Rekomendasi Kipas Angin Dinding dengan Daya Rendah

Kipas angin sudah menjadi bagian dari kehidupan saya. Saya meletakkannya hampir di semua sudut ruangan dalam rumah saya, di kamar tidur, ruang tamu, ruang makan hingga ruang keluarga. Terutama kipas angin yang saya letakkan di dinding, karena kipas angin dinding dapat membuat ruangan terlihat lebih rapi dengan tidak berada di lantai.

Selama saya menggunakan kipas angin dinding, karena posisinya berada di atas, saya merasa ruangan jauh lebih sejuk, hembusannya jauh lebih luas dan tidak terasa terlalu kuat di badan dibandingkan dengan kipas angin yang diletakkan di lantai.

Memaksimalkan cara kerja kipas angin

Kipas angin bekerja dengan mengalihkan udara di sekitarnya agar dapat tersebar ke area lainnya. Jadi jika ingin kamar Anda sejuk, ruangan tersebut harus memiliki ventilasi yang baik. Jika sirkulasi udara tidak baik, bukannya membuat ruangan menjadi sejuk, tapi malah membuat kamar menjadi panas dan pengap. Ditambah jika udara di luar ruangan sedang panas sekali, membuat kipas angin kurang bisa diandalkan karena udara yang dihembuskan adalah udara panas sehingga membuat kita makin gerah dan tidak nyaman.

Kipas angin juga menghasilkan udara yang lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan AC. Saat menggunakan AC ruangan harus benar-benar tertutup. Karena semua ventilasi harus tertutup, hal ini dapat memicu penularan penyakit seperti flu. Sedangkan jika Anda menggunakan kipas angin, maka ruangan harus dalam keadaan terbuka untuk memaksimalkan sirkulasi udara dalam ruangan menjadi lebih segar.

Terdapat 3 macam tipe kipas angin, yaitu

  1. Kipas angin yang dapat di letakkan di meja (desk fan)
  2. Kipas angin di lantai (stand fan).
  3. Kipas angin di dinding (wall fan).

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar kipas angin dan rekomendasi saat memilihnya Anda bisa cek artikel di bawah ini:

Baca juga: Kipas Angin Yang Cocok Untuk Kamu Sesuai Kebutuhan

Kelebihan & kekurangan penggunaan kipas angin dibandingkan AC

  1. Harga kipas angin lebih hemat.

    Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan kipas angin dibandingkan Air Conditioner (AC). Selain disebabkan oleh harga beli AC yang jauh lebih tinggi, konsumsi dayanya juga lumayan besar dibandingkan kipas angin.

  2. Kipas angin low watt.

    Kipas angin mengonsumsi listrik hanya berkisar antara 15 watt sampai dengan 60 watt per jam (0,015 kWh sampai dengan 0,06 kWh). Sedangkan rata-rata konsumsi listrik pada AC konvensional 1 PK adalah berkisar 819 watt. Wah, cukup besar selisih konsumsi daya listriknya ya.

  3. Kipas angin meminimalisir tagihan listrik.

    Ditambah lagi cara kerja AC konvensional yang menyumbang melonjaknya tagihan listrik di akhir bulan. Sebagai ilustrasi, saat AC dinyalakan pada suhu 25 derajat celcius, maka kompresor akan bekerja mendinginkan ruangan untuk mencapai suhu tersebut. Jika suhu sudah tercapai, AC akan mati seketika. Lalu, ketika suhu ruangan mulai naik yang disebabkan karena seringnya membuka tutup ruangan atau orang berlalu-lalang di ruangan, AC akan kembali menyala untuk menstabilkan suhu sehingga dapat mengakibatkan listrik menjadi boros.

    Baca juga: Tagihan Listrik Melonjak? Coba Tips Hemat Listrik Berikut

  4. Kekurangan kipas angin saat udara luar sangat panas.

    Tapi Anda pun tidak bisa menutup mata dari kekurangan kipas angin dibandingkan AC. Yang paling saya tidak suka dari kipas angin adalah saat udara sangat panas, kipas angin tidak memberikan kesejukan yang Anda idamkan tapi malah akan menghembuskan udara panas kembali tepat ke wajah Anda.

Jadi balik lagi ke prioritas Anda, mana yang Anda lebih butuhkan dan sesuaikan dengan kondisi ruangan.

