Pilihan Sampo Penghilang Ketombe dan Kulit Kepala Gatal

Salah satu masalah pada rambut yang membuat kita tidak percaya diri adalah ketombe. Gatal, lepek bahkan bau dan terlihat jorok karena bertebaran di rambut dan bahu menjadi keluhan ketombe. Sebenarnya masalah ini terjadi bukan di rambut, tepatnya pada kulit kepala. Ketombe sendiri merupakan serpihan kulit mati pada kulit kepala yang berwarna putih, abu-abu dan tidak menular. Ketombe terjadi karena regenerasi kulit kepala yang terlalu cepat. Kulit kepala cepat menua, mati dan berganti dengan kulit baru. Kulit mati ini yang menjadi ketombe dan menyebabkan keluhan gatal, merah, rambut rontok bahkan bisa menjadi infeksi jika terkontaminasi bakteri.

Baca juga : Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Penghujan

Penyebab Ketombe Yang Harus Anda Ketahui

Penyebab ketombe yang harus anda ketahui
Klik pada gambar untuk memperbesar

Banyak sekali penyebab terjadinya ketombe, sehingga jika Anda ingin membasmi habis ketombe, ada baiknya anda mencari tahu penyebab ketombe yang anda alami baru kemudian mencari sampo yang cocok. Dikutip dari halodoc.com, ada beberapa penyebab ketombe yaitu :

1. Dermatitis Seboroik

Jenis dermatitis ini paling sering menyebabkan ketombe. Kulit kepala akan memerah, berminyak dan bersisik. Dermatitis jenis ini bisa menyerang area lain seperti alis, belakang telinga, selangkangan dan area lain dengan banyak kelenjar minyak.

2. Rambut Kotor dan Lembab

Kondisi jarang mencuci rambut membuat penumpukan sel kulit mati sehingga menyebabkan ketombe. Orang dengan kecenderungan berketombe sebaiknya keramas setiap hari atau minimal tiga kali seminggu untuk melepaskan tumpukan sel kulit mati di kepala.

3. Malassezia sp

Seperti pada di perut, di rambut juga terdapat flora normal berupa Malassezia sp. Namun jika kondisi kulit kepala lembab dan panas, jamur ini bisa tumbuh berlebihan dan menyebabkan ketombe.

4. Kulit Kering

Kulit kering juga bisa menyebabkan ketombe dengan ukuran kecil dan keluhan radang jarang dijumpai. Ketombe ini yang biasa kita kenal dengan ketombe kering.

5. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak terjadi saat kulit kepala kontak dengan produk perawatan rambut yang menyebabkan iritasi yang salah satunya adalah ketombe. Misal saat anda mencoba sampo baru dan malah berketombe, tandanya anda tidak cocok dengan sampo tersebut. Bisa jadi sampo tersebut terlalu lembab, sehingga kulit kepala menjadi terlalu berminyak dan sebagainya.

6. Jenis kelamin atau Stress

Laki-laki biasanya mengalami keluhan ketombe lebih banyak dibandingkan perempuan. Kondisi ini dipengaruhi faktor hormonal. Stress juga bisa menyebabkan ketombe karena faktor hormonal yang tidak stabil.

7. Penyakit Lainnya

Seperti Parkinson, HIV, atau orang dengan masalah daya tahan tubuh yang buruk.

Cara Mengatasi Ketombe dengan Sampo Anti Ketombe Yang Ampuh

Memilih sampo anti ketombe sama seperti memilih produk perawatan tubuh lainnya. Anda perlu mencari dan mencoba berbagai produk dan menemukan yang cocok dengan masalah ketombe anda. Intinya adalah anda perlu memperlambat proses regenarasi kulit kepala, menghilangkan sel kulit mati, menjaga kebersihan area kepala. Berikut pilihan sampo anti ketombe berdasarkan bahan aktifnya

Cek promo : Sampo anti ketombe disini

A. Zink Pyrithione (ZPT)

Zink Pyrithione berfungsi sebagai antibakterial dan antifungal. Tidak disarankan untuk jenis kulit kepala yang kering. PIlihan sampo dengan bahan aktif zink adalah :

  1. Selsun 7 Herbal 120ml, Rp 36.590
  2. Pantene anti ketombe 400ml, Rp 46.000
  3. Sunsilk Hijab Refresh & Anti Dandruff Shampoo 170ml, Rp 21.200
  4. Dove Dandruff Care Shampoo 160ml, Rp 24.000
  5. Zinc Men Active Cool Anti Dandruff Shampoo 170ml, 18.400
  6. Head & Shoulders Supreme 135ml, Rp 32.500
  7. Clear Ice Cool Menthol Shampoo 300ml, Rp 37.500

B. Tea Tree Oil

Tea tree oil dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mengurangi rasa gatal. Berdasarkan study Clinical Microbiology Reviews, tea tree oil sebanyak 5% bisa mengurangi 78% ketombe.  Pilihan sampo dengan bahan aktif tea tree oil adalah

