti akan menimbun debu dan sarang laba-laba. Sebaiknya segera dibersihkan agar tidak mengotori ruangan Anda. Vacuum Cleaner juga dapat membersihkan dinding rumah Anda lho, jadi jangan khawatir ya karena alat ini selalu mempermudah pekerjaan rumah Anda.

Apakah vacuum cleaner bisa menyedot air?

Kekuatan daya hisap pada vacuum cleaner memang memungkinkan untuk menghisap air, namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Air yang masuk ke dalam vacuum cleaner berpotensi merusak mesin yang ada di dalamnya. Gunakan alat ini sebagaimana mestinya yaitu untuk menyedot debu, kotoran, bulu halus binatang peliharaan, dan lain-lain agar tetap awet dan bekerja dengan optimal. Namun, saat ini sudah vacuum cleaner sudah dikembangkan dengan mode wet vacuum sehingga bisa menghisap permukaan basah dari percikan air. Pastikan baca terlebih dahulu fitur yang tersedia pada vacuum cleaner Anda apakah jenisnya dry vacuum atau wet vacuum.

Apakah perbedaan dry vacuum dan wet vacuum?

Sesuai dengan maknanya dry vacuum yaitu vakum kering yang berarti hanya dapat membersihkan permukaan atau media yang tidak mengandung air, seperti karpet, tirai, lantai yang tidak basah. Sebaliknya wet vacuum adalah cara kerja pada vacuum cleaner yang dapat membersihkan permukaan yang basah.

Baca juga 5 Alasan Kenapa Anda Butuh Vacuum Cleaner

Cara menggunakan vacuum cleaner dengan benar agar tidak cepat rusak

Bagi yang belum pernah menggunakan vacuum cleaner, pasti sedikit bertanya-tanya bagaimana cara menggunakannya? Meskipun alat ini sangat praktis, cara menggunakannya juga harus sesuai agar lebih optimal dan tidak cepat rusak. Nah silahkan di simak beberapa tips menggunakan vacuum cleaner secara efektif :

  1. Kosongkan tabung penampung.
    Biasakan untuk membersihkan tabung penampung kotoran jika sudah terisi satu per tiga bagian. Sebaiknya segera lakukan sebelum tabung terisi penuh. Jika Anda menggunakan vacuum cleaner dalam kondisi tabung yang penuh, maka daya hisapnya akan berkurang dan menurunkan kinerjanya.
  2. Sesuaikan noozle yang akan digunakan.
    Sebelum membersihkan objek, perhatikan jenis noozle yang akan digunakan. Perhatikan tata cara yang ada di buku petunjuk. Jika Anda ingin membersihkan karpet, gunakan noozle berbentuk sikat. Sedangkan untuk lantai, gorden, sofa dan lain-lain bisa gunakan noozle berbentuk tabung.
  3. Bersihkan dengan cara dua arah.
    Cara ini mampu mempersingkat waktu Anda untuk bersih-bersih karena debu dan kotoran yang diserap lebih banyak. Jika Anda memulai bersih-bersih dengan gerakan dari bawah ke atas, maka lanjutkan dengan arah sebaliknya yaitu atas ke bawah. Cara membersihkan dua arah lebih efektif dan efisien.
  4. Lakukan bersih-bersih secara perlahan.
    Lakukan bersih-bersih dengan perlahan saat menggunakan vacuum cleaner. Jika Anda terburu-buru saat menggunakannya, maka debu dan kotoran yang dihisap oleh alat ini tidak akan banyak. Alhasil ruangan yang ingin Anda bersihkan menjadi kurang optimal.
  5. Jangan lupa matikan alat.
    Pastikan segera matikan vacuum cleaner setelah selesai digunakan. Jangan lupa cabut kabel dan simpan di tempat aman. Jika Anda lupa mematikannya maka akan beresiko alat menjadi panas, dan memakan daya listrik lebih banyak.
Photo air purifier in house room for freshing air
sumber gambar : freepik.com

Apakah air purifier bisa menyerap debu?

Air Purifier adalah alat penjernih udara yang bekerja dengan cara menyaring udara kotor dan membasmi kuman dan bakteri yang berkembang di udara. Alat ini dapat menarik dan menjebak debu dengan filter di dalamnya. Pada air purifier terdapat tiga filter yang dapat menyaring debu yang mengandung alergen (zat yang menyebabkan alergi), asap, bau menyengat, dan lain-lain. Debu yang diserap oleh air purifier akan terjebak pada bagian yang bernama pre-filter, bahkan dapat menyaring debu yang terkecil hingga terbesar berukuran 500 mikron. Pada bagian ini biasanya menyatu dengan bagian utama sehingga Anda tidak perlu menggantinya, cukup dibersihkan saat debunya sudah banyak.