Rekomendasi kipas angin dinding dengan daya rendah

Ada banyak sekali rekomendasi kipas angin dinding low watt yang dijual di pasaran. Rekomendasi wall fan dan desk fan berikut sebagai contoh kipas angin dengan daya rendah dan harganya pun masih terjangkau:

Promo Kipas Angin Murah di Hemat.id
Promo Kipas Angin Murah di Hemat.id

 

SEKAI HFN 1655

Kipas angin Sekai HFN 1655 berukuran 16 inci atau 40 cm. Dilengkapi dengan 3 tingkat kecepatan yang berguna agar Anda dapat mengendalikan seberapa besar hembusan angin yang Anda inginkan pada saat kipas angin digunakan.

Desainnya eksklusif dan bodi yang kuat, karena menggunakan rangka besi dan baling-baling terbuat dari aluminium. Hembusan anginnya kencang sebab motor dioptimalkan dengan menggunakan 100% bahan tembaga, sehingga menghemat daya listrik yang dikonsumsi.

Dengan konsumsi daya listrik sebesar 50 watt dan material rangkanya terbuat dari stainless steel yang kuat sehingga lebih tahan lama. Kipas angin ini memiliki 2 in 1 sistem di mana kipas angin dapat diletakkan di meja maupun instan di dinding jika Anda memiliki ruangan yang sempit atau menginginkan hembusan angin yang lebih luas.

Berat hanya sekitar 7000 gram dan dilengkapi juga dengan sekring untuk pengaman panas yang berlebihan. Harga kipas angin ini mulai dari Rp350.000 dan kenyamanan Anda dijamin saat menggunakan kipas angin ini dengan adanya garansi 3 tahun.

Beli Promo Kipas Angin SEKAI HFN 1655 di Courts BTM

Beli Promo Kipas Angin SEKAI HFN 1655 di Courts Bintaro

Beli Promo Kipas Angin SEKAI HFN 1655 di Courts Ciledug

Beli Promo Kipas Angin SEKAI HFN 1655 di Courts Megastore KHI

Beli Promo Kipas Angin SEKAI HFN 1655 di Courts MBH

 

Sumber : hemat.id

MASPION PW-450 D

Kipas angin Maspion PW-450 D memiliki mesin motor bertenaga RPM besar dengan daya litrik 75 watt max dan tegangan 220 volt/50 Hz. Baling-balingnya terbuat dari alumunium dengan ukuran 45 cm atau 18 inci. Kipas angin Miyako PW-450D memiliki 2 fungsi, yaitu kipas angin yang dapat diletakkan di dinding (wall fan) dan juga diletakkan di meja (desk fan).

Dengan fitur thermofuse yang berguna sebagai pengaman dan mencegah over heat atau panas yang berlebihan pada motor kipas angin, serta dilengkapi dengan sistem pelumasan otomatis.

Kipas angin ini cocok diletakkan di ruangan yang besar seperti ruang tamu, ruang keluarga atau area rumah yang didesain tanpa sekat sehingga dapat mencangkup area yang cukup besar. Memiliki 3 pilihan kecepatan kipas yang dapat Anda sesuaikan untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk, dan satu tombol on atau off.

Kipas angin pun mudah dibersihkan karena bagian-bagiannya mudah untuk di bongkar pasang. Dan dengan berat 20.5 kg kipas angin ini mudah untuk dipindah-pindahkan. Ukuran kipas angin 55 x 34.5 x 63 cm dan memiliki kaki kotak yang kokoh sehingga kipas angin seimbang ketika dinyalakan. Dilengkapi sertifikasi standar nasional Indonesia untuk kenyamanan dan keamanan Anda dan garansi 1 tahun untuk servis dan spare parts.

Harga kipas angin Miyako PW-450D mulai dari Rp450.000 yang Anda bisa temukan promonya di hemat.id dari supermarket dan hypermarket langganan Anda. Mesin motornya berkualitas tinggi sehingga suaranya halus dan memiliki 3 pilihan kecepatan kipas yang dapat Anda sesuaikan untuk membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Sumber : Hemat.id

 

TURBO CFR 5889

Kipas angin Turbo CFR 5889 memiliki motor yang kuat sehingga membuat angin lebih kencang tapi suara yang dihasilkan lebih halus. Kipas angin ini memiliki double blade yang membuat air movement lebih besar sehingga penyebaran udara menjadi rata ke semua sisi ruangan yang cukup besar.

