Rekomendasi Mesin Cuci Otomatis Hemat Listrik: 2 Tabung dan 1 Tabung

Kalau membicarakan soal perlengkapan elektronik rumah tangga sepertinya tidak akan ada habisnya ya, apalagi di zaman serba berteknologi canggih seperti sekarang ini. Makin banyak pilihan, pasti Anda akan semakin bingung untuk memilih. Salah satunya adalah soal memilih mesin cuci yang tepat.

Beberapa kali saya mendengar teman-teman saya curhat karena akan membeli mesin cuci tetapi malah bingung antara memilih mesin cuci tabung 2 atau tabung 1, yang mana memiliki desain dan fitur-fitur yang jauh berbeda. Sebelum membeli mesin cuci ketahui beberapa hal berikut ini :

  1. Budget
  2. Jumlah anggota keluarga
  3. Kapasitas daya listrik di rumah
  4. Kualitas air
  5. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips Memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda

 

Memiliki mesin cuci akan mempermudah pekerjaan tetapi jika mesin cuci yang kita pilih salah maka penggunaan dan hasil cuciannya akan menjadi tidak maksimal, berikut saya akan coba memaparkan rekomendasi mesin cuci dua tabung dan satu tabung yang hemat listrik serta penjelasan masing-masing jenis mesin cuci

Tabel perbedaan mesin cuci dua tabung, satu tabung top loading dan front loading 

A. Mesin Cuci Dua Tabung

Mesin cuci ini bisa dibilang mesin cuci “sejuta umat” mengapa? karena hampir semua orang memiliki mesin cuci tipe ini, walau kekurangan yang paling menonjol adalah boros air, mesin cuci ini tetap diburu. Salah satunya adalah saya yang sebenarnya terkadang mengalami kekurangan air tetapi tetap memilih mesin cuci ini karena alasan budget yang sesuai dan konsumsi listrik yang kecil,  untuk lebih lengkapnya berikut kelebihan dan kekurangan dari mesin cuci 2 tabung :

Kelebihan mesin cuci dua tabung

1. Lebih hemat listrik

Mengapa mesin cuci 2 tabung lebih hemat? Mesin cuci jenis ini masih menggunakan bantuan tenaga manusia di sebagian pengerjaannya, jadi mesin cuci ini masih dioperasikan secara semi operasi karena ada proses memindahkan cucian dari penggilas ke pengering. Bahkan ada mesin cuci 2 tabung yang hanya memerlukan daya listrik sebesar 160 watt, jadi Anda tidak perlu khawatir soal tagihan listrik yang membengkak.

2. Lebih murah

Inilah alasan utama saya dan suami memilih mesin cuci jenis ini, karena harganya yang masih terjangkau. Harganya masih berkisar di angka satu jutaan, dibandingkan harga kebanyakan mesin cuci 1 tabung yang dipatok dengan harga mulai dari 3 juta rupiah.

3. Lebih ringan

Saya beberapa kali memindahkan mesin cuci jenis ini karena alasan-alasan tertentu, seperti membersihkan body mesin cuci atau mesin cuci butuh diservis. Saking ringannya sering kali mesin cuci bergetar terlalu kuat sehingga membuat mesin cuci “berjalan” atau berpindah posisi.

4. Lebih tahan banting

Saya pengguna setia mesin cuci 2 tabung, saya jarang sekali menemukan mesin ini rusak baik di bagian penggiling maupun pengering. Saya sudah berumah tangga selama 11 tahun dan saya baru mengalami dua kali ganti mesin cuci. Mesin cuci pertama rusak karena digigiti tikus. Karena di awal nikah saya sempat mengontrak rumah dan di kontrakan rumah ini banyak sekali tikus, jadi saat pindah rumah mesin cucinya tidak  saya bawa.

Mesin cuci akan lebih awet lagi jika Anda rajin melakukan perawatan rutin baik di dalam maupun body mesin dijamin mesin cuci jadi awet, sehingga saya tahu sekali seberapa tahan bantingnya mesin cuci jenis ini.

