Suplementasi Zinc, Gunanya Bagi Tubuh dan Macam Suplemen Zinc

Sahabat hemat yang punya balita pasti akrab ya dengan zinc? Biasanya zinc ini sering ditemukan sebagai salah satu kandungan bahan di dalam obat diare anak. Pemberian zinc dengan oralit akan mengurangi durasi dan tingkat keparahan dehidrasi akibat diare. Sejak 2004, suplementasi zinc dimasukkan sebagai terapi untuk diare anak oleh WHO dan UNICEF3. Saat diare, zinc akan hilang bersamaan dengan buang air besar yang berlangsung sehingga tubuh beresiko kekurangan zinc yang akan memperlambat proses pemulihan. Karena itulah dokter biasanya meresepkan suplementasi atau obat diare yang mengandung mineral zinc.

Baca juga : Pilihan Vitamin D Terbaik Sebagai Imun Booster

A. Apa itu Zinc dan manfaatnya untuk tubuh?

Zinc atau seng atau zinkum dalam unsur kimia memiliki lambang Zn. Zinc merupakan mineral yang masuk dalam kategori bahan anorganik di bumi ini. Seng merupakan salah satu zat mikronutrisi esensial yang bisa ditemukan pada semua jaringan tubuh. Seng banyak digunakan dalam banyak produk seperti zink karbonat dan zink glukonat sebagai suplemen makanan, zinc pyrithione pada sampo anti ketombe, zink klorida sebagai bahan pembuat deodoran, zink sulfida sebagai bahan baku cat dan sebagainya.

Masyarakat umum kadang sering salah mengira bahwa Zinc itu besi, padahal bukan. Besi memiliki lambang kimia Fe atau Ferrum. Kesalahan ini mungkin disebabkan karena sumber makanan yang mengandung zinc mirip dengan zat besi seperti daging, ikan, kacangan-kacangan dan sebagainya. Berikut fungsi mineral zinc bagi tubuh:

a. Memperkuat sistem imun

Salah satu fungsi zinc adalah mengaktifkan limfosit T (sel T) pada sel darah putih menurut European Journal of Immunology. Sel darah putih adalah salah satu tentara penting di dalam tubuh yang berfungsi membasmi penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Jadi kecukupan mineral zinc didalam tubuh akan menjaga sistem imun selalu aktif. Anda juga bisa menemukan zinc pada obat demam dan flu yang dijual bebas. 

Baca juga : Tidak Perlu Minum Obat, 7 Makanan Ini Bisa Meredakan Flu

b. Menyembuhkan luka dan peradangan

Zinc berperan meredakan stres oksidatif sehingga peradangan yang terjadi mereda. Zinc bisa mencegah terjadinya penyakit kronis karena peradangan seperti kanker, otitis media (inflamasi pada telinga bagian tengah), penumonia, penyakit jantung, dan sebagainya. Saat anda terluka, zinc akan membantu pembentukan kolagen yang akan membantu kulit menutup dan membentuk kulit sehat yang baru. Anda bisa menemukan zinc pada kandungan obat luka bakar, bisul, dan luka lainnya.

c. Membantu pertumbuhan sel tubuh

Untuk anak-anak yang mendapatkan cukup mineral zinc akan memiliki tinggi dan berat badan ideal. Defisiensi zinc bisa berkaitan dengan masalah stunting pada anak. Kekurangan zinc akan menyebabkan keterlambatan kognitif dan motorik. Jadi kecukupan zinc di dalam tubuh menjadi salah satu poin penting agar anak tumbuh optimal. Orang dengan diet vegan atau vegetarian biasanya harus menambah asupan makanan agar tidak kekurangan zinc karena zinc paling banyak ditemukan pada ikan, daging dan telur. 

d. Mengatasi jerawat dan anti ketombe

Selain tea tree, zinc juga obat jerawat yang ampuh dan sering direkomendasikan. Manfaat zinc dalam mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan bakteri dan menekan produksi minyak di kulit adalah paket kombo untuk mengatasi jerawat. Begitu juga dengan kandungan zinc pada sampo ketombe. Pada sampo anti ketombe, zinc berbentuk zinc pyrithione yang berfungsi membunuh jamur penyebab ketombe karena memiliki sifat antibakteri. Jadi untuk ketombe yang disebabkan oleh jamur, sampo dengan zinc adalah solusi tepat. 

e. Membantu kerja 100 jenis enzim

Zinc merupakan katalis dalam proses pembentukan seratus jenis enzim dan berperan dalam meningkatkan produksi hormon testosteron sehingga baik untuk mengatasi infertilitas pria, disfungsi ereksi dan meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, zinc juga membantu proses sintesis DNA dan RNA.

