Pilihan Sosis Kanzler dan Sosis Bakar yang Enak untuk Barbeque

Libur hari Natal dan Tahun Baru sudah tinggal menghitung hari nih. Sahabat hemat sudah menyiapkan agenda apa saja untuk menghabiskan libur akhir tahun ini? Menyambut malam Tahun Baru memang identik dengan acara berkumpul sambil bakar-bakar daging alias Barbeque. Tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk kegiatan ini, sediakan ruang terbuka, alat untuk memanggang dan beberapa makanan untuk bahan Barbeque. Quality time bersama keluarga maupun kerabat dekat menjadi lebih hangat karena rasa kebersamaan yang terjalin saat Barbeque di hari liburan nanti.

Baca juga Perlengkapan Masak BBQ yang Wajib Dimiliki untuk Tahun Baru di Rumah

Menu yang paling sering dijumpai saat barbeque adalah sosis, karena rasanya yang tidak kalah enak dibandingkan dengan daging asli. Cara penyajiannya juga lebih praktis dan efisien karena tidak memerlukan banyak bumbu dan bisa dimasak dalam waktu singkat. Banyaknya pilihan merk sosis, pastinya jadi bingung ya sahabat hemat untuk memilih sosis terbaik saat liburan nanti. Nah lewat artikel ini, penulis akan mengulas beberapa merk sosis terkenal yang ada di Indonesia. Sehingga Anda bisa menentukan pilihan sosis sesuai kebutuhan dan selera ya… yuk di simak artikel berikut ini.

Perbandingan jenis sosis. Sumber gambar: Infografis Pribadi

Jenis sosis yang beredar di Indonesia

Menurut data survey yang dilakukan perusahaan swasta, menunjukan bahwa konsumsi sosis di Indonesia saat ini terus bertumbuh hingga 4.46% setiap tahun. Belum lagi, beberapa brand sosis terkenal semakin melebarkan sayap pemasarannya hingga ke platform media sosial yang membuatnya semakin eksis dan dikenal masyarakat. Beberapa merk sosis yang beredar di Indonesia memiliki banyak jenis sosis dengan nama produk yang agak asing bagi kita seperti Frankfurter, Bratwurst, Bockwurst dan lain-lain. Hal ini dikarenakan jenis sosis tersebut berasal dari Jerman dan memang sudah terjangkau di sekitar kita. Berikut ini beberapa jenis sosis dan deskripsinya yang dapat Anda sesuaikan dengan selera:

Perbandingan jenis sosis berdasarkan karakteristik dan tipe konsumsi
Jenis Sosis Karakteristik Biasanya dikonsumsi sebagai
Cocktail Ukurannya mini Sarapan, hidangan untuk anak, cemilan, hidangan pesta
Frankfurter Tekstur lebih halus Isian hotdog, isian roti
Bockwurst Tekstur sama seperti Frankfurter Isian hotdog, hidangan pesta barbeque
Bratwurst Tekstur lebih juicy dan rasanya lebih berbumbu Pendamping roti dan dipanggang

Nah dari infografis di atas Anda bisa mengenali jenis sosis yang di jual di pasaran. Nama-nama di atas biasanya juga tertera di kemasan untuk membedakan satu jenis sosis dengan yang lainnya. Sosis apa nih yang sesuai selera Anda untuk dijadikan santapan saat Barbeque nanti?

Sumber gambar: Freepik

Apakah sosis termasuk makanan sehat?

Sosis terbuat dari daging olahan dan diproses bersama garam, nitrit, lemak, dan tambahan rempah lainnya. Tambahan tersebut berfungsi untuk memberikan tekstur lebih kenyal, rasa yang lebih enak dan tahan lama. Beberapa bahan tambahan pada daging olahan untuk sosis membuat sosis menjadi tidak sehat apabila terlalu banyak dikonsumsi. Menurut Agency for Research on Cancer (IARC), setiap 50 gram daging olahan mengandung senyawa karsinogenik sehingga dapat meningkatkan resiko kanker hingga 18% jika dikonsumsi setiap hari. Sebenarnya sosis yang diproduksi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia sudah melalui berbagai uji laboratorium sehingga menghasilkan produk makanan yang aman dan layak untuk dikonsumsi. Profesor Nutrisi dari Harvard Public Health juga mengatakan bahwa mengkonsumsi daging olahan dalam jumlah sedikit, dan hanya 1-2 bulan sekali tidak akan membahayakan kesehatan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin makan sosis sesekali, yang penting diimbangi dengan makanan bernutrisi lainnya dan pola hidup yang sehat.

