Pilihan Meja Makan Murah yang Terlihat Mewah

Apakah anda termasuk orang yang menjadikan meja makan sebagai area quality time bersama keluarga? Berkumpul bersama sambil menyantap makanan yang dibuat dengan penuh cinta pasti akan membuat makanan terasa lebih nikmat. Untuk para Bunda, membiasakan si kecil makan di meja makan bisa menjadi ajang melatih kedisiplinan anak. Sepertinya bagi seluruh orang di dunia, makan bersama di meja makan merupakan momen untuk menjalin hubungan baik ya. Baik dengan keluarga atau kolega. Jika ada tamu yang berkunjung kerumah, makan biasanya menjadi salah satu inti acara. Interaksi yang terjadi di meja makan akan menguatkan silaturahmi dengan sesama kita.

Jika anda menyediakan area khusus untuk makan, bisa dipastikan area tersebut akan diisi dengan satu set meja makan. Meja makan yang dipilih haruslah sesuai dengan luas ruangan, jumlah anggota keluarga dan desain yang anda suka. Jika anda memiliki desain rumah vintage, pilihan meja makan klasik akan cocok untuk mengisi ruang makan anda. Jika anda memiliki desain rumah industrial, meja makan yang terlihat kokoh dengan material metal, pas untuk anda miliki. Jika anda memiliki desain rumah minimalis, pilihan meja makan yang simple dan multifungsi paling tepat untuk rumah anda.

Baca juga : 10 Macam Gaya Desain Interior Rumah Supaya Keluarga Bahagia

Memilih Meja Makan Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya meja makan bisa terdiri dari berbagai jenis. Jika area ruang makan luas, meja makan dengan bentuk apapun bisa dipilih karena akan bisa ditempatkan dengan mudah di ruangan tersebut tanpa membuat ruangan terasa sempit. Namun jika luas area makannya terbatas, anda harus bisa memilih yang sesuai dengan luas ruangan, yang memenuhi fungsi yang diinginkan serta harga yang sesuai kantong. Berikut ini beberapa meja makan berdasarkan bentuknya.

A. Meja makan persegi

Biasanya meja makan persegi ini digunakan oleh keluarga dengan jumlah minimalis seperti 2-4 orang. Bentuk meja makan persegi sangat simple dan tidak memerlukan area yang luas untuk penempatannya. Anda bisa membuat trik dengan bentuk meja makan ini dengan membeli dua buah meja makan persegi. Salah satunya digunakan untuk meja makan sehari-hari, salah satunya bisa digunakan untuk meja apapun, bisa untuk meja di teras, atau apapun. Saat ada tamu yang berkunjung dan lumayan ramai, anda hanya perlu menyatukan kedua meja makan persegi lalu jadi deh meja makan panjang yang bisa digunakan untuk 8-10 orang.

Baca juga : Meja Makan Untuk Ruang Makan Minimalis

B. Meja makan persegi panjang

Jika areanya cukup, saya lebih menyukai jenis meja makan ini. Karena saya bisa meletakkan banyak barang diatasnya, seperti rice cooker, sendok, teko air, buah-buahan, gelas, kerupuk dan lain sebagainya. Dengan begitu, proses menyajikan makanan akan lebih mudah karena kebutuhan yang sering diambil sudah tersedia di meja makan tersebut. Selain itu, meja makan berbentuk persegi panjang cenderung mudah ditempatkan di dalam ruangan.

C. Meja bundar

Jenis meja makan yang paling ramah anak terutama balita karena tidak memiliki sudut tajam yang bisa berbahaya untuk si kecil yang masih sangat suka mengekplorasi. Karena memasang pengaman sudut juga tidak menjamin si kecil aman dari sisi persegi tersebut. Sayangnya, meja makan ini memiliki kekurangan yaitu tidak mudah diposisikan. Bentuknya yang bundar akan terkesan bulky dan memenuhi ruangan. Tapi meja makan bundar ini akan membuat tampilan ruang makan anda lebih mewah. Anda bisa memilih bentuk oval untuk variasi meja makan berbentuk bundar lainnya. Bentuk oval akan cocok untuk ruang makan dengan layout ruangan yang memanjang.