  1. Natur shampoo tea tree oil 270ml, Rp 43.200
  2. Emeron Hijab Shampoo Clean & Fresh 170ml, Rp 12.500
  3. TRESemme Scalp Care Shampoo 340ml, Rp 44.000
  4. Sensatia Botanicals Balancing Shampoo 300ml, Rp 180.000

C. Coal Tar

Tar batu bara (coal tar) berfungsi memperlambat pembentukan sel kulit mati sehingga tidak menumpuk di kulit kepala. Sampo dengan bahan aktif ini sangat cocok dengan ketombe akibat psoriasis dan dermatitis seboroik yang berwarna putih keperakan. Gunakan penutup kepala setelah memakai sampo ini karena kulit kepala akan cenderung lebih peka terhadap sinar matahari. Sampo dengan bahan aktif ini tidak umum di pasaran karena memberikan efek kulit kepala yang sensitif. Pilihan sampo ini adalah :

  1. Redwin coal tar shampoo 250ml, Rp 160.000
  2. MG217 Psoriasis coal tar shampoo 240ml, Rp 360.000

D. Asam Salisilat

Asam salisilat akan memecah sel kulit mati yang menumpuk di kepala sehingga mudah dibilas. Agar kulit kepala tidak kering, gunakan conditioner setelah menggunakan sampo ini atau memilih sampo yang juga mengandung pelembab. Pilihan sampo dengan bahan aktif asam salisilat adalah

  1. Kerastase Specifique Bain Prevention Shampoo 250ml, Rp 299.500
  2. Sachajuan Scalp Shampoo 100ml, Rp 130.000

E. Selenium Sulfit

Kandungan selenium sulfit memperlambat sel kulit kepala mati, mengurangi iritasi dan juga mengurangi pertumbuhan malassezia (jamur penyebab ketombe). Sama seperti coal tar, sampo ini akan membuat rambut terang menjadi gelap. Pilihan sampo dengan bahan aktif selenium sulfit adalah :

  1. Naturaltech Purifying Shampoo 250ml, Rp 450.000
  2. Selsun Yellow Shampoo 100ml, Rp 37.000

F. Ketoconazole

Bahan aktif ketoconazole ampuh mengatasi jamur di kulit kepala tapi biasanya dibeli dengan resep dokter. Tipsnya sebelum membilas sampo, tunggu dulu selama 5 menit. Pilihan sampo dengan bahan aktif ketoconazole adalah :

  1. Zoloral SS Ketoconszole 2% Shampoo 80ml, Rp 61.800
  2. Ketomed Shampo Ketoconazole 2% 60ml, Rp 55.000
  3. Nizoral Anti Dandruff Shampoo 200ml, Rp 395.000

Catatan

  1. Selain beberapa bahan aktif diatas, kandungan mint atau mentol dapat memberikan sensasi dingin, mengurangi rasa gatal dan meningkatkan aliran darah ke kepala.
  2. Menggunakan bahan pembersih amino acid lebih baik dibandingkan SLS karena SLS bisa mengiritasi kulit kepala jika digunakan berlebihan. Contoh bahan pembersih amino acid mengandung sedikit detergen dan alkohol dan bisa anda temukan di label kemasan berupa glutamic acidalaninelysine, dan glycine. Contoh samponya adalah Kiehl’s Amino Acid Shampoo,
  3. Jika bahan pembersih amino acid tidak ampuh, anda bisa beralih ke sampo medicated yaitu sampo dengan kandungan bahan disinfeksi dan sterilisasi seperti salicylic acid, piroctone olamineglycyrrhizic acidketoconazoleselenium sulfide, dan pyrithione.
  4. Salah satu penyebab ketombe adalah kandungan silikon pada sampo yang anda gunakan karena silikon membuat rambut lembut jatuh terurai tapi sangat melembabkan. Jika kulit kepala terlalu lembab dan lepek, ketombe mudah timbul. Contoh kandungan silikon yang bisa anda temukan di label kemasan adalah dimethiconecyclomethiconesilicasilylamodimethicone.
  5. Untuk ketombe kering bersisik, gunakan sampo ketombe dengan kandungan pelembab. Untuk ketombe basah, anda tidak terlalu memerlukan sampo dengan pelembab.
  6. Jika dalam penggunaan 1-2 minggu tidak terjadi pengurangan ketombe, artinya sampo tersebut tidak cocok untuk anda dan anda bisa mencoba produk lain. Jangan lupa untuk selalu mengikuti aturan pakai yang tertera di label kemasan ya. Saat keramas, gosok dengan lembut lalu diamkan 3-5 menit agar bahan aktif bekerja maksimal.

Sudah mencoba berapa jenis sampo sahabat hemat? Temukan promo sampo anti ketombe dengan mudah di hemat.id yuk! Atau install aplikasi kliptalog.

Sumber :

  1. halodoc.com
  2. henryford.com
  3. healthline.com