Bisakah air purifier menghilangkan debu?

Tentunya bisa, karena debu yang diserap oleh Air Purifier akan disaring kembali menjadi partikel yang lebih kecil. Jika debu sudah terjebak di dalam Air Purifier tentunya tidak akan keluar lagi mengotori udara di ruangan Anda.

Perlukan air purifier di kamar?

Tentu saja! Tahukah Anda polusi udara di dalam ruangan bisa lebih buruk dibandingkan polusi udara di luar ruangan? Menurut Environmental Protection Agency of America (EPA) polusi udara di dalam ruang berada di posisi ketiga yang dapat mempengaruhi kesehatan. Bahkan kualitas udara bisa 2-5 kali lebih buruk dibandingkan dengan udara di luar. Hal ini terjadi apabila di dalam ruangan tidak terdapat ventilasi udara yang baik, sehingga udara yang sudah tercemar dari luar terjebak di dalam ruangan, termasuk kamar tidur kita.

Jika Anda memasang air purifier di dalam kamar tentunya bisa membantu menjernihkan udara di dalam kamar, sehingga mengurangi pencemaran udara. Dikutip dari jurnal penelitian Air Purifier dari Universitas Islam Indonesia, air purifier terbukti dapat membersihkan udara pada ruangan luas 3m x 4m, dan menurunkan kadar CO (Karbon Monoksida) sebesar 46% dalam waktu 30 menit. Memasang air purifier di kamar Anda  juga dapat meminimalisir resiko terjadinya gangguan pernapasan seperti asma.

Baca juga Rekomendasi Cara Memilih Air Purifier HEPA Filter yang Benar untuk Menangkal Virus dan Bakteri

Rekomendasi vacuum cleaner mulai dari harga di bawah 1 jutaan

Nah sekarang Anda pasti sudah paham ya betapa pentingnya memiliki Vacuum Cleaner dan Air Purifier di rumah. Jika Anda ingin membelinya pastikan Anda belanja dari platform terpercaya seperti COURTS yang sudah tersedia di Tokopedia. Bahkan banyak promo menarik yang bisa Anda cek langsung di hemat.id ya, ini dia rekomendasi vacuum cleaner dan air purifier terbaik untuk kebersihan kesehatan rumah Anda mulai dari harga di bawah 1 jutaan:

OXONE UV VACUUM CLEANER

Oxone UV Vacuum Cleaner OX-787 adalah penyedot debu dengan fitur HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang dapat menyaring partikel dengan kuat serta filter anti tungau dan debu sehingga cocok untuk membersihkan kasur, matras dan sofa. Jadi selain bersih, ruangan Anda akan bebas dari tungau penyebab alergi pada kulit. Spesifikasi UV Vacuum Cleaner dari Oxone ini yaitu :

  • Konsumsi Daya: 300 Watt
  • Panjang Kabel: 4 Meter
  • Kapasitas pembuangan sampah: 200 Ml
  • HEPA(High Efficiency Particulate Air/ penyarigan partikel yang kuat) filter system
  • ANTI DUST MITES FOR BED AND MATRESE

Harga Rp 700 ribuan

OXONE CYCLONE VACUUM CLEANER

Meskipun berukuran mini, vacuum cleaner ini dilengkapi banyak fitur unggulan. Oxone Cyclone Vacuum Cleaner memiliki daya sebesar 500 watt. Saat digunakan, Anda dapat mengatur panjang vacuum untuk menyesuaikan tempat yang akan dijangkau. Selain itu, bagian leher vacuum bersifat fleksibel sehingga bisa menjangkau bagian sudut yang sulit untuk dibersihkan. Beberapa spesifikasi lainnya pada vacuum cleaner ini yaitu :

  • Vacuum Cleaner
  • Flexible floor brush & extension pipes
  • Crevice tool
  • Angled bristle brush
  • Mattress tool
  • Daya : 500 Watt
  • Dimensi: 52x28x30 cm