D. Meja makan free from

Free from disini maksudnya meja makan seperti kayu yang tidak diratakan sehingga masih terlihat bentuk potongan atau serat kayunya. Hanya dihaluskan dan difinishing agar nyaman digunakan. Meja makan ini akan menimbulkan kesan rustic dan sangat cantik dijadikan background untuk anda yang suka mengambil foto estetik makanan untuk para food photography.

Memilih Meja Makan Berdasarkan Materialnya

Selain bentuknya yang beraneka ragam, anda juga perlu mengetahui material apa saja yang biasanya digunakan untuk meja makan dan mencari yang paling cocok untuk kebutuhan dan selera anda.

A. Meja makan kayu

Sepertinya meja makan kayu adalah jenis meja makan yang paling banyak dan mudah ditemukan. Jika anda mencari di toko furnitur, meja makan kayu pasti akan tersedia dengan berbagai macam model dan bentuk. Material kayu mudah dibentuk, murah dan bisa didesain dengan banyak model. Meja makan kayu juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis cat atau material lainnya. Anda pun bisa dengan mudah memesan dari pengerajin kayu untuk dibuatkan meja makan yang sesuai dengan ukuran yang anda mau, bentuk dan model yang spesifik. Kekurangannya untuk beberapa jenis kayu tidak bisa bertahan terlalu lama. Bisa karena faktor cuaca, terkena tumpahan makanan atau dihinggapi rayap. Namun jika anda memilih meja makan dengan bahan kayu jati, meja makan akan awet hingga puluhan tahun.

Ada juga meja makan berbahan rotan untuk anda yang menyukai tampilan unik. Meja makan ini bisa dipadukan dengan rumah bergaya bohemian. Meja makan rotan selain awet juga ringan sehingga mudah dipindah tempatkan.

B. Meja makan kaca

Bahan atau material kaca pada meja makan termasuk jenis yang kurang awet karena ada resiko pecah. Namun jenis meja makan ini merupakan salah satu jenis yang pas untuk rumah yang ingin terlihat minimalis dan mewah sekaligus. Ruangan akan terlihat lebih luas dan berkilau dengan meja makan ini. Jika anda ingin yang lebih aman untuk anak saat menggunakan meja makan dengan material kaca, anda bisa mengakalinya dengan memesan meja makan dengan material lain yang berwarna putih, lalu meletakkan kaca dibagian atasnya. Anda akan tetap mendapatkan tampilan kaca tapi yang lebih aman untuk anak.

Salah satu rekomendasi meja makan kaca yang bisa anda lirik adalah COURTS Dakota Dining Set yang terdiri dari satu buah meja makan kaca dengan enam kursi empuk yang akan membuat tampilan ruang makan anda menjadi mewah. Dimensi meja makan adalah 140 x 80 x 75cm, dan kursi 50 x 41,5 x 10 cm dengan gratis instalasi dan dibandrol dengan harga cuma Rp 2.999.000.

Cek Promo Meja Makan di Hemat.id

C. Meja makan aluminium

Meja makan jenis ini bisa dipadukan dengan rumah bergaya industrial atau minimalis. Jika anda berencana membuka usaha makanan, anda juga bisa memilih jenis material meja makan aluminium karena mudah dirawat dan dipindahkan untuk mengganti layout area jualan anda.

D. Meja makan plastik

rekomendasi meja makan plastik empat kursi
sumber : shopee

Murah, mudah didapatkan dan awet adalah salah satu ciri bahan plastik. Apalagi di jaman sekarang, desain furnitur berbahan plastik sudah sangat inovatif sehingga tampilannya bahkan menyerupai meja dengan material kayu asli. Bahkan ada tampilan meja makan plastik yang menyerupai marmer sehingga sekilas anda tidak akan menyadari bahwa meja makan tersebut berbahan plastik. Tetap terkesan mewah meskipun murah. Mantap betul.