5. Spare part mudah didapatkan

Saat mengalami kerusakan saya tidak pernah memanggil tukang servis mesin cuci, karena saking mudah diperbaiki suami saya saja bisa memperbaikinya. Seringnya kerusakan terjadi pada bagian tabung pengering, jadi suami tinggal ke toko yang menjual spare part untuk mencari bagian mesin yang rusak.

Hampir semua bagian mesin cuci mudah sekali didapatkan dan harganya juga masih terjangkau, makanya mesin cuci ini bisa awet sekali.

Kekurangan mesin cuci dua tabung

1. Menggunakan air banyak

Air yang digunakan harus lebih banyak dari pakaian yang akan dicuci, tetapi pastikan cucian harus sesuai dengan batas kapasitas mesin cuci agar mesin cuci lebih awet.

Kiat Agar Mesin Cuci Berumur Panjang

 

2. Jika tidak seimbang, pakaian tidak akan kering secara sempurna

Menurut saya yang paling berisik adalah tabung pengeringnya jika posisi pakaian di dalamnya tidak pas, bunyinya sangat menjengkelkan. Saya harus bolak-balik mengeluarkan baju kemudian memasukkannya lagi sampai pengering berhenti mengeluarkan suara keras.

3. Memiliki ukuran yang memakan tempat

Body mesin cuci ini juga memakan tempat yang lumayan banyak, karena bentuknya yang melebar kesamping.

4. Teknologinya biasa saja

Jangan berharap Anda bisa meninggalkan mesin cuci lalu saat kembali lagi pakaian Anda sudah siap untuk di pakai, sudah saya sebutkan di atas dibalik harganya yang murah teknologinya masih membutuhkan bantuan tenaga manusia.

Rekomendasi Mesin cuci 2 tabung

 

mesin cuci dua tabung AQUA TWIN TUBE 12 KG QW-P1250T kapasitas besar

AQUA QW-P1250T, mesin cuci dua tabung kapasitas besar

Untuk Anda yang memiliki anggota keluarga yang besar, maka mesin cuci mesin cuci dua tabung AQUA QW-P1250T ini adalah pilihan yang tepat karena memiliki kapasitas 12 kg, berat 35 kg dan dimensi (W x D x H) : 890 mm x 535 mm x 1042 mm.

Pakaian akan lebih bersih karena mesin cuci ini dilengkapi juga dengan fitur soak function dan big pulsator sehingga Anda bisa melakukan proses perendaman terlebih dahulu kemudian pakaian diputar dengan pusaran air yang lebih kuat agar noda di cucian hilang sempurna.

Konsumsi daya listrik dari mesin cuci ini sebesar 550 watt dan daya listrik pada pada tabung pengering sebesar 200 watt, jika daya listrik di rumah 900 watt maka mesin cuci ini agak mepet ya. Apalagi jika Anda menggiling dan mengeringkan secara bersamaan.

Beli Mesin Cuci Dua Tabung OQUA QW-P1250T di Courts BTM

Beli Mesin Cuci Dua Tabung OQUA QW-P1250T di Courts Bintaro

Beli Mesin Cuci Dua Tabung OQUA QW-P1250T di Courts Ciledug

Beli Mesin Cuci Dua Tabung OQUA QW-P1250T di Courts Megastore KHI

Beli Mesin Cuci Dua Tabung OQUA QW-P1250T di Courts MBH

B. Mesin Cuci Satu Tabung

Mesin cuci satu tabung terbagi menjadi dua tipe, yaitu mesin cuci top loading dan front loading,  Perbedaan mencolok dari kedua tipe mesin cuci ini adalah letak bukaan dari mesin cuci tersebut. Kalau mesin cuci top loading artinya memiliki bukaan yang berada di atas, sehingga cucian akan dimasukkan ke dalam mesin lewat atas.