Fungsi lain zinc adalah membantu pembentukan insulin dari pankreas. Mineral zinc berfungsi untuk melepaskan vitamin A yang disimpan menjadi vitamin A aktif sehingga berperan penting dalam kondisi kesehatan mata. Mikronutrien zinc juga berperan melindungi membran sel sistem pernafasan dan reproduksi. Karena itulah info tentang zinc banyak dicari sejak pandemi karena merupakan mikronutrisi yang melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan.

f. Mengatasi diare

Berdasarkan studi oleh Garrene, et al., suplemen zinc dinilai dapat memperpendek durasi diare hanya pada anak laki-laki1. Namun dokter biasanya akan meresepkan obat dengan kandungan zinc untuk mengatasi kekurangan zinc yang terjadi saat anak atau orang dewasa mengalami diare yang bertujuan menjaga kadar zinc di dalam pencernaan tetap sesuai.

B. Masalah yang timbul saat tubuh kekurangan Zinc

Defisiensi zinc bisa sangat berbahaya bagi tubuh terutama untuk anak-anak. Beberapa hal yang bisa terjadi saat tubuh kekurangan mineral zinc adalah :

  1. Mengganggu pertumbuhan anak (Brown, et al., 1998)
  2. Meningkatkan resiko diare (Ninh, et al., 1996)
  3. Meningkatkan resiko infeksi saluran nafas (Ninh, et al., 1996)
  4. Kerontokan rambut
  5. Masalah hormonal
  6. Luka lama sembuh
  7. Indra perasa dan penciuman yang tidak berfungsi optimal
  8. Kurang waspada
  9. Hilang nafsu makan
  10. Level insulin rendah
  11. Stunting
  12. Kulit kering dan kasar
  13. Depresi
  14. Gusi berdarah

Jenis makanan yang cenderung menghambat penyerapan zat besi dan zinc adalah asam fitat pada padi-padian dan jenis makanan yang dapat menurunkan absorpsi zat besi adalah susu sapi (Lonnerdal, 1990). Hindari mengkonsumsi makanan ini bersamaan dengan konsumsi suplementasi zinc.

C. Darimana saja sumber Zinc yang bisa kita dapatkan?

1. Makanan yang mengandung Zinc

Tubuh tidak memiliki sistem penyimpanan zinc sehingga zinc harus dikonsumsi rutin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Konsumsi zinc harian yang direkomendasikan untuk wanita dewasa adalah 8 mg dan untuk pria dewasa 11 mg. Jumlah ini bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc seperti :

  • Telur
  • Jamur
  • Sayuran : kangkung, asparagus, buncis
  • Kacang-kacangan : kacang polong, kacang hitam, lentil, kacang merah
  • Ikan : sarden, salmon
  • Unggas :  ayam, kalkun
  • Daging : Sapi, kambing, domba
  • Makanan laut : kepiting, lobster, tiram, kerang
  • sereal

2. Suplementasi Zinc

Selain makanan, jika diperlukan anda bisa mengkonsumsi suplementasi zinc. Karena merupakan mikronutrisi jumlah zinc yang masuk ke dalam tubuh juga tidak boleh berlebihan. Konsumsi suplemen zinc dianjurkan hanya untuk orang-orang yang mengalami kekurangan zinc seperti saat diare, gangguan pencernaan, anoreksia, bulimia, dan sebagainya. Untuk kebutuhan harian, sumber terbaik tetap dari bahan makanan yang mengandung zinc. Selalu konsumsi sesuai petunjuk pada kemasan atau sesuai dosis yang diberikan dokter anda. 

Anjuran mengkonsumsi suplemen zinc adalah 1-2 jam sesudah makan. Jangan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalsium atau fosfor selama 1-2 jam setelah minum suplemen zinc karena akan menghambat penyerapan zinc. Contoh makanan tinggi fosfor dan kalsium adalah susu, soda, cokelat, kacang, gandum, yoghurt dan sebagainya.

