Pilihan Vitamin Anak Untuk Menjaga Daya Tubuh

Sebagai orang tua kita pasti ingin melihat anak-anak selalu dalam kondisi yang sehat. Terutama di masa pandemi COVID-19 yang tidak hanya bisa menjangkit orang dewasa saja, tapi anak-anak pun sudah banyak yang tertular virus. Berita ini membuat orang tua semakin ketar-ketir. Daeng M. Faqih, Ketua Umum IDI (Ikatan Dokter Indonesia), mengungkapkan meskipun anak memiliki daya imunitas yang bagus dalam melawan virus corona, namun tetap saja pembentukan imunitas itu memerlukan bantuan dari asupan dan keseimbangan gizi dalam tubuh anak.

Jika anak memiliki energi yang baik diharapkan energi tersebut dapat membantu tubuh dalam pembentukan antibodi Covid-19, sehingga tanpa nutrisi yang cukup maka tubuh akan kekurangan energi dan antibodi tak akan terbentuk optimal. Daeng juga mewanti-wanti orang tua untuk menyuplai makro dan mikro nutrisi pada anak, terutama di tengah wabah global yang sudah menjangkit Indonesia selama setahun lebih ini.

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak hanya direkomendasikan suplemen tambahan yang mengandung vitamin A, C dan D yang dapat dikonsumsi setiap hari. Jangan berlebihan dalam memberikan suplemen tambahan pada anak, karena tidak memberikan manfaat tapi dapat memberikan efek yang buruk untuk anak. Jadi patuhi dosis yang dianjurkan pada label dan berhati-hati untuk tidak memberikan anak Anda dua macam suplemen tambahan pada saat yang bersamaan.

Misalnya, jangan memberikan anak suplemen tambahan cod liver oil dan suplemen tambahan yang mengandung vitamin D, baik yang dihisap atau berbentuk sirup karena cod liver oil juga mengandung vitamin A dan D. Satu macam suplemen tambahan sudah cukup, selama suplemen tambahan tersebut mengandung vitamin-vitamin dengan dosis yang direkomendasikan.

Makanan juga mengandung vitamin, kenapa harus suplemen tambahan?

Awalnya saya termasuk ibu-ibu yang pola pikirnya seperti ini, kenapa harus beli suplemen tambahan jika banyak makanan yang mengandung vitamin bahkan ini lebih alami dibandingkan minum suplemen tambahan. Seperti cod liver oil yang dapat ditemukan pada telur dan ikan, bahkan sekarang sudah ada banyak produsen makanan yang menyertakan beberapa vitamin ke produknya, seperti sereal untuk sarapan.

Tapi ternyata asupan vitamin tidak cukup hanya berasal dari makanan saja, terutama jika Anda memiliki anak yang makannya suka pilih-pilih. Kita sebagai orang yang awam akan sulit untuk mengetahui apakah asupan nutrisi dan vitamin anak pada hari itu sudah tercukupi atau belum.

Memberikan makan yang bervariasi dan sehat juga penting agar anak-anak mendapatkan semua energi dan semua nutrisi yang berguna untuk tumbuh kembangnya yang sempurna. Anda bisa mengajak anak Anda tetap aktif bergerak dengan cara jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah, bermain sepeda, atau bermain permainan outdoor lainnya.

Memilih suplemen yang tepat

Saat ini menjaga daya tahan tubuh anak menjadi prioritas tertinggi orang tua semenjak pandemi COVID-19 ini merebak. Untuk menunjang daya tahan tubuh anak yang lebih baik dan mendukung tumbuh kembang anak terkadang kita bingung bagaimana memilih suplemen yang tepat untuk anak. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih suplemen tambahan untuk anak:

  1. Kualitas

Pastikan merek suplemen yang akan Anda beli sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawaran Obat dan Makanan) atau FDA (Food Drug Administration). Sehingga kita mendapatkan produk suplemen tambahan yang isi kandungannya sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan di Indonesia.

  1. Kandungan

Selain makanan, Anda juga butuh mengecek kandungan yang ada pada suplemen yang akan dipilih. Selalu melihat daftar kandungan pada kemasan untuk memastikan suplemen bebas perasa buatan, pewarna makanan dan pengawet.

  1. Merek dikenal

Pilihlah suplemen dari perusahaan yang berpengalaman di bidangnya, karena biasanya produk yang dihasilkan dari perusahaan yang sudah dikenal luas terjamin kualitas produk suplemennya.

  1. Dosis

Pastikan suplemen yang dipilih adalah suplemen yang memang diperuntukkan untuk anak-anak yang usianya sesuai dengan usia anak Anda. Tapi jika Anda masih memiliki keraguan, jangan ragu untuk menanyakan apakah suplemen yang Anda akan pilih cocok atau sesuai untuk anak Anda.

Pilihan suplemen tambahan untuk anak

www.temposcangroup.com
  • VIDORAN Smart Vitamins

Tipe suplemen: tablet hisap dan sirup

Rekomendasi umur anak untuk tablet isap: mulai dari 3 – 12 tahun

Rekomendasi umur anak untuk sirup: 1 – 12 tahun

Di produksi oleh Tempo Scan Pacifik ini merupakan suplemen vitamin dan mineral yang baik untuk anak selama masa pertumbuhan, sebagai nutrisi otak dan dapat memelihara daya tahan tubuh anak.

