Selain Oven, Rekomendasi Alat Pemanggang hingga Alat Bakar Sosis untuk Rayakan Tahun Baru

Kumpul keluarga dan teman menjadi momen tepat yang patut dilakukan ditambah dengan jamuan hidangan lezat sebagai pelengkap kumpul keluarga saat tahun baru. Hidangan khas natal dan tahun baru ternyata bermacam macam loh, tidak hanya kue kering saja. Karena natal mendekati tahun baru maka dengan BBQan bersama keluarga sepertinya akan lengkap yah. Anda bisa membuat hidangan natal dan tahun baru itu dirumah dengan alat masak sederhana. Kira-kira apa saja ya ide masakan untuk merayakan natal dan tahun baru? Dan alat apa saja yang bisa Anda gunakan dirumah? Simak artikelnya:

Apa saja ide masakan untuk rayakan natal dan tahun baru?

Senang sekali menjadi penduduk Indonesia yang sangat kaya akan masakan terutama masakan untuk perayaan natal. Jika lebaran identik dengan kue kering sebagai cemilan begitupun dengan natal:

1. Kue kering speculaas

Sumber: unsplash.com

Speculaas atau biscoff ini adalah makanan khas dari negara Belanda dengan bahan dasar rempah dan kayu manis. Citarasa dari speculaas  ini adalah manis berempah dengan tesktur yang renyah. Rasa manisnya tidak menimbulkan efek enek sehingga cocok untuk cemilan menyambut teman dan keluarga yang hendak merayakan natal bersama. Mengapa kue ini sangat khas? Karena selain berbentuk kincir angin, biscoff juga biasa dibuat dengan bentuk pohon natal, santa clause dan kado-kado natal.

2. Yule log coklat/ kue bolu coklat

SUmber: unsplash.com

Yule log merupakan kue khas natal yang terkenal dari Eropa, uniknya kue ini berbentuk seperti batang pohon atau bila di Indonesia bisa disebut bolu gulung coklat. Mengapa disebut bolu gulung? Karena bahan dasar pembuatannya sama seperti bahan dasar membuat bolu coklat yaitu telur, gula kastor (bisa diganti gula pasir), emulsifer, tepung terigu, tepung maizena, bubuk coklat, ekstrak vanilla dan margarin/ butter. Walaupun berasal dari Eropa bahan-bahan untuk membuat yule log juga mudah ditemukan di toko roti Indonesia.

Baca juga Jenis dan Merk Tepung untuk Bikin Kue Bolu Saat Natal

3. Babi panggang karo

Babi panggang karo merupakan hidangan khas natal yang terkenal di Sumatera Utara. Babi ini disajikan dalam bentuk potongan kecil dan dipanggang dengan bumbu serai, bawang putih dan kecap. Setelah matang dapat disantap dengan saus olahan khusus yang sudah dibumbui dan dimasak diatas bara api. Bagi penikmat daging babi menu ini patut dicoba saat natal tiba.

4. Ayam rica-rica

Ayam rica adalah ayam dengan bumbu pedas khas Manado, Sulawesi Utara yang selalu ada saat perayaan natal. Bumbu yang wajib ada untuk membuat ayam rica adalah cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Rasa pedas yang khas dapat mengakrabkan momen kumpul keluarga menjadi semakin hangat.

5. Ikan kuah kuning

Resep khas Ambon ini sudah menjadi tradisi dalam perayaan natal. Untuk memasak ikan ini kita tidak perlu datang ke Ambon karena bahan masakan sudah tersedia di pasar dan supermarket terdekat. Bahan utama dari masakan ini adalah ikan tongkol dan bahan bumbu utama terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit dan jahe. Bahan pelengkap lain adalah serai, daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Bila dilihat dari bahan yang dipakai Anda pasti sudah dapat membayangkan bagaimana kombinasi rasa gurih, bau yang harum dan rempah yang sangat lezat.