Suplementasi zinc bisa diberikan dalam bentuk tablet atau sirup yang sebaiknya diberikan tunggal (tidak dikombinasikan dengan mikronutrien lain) karena dapat menurunkan absorbsi dan bioavailabilitas zinc. Ada resiko mual dan muntah saat pemberian suplementasi zinc karena iritasi lambung karena itu pemberiannya harus sesuai dosis yang dinajurkan dokter.

D. Jumlah kebutuhan Zinc untuk tubuh

Jika membahas jumlah kebutuhan harian tubuh untuk berbagai jenis nutrisi, kita sebaiknya mengacu pada Dietary Reference Intakes (DRI) yang dirancang oleh Food and Nutrition Board (FNB) dari Institute of Medicine. Dietary Reference Intakes (DRI) menyediakan dosis kebutuhan harian nutrisi yang dibutuhkan orang sehat. Kebutuhan ini berbeda jika anda dalam kondisi sakit yang pastinya membutuhkan nutrisi lebih sedikit atau lebih banyak sesuai pertimbangan dokter. Dietary Reference Intakes (DRI) terdiri dari beberapa jenis yaitu :

a. Recommended Dietary Allowance (RDA)

Recommended Dietary Allowance (RDA) adalah kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan harian bagi individu yang sehat. Biasanya digunakan untuk merencanakan diet nutrisi bagi orang sehat. Tabel dibawah ini adalah rekomendasi jumlah kebutuhan zinc harian tubuh berdasarkan RDA.

Rekomendasi kebutuhan zinc harian berdasarkan RDA
Klik pada tabel untuk detail

b. Adequate Intake (AI)

Adequate Intake (AI) adalah asumsi jumlah yang diperlukan untuk memastikan kecukupan gizi tapi belum ada bukti cukup untuk mendapatkan nilai RDA sehingga nilainya berupa Adequate Intake (AI).

c. Estimated Average Requirement (EAR)

Estimated Average Requirement (EAR) adalah tingkat asupan harian rata-rata yang biasanya digunakan untuk menilai asupan gizi sekelompok orang

d. Tolerable Upper Intake Level (UL)

Tolerable Upper Intake Level (UL) adalah asupan harian maksimum. Jika melebihi dosis ini akan menyebabkan efek merugikan bagi orang sehat karena itulah ada batas jumlah maksimal zinc yang boleh masuk ke tubuh per harinya. Efek samping akut jika mengkonsumsi zinc berlebihan adalah mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kram perut, diare, dan sakit kepala. Efek samping kronis jika mengkonsumsi zinc berlebihan adalah perubahan fungsi zat besi, penurunan fungsi kekebalan, dan penurunan kadar lipoprotein densitas tinggi.

Batas maksimal konsumsi zinc harian berdasarkan RDI
Klik pada tabel untuk detail

E. Suplementasi Zinc yang bisa anda pilih

Banyak suplemen mineral zinc yang beredar di pasaran dengan bentuk berupa kapsul, tablet, permen hisap atau sirup dengan berbagai bentuk senyawa yang berbeda seperti :

  • Zink sulfat, biasanya digunakan sebagai suplementasi saat defisiensi zinc dan pengobatan jerawat
  • Zink glukonat, zink asetat, biasanya digunakan dalam pengobatan flu atau pilek
  • Zink sitrat
  • Zink orotat
  • Zink pikolinat, bentuk senyawa zink yang paling mudah diserap tubuh

Zinc Plus

Zinc Plus

  • Bentuk zinc : zinc picolinate 50mg, zinc gluconate 50mg
  • Bahan aktif lain : kalsium askorbat 100mg (Vitamin C), cuprum gluconate 8mg (tembaga) 
  • Anjuran dosis : 1 kapsul sehari sesudah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter
  • Bentuk sumplemen : kapsul

Suplemen ini bisa memenuhi kebutuhan zink, tembaga dan vitamin C sekaligus sehingga anda bisa memenuhi tiga kebutuhan nutrisi dalam sekali konsumsi. Harganya juga termasuk murah yaitu di bawah Rp. 50.000 untuk satu stripnya.

