Resep Fu Yung Hai Anti Mahal

Semenjak tahu resep ini di channel “Enny Tangerang” saya jadi makin suka makan dan membuat fu yung hai, walau fu yung hai yang aslinya menggunakan cincangan udang, sapi, kepiting atau ayam memang enak. Yang kemudian disiram dengan saus asam manis serta kacang polong, tapi ternyata fu yung hai yang hanya berisi sayuran juga tak kalah enak lho, selain jauh lebih hemat dan yang terpenting keluarga suka.

Rasa gurih dari fu yung hai dan rasa asam manis dari kuahnya membuat anak-anak dan suami menjadi lahap makan. Masakan ini cocok jika dipasangkan dengan capcay goreng, sambal dan tempe tepung. Wah, mantap sekali kombinasinya.

Fu yung hai atau puyinghai merupakan makanan khas restoran Tiong Hoa, yang artinya potongan telur fu yong. Tapi makanan ini juga disukai oleh orang lokal seperti saya karena pada dasarnya saya dan keluarga suka sekali dengan hampir semua olahan dari telur, jadi masakan ini cocok sekali di lidah saya dan keluarga.

Cek promo Telur disini

Berikut resep fu yung hai hemat anti mahal lebih lengkapnya :

Bahan dadar telur :

3 butir telur ayam

1-2 batang wortel ukuran sedang, serut

2 sendok makan sagu

2 sendok makan minyak wijen

¼ buah atau sekitar 300 gram kol, diserut

½ buah bayang bombai yang diiris kotak kecil

2 sendok makan bawang merah goreng

1 sendok makan bawang putih goreng

Secukupnya garam dan penyedap rasa

Bahan saus :

2 sendok makan saus tomat

1 sendok makan saus sambal, boleh lebih

½ butir bawang bombai, diiris memanjang

½ butir tomat, diiris memanjang

150 gram buncis, potong-potong

1 sendok makan tepung sagu, campur air

2 sendok teh bawang merah dan putih goreng

100-150 ml air

Secukupnya kecap asin, kaldu, dan lada

Dapatkan promo saus tomat

Cara buat :

  1. Pertama-tama buncis yang sudah dipotong-potong kecil kita remas-remas dengan garam kurang lebih sebanyak 1-2 sendok teh. Remas-remas buncis sampai tekstur buncis jadi lebih lemas agar buncis tetap berwarna hijau saat dimasak, sisihkan.
  2. Siapkan mangkok, lalu masukkan wortel, kol, bawang merah dan putih goreng, bawang bombai, tepung sagu, minyak wijen, telur, garam, lada dan penyedap rasa. Aduk rata, setelah rata panaskan wajan, kemudian siapkan minyak goreng yang agak banyak agar telur lebih mengembang saat digoreng dan gunakan api sedang
  3. Tunggu sampai minyak goreng cukup panas, masukkan adonan fu yung hai dan masak sampai fu ung hai matang, sisihkan terlebih dahulu
  4. Panaskan wajan kembali dengan secukupnya minyak goreng, goreng bawang bombai sampai harum. Setelah harum masukkan saus tomat dan saus sambal, aduk rata. Kemudian masukkan tomat, buncis, bawang putih goreng, bawang merah goreng, tambahkan air aduk-aduk kembali.
  5. Lalu masukkan tepung sagu yang sudah ditambahkan air, aduk-aduk saus sampai mengental. Masukkan penyedap rasa, tes rasa.
  6. Sajikan fu yung hai di piring kemudian siram dengan sausnya.
resep fu yung hai
Sumber : Dokumentasi Pribadi

Untuk isian sayur, Anda bisa menambahkan atau mengganti sayuran apa saja yang anda suka tapi ketiga macam sayur ini menurut saya adalah sayuran yang paling cocok untuk isian fu yung hai.

Baca juga : 10 Jenis Resep Olahan Dari Telur yang Mudah dan Praktis

Apakah Anda suka dengan chinesse food yang satu ini? Apakah Anda sudah pernah mencoba membuatnya sendiri di rumah? Bagikan cerita dan pengalaman Anda dalam mencoba membuat resep yang satu ini yuk. Pastikan bahan-bahan yang Anda gunakan adalah sayuran yang segar. Jangan lupa untuk membuka hemat.id untuk mendapatkan sayuran segar dengan harga promo di supermarket atau hypermarket yang ada di daerah Anda dan buat daftar belanjanya di Kliptalog.

Sumber :

  1. EnnyTangerang
  2. id.wikipedia.org