Cara memilih sosis yang enak dan sehat

Berdasarkan standar yang ditetapkan oleh SNI, sosis yang baik mengandung lemak maksimal 25%, karbohidrat 8%, dan protein minimal 13%. Namun, untuk menjaga kesehatan tetap optimal sebaiknya pilih sosis yang kadar lemaknya tidak lebih dari 10% untuk mencegah resiko terkena penyakit degeneratif. Kadar komposisi tersebut dapat Anda cek pada label yang tertera di kemasan sosis ya Sahabat Hemat. Banyaknya merk sosis di pasaran, pastinya membuat kita bingung. Apalagi harga jualnya juga variatif mulai dari belasan ribu sampai puluhan ribu per packnya. Nah Anda bisa cek infografis di bawah ini untuk membedakan sosis berkualitas baik dan berkualitas rendah agar tidak salah pilih.

Perbandingan sosis kualitas baik dan kualitas rendah. Sumber gambar: Infografis Pribadi

Tips membuat sosis barbeque agar tetap sehat

Meskipun terlihat mudah, memasak dengan teknik Barbeque apabila tidak sesuai bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nah supaya sosis BBQ Anda tetap sehat dan nikmat dikonsumsi, silakan disimak beberapa tips berikut ini:

Gunakan teknik BBQ yang benar

Membuat barbeque sosis dengan teknik memanggang menggunakan suhu tinggi, berpotensi menimbulkan senyawa berbahaya seperti amina heterosiklik (HA), hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH), dan lain-lain. Senyawa tersebut dapat menyebabkan resiko penyakit seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan lain-lain.

Hindari memanggang sosis sampai gosong atau muncul garis hitam. Anda bisa merebusnya terlebih dahulu supaya tidak memerlukan waktu yang lama untuk memanggang.

Gunakan minyak sedikit saja

Sudah banyak produk sosis siap masak yang jika dimasak cukup sebentar dan tidak memerlukan banyak minyak. Anda bisa mengurangi jumlah minyak saat memanggang sosis, atau gunakan minyak sehat seperti minyak Zaitun atau minyak kelapa.

Sajikan hidangan pendamping yang sehat

Siapkan beberapa sayuran seperti Kol, Brokoli, Selada, Timun, Tomat, Paprika dan lain-lain. Sayuran hijau tinggi akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Tambah dengan buah-buahan tinggi serat supaya pencernaan tetap sehat. Jangan lupa konsumsi air putih yang cukup dan hindari minum-minuman manis tinggi akan gula. Jika Anda menyiapkan hidangan Barbeque dengan menu yang sehat dan seimbang, tentunya Anda tidak perlu khawatir kesehatan akan terganggu.

Sumber gambar: Bernardi

Resep saus dan sosis barbeque yang enak dan mudah dibuat

Setelah Anda mengetahui cara mengolah sosis untuk barbeque yang sehat, maka berikut adalah resep yang mudah dibuat bersama-sama dengan keluarga:

Bahan saus barbeque:

Bahan barbeque:

  • 5 buah sosis jumbo

Cara memasak:

  1. Siapkan wadah saus, masukan semua bahan saus, aduk hingga tercampur rata.
  2. Sayat sosis tipis-tipis, rebus sebentar.
  3. Oleskan saus barbeque yang sudah diracik pada semua sosis.
  4. Panggang di atas teflon panas dengan sedikit minyak, tunggu hingga kecoklatan.
  5. Sajikan bersama timun atau paprika, sosis barbeque siap disantap.

Rekomendasi merk sosis yang cocok untuk barbeque

Setelah membaca ulasan di atas, pastinya Anda semakin penasaran ya sosis apa saja nih yang kira-kira cocok untuk disiapkan saat pesta barbeque saat liburan nanti. Berikut ini rekomendasi merk sosis terbaik di Indonesia, yang tentunya aman dikonsumsi, sudah teruji oleh BPOM dan terjangkau di sekitar kita. Anda juga bisa mengecek nya di situs hemat.id karena banyak sekali promo sosis di supermarket seluruh Indonesia.

#BandingkanHematnyaSekarang kita bisa memperoleh informasi harga sosis terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga sosis di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.