Suplemen ini mengandung 12 nutrisi penting termasuk Vitamin C yang berperan bagi daya tahan tubuh, E untuk antioksidan, B12 untuk memberikan energi, nicotinamide, Ca pantothenate, taurine, dan DHA yang sangat baik untuk hati dan kesehatan otak.

Vidoran Smart Vitamins memiliki dua macam varian rasa, yaitu jeruk dan stroberi dengan isi 25 tablet hisap per botolnya dan 100 ml untuk sirup.

Sumber : temposcangroup.com
  • VIDORAN Gummy

Tipe suplemen: kembang gula lunak jeli

Rekomendasi umur anak: di atas 4 tahun

Memiliki bentuk yang lucu dan rasa kesukaan anak-anak membuat Vidoran Gummy menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari suplemen ini. Apalagi teksturnya yang kenyal membuat anak senang mengonsumsinya. Tidak hanya enak dimakan Vidoran Gummy Multivitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi pada anak di masa-masa penting mereka.

Suplemen ini mengandung sembilan nutrisi penting termasuk Vitamin C berfungsi untuk membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak, kalsium yang berperan untuk memperkuat tulang dan gigi anak, vitamin B1 yang bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dan membantu kinerja metabolisme tubuh dalam menghasilkan energi dan nutrisi, serta B2 yang dapat membantu proses pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan.

Vidoran Gummy Multivitamin memiliki enam aneka rasa, yaitu peach, apel, jeruk, anggur, melon dan stroberi dengan isi 5 pcs per sachet.

Sumber : www.kalbe.co.id
  • Sakatonik ABC

Tipe suplemen: tablet hisap

Rekomendasi umur anak: 4 – 12 tahun

Sakatonik ABC merupakan tablet hisap multivitamin anak-anak yang memiliki bentuk alfabet A, B, dan C, Sakatonik ABC dapat melengkapi kekurangan asupan buah dan sayuran yang didapat dari makanan yang dimakan sehari-hari. Sakatonik ABC mengandung 10 macam nutrisi penting, seperti Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, vitamin C yang dapat meningkatkan penerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh, dan vitamin D3 yang dapat membantu tubuh anak menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga tulang yang kuat.

Sakatonik ABC memiliki empat rasa buah, yaitu anggur, jeruk, antariksa dan tutti frutti sehingga anak-anak memiliki lebih banyak pilihan rasa, dengan isi 30 butir per botolnya.

Sumber : www.kalbe.co.id
  • CEREBROFORT Gold

Tipe suplemen: sirup

Rekomendasi umur anak: 1 – 6 tahun dengan dosis 1 sdt x 1 sehari dan 6 – 12 tahun dengan dosis 1 sdt x 2 kali sehari

Cerebrofort Gold merupakan suplemen multivitamin yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, membantu metabolisme tubuh serta memelihara kesehatan anak. Dengan rasa buah yang manis pasti akan mudah sekali untuk diberikan ke anak-anak.

Suplemen ini mengandung sepuluh nutrisi penting termasuk DHA, EPAT, L-Glutamic Acid, Folic Acid yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak dan Lysine yang dapat membantu anak dalam masa pertumbuhan. Cerebrofort Gold memiliki dua rasa buah, yaitu jeruk dan stoberi dengan isi 100 ml dan 200 ml per botolnya.

Sumber : www.sohoglobalhealth.com
  • Fitkom Vitamin Anak

Tipe suplemen: tablet hisap

Rekomendasi umur anak: > 4 tahun

Suplemen ini mengandung sepuluh nutrisi penting termasuk vitamin B6 sangat baik untuk perkembangan fungsi dan saraf otak, vitamin D sangat penting untuk anak-anak untuk menjaga kesehatan tulang dan vitamin E adalah jenis vitamin yang berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit, sel darah, dan mata.

Fitkom vitamin anak ini memiliki tiga rasa buah, yaitu anggur, jeruk dan stoberi dengan isi 21 pc per botolnya.

Varian rasa dan tekstur yang menyerupai permen kesukaan anak-anak tentu sangat membantu orang tua yang menginginkan anak tumbuh dengan sempurna dan sehat.

Pastikan Anda mengikuti rekomendasi dosis penggunaan yang tertera pada kemasan. Apabila berlebihan, efek yang diperoleh dapat kurang optimal untuk kesehatan anak. Contohnya seperti suplemen tambahan yang mengandung buah sayuran memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan yaitu dapat menimbulkan efek laksatif.

Efek laksatif adalah efek yang dapat memicu pengeluaran feses atau tinja dari sistem pencernaan seperti yang terjadi pada orang yang mengonsumsi obat pencahar. Dengan kata lain, berlebihan dalam asupan suplemen tambahan ini dapat membuat rasa ingin buang air besar jadi lebih sering dari biasanya.

Bagikan cerita dan pengalaman Anda dalam memberikan anak suplemen tambahan? Apakah Anda memiliki kriteria khusus dalam memilih suplemen untuk anak Anda? Tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Sumber:

  1. https://www.nhs.uk/conditions/baby/weaning-and-feeding/vitamins-for-children/
  2. https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-kids
  3. http://www.idionline.org/berita/idi-ungkap-angka-kematian-anak-covid-19-ri-tertinggi-di-asean/
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Laksatif#:~:text=Laksatif%20atau%20pencahar%20adalah%20makanan,membersihkan%20usus%20sebelum%20operasi%20dilakukan.