6. Aneka bakaran daging, sosis dan jagung

Kalau masakan satu ini sangat cocok untuk menyambut natal dan tahun baru, aneka olahan daging dan sosis yang dibakar sudah lazim dilakukan masyarakat Indonesia saat menyambut tahun baru. Resep membuat sosis bakar sederhana saja, Anda hanya perlu menyiapkan bumbu saus tomat, saus sambal, saus barbeque, dan kecap manis. Sedangkan untuk membuat daging bakar, selain bahan yang sudah disebutkan Anda tinggal menambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan sebagai bumbu. Lalu dibakar menggunakan alat bakar atau alat panggang, yummy!

Material pemanggang dan alat bakaran yang bagus

Pemanggang dan alat bakaran seperti panci, grill pan, dan pemanggang BBQ terbuat dari berbagai bahan. Bahan-bahan ini memungkinkan dapat meresap ke makanan yang kita buat. Untuk penggunaan dalam jangka waktu lama tidak berbahaya namun harus dengan perawatan yang baik sebagaimana mestinya.

Perbandingan material alat memasak
Material Kandungan dan keunggulan
Stainless steel
  • Tahan karat, kuat, anti lengket dan tahan aus.
  • Murah dan tahan lama serta mengandung besi, krom dan nikel pada batas wajar.
  • Mengandung kurang dari 20% asupan zat besi harian sehingga masih dalam tingkat yang aman.
  • Mendistribusikan panas secara merata di atas permukaannya.
Keramik
  • Mudah dibersihkan dan anti lengket.
  • Dapat dipanaskan hingga suhu yang cukup tinggi.
  • Sebagian besar bisa jadi bukan keramik murni, namun terbuat dari logam dan dilapisi anti lengket yang memiliki dasar keramik.
Aluminium
  • Menghantarkan panas dengan cepat.
  • Memasak dengan alumunium secara umum tergolong aman, namun hindari masakan yang bersifat asam.

Rekomendasi alat pemanggang dan alat bakar berkualitas

Biasanya untuk memanggang kue bolu ataupun memanggang daging, membutuhkan oven. Namun, apabila Anda tidak memiliki oven, Anda tetap bisa menyajikan hidangan natal atau makanan untuk merayakan tahun baru bersama keluarga. Berikut beberapa pilihan alat pemanggang selain oven hingga alat bakar.

Alat pemanggang BBQ

Apakah Anda mengira bahwa pemanggng BBQ seharga 400ribuan, bila iya ternyata Anda salah. Untuk harga normal pemanggang berkisar 300ribuan namun dengan harga promo Anda hanya perlu membayar Rp149.000-199.000 untuk satu pemanggang. Kelebihan produk ini adalah mudah dirakit, tidak mudah berkarat, mudah dibersihkan dan tidak memakan tempat. Sudah mendekati akhir tahun, jangan sampai Anda kehabisan produk yang satu ini yaah!

Spesifikasi produk:

  • tipe pemanggang arang
  • material steel
  • dimensi lingkaran 36cm
  • ukuran grill 41x41x56cm

Grill pan untuk barbeque

Selain menggunakan alat pemanggang BBQ, Anda juga bisa mempertimbangkan grill pan. Grill pan merupakan wajan yang memiliki permukaan yang bergerigi dan cocok untuk memanggang daging seperti steak dan semacamnya.

Korean BBQ grill

Harga: 489ribu

BBQ grill yang satu ini anti lengket dan terbuat dari aluminium, inovasi dari alat ini yang belum tentu ada di grill pan lain adalah 4 sekat dibagian pinggir yang memudahkan kita dalam memanggang sehingga makanan atau bumbu tidak mudah tercampur. Grill pan ini juga memiliki kelebihan:

  • tidak hanya digunakan untuk memanggang daging, namun juga bisa sayuran dan telur, bahkan bisa dipanggang secara bersamaan,
  • terdapat jalur minyak di bagian bawah pan sehingga minya dapat langsung dibuang dan tidak menimbulkan gosong pada makanan,
  • bebas bahan berbahaya.

Wajan BBQ

Harga: 229ribu

Jika korea BBQ pan mahal bagi Anda, jangan sedih karena Anda bisa menggunakan wajan BBQ yang terbuat dari bahan keramik. Wajan ini memiliki fungsi yang sama yaitu bisa untuk memanggang, bisa juga untuk menggoreng. Material keramik memiliki kelebihan anti lengket dan anti gores sehingga awet, mudah perawatannya dan tidak akan berkarat.