Sedangkan mesin cuci dengan tipe front loading, memiliki bukaan yang terletak di depan. Sehingga cucian akan dimasukkan ke mesin lewat depan mesin cuci. Kembali lagi tergantung kebutuhan Anda bisa memilih salah satu dari kedua tipe mesin cuci satu tabung ini.

Mesin Cuci Top Loading

Mesin cuci tipe ini banyak di pilih karena memiliki teknologi yang lebih canggih di bandingkan mesin cuci dua tabung tetapi memiliki harga yang lebih terjangkau dari mesin cuci satu tabung front loading. Untuk lengkapnya berikut kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan mesin cuci satu tabung top loading

1. Teknologi lebih canggih

Dibanding dengan mesin cuci dua tabung, mesin cuci tipe ini tidak memerlukan banyak campur tangan manusia, karena cucian dikerjakan hanya di satu tabung tanpa ada proses memindahkan cucian dari penggilas ke pengering.

2. Lebih ramping

Karena proses mencuci dilakukan di satu tabung membuat mesin cuci ini jadi lebih ramping, sehingga Anda tidak memerlukan area yang terlalu luas. Ukurannya juga lebih tinggi dari mesin cuci dua tabung, yakni 85 – 111 cm sedangkan tinggi mesin cuci dua tabung berkisar 54 – 72 cm.

Kekurangan mesin cuci satu tabung top loading

1. Boros air

Anda harus membuat cucian Anda terendam sempurna agar mekanisme dari mesin cuci ini optimal.

2. Konsumsi listrik lebih besar

Karena daya tampungnya yang juga besar, jadi mesin cuci ini membutuhkan air yang lebih banyak dan tenaga yang lebih besar juga.

Rekomendasi mesin cuci top loading

mesin cuci satu tabung Sharp ESG 876 GY, dapat mencuci dengan tekanan air rendah

Sharp ESG 876 GY, dapat mencuci dengan tekanan air rendah

Mesin cuci mesin cuci satu tabung AQUA QW-P1250T memiliki kapasitasnya 7 kg, berat 40 kg dengan dimensi (P x L x T) : 580 x 595 x 990 mm. Dengan total konsumsi listrik sebesar 330 watt mesin cuci ini memiliki fitur logic system yang dapat mendeteksi jumlah cucian kemudian menyesuaikan konsumsi listriknya sehingga konsumsi listrik jadi lebih hemat.

Dengan teknologi Zero pressure, Anda tidak perlu khawatir jika tekanan air di rumah rendah karena mesin cuci ini akan tetap beroperasi dengan maksimal karena akan menyedot air tanpa harus memiliki tekanan air tinggi. Serta anti bacterial turbo pulsator-nya dapat menyimpan pakaian kotor ke dalam washer mesin cuci untuk waktu yang lama tanpa menimbulkan bakteri dan bau tidak sedap. Serta garansi resmi motor selama 3 tahun dan 1 tahun untuk sparepart-nya.

Anda dapat mencuci dengan delapan program pencucian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pakaian anda dan dilengkapi dengan child lock untuk mengunci control panel untuk menghindari salah tekan tanpa sengaja.

Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci tipe ini sering disebut sebagai mesin cuci paling premium, karena memiliki kemampuan lebih dari mesin cuci sebelumnya. Cara kerjanya mesin cuci ini adalah pada gerakan memutar secara vertikal, sedangkan mesin cuci bukaan atas memutar secara horizontal, berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan mesin cuci satu tabung front loading

1. Proses mencuci otomatis

Mesin cuci tipe ini benar-benar bisa membuat Anda duduk manis sambil menunggu cucian sampai ke proses pengeringan, tanpa perlu campur tangan manusia sama sekali.

2. Tampilan yang mewah

Sekali Anda melihat mesin cuci tipe ini, dijamin Anda akan terintimidasi akan kemewahan yang dipancarkannya. Tampilannya yang mewah membuat mesin cuci ini cantik dan membuat ruang laundry Anda terlihat makin estetik.