Harga Rp 1 jutaan

XIAOMI- MI VACUUM CLEANER LIGHT

XIAOMI- MI VACUUM CLEANER LIGHT BHR4636GL hadir dengan desain simpel yang ringan serta material yang kuat. Vacuum cleaner ini sangat ringkas karena mesin dan baterainya minimalis. Sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkan tempat yang sulit dijangkau hanya dengan satu tangan. Dilengkapi dengan motor brushless berkecepatan tinggi sehingga menghasilkan hisapan yang konsisten. Meskipun begitu, daya baterai tergolong hemat karena dapat bertahan hingga 45 menit, cocok untuk bersih-bersih apartemen ukuran sedang ataupun besar. Berikut ini spesifikasi dari Vacuum Cleaner Xiaomi Light BHR4636GL:

  • Daya Hisapan 20 aW / 50 aW
  • Kapasitas Tanki Debu 0.5 L
  • Kebisingan ≤79 dB
  • Daya 220 W
  • Tegangan 110-240 V
  • Baterai 2500 mAh Li-Ion
  • Waktu Penggunaan 3 ~ 45 menit
  • Waktu Pengisian Daya Hingga 5 jam
  • Dimensi 113,2 x 24 x 14,8 cm

Harga Rp 1.5 jutaan

OXONE ROBOT VACUM CLEANER OX-889

Vacuum Cleaner yang didesain super canggih dalam bentuk robot otomatis dapat bergerak sendiri selama 80 menit. Anda tidak perlu capek menggerakkan kedua tangan Anda karena robot Vacuum Cleaner dari Oxone ini dapat menjangkau ke seluruh ruangan yang ingin dibersihkan. Oxone Robot Vacuum Cleaner memiliki sensor yang dapat mendeteksi barang yang ada di sekitarnya, sehingga bisa terus beroperasi mulai dari membersihkan sofa, kamar tidur, bahkan kolong meja. Spesifikasi dari robot vacuum cleaner ini yaitu :

  • Automatic Vacuum Cleaning System
  • Edge and Corner Sensor System
  • HEPA Filtration
  • Automatic Recharge Base
  • Remote Control Included
  • Dry and Clean Purpose
  • 60W 220V 50Hz
  • 80 Min Operation
  • 6 Wipers for Tile/Carpet Floor
  • Smart & Sound Sendor
  • Smart Sensor (Bump & Height)

Harga Rp 3.5 jutaan.

Rekomendasi air purifier mulai dari harga 1 jutaan

Apabila Anda ingin menjaga kebersihan dan kesehatan udara dalam rumah, berikut rekomendasi air purifier dari harga 1.6jutaan:

SHARP AIR PURIFIER AQUA

Sharp FP-F30Y-A/C/H dengan teknologi Ion Plasmacluster terbukti paling efektif mencegah pencemaran virus dan mikroba yang berkembang di udara dalam ruangan. Cara kerja Ion Plasmacluster adalah melepaskan ion negatif dan ion positif yang sama seperti di alam, sehingga ion-ion tersebut berubah menjadi air dan  ke kembali udara. Teknologi ini juga dapat mengurangi energi listrik statis, mencegah debu dan serbuk sari bertebangan yang berpotensi akan menempel di gorden, sofa, pakaian dll. Tentunya udara akan menjadi lebih sehat dan bedampak pada kulit yang lebih lembab. Seperti yang kita ketahui, fungsi ai purifier adalah untuk menjernihkan udara, mencegah pertumbuhan bakteri dan virus. Selain itu Sharp FP-F30Y-A/C/H dapat menghilangkan bau menyengat dari asap rokok, bau binatang peliharaan dan bau hidangan makanan yang menyengat.

Spesifikasi:

  • Ion Shower Indicator : Yes – Plasmacluster 7.000 ion
  • Air Flow Medium : 125
  • Air Flow Low : 52
  • HEPA : Yes
  • Filter Life : Up to 2 years
  • Dimension : 380 x 197 x 570 mm
  • Warna Abu dan Biru

Harga Rp 1.6 jutaan.

DAIKIN Air Purifier

DAIKIN Air Purifier MC30VVM-H alat yang mampu membersihkan dan menjernihkan udara di ruangan Anda. Dilengkapi dengan teknologi streamer dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang berkembang di udara, serta menjaga kelembaban kulit Anda. Selain kuman dan bakteri, beberapa jenis jamur, virus, alergen, dan serbuk sari juga terbukti dapat didekomposisi oleh teknologi streamer ini. Alat ini mudah dioperasikan, dan juga Air Purifier dari Daikin ini mempunyai daya hisap lebih kuat dari tiga arah, serta dapat menghilangkan bau tidak sedap, dan memungkinkan untuk membersihkan ruangan lebih cepat.