Wajan BBQ memilliki gerigi yang berfungsi memberikan efek burning pada hasil panggangan dan meningkatkan selera penikmatnya. Karena dilengkapi dengan gerigi maka cocok untuk memanggang setak daging ayam maupun sapi yang cukup tebal. Anda juga akan terlindungi dari panasnya wajan karena terdapat gagang berbahan bakelite yang lembut dan nyaman digenggam.

Panci anti lengket untuk memanggang kue bolu

Harga: 159ribu

Apakah Anda baru tahu bahwa panci dapat digunakan untuk memanggang bolu? Faktanya memang iya. Wah pastinya cocok untuk membuat yule log coklat. Anda yang ingin menghidangkan bolu untuk menyambut natal cukup bermodal panci di rumah sebagai alat masaknya tanpa harus membeli oven maupun microwave. Panci yang dilapisi marmer tidak akan lengket walau tanpa minyak sekalipun. Kelebihan lain panci ini tidak mengandung bahan PFDA yang dapat memicu kanker bila mengelupas.

Spesifikasi produk dengan ukuran ketebalah 33mm, diamter 16cm, tinggi 7,5cm dan panjang 33cm. Bagaimana cara memanggang bolu dengan panci tersebut? Mudah sekali, Anda bisa menuangkan adonan bolu di panci dan panggang dengan api kecil saja sekitar 30-45 menit. Jika Anda menginginkan bolu yang lebih besar Anda bisa menggunakan panci dengan diamter 24cm di bawah ini:

Harga: 399ribu

Panci ini sudah dilengkapi dengan induction bottom, cepat dan rata dalam menghantarkan panas sehingga bolu tidak cepat hangus. Panci ini juga dapat digunakan di semua jenis kompor, semakin mempermudah Anda membuat aneka bolu natal dirumah.

Rice cooker sebaguna untuk memanggang kue bolu khas natal

Rice cooker bisa buat apa saja? Selain memasak nasi, dengan rice cooker Anda bisa memasak mie, membuat sup, hingga mengukus kue bolu. Berikut pilihan rice cooker serbaguna yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memanggang kue bolu tanpa oven.

Baca juga Masak Hemat Beragam Menu dengan Rice Cooker

Phillips Rice Cooker HD3138

Harga: 920ribuan

Rice cooker kini tidak hanya untuk memasak nasi namun juga bisa difungsikan untuk memasak makanan lain seperti memanggang adonan roti. Jika Anda tidak memiliki oven maupun microwave alat ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Keunggulan dan Spesifikasi Rice Cooker Philips HD3138
Keunggulan produk Spesifikasi
  • Panci dengan lapisan bakuhanseki
  • Pemanas smart 3D
  • Tetap hangat 48 jam
  • Kapasitas 2 liter
  • Garansi 2 tahun
  • Daya 400 watt
  • Panjang kabel 0,8 meter
  • Voltase 220 volt
  • Aksesori gelas ukur dan spatula
  • Bahan bodi utama logam

 

Tips memasak daging dan sosis bakar yang sehat dan aman

Apakah makanan yang dibakar tidak sehat? Makanan yang dibakar dikatakan tidak sehat bila dikonsumsi terus menerus dan berlebihan. Namun akan dikatakan makanan sehat bila dikonsumsi dengan wajar.

Baca juga Pilihan Sosis Kanzler dan Sosis Bakar yang Enak untuk Barbeque

Resiko terlalu sering makan makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar tidak sehat karena menimbulkan efek bagi tubuh atau makanan itu sendiri yaitu

  • Menyebabkan kanker
    Makanan yang dibakar apalagi sampai hangus akan mengandung zat karsinogenik seperti benzopyrene yang sangat berbahaya bagi lambung. Zat tersebut juga ada pada makanan yang digoreng khususnya yang menggunakan minyak bekas. Cara zat ini terbentuk adalah kandungan protein pada daging, ayam dan ikan dapat bereaksi pada suhu tinggi pembakaran dan membentuk senyawa karsinogenik. Senyawa itulah yang menimbulkan kerusakan komposisi DNA sehingga memicu perkembangan sel kanker.
  • Memicu asam lambung
    Orang yang memiliki riwayat penyakit asam lambung dan maag disarankan untuk tidak sering mengkonsumsi makanan yang dibakar, karena kienrja lambung akan lebih berat saat mencerna makanan tersebut dan meningkatkan asam lambung.
  • Kandungan gizi makanan hilang
    Makanan yang dibakar biasanya adalah daging, daging mengandung protein yang tinggi, namun pengolahan daging dengan cara dibakar dapat menghilangkan protein tersebut.
  • Cacing masih ada di dalam daging
    Memasak daging dengan cara dibakar menimbulkan efek tidak matang sepenuhnya, itu dapat menimbulkan kemungkinan cacing atau larva masih hidup pada daging.