E. Meja makan metal

Model meja makan metal bisa berbahan besi, baja, perak dan sebagainya. Jenis meja makan ini sudah pasti awet selama dilapisi bahan anti karat. Anda pun tidak perlu khawatir soal makanan yang tumpah atau banjir jika memiliki meja makan dengan material ini. Tapi kebanyakan orang tidak menyukai jenis meja makan ini karena terkesan terlalu kaku sehingga tidak menciptakan kesan hangat saat berkumpul bersama keluarga.

F. Meja makan marmer

rekomendasi meja makan marmer
sumber : id.aliexpress.com

Marmer adalah salah satu jenis material yang bisa menimbulkan kesan mewah seperti kaca namum lebih kokoh dibandingkan kaca. Selain itu jenis meja makan ini mudah dibersihkan dan cantik untuk menjadi background foto makanan. Marmer juga banyak digunakan untuk meja dapur karena perawatannya yang mudah.

G. Meja makan kombinasi

Dari namanya sudah bisa dipastikan meja makan ini terdiri dari berbagai jenis bahan. Dengan mengkombinasikan dua atau lebih material meja makan akan memiliki spesifikasi yang lebih baik. Seperti meja makan yang saya punya, kombinasi kaki-kaki dari besi membuat meja makan kokoh, namun tetap dipadukan dengan bahan kayu untuk bagian mejanya sehingga kesan hangat dan nyaman tetap terasa saat menyatap makanan.

Cazedis dining set meja makan murah dan mewah
Klik pada gambar untuk detail produk

Rekomendasi meja makan kombinasi yang murah tapi mewah yang jadi pilihan anda adalah Cazedis dining set yang mengkombinasikan bahan kayu dan kaca, dengan empat kursi empuk. Desain yang compact sehingga meja makan akan selalu terlihat rapi, mewah, dengan warna netral pas menjadi pilihan meja makan anda dirumah. Memiliki ukuran meja : 100 x 100 x 75 cm dan ukuran kursi : 68 x 50 x 70 cm, dibandrol dengan harga hanya Rp 2.499.000.

Beli Cazedis Dining Set di Courts BTM

Beli Cazedis Dining Set di Courts Bintaro

Beli Cazedis Dining Set di Courts Ciledug

Beli Cazedis Dining Set di Courts Megastore KHI

Beli Cazedis Dining Set di Courts MBH

 

Pilihan meja makan yang murah dan mewah

Untuk mendapatkan kombinasi murah dan mewah anda bisa menggunakan beberapa tips saya dibawah ini.

  1. Ambil pilihan meja makan kombinasi seperti plastik dengan kaca. Anda bisa mendapatkan meja makan plastik yang murah namun tetap terlihat mewah dengan memadukannya dengan bahan kaca,
  2. Pilih kursi meja makan yang mewah dengan membeli meja makan terpisah dengan kursinya. Anda bisa membeli meja makan yang murah, lalu membeli  kursi yang lebih mahal yang dilapisi busa dan bahan kain yang akan membuat tampilan dining set anda terlihat mewah. Kursi tersebut bisa anda gunakan juga untuk menyambut tamu di teras atau untuk fungsi lainnya.
  3. Cari toko yang sedang menyediakan diskon agar anda bisa mendapatkan meja makan mewah dengan harga yang miring.
  4. Pilih kombinasi warna kayu dan warna pastel atau putih sehingga meja makan akan terasa mewah, membuat ruangan terlihat terang serta mudah dikombinasikan dengan warna ruangan.
  5. Beli meja makan yang biasa saja, lalu gunakan taplak meja yang akan membuat tampilan meja terlihat mewah. Taplak meja bisa anda ganti sesuka hati sehingga tampilan meja makan bisa berubah-ubah kapan pun anda inginkan.
  6. Marmer bisa menjadi pilihan yang oke untuk mendapatkan meja makan mewah dengan harga murah. Anda bisa mendapatkan dining set marmer mulai dari satu setengah juta saja.

Bagaimana sahabat hemat? Apakah artikel ini sudah cukup memberi gambaran meja makan seperti apa yang akan anda pilih? Jika sudah, anda tinggal menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga antar toko agar anda bisa menemukan penawaran terbaik. Info diskon atau promonya bisa anda dapatkan dengan mudah di hemat.id ataupun aplikasi kliptalog. Selamat berbelanja hemat!