Tips Mengolah Kambing Tanpa Bau Prengus

Tahukah Anda? Ternyata mengonsumsi daging kambing setiap hari dengan takaran yang tepat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Daging kambing tinggi akan zat besi, protein, rendah lemak, rendah kalori dan rendah kadar kolesterolnya dibandingkan dengan daging sapi, babi dan ayam.

Lemak jenuh pada daging kambing lebih sedikit dan proporsi total lemak tak jenuh yang relatif tinggi menjadikan kambing pilihan daging yang sangat sehat. Perbandingan jumlah kandungan nutrisinya dapat dilihat pada tabel berikut ini

Komposisi Nutrisi Daging Kambing Dibandingkan dengan Tipe Daging Lainnya1,2

1 Per 85 gram of cooked meat

2 USDA Nutrient Database for Standard Reference, Release 14 (2001)

Sumber : Pexels.com


Kenapa daging kambing berbau prengus

Saya sering mendengar mengolah daging kambing itu susah-susah gampang. Jika salah mengolahnya, daging kambing bisa berbau prengus dan juga menjadi keras. Sehingga persiapan sebelum daging dapat diolah itu penting sekali.

Bau prengus pada daging kambing sebenarnya adalah bau khas yang dimiliki kambing, karena mengandung senyawa karbonil yang bersifat volatil yang mudah membentuk uap. Hal tersebut disebutkan oleh ahli teknologi pangan dan nutrisi dari Unika Atma Jaya, Rianita Pramatisari STP MSc.


Cara benar untuk menghilangkan bau prengus

Menjelang idul Adha biasanya saya sudah sibuk membuka-buka Google untuk mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Saya paling parno saat mengolah bahan makanan yang jarang saya masak dan mahal. Karena rasanya sayang sekali jika bahan masakan ini berakhir mengenaskan di tangan saya. Nah berikut beberapa tips yang saya kumpulkan untuk menghilangkan bau prengus:

1. Jangan cuci

Saya sering mendengar tips ini, tapi kadang saya masih ndablek karena risih saat menerima daging kambing yang terkadang ada pasir atau bahkan kotoran kambing. Padahal daging kambing yang tidak dicuci dapat mengurangi bau prengusnya. Cara yang tepat adalah dengan membersihkan sebisanya atau memotong sedikit bagian yang kotor.

2. Memisahkan lemak

Lemak pada daging kambing dapat memunculkan aroma bau prengus. Oleh karena itu, untuk mengurangi baunya, Anda cukup menyayat lemaknya sebelum diolah.

3. Gunakan jeruk nipis atau susu murni

Seperti halnya dengan daging sapi, ayam, maupun udang, Anda pun bisa melumuri sekitar 500 gram daging kambing dengan 1 buah jeruk lemon dan diamkan untuk beberapa saat. Atau rendam daging kambing dengan susu murni dan 1 sendok makan kopi instan, tutup dengan aluminium foil dan simpan dalam kulkas semalaman.

 

Resep olahan daging kambing

Setelah mengetahui rahasia untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, berikut beberapa resep olahan kambing yang bisa Anda buat untuk keluarga Anda di rumah:

Resep Sate Kambing Dengan Saus Mentega

Resep sete kambing dengan saus mentega ini cocok sekali dicocol dengan sambal kecap dan disajikan sebagai menu makan siang maupun makan malam.

Resep Spesial Idul Adha : Nasi Kebuli Kambing Rice Cooker

Resep ini cocok sekali menjadi sajian saat merayakan Hari Raya Idul Adha. Selain nikmat disantap bersama keluarga, proses pembuatannya juga tidak lama.

Untuk mendapatkan daging kambing segar, Anda bisa membuka Hemat.id dan membuat daftar bahan-bahan pelengkap lainnya dengan menggunakan Kliptalog yang menyediakan informasi harga di semua supermarket dan hypermarket.

Jika Anda memiliki tips dan trik lain seputar cara untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, jangan lupa untuk membagikannya pada kolom komentar di bawah. Saya tunggu tanggapan dan komentar Anda.

Sumber :

  1. https://ssl.acesag.auburn.edu/pubs/docs/U/UNP-0061/UNP-0061-archive.pdf
  2. https://www.sciencemag.org/news/2014/02/scienceshot-secrets-goaty-smell