Tips dan langkah memasak daging dan sosis bakar/ panggang bebas kanker

Supaya Anda tetap bisa menikmati makanan yang dibakar dan tetap terhindar dari resiko kanker, selain mengurangi tingkat konsumsi makanan Anda juga bisa mengikuti tips berikut

  • Merendam daging dengan bumbu tradisional yang alami selama kurang lebih 30 menit untuk mengurangi pembentukan zat karsinogenik.
  • Hindari memasak daging/ sosis dalam waktu lama pada suhu yang tinggi.
  • Membakar daging pada suhu rendah atau api kecil dengan jangka waktu yang lama. Hal itu akan menyebabkan daging matang lebih merata tanpa menghilangkan kandunagn proteinnya.
  • Pilih daging yang tidak terlalu berlemak, karena daging dengan kadar lemak yang tinggi saat dibakar/ dipanggang akan cepat gosong dan mempercepat produksi zat karsinogenik pemicu kanker.
  • Memilih pangggangan atau bakaran yang tidak langsung bersentuhan dengan api seperti grill pan.

Nah, di atas itu adalah tips dan langkah memasak daging dan sosis bakar/ panggang yang aman dan bebas kanker.

Suhu minimum yang aman untuk memasak

Cara memasak daging mentah, daging laut dan makanan lain memiliki minimum suhu yang berbeda-beda. Dianjurkan selalu menggunakan termometer makanan apakah suhu minumum sudah aman dan cukup panas untuk membunuh kuman berbahaya penyebab keracunan makanan. Beberapa daging membutuhkan waktu istirahat setelah dimasak. Waktu istirahat tersebut penting untuk daging tertentu karena memungkinkan bagian dalam daging matang dengan sempurna.

Tabel Infografis Suhu Internal Minimum yang Aman untuk Memasak
Makanan Tipe Temperatur °F
Daging sapi, kambing, babi dan domba Steak, daging panggang 145 dengan waktu istirahat 3 menit
Sosis dan daging giling 160
Ayam, kalkun dan unggas lainnya Burung utuh, dada, kaki,paha, sayap, unggas giling, jeroan ayam, sosis, dan isian di dalam unggas 165
Telur Telur mentah Masak hingga kuning dan putih telur matang
Telur dengan campuran daging 165
Ham Ham mentah 145 dengan waktu istirahat 3 menit
Ham yang dipanaskan kembali 165
Seafood Ikan (utuh atau fillet) 145 atau masak hingga ikan tidak mudah terpisah dengan garpu
Udang, lobster, kepiting dan kerang Masak hingga seafood berwarna lebih gelap

Itulah ide masakan untuk merayakan natal dan tahun baru juga rekomendasi pemanggang dan alat bakar yang bisa digunakan. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya bukan? Banyak ilmu yang Anda dapatkan dari artikel ini. Intinya jika memasak makanan yang dibakar dan dipanggang perhatikan cara memasaknya, alat masaknya dan makanan yang hendak dibakar apakah itu daging, seafood, atau sosis.

Referensi:

  1. https://promkes.kemkes.go.id/
  2. https://www.google.co.id/books/edition/Sinyal_Bahaya_dari_Tubuh/0IJ-EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
  3. http://ecampus.poltekkes-medan.ac.id/jspui/handle/123456789/4895
  4. https://www.cdc.gov/foodsafety/communication/bbq-iq.html
  5. https://www.foodsafety.gov/food-safety-charts/safe-minimum-internal-temperatures
  6. https://www.canada.ca/en/health-canada/services/household-products/safe-use-cookware.html