Cek sekarang juga harga sosis terhemat

Sosis Kanzler

Pengguna sosial media pasti tidak asing dengan sosis viral yang satu ini. Produk olahan daging dengan kemasan warna biru yang berasal dari Jerman ini sudah ada sejak tahun 1999 diproduksi oleh PT Macroprima Panganutama (Cimory Group). Sosis Kanzler mendadak terkenal setelah dipromosikan oleh banyak influencer melalui tutorial dan resep masakan. Bahkan menduduki peringkat pertama brand sosis terpopuler di tahun 2022. Jenis sosis Kanzler siap masak:

Kanzler Cocktail Series.

Sosis berukuran mini untuk satu kali gigitan yang terbuat dari daging premium dan bertekstur juicy. Jenis sosis yang satu ini ada tiga rasa yaitu Beef Cocktail (terbuat dari daging sapi premium), Frankfurter Cocktail (terbuat dari daging ayam premium) dan Cheese Cocktail (terbuat dari daging ayam premium dan keju).

Kanzler Frankfurter & Bratwurst Series.

Sosis yang terbuat dari daging premium namun lebih bertekstur dan ukurannya lebih besar. Berbeda dengan jenis sosis lainnya, sosis Kanzler disajikan dengan berbagai tambahan bumbu untuk memperkaya cita rasa. Untuk Kanzler Franfurter series tersedia dalam 3 varian yaitu Blackpepper Frankfurter (dengan lada hitam), Garlic Frankfurter (dengan bawang putih), Cheese Frankfurter (dengan tambahan keju). Sedangkan untuk Kanzler Bratwurst tersedia dalam varian Cheese Bratwurst (dengan tambahan keju). Dan juga ada 2 varian lainnya dari Kanzler yaitu Kanzler Bockwurst dan Kanzler Beef Wiener (dengan bumbu khas Jerman).

#BandingkanHematnyaSekarang kita bisa memperoleh informasi harga Kanzler Sosis terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga sosis di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.


Cek sekarang juga harga Kanzler Sosis terhemat

 

Daftar harga sosis Kanzler
Jenis sosis Kanzler Berat per pack Harga per pack Harga per gram
Kanzler Beef Cocktail 500 g Rp53,000-Rp75,500 Rp106-Rp151
Kanzler Cheese Cocktail 500 g Rp59,900-Rp75,500 Rp120-Rp151
Kanzler Frankfurter Cocktail 500 g Rp58,040-Rp75,500 Rp116-Rp151
Kanzler Blackpepper Frankfurter 300 g Rp43,050-Rp54,500 Rp144-Rp182
Kanzler Garlic Frankfurter 300 g Rp47,970-Rp53,500 Rp160-Rp178
Kanzler Cheese Frankfurter 360 g Rp59,620-Rp68,500 Rp166-Rp190
Kanzler Cheese Bratwurst 360 g Rp64,450-Rp70,000 Rp179-Rp194
Kanzler Bockwurst 360 g Rp56,900-Rp61,900 Rp158-Rp172
Kanzler Beef Wiener 360 g Rp56,950-Rp60,500 Rp158-Rp168

Sosis Kimbo

Sosis Kimbo diproduksi oleh PT Madusari Nusaperdana yang merupakan perusahaan pembuat makanan daging olahan berkualitas dan terjangkau. Salah satu merk dagangnya adalah Kimbo yang juga memiliki beberapa jenis sosis yang cocok untuk dijadikan menu saat Barbeque. Jenis sosis Kimbo yang cocok untuk barbeque:

Kimbo Sosis Sapi Serbaguna dan Kimbo Sosis Ayam Serbaguna

Sosis ini merupakan produk unggulan pilihan favorit keluarga Indonesia sejak tahun 1995. Kandungannya tinggi akan daging sapi impor dari Australia serta dipadukan bersama bumbu istimewa. Kimbo Sosis Ayam serbaguna juga berasal dari daging ayam pilihan yang berkualitas. Dikemas dengan kulit kolagen sehingga lebih praktis karena tidak perlu dikupas dan bisa langsung dimasak. Satu kemasan Kimbo Sosis Serbaguna isi 6 buah sosis dengan berat total hampir 200 gram, kisaran harganya sekitar Rp 30 ribuan per pack. Selain itu ada juga yang satu pack isi 12 dan 24 pcs, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Kimbo Sosis Bratwurst

Kimbo Sosis Bratwurst merupakan sosis yang terbuat dari olahan daging sapi pilihan yang diimpor dari Australia yang berpadu dengan bumbu spesial bratwurst original ala Eropa. Ada berbagai jenis Sosis Bratwurst dari Kimbo yaitu :