3. Hemat air

Penggunaan air sedikit karena air dialirkan dengan sistem bertahap sehingga penggunaan air menjadi lebih efisien.

4. Pakaian lebih bersih

Beberapa mesin cuci tipe front loading memiliki fitur eco bubble yang dapat menghasilkan busa mikro yang melimpah, dengan busa mikro 40 kali lebih cepat meresap ke dalam serat sehingga efektif menghilangkan noda yang membandel.

5. Cucian dapat lebih kering sampai dengan 90%

Salah satu keunggulan dari mesin cuci ini adalah proses pengeringannya yang hampir sepenuhnya kering, jadi Anda tidak perlu menjemurnya lama-lama atau harus menjemurnya di bawah sinar matahari.

Kekurangan mesin cuci satu tabung top loading

1. Harganya tertinggi dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci tipe lainnya

Dengan semua fitur yang ditawarkan tampaknya wajar jika mesin cuci tipe ini memiliki harga yang paling tinggi di antara mesin cuci dua tabung dan top loading.

2. Tidak dapat berhenti di tengah proses pencucian

Karena proses pencucian secara otomatis Anda tidak bisa tiba-tiba menghentikan mesin cuci di tengah proses pencucian sedang berlangsung.

3. Menggunakan detergen khusus

Kekurangan lain dari mesin cuci tipe ini adalah Anda tidak bisa sembarangan menggunakan detergen seperti mesin cuci lainnya,

4. Air kencang

Karena membutuhkan suplai air yang harus konstan maka Anda harus menyediakan suplai air dengan tekanan yang baik.

5. Jika mengalami kerusakan harus ke servis resmi

Karena memiliki teknologi yang canggih maka jika terjadi kerusakan Anda tidak bisa melakukan perbaikan sendiri, tetapi harus ke servis resmi untuk mendapatkan perbaikan.

Rekomendasi mesin cuci front loading

Mesin cuci front loading LG FC1285S5W, dapat menyegarkan pakaian 

Mesin cuci front loading LG FC1285S5W, dapat menyegarkan pakaian 

LG FC1285S5W dengan kapasitas 8.5 kg, berat dan dimensi (P x T x L) : 615 mm x 1095 mm. Memiliki fitur 6 Motion Direct Drive yang akan menggerakan tabung cuci ke beberapa arah sehingga cucian menjadi lebih bersih.

Kemudian dengan teknologi truesteam tm three-in-one yang dapat menghilangkan penyebab alergi dari pakaian dengan kontrol suhu optimal. Lalu terdapat uap penyegar yang menyegarkan pakaian hanya dalam 20 menit, mesin cuci ini juga dapat mengurangi kerut dan juga bau tanpa harus menyetrika.

Kesimpulan :

Semoga paparan saya di atas sudah bisa membantu menentukan mesin cuci mana yang sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga, misalnya jika di rumah anda tidak memiliki suplai air yang stabil tidak disarankan menggunakan mesin cuci front loading, atau jika memiliki budget minim dan hemat listrik maka sangat disarankan untuk menggunakan mesin cuci 2 tabung yang harganya lebih murah, mudah dioperasikan, saat rusak bisa di perbaiki sendiri dan lebih hemat listrik. 

Selain keunggulan pastikan juga kekurangannya apa, jadi selain anda sudah bisa mengantisipasi anda juga sudah tidak kaget jika ternyata misalnya anda membeli mesin cuci top loading yang ternyata tingkat mengeringkannya hanya 70%, dan lain sebagainya.

Selalu pastikan juga untuk berdiskusi dengan seluruh anggota keluarga agar semua orang bisa mengoperasikannya dan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Dan jangan lupa untuk membagikan cerita anda di kolom komentar, bagaimana anda dan keluarga dalam menentukan mesin cuci?  

Sumber :

    1. lg.com
    2. aquajapanid.com
    3. sharp.com