Material plastik yang berkualitas membuat kipas angin lebih kokoh dan konsumsi daya listriknya hanya sebesar 65 watt serta dilengkapi dengan 3 tombol kecepatan. Dengan power supply sebesar 220V/50Hz dan ukuran baling-baling yang cukup besar yaitu sebesar 16 inci, sehingga hembusan anginnya lebih terasa dan cepat menyebarkan udara sejuk ke semua area.

Berat kipas angin bekisar 2.1 kg, jadi mudah untuk dipindah-pindahkan atau saat akan membersihkan. Untuk memberi rasa aman kipas angin Turbo CFR 5889 dilengkapi dengan garansi resmi Turbo Indonesia 3 tahun dan garansi motor selama 5 tahun. Harga kipas angin ini mulai dari Rp350.000 dan bisa Anda dapatkan di toko online maupun offline langganan Anda.

Sumber : Miyako.co.id

 

MIYAKO KAD-1227

Kipas angin Miyako KAD-1227 memiliki 2 fungsi, yaitu kipas angin meja (desk fan) dan kipas angin dinding (wall fan). Desainnya minimalis sehingga dapat ditempatkan di mana saja. Ukuran kipasnya lumayan besar yaitu sebesar 12 inci dengan Dimensi (P x L x T) : 37 cm x 17 cm x 50 cm dan berat 6 kg. Memiliki tiga tingkat kecepatan angin dan tombol stop yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan, dan dilengkapi dengan fitur magic wind normal.

Mesin motor yang berkualitas menjadikan suara kipas angin lebih halus dan tidak kasar saat kipas angin sedang digunakan. Sehingga suara motornya tidak akan mengganggu waktu tidur atau waktu bersantai Anda. Kelebihan kipas angin ini yang cukup menarik, yaitu daya listriknya rendah hanya 35 watt dengan tegangan 220 volt/50 Hz. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp175.000 yang bisa Anda dapatkan di toko online atau supermarket dan hypermarket pilihan Anda.

Memiliki fitur thermofuse yang berguna sebagai pengaman dan mencegah terjadinya over heat pada motor kipas. Miyako KAD-1227 dilengkapi dengan grill cover berbahan plastik yang mudah dibongkar pasang sehingga mudah untuk dibersihkan. Dengan berat 3000 gram dan juga terdapat standar SNI kipas angin ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan Anda.

 

Secara pribadi saya lebih suka dengan kipas angin yang multifungsi. Kalau bisa memiliki tiga fungsi sekaligus, seperti kipas angin yang bisa diletakkan di lantai, di meja dan di dinding. Sehingga lebih fungsional saat ada acara keluarga yang memerlukan kipas angin di area-area yang tidak terjangkau jika Anda memiliki kipas angin yang hanya bisa diletakkan di dinding.

Kipas angin dinding memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kipas angin yang diletakkan di lantai dan di meja. Seperti tidak memakan tempat dan jangkauannya lebih luas, sedangkan stand fan terkadang memakan tempat dan desk fan sulit menemukan meja yang tepat agar tidak terlalu rendah maupun tidak terlalu tinggi karena desk fan cenderung memiliki tiang penyangga yang tidak terlalu tinggi.

Jangan lupa untuk rutin membersihkan kipas angin dari debu yang menempel di besi dan di baling-baling kipas. Kipas angin yang kotor dapat menyebabkan hembusannya menjadi tidak maksimal karena debu yang menempel terlalu banyak. Serta dapat menyebabkan kipas angin mengeluarkan suara berdengung atau berisik karena kotoran yang menumpuk dan membuat motor kipas angin jadi lebih cepat over heated.

Baca juga: Rekomendasi Kipas Angin Kecil Dengan Harga Dibawah 100 Ribu

Itulah beberapa rekomendasi kipas angin dengan daya listrik yang rendah (low watt) dengan harga terjangkau dan performanya baik. Bagaimana menurut Anda rekomendasi yang saya berikan? Apakah Anda menggunakan salah satu dari merek kipas angin di atas? Bagaimana performanya selama Anda menggunakannya? Bagikan cerita dan pengalaman Anda selama menggunakan kipas angin tersebut pada kolom komentar di bawah ini.