Cek promo Zinc Plus disini

Zinc Pharmacore

Zinc Pharmacore

  • Bentuk zinc : zinc picolinate 50mg, zinc gluconate 50mg
  • Bahan aktif lain : copper gluconate 8mg (tembaga) 
  • Anjuran dosis : 1 kapsul sehari sesudah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter
  • Bentuk sumplemen : kapsul

Zinc pharmacore menyediakan suplementasi zink dan tembaga untuk tubuh sehingga kadar kedua mikronutrisi tersebut tetap stabil. Diklaim juga bisa memelihara kesehatan kulit dan rambut sehingga cocok untuk anda yang mengalami masalah kerontokan. Harga suplemen ini antara Rp 125.000 – 250.000.

Nature’s Plus Zinc Picolinate

Nature's Plus Zinc Picolinate

  • Bentuk zinc : zinc picolinate 30mg
  • Bahan aktif lain : Vitamin B6 10mg, protein Whole Brown Rice 250mg, magnesium
  • Anjuran dosis : 1 kapsul sehari sesudah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter
  • Bentuk sumplemen : kapsul

Suplemen nature’s plus zinc picolinate adalah bentuk multivitamin dan mineral. Whole Brown Rice protein berfungsi untuk membantu penyerapan dan kerja zinc picolinate. Diklaim bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi, kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubuh dan metabolisme di dalam tubuh. Harga suplemen ini antara Rp 280.000 – 350.000.

Now Foods Zinc Picolinate 50 mg

Now Foods Zinc Picolinate 50 mg

  • Bentuk zinc : zinc picolinate 50mg
  • Bahan aktif lain :
  • Anjuran dosis : 1 kapsul sehari sesudah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter
  • Bentuk sumplemen : kapsul

Now foods adalah bentuk minimalis dari suplemen zinc karena hanya mengandung zinc picolinate 50mg tanpa mineral atau vitamin lain. Untuk orang yang ingin mengatur dengan tepat dosis konsumsi zinc dan vitamin lainnya, jenis suplemen tunggal seperti ini akan memudahkan anda. Produk ini juga diklaim non GMO, vegan/vegetarian, dengan banyak fungsi zinc yang ditawarkan. Harga suplemen ini antara Rp 125.000 – 245.000.   

Puritan’s Pride Zinc for Acne

Puritan's Pride Zinc for Acne

  • Bentuk zinc : zinc gluconate 50mg
  • Bahan aktif lain : Vitamin A 300mcg, Vitamin C 150mcg, Vitamin E 22.5mg, Vitamin B6 20mg
  • Anjuran dosis : 2 tablet sehari sesudah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter
  • Bentuk sumplemen : tablet

Semacam suplemen kecantikan karena lengkap dengan berbagai vitamin terutama yang berfungsi mengatasi masalah jerawat. Untuk anda yang punya jerawat membandel yang dikasih skincare ini itu belum berhasil juga, bisa coba diperbaikin dari dalam dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan suplemen ini. Harga suplemen ini antara Rp 150.000 – 230.000. 

Redoxon Triple Action

Redoxon Triple Action

  • Bentuk zinc : zinc citrate 10mg
  • Bahan aktif lain : Vitamin C 1000 mg, Vitamin D 400 IU
  • Anjuran dosis : 1 tablet effervescent sehari sesudah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter
  • Bentuk sumplemen : tablet effervescent

Paket kombo menghadapi pandemi ini. Vitamin C, D dan zinc yang akan menjaga imun anda selalu aktif. Bentuknya berupa tablet effervescent jadi enak dikonsumsi seperti minuman jeruk segar. Konsentrasi zinc-nya juga tidak terlalu tinggi jadi aman karena masih berada di range kebutuhan harian zinc berdasarkan RDA. Jika anda memilih konsumsi vitamin D dalam bentuk tunggal, anda bisa memilih redoxon double action yang hanya mengandung zinc dan vitamin C saja. Harga redoxon triple action antara Rp 150.000 – 230.000.

Cek promo Redoxon di sini

Semoga artikel ini membantu ya sahabat hemat. Sumber nutrisi terbaik tetap dari makanan alami. Untuk konsumsi suplemen, sebaiknya memang cek terlebih dulu ke dokter anda ya sahabat hemat atau sesuai dengan RDA agar tidak melebihi dosis yang dibutuhkan tubuh. Jangan lupa cek promo hematnya di hemat.id dan aplikasi kliptalog ya. Salam sehat selalu!

Sumber :

  1. ods.od.nih.gov
  2. alomedika.com
  3. alodokter.com
  4. ejournal.umm.ac.id
  5. webmd.com
  6. nhs.uk