Spesifikasi:

  • Aplikasi Luas Ruangan 21.5m2
  • Daya Listrik W 5.5/6/11/16
  • Tingkat Suara dB 19/29/44
  • Dimensi (HxWxD) 455x280x189
  • Filter Penyaring Debu HEPA Filter

Harga Rp 1.6 jutaan.

XIAOMI SMART AIR PURIFIER

Air purifier yang satu ini dapat membersihkan udara lebih cepat dan mempertahankan udara bersih lebih lama karena mampu menghasilkan 6000L udara bersih per menit. Filter three in one, filtrasi 99,97% partikel 0,3μm*, filtrasi polutan udara lapis demi lapis. Tingkat penyerapan karbon aktif 1,8 kali lebih tinggi*, dapat menghilangkan gas berbahaya umum seperti VOC secara efektif. Serta dapat menghilangkan bau agar udara Anda tetap segar.

Spesifikasi Produk Xiaomi Smart Air Purifier 4 Lite:

  • AC-M17-SC
  • 33 Watt
  • Dimensions 240 x 240 x 533.5mm
  • Approx. 4.8kg
  • Coverage area 25-43m²
  • Noise ≤ 61dB(A)
  • PM CADR 360m³/h
  • Garansi 1 Tahun

Harga Rp 1.8 jutaan

CUCKOO AIR PURIFIER

Air purifier ini memiliki desain yang simpel dan minimalis dengan dimensi 425 x 255 x 545 mm. Dapat memurnikan udara di ruangan Anda dengan 3 sistem penyaringan. Cocok digunakan pada area rumah maupun kantor. Dapat menilai kualitas udara di ruangan Anda dengan lampu indikator.

  • Konsumsi Listrik 50 watt
  • Area Jangkauan : 30 m2
  • Dimensi Produk: 425 x 255 x 545 mm
  • Max. Luas Ruang: 62.3 m² / 670 ft²
  • Tingkat Kebisingan: 61dB (A)
  • Voltase: 220VAC/50Hz

Harga Rp 1.9 jutaan

SHARP AIR PURIFIER

Sharp Air Purifier with Mosquito Catcher FP-JM40Y-B selain dapat membersihkan udara, juga dapat menangkap nyamuk di rumah Anda. Alat ini memiliki sinar UV dan desain yang dapat memikat nyamuk untuk masuk ke dalamnya. Terdapat celah berukuran kecil di kedua sisinya yang sudah dilengkapi penyedot udara sehingga ketika nyamuk mendekat, akan langsung terhisap dan menempel di lapisan lem pada Air Purifier. Sharp Air Purifier FP-JM40Y-B Ion Plasmacluster yang mampu membasmi virus dan bakteri di udara. Terdapat Filter HEPA untuk menyaring partikel berbahaya. Haze Mode, memastikan ion Plasmacluster tersebar ke seluruh ruangan dengan konsumsi daya lebih rendah. Aman digunakan di kamar anak, kamar tidur, ruang tamu, dan lain-lain.

Spesifikasi:

  • Berat Produk 7 Kg
  • Dimensi Produk: 397x 591x 289 mm
  • Max. Ruang: 30 m2
  • Hepa: Yes

Fitur:

  • Plasmacluster HD 7000
  • Applicable Coverage Area for 23 m²
  • Filter Replacement Indicator
  • SHARP Original Airflow at 20o Angle
  • ANTI Dust Mode
  • Timer function
  • HEPA Filter Lifetime (up to 2 years)

Konsumsi daya: Max 23 Watt, Medium 14 Watt, Low 4.5-7.5 Watt

Harga Rp 3.5 jutaan.

Kesimpulan

Bagi Anda yang menginginkan vacuum cleaner dengan harga terjangkau dan multifungsi, merk OXONE CYCLONE VACUUM CLEANER bisa dipertimbangkan. Dengan harga 1 jutaan Anda bisa dapatkan Vacuum Cleaner yang fleksibel dan canggih. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas udara di ruangan Anda, bisa pilih Air Purifier dari Sharp karena memiliki fitur Ion Plasmacluster yang mampu menjernihkan udara lebih optimal dengan harga di bawah 2 jutaan. Sekian rekomendasi dari penulis, semoga bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan rumah Anda.