  • KIMBO Bratwurst Cocktail Original: sosis Bratwurst ala Kimbo yang berukuran mini, harganya sekitar Rp 36 ribuan untuk kemasan 450 gram isi 25pcs sosis.
  • KIMBO Bratwurst Chicken Cocktail : perpaduan daging sapi impor dari Australia dan daging ayam asli berkualitas serta bumbu spesial bratwurst ala Eropa. Kemasan 500 gram isi 25pcs sosis harganya Rp 25 ribuan.
  • KIMBO Mini Bratwurst Lada Hitam : meskipun namanya mini, namun sosis ini lebih besar ukurannya dibanding jenis sosis cocktail. Terbuat dari daging berkualitas dengan bumbu lada hitam original. Satu pack ukuran 500 gram isinya 10 pcs dengan harga Rp 38 ribuan/pack.
  • KIMBO Gold Plus Bratwurst Chilli Lava : sosis bratwurst ala kimbo ditambah daun parsley dan ada sensasi rasa pedas. Kaya akan nutrisi seperti VIT-E, OMEGA 3 dan OMEGA 6 yang baik untuk menjaga imunitas. Harganya sekitar Rp 45 ribuan kemasan 360 gram isi 6 pcs.
  • KIMBO Gold Plus Bratwurst Butter Cheese : terbuat dari olahan daging ayam asli dan daging sapi pilihan, dipadukan dengan saus bratwurst dan potongan keju di dalamnya. Juga dilengkapi VIT-E, OMEGA 3 dan OMEGA 6. Satu pack kemasan 360 gram isi 6 pcs harganya Rp 45 ribuan.

#BandingkanHematnyaSekarang kita bisa memperoleh informasi harga Kimbo Sosis terlengkap. Hemat.id menyediakan informasi perbandingan harga di Alfamart, Indomaret, hingga harga sosis di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa langsung klik beli sekarang supaya tidak kehabisan promo.


Cek sekarang juga harga Kimbo Sosis terhemat

Daftar harga sosis Kimbo
Jenis sosis Kimbo Berat per pack Harga per pack Harga per gram
Kimbo Sosis Ayam Serbaguna 300 g Rp32,600-Rp45,000 Rp109-Rp150
Kimbo Sosis Sapi Serbaguna 198 g Rp28,500-Rp28,500 Rp144-Rp144
Kimbo Sosis Sapi Serbaguna 396 g Rp58,900-Rp73,800 Rp149-Rp186
Kimbo Sosis Sapi Serbaguna 792 g Rp68,150-Rp103,950 Rp86-Rp131
Kimbo Bratwurst Butter Cheese 360 g Rp45,000-Rp66,500 Rp125-Rp185
Kimbo Bratwurst Chili Lava 360 g Rp45,000-Rp61,900 Rp125-Rp172
Kimbo Bratwurst Original 360 g Rp45,000-Rp59,500 Rp125-Rp165
Kimbo Mini Bratwurst 500 g Rp32,000-Rp38,100 Rp64-Rp76
Kimbo Bratwurst Cocktail 450 g Rp36,750-Rp50,000 Rp82-Rp111

Sosis Bernardi

Belakangan ini sosis Bernardi juga memperluas pemasarannya hingga ke sosial media. Lewat konten resep memasak dan review makanan yang ditayangkan oleh para influencer, sosis Bernardi juga semakin dikenal banyak kalangan. Padahal produk sosis ini sudah beredar sejak tahun 1989 lho, dan diproduksi oleh PT. Eloda Mitra.

Sosis Bernardi adalah produk daging olahan kaya tekstur dan rasa yang otentik karena terbuat dari bahan baku terbaik yang diolah dengan proses manufaktur yang canggih dan terperinci. Produk sosis Bernardi juga dilengkapi dengan berbagai macam jenis dan rasa sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Jenis produk sosis Bernardi:

  • Bernardi Sosis sapi: produk berbahan dasar daging sapi pilihan yang dicincang dengan bumbu pilihan. Dikemas dengan kulit yang sudah tersertifikasi foodgrade sehingga bisa langsung dimasak tanpa dikupas terlebih dahulu. Kemasan sosis ini bervariasi mulai dari 250g, 500g sampai 1kg.  Kisaran harga untuk kemasan 500gram sekitar Rp70.000-an.
  • Bernardi Horeca Beef dikemas dalam pack ukuran 500 gram dengan harga Rp30 ribuan. Cukup terjangkau namun kualitas sosis premium karena terbuat dari daging pilihan.
  • Bernardi Deli Breakfast Sausage Cheese : sosis yang terbuat dari daging cincang, rempah-rempah, bumbu pilihan dan ditambah keju. Harganya sekitar Rp40 ribuan kemasan 190 gram.
  • Bernardi Delicious Sosis Sapi Goreng : sosis sapi dengan harga Rp 40 ribuan kemasan 360 gram, cocok untuk dijadikan cemilan saat BBQ. Sosis ini perlu dikupas sebelum dimasak ya.
  • Bernardi Sosis Ayam : produk olahan daging ayam cincang, dengan rempah-rempah dan bumbu pilihan. Sosis berukuran 10 cm ini dikemas dalam pack ukuran 500 gram dengan harga Rp 64 ribuan.
  • Bernardi Cocktail Sapi : sosis sapi berukuran mini terbuat dari daging sapi pilihan. Kemasan 500 gram harganya sekitar Rp 70 ribuan.
  • Delicatessen Bratwurst With Cheese : sosis berukuran besar yang terbuat dari daging pilihan dan tambahan keju spesial. Satu pack ukuran 310 gram berisi 4 buah sosis dengan kisaran harga Rp54.000-an.
  • Delicatessen Bratwurst with Blackpepper : sosis daging pilihan dengan rasa lada hitam yang otentik dan sensasi pedas. Tersedia ukuran pack 310 gram isi 4 buah sosis dengan harga Rp 54.000-an.

Sosis So Good

Image Sausage Premium Original

Berdiri sejak tahun 1999, So Good terus berinovasi dalam memproduksi makanan olahan yang bernutrisi dan kaya protein. Salah satunya adalah Sosis So Good yang terbuat dari daging ayam berkualitas dan diolah dengan teknologi yang canggih. Bahan dasar sosis ini yaitu lebih banyak dada ayam sehingga menghasilkan tekstur yang crunchy. Selain itu, variasi sosis So Good juga tidak kalah dengan brand Sosis terkenal lainnya. Tersedia berbagai macam pilihan rasa yang dibuat dengan bumbu yang otentik. Pilihan rasa sosis so Good yaitu Original, Premium Garlic, Honey, Hot & Spicy, dan Smoke Bratwurst. Harga sosis ini juga terbilang terjangkau yaitu sekitar Rp 40 ribuan untuk kemasan 300 gram.

Sosis Fiesta

Produk sosis Fiesta diproduksi oleh PT CP Food (PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk). Bahan baku sosis ayam Fiesta berasal dari daging ayam berkualitas yang diolah dengan proses berstandar internasional. Produk sosis dari Fiesta juga dikenal lebih ekonomis, namun kualitas rasa tetap terjamin dan saat ini terus dikembangkan dengan berbagai varian. Beberapa jenis sosis fiesta yang dapat Anda jadikan bahan untuk BBQ antara lain :

 

Daftar produk sosis Fiesta
Jenis Sosis Fiesta Bahan Dasar Harga per Pack (300 gram)
Original Sausages Daging ayam berkualitas dan bumbu pilihan Rp25.000
Frankfurter Sausages Daging ayam berkualitas dan bumbu pilihan Rp27.000
Bockwurst Sausages Daging ayam dan sapi berkualitas dan bumbu pilihan Rp27.000
Bratwurst Sausage Daging ayam dan sapi berkualitas Rp27.000
Currywurst Sausage Daging ayam berkualitas dan bumbu kari Rp29.000
Chicken Wiener Sausage Daging ayam berkualitas Rp30.000
Cheese Sausage Daging ayam dan sapi berkualitas dengan isian keju Rp42.000

Kesimpulan

Sekian banyak merk sosis di Indonesia, penulis menguraikan 5 Brand Sosis terbaik yang sudah teruji dan terjangkau masyarakat. Kalau dari pengalaman saya sebagai konsumen, sosis Kimbo adalah versi terbaik karena harganya terjangkau, banyak varian rasa, dan tekstur sosisnya kaya akan daging. Namun, 4 brand sosis lainnya juga tidak kalah bagus karena meskipun harganya tidak lebih murah, mereka menyajikan varian rasa yang unik dan tidak ada di brand sosis lainnya. Jangan lupa untuk siapkan hidangan pendamping yang sehat dan bernutrisi untuk menemani menu sosis saat Barbeque di liburan nanti ya… Selamat liburan Sahabat Hemat semoga kita bisa mengawali tahun baru dengan lebih baik, lebih sehat, dan lebih